7 Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler

Bekerja freelance memang tidak menghasilkan uang sebanyak bekerja full time, namun tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Pertama, tentu jam kerja Anda lebih fleksibel karena kita bekerja tanpa perlu berangkat ke kantor, dan lantas waktu kerja pun sesuai dengan yang kita mau. Dan karena hal inilah, keuntungan berikutnya yang Anda dapatkan berupa dapat bekerja di lebih dari satu perusahaan sekaligus.

Apa saja sih jenis pekerjaan freelance yang banyak ditawarkan di lowongan kerja?

 

1. Penulis

Penulis via yourppl.com

 

Jika Anda merasa memiliki talenta dalam menulis, jangan sia-siakan begitu saja. Menulis adalah salah satu pekerjaan freelance atau paruh waktu yang paling banyak dibutuhkan, dan juga sekaligus diminati. Kalau Anda merasa dapat mengekspresikan apa yang diketahui melalui penyusunan kata-kata, cobalah untuk menjadi seorang penulis lepas. Selain pekerjaan tersebut tidak banyak memakan waktu dan tenaga, hobi Anda pun tersalurkan. Setidaknya kini tulisan tidak hanya duduk berdebu di buku harian, tetapi dapat di share untuk banyak orang di luar sana, kan? Menulis freelance cocok untuk dilakukan bagi kalian para mahasiswa, pekerja paruh waktu, atau bahkan yang sudah pensiun. Fleksibel, kan?

Banyak info mengenai lowongan pekerjaan penulis lepas yang bisa ditemukan di internet atau harian koran. Umumnya perusahaan membutuhkan penulis untuk menulis artikel-artikel sesuai orderan. Atau bisa juga di beberapa website online. Cara lainnya adalah Anda bisa buka lapak di forum-forum jual beli online, dan jual jasamu untuk menulis.

 

2. Pemandu Wisata

Pemandu wisata via  cf2.100r.org

 

Jika Anda berasal dari perguruan tinggi pariwisata, pekerjaan freelance sebagai pemandu wisata di travel agent atau tempat-tempat wisata adalah pilihan yang cocok. Bukan dari jurusan pariwisata? Tidak apa-apa. Kalau Anda menyukai dan adalah penggiat travelling dan memiliki wawasan luas mengenai dunia pariwisata, Anda bisa tetap coba melamar sebagai pemandu wisata.

Cobalah ambil waktu di akhir pekan, agar fleksibel dan bebas, dan juga tidak menggangu jadwal perkuliahan atau kerja tetap Anda, karena seorang pemandu wisata membutuhkan waktu sangat banyak. Tapi jangan khawatir, karena pekerjaan ini memberikan Anda kesempatan jalan-jalan gratis dan bertemu banyak orang baru setipa minggunya, kan? Lowongan pekerjaan sebagai pemandu wisata sangat banyak untuk musim liburan. Layak dicoba, kan?

 

 

3. Guru Les Privat

Les privat via phuketenglish.com

 

Anda memiliki ilmu salah satu pelajaran atau mata kuliah yang Anda telah pelajari? Karena selain uang yang didapatkan, Anda pun menimba tambahan ilmu lagi. Ingat, mengajari orang adalah salah satu cara belajar untuk diri Anda sendiri yang ampuh, loh. Memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Coba lamar kerja di tempat kursus bahasa asing. Pandai matematika? Banyak anak SMA yang membutuhkan les privat pelajaran tersebut.

Orangtua kebanyakan rela mengeluarkan uang banyak demi anak-anak mereka mendapatkan bimbingan tambahan di luar sekolah. Memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra, tapi apa yang Anda pelajari di bangku kuliah bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan, kan?

 Baca Juga: 10 Pekerjaan Mudah Yang Bergaji Besar

4. Reporter atau Kontributor

Reporter via upload.wikimedia.org

 

Kalau Anda kuliah di bidang jurnalistik, atau setidaknya memiliki minat di dunia jurnalistik, coba untuk bekerja sebagai reporter freelance di media. Zaman sekarang seorang jurnalis tidak harus bekerja full time dan tetap di satu kantor. Berkat internet, citizen jurnalis sekarang mampu memberikan kontribusi untuk memberitakan berita pula. Banyak media cetak maupun elektronik yang membuka lowongan part time atau freelance di daerah-daerah lokal.

Tugasnya cukup sederhana namun menantang, yaitu seperti memberikan laporan kejadian di tempat yang telah ditentukan, atau membuat berita mengenai daerah tempat tinggal Anda.

 

5. Proofreader

Proofreader via bitsywords.com

 

Anda merasa diri cukup teliti dalam editing atau proofreading sebuah karya tulisan? Ada loh beberapa media atau penerbit yang membutuhkan part time dan freelance sebagai proofreader! Tugas Anda adalah mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa, mencari apakah terdapat kesalahan penulisan, apakah sesuai EYD, dan lainnya. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian dan kejelian yang tinggi.

 

6. Barista

Barista via barista-course.com.au

 

Suka nongkrong di coffee shop bareng teman-teman, dan mencoba beragam jenis minuman baru? Kenapa tidak coba jadi baristanya saja? Lowongan sebagai barista banyak ditawarkan di coffee shop, khususnya untuk part time. Persyaratannya juga cukup mudah kok. Kirimkan CV dan resume, dan biasanya tidak dibutuhkan pengalaman khusus. Jam kerja pun disesuaikan dengan jam kuliah atau jadwal keseharian Anda.

 

7. Fotografer

Fotografer via theviralvent.com

 

Di zaman kini banyak kebutuhan foto yang semakin mendesak, untuk keperluan berbagai macam acara. Mulai dari pesta pernikahan, pesta ulang tahun, acara wisuda, dan event-event khusus lainnya. Jika hobi fotografi Anda didukung dengan kemampuan memotret dan skill editing foto yang baik, kenapa tidak coba tawarkan jasa foto?

Mulailah dengan menawarkannya kepada teman-temanmu dahulu. Dengan bermodalkan kamera DLSR dan kemampuan-kemampuan di atas sudah cukup, kok. Lagi pula, bekerja sebagai fotografer kamu juga bisa sekaligus mengembangkan skill fotografimu. Bisa juga ini jadi salah satu upaya dan usahamu untuk merintis bisnis kecil-kecilanmu nanti ‘kan?

Baca juga: 6 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Menjadi Freelancer

Menambah Uang Saku Sekaligus Pengalaman

Sudah tahu kan jenis freelance apa saja yang tersedia? Ada banyak hal positif ketika kita melakukan kerja paruh aktu. Selain mendapat uang lebih, hal itu akan memberikan kita pengalaman bekerja lebih baik serta skill yang belum tentu dimiliki orang lain ketika sudah kerja penuh waktu. Semoga beruntung dalam proses melamar, dan selamat bekerja, ya!

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan