7 Skill IT dengan Peluang kerja Menjanjikan di Tahun 2021

Perkembangan teknologi membawa banyak peluang karir yang baru. Kebutuhan di bidang IT ini bahkan semakin tinggi selama masa pandemi ini. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home bagi para karyawannya dan semua ini membutuhkan dukungan sistem yang memadai. 

Perusahaan harus meningkatkan berbagai teknologi yang dapat mendukung kelancaran bisnis mereka, terutama saat sebagian karyawan harus WFH seperti sekarang.

Kondisi di atas membuka lebih banyak peluang kerja untuk kamu yang memiliki skill di bidang IT. Permintaan akan tenaga di bidang ini bahkan diprediksi akan jauh lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. 

Jika kamu termasuk fresh graduate yang baru akan terjun ke dunia kerja, maka kamu akan memiliki lebih banyak peluang untuk mengembangkan karir tahun ini.

Berikut ini adalah beberapa skill IT yang memiliki peluang kerja menjanjikan di tahun 2021:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cybersecurity

loader

Skill IT yang satu ini masuk ke dalam daftar tertinggi tren teknologi di tahun 2020 lalu. Kebutuhan akan skill cybersecurity memang meningkat dengan tajam seiring dengan pertumbuhan layanan digital di dalam sebagian besar perusahaan. 

Saat ini, hampir semua perusahaan menggunakan teknologi dalam mengolah data yang mereka miliki, di mana semua ini tentu akan membutuhkan perlindungan. Orang-orang dengan skill cybersecurity inilah yang mampu melakukannya. 

Jika kamu memiliki skill di bidang yang satu ini, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang baik sangat terbuka luas di tahun ini, bahkan dengan gaji yang tinggi sekalipun. 

2. Data Science dan Data Analytics

Data science merupakan bidang yang secara khusus mendapatkan wawasan serta informasi dengan mengandalkan berbagai alat yang berbeda, seperti algoritma dan juga prinsip tentang pembelajaran mesin. 

Orang-orang dengan keahlian ini akan sangat dibutuhkan oleh banyak industri sekaligus, termasuk industri keuangan/ perbankan dan juga layanan kesehatan. Pada dasarnya, skill yang satu ini akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. 

Data science membutuhkan beberapa skill dasar yang berbeda, antara lain: kemampuan mengumpulkan dan menganalisa data, menyimpan, mengatur, dan bahkan menginterpretasikannya.

Baca Juga: Biar Makin Mahir, Yuk Belajar Coding Online di 5 Website Pilihan ini 

3. Big Data

loader

Big data juga menjadi skill yang sangat banyak dibutuhkan di tahun 2021 ini. Sebagian besar perusahaan memiliki dana dalam jumlah yang terbilang sangat banyak, di mana semua ini perlu pemrosesan sepanjang waktu. Hal ini pada umumnya dilakukan dengan tujuan meningkatkan bisnis atau bahkan membangun sebuah sistem yang jauh lebih baik untuk kedepannya. 

Untuk mendukung perkembangan bisnis tersebut, perusahaan akan membutuhkan skill di bidang big data yang membantu mereka melakukan analisa yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. 

4. Cloud Computing

Penggunaan teknologi cloud juga menjadi meningkat tajam selama masa pandemi ini, sebab banyak perusahaan yang menggunakannya. Teknologi ini diterapkan oleh perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak sumber pendapatan yang baru dan tentunya lebih besar dari sebelumnya. 

Di tahun 2021 ini, permintaan akan teknologi cloud bahkan jauh meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini juga akan sekaligus membuka lebih banyak peluang kerja untuk kamu yang memiliki skill di bidang cloud computing ini. 

Baca Juga: Bukan Cuma Programmer, ada 9 Peluang Karir IT Lainnya yang Bisa Ditekuni

5. Internet of things dan Edge Computing

loader

Skill yang satu ini juga akan sangat dibutuhkan banyak perusahaan di tahun 2021 ini, sebab kebutuhan akan teknologi cloud juga meningkat tajam. Edge computing akan menyelesaikan latensi yang terjadi karena cloud computing, sehingga pemrosesan data dapat dilakukan dengan lebih efisien lagi. 

Teknologi ini akan dibutuhkan untuk pemrosesan data yang terbilang sensitif terhadap waktu, termasuk yang dilakukan di area terpencil yang hanya memiliki konektivitas minim atau bahkan yang tidak terkoneksi dengan jaringan pusat. 

Permintaan skill di bidang ini akan semakin meningkat, terutama setelah adanya peningkatan besar dalam penggunaan Internet of Things (IoT).

6. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

loader

Machine learning merupakan upaya pemberitahuan kepada komputer tentang cara penggunaan berbagai data yang ada di dalamnya, di mana hal ini akan dibutuhkan dalam membuat keputusan. 

Sedangkan AI lebih mengacu pada program yang dibuat untuk menyelesaikan berbagai tugas, seperti: pengenalan wajah, pengenalan gambar, klasifikasi gambar, dan yang lainnya. 

Kedua teknologi ini mampu bekerja lebih cepat dari manusia, sehingga banyak digunakan oleh perusahaan. Orang yang memiliki skill di bidang AI dan machine learning  bahkan diprediksi bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi di tahun 2021 ini.

7. Software development (website dan perangkat seluler)

Dunia bisnis akan sangat membutuhkan skill yang satu ini, terutama untuk bisnis yang sedang berkembang. Seorang developer akan memiliki banyak tugas sekaligus, antara lain: merancang sistem, melakukan pemasangan, menguji, termasuk memelihara sistem tersebut selama digunakan. 

Selain itu, developer juga akan membantu perusahaan membuat sistem dan proses bisnis menjadi lebih simpel dan efisien dari sebelumnya. Skill di bidang ini akan sangat banyak dicari di tahun 2021 ini.

Lebih Banyak Peluang Kerja dengan Gaji Menjanjikan

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang TI, bisa saja tahun 2021 ini merupakan momen terbaik untukmu dalam membangun karir profesional. 

Banyak perusahaan yang membutuhkan skill di bidang ini, bahkan dengan penawaran gaji yang cukup tinggi. Bekali dirimu dengan kemampuan terbaik dan bersiaplah terjun ke dunia kerja yang sebenarnya, agar kamu bisa sukses di bidang yang kamu geluti.

Baca Juga: Gig Ekonomi: Definisi, Keuntungan dan Tips Sukses Bersaing di Era Industri 4.0