Website AI (Artificial Intelligence) untuk Memudahkan Tugasmu

Kemajuan teknologi mulai mengisi setiap relung kehidupan manusia. Teknologi menghadirkan kepraktisan agar mempermudah pekerjaan dan tugas yang dikerjakan oleh manusia.

Mulai dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), perkembangan teknologi saat memberikan pengaruh dari cara kerja manusia, dari manual menjadi otomatis. Salah satunya adalah pemanfaatan artificial intelligence (AI).

Secara umum, AI merupakan ilmu komputer yang berkaitan dengan pengembangan sistem dan program komputer yang mampu melakukan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia. Penggunaan AI melibatkan penggunaan algoritma dan teknik komputasi untuk memungkinkan komputer dalam memproses informasi, mengekstrak pola, dan mengambil tindakan berdasarkan masukan yang diberikan.

Dalam pengaplikasianya, AI banyak digunakan di berbagai industri, seperti transformasi, kesehatan, keuangan, manufaktur, hingga bisnis. Perkembangan AI pada sejumlah sektor ini didukung oleh kemampuan AI, seperti pengenalan ucapan, visi komputer, pengenalan wajah, dan penerjemahan bahasa.

Baca Juga: Contoh Slip Gaji Pegawai dan Manfaatnya, Jangan Sepelekan!

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Peran AI dalam Kehidupan Manusia

loader

Kehadiran AI mengisi sisi kehidupan manusia. Banyak orang yang tertolong dengan kecanggihan AI karena dapat meringankan beban pekerjaan.

Selain itu, AI juga memberikan kesempatan agar pekerja dapat bekerja lebih efisien hingga mengurangi human error. Berikut ulasannya.

  1. Efisiensi waktu

    Alasan utama AI sangat diandalkan adalah karena dapat membantu pekerjaan lebih efisien. Sebab, pekerjaan yang tadinya dikerjakan secara manual bisa dilakukan lebih cepat dengan bantuan AI, misalnya mengumpulkan dan menyimpan data. 

    Selain itu, beberapa AI dibuat dengan kemampuan khusus dan dapat bekerja dengan baik. Sebagai contoh, penggunaan AI face dan identity recognition yang mungkin membutuhkan lebih banyak waktu bila dikerjakan secara manual. 

  2. Meningkatkan produktivitas

    Jika bisa bekerja lebih efisien hal ini akan berdampak pada peningkatan efektivitas. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan akan lebih cepat, sehingga kamu bisa mengerjakan pekerjan yang lain. 

    Kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk pekerjaan yang bisa dilakukan oleh AI, seperti mengedit foto atau membuat presentasi. Waktu yang ada bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih penting atau urgent terlebih dulu. 

  3. Mengurangi human error

    Dengan bantuan algoritma dan data yang tepat, AI cenderung memiliki ketepatan dan kecepatan dalam menyelesaikan tugasnya. Hal ini dapat mengurangi human error, misalnya kesalahan saat input atau mengelompokkan data. 

    AI juga dapat mengurangi beban tugas dan risiko pekerjaan yang mungkin akan memberatkan manusia sehingga human error bisa diminimalisir. Tentunya hal ini berdampak baik untuk para pekerja agar tingkat stres bisa ditekan. 

  4. Otomasi tugas berulang

    AI juga membantu mempermudah pekerjaan yang sifanta berulang. Hal ini karena AI mampu menyimpan pola yang sama dan mengulanginya berkali-kali. 

    AI dapat dengan mudah mengerjakan tugas dengan berbagai skala kesulitan, selama sudah diprogramkan terlebih dulu. Kelebihan ini juga membantu menghemat waktu pengerjaan, seperti menghapus email spam, mengelompokkan data, dan membuat jadwal. 

  5. Penelitian dan analisis data

    AI membuat penelitian dan analisis data semakin terbuka dan mudah. Salah satu alasannya, karena AI dapat mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk penelitian secara menyeluruh sesuai fokus yang ingin diteliti. 

    Kelebihan ini dapat meningkatkan kualitas dan kekayaan data yang digunakan. Selain itu, proses analisis data sendiri akan lebih mudah dengan tools AI sehingga mempermudah dalam proses evaluasi dan menyimpulkan data. 

    Itulah lima kelebihan yang dimiliki AI sehingga diandalkan untuk berbagai pekerjaan. Tentu saja penggunaan AI tidak serta merta menghapuskan tugas manusia, melainkan mempermudah dan meningkatkan kemampuan manusia itu sendiri. 

    Dalam beberapa pekerjaan, kolaborasi antara kemampuan AI dengan manusia dapat memberikan hasil yang lebih baik ketimbang hanya mengandalkan salah satunya.

    Baca Juga: Cara Membuat Vlog Lebih Menarik dan Keren untuk Pemula 

Website AI yang Membantu Pekerjaan Manusia

Dengan kecanggihan yang dihadirkan, kini banyak platform AI yang bebas diakses oleh pengguna. Beberapa di antaranya memiliki kemampuan spesifik yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan. 

Berikut 10 website atau platform AI yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan sekolah atau kantor. Perangkat ini dapat digunakan sesuai kebutuhan untuk penggunanya, mulai dari menulis hingga membuat video. Simak ulasannya. 

  1. Genei

    loader

    Jika sedang melakukan penelitian, Genei merupakan platform yang wajib dicoba. Genei dapat digunakan untuk melakukan penelitian dan pencatatan sehingga waktu pengerjaan akan lebih efisien dan minim kesalahan. 

    Platform ini cocok untuk mencari data, informasi, dan dokumen serta mengelompokannya sesuai dengan kebutuhan. Dari data yang terkumpul, Genei dapat membuat content atau tulisan yang sesuai dengan data-data.

    Genei dapat diakses secara bebas dan gratis. Kamu hanya perlu mendaftarkan email untuk bisa menggunakan berbagai fitur di dalamnya, 

  2. Chat GPT

    loader

    Salah satu website AI yang sempat ramai digunakan karena keahliannya dalam mengumpulkan informasi. Pada dasarnya, ChatGPT sama seperti mesin pencari Google. Namun, informasi yang diberikan seakan sudah terangkum dari berbagai sumber sehingga pengguna tidak perlu lagi mencari sumber lain. 

    Tak hanya itu, kamu bisa menggunakan Chat GPT untuk menulis artikel yang komprehensif hanya dengan menentukan temanya saja. Informasi yang diberikan juga bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. ChatGPT dapat digunakan secara gratis. Tersedia juga versi pro untuk fitur yang lebih banyak. 

  3. Copy.ai

    loader

    Website AI ini membantu membuat konten, mulai dari blog, email, postingan untuk media sosial, landing page, dan materi promosi. Dengan banyaknya tugas yang dapat dikerjakan oleh Copy.ai, website ini sangat cocok untuk content creator dan pebisnis newbie

    Copy.ai juga menyediakan berbagai template untuk konten, menyesuaikan konten dengan SEO dan target pembaca, dan bisa digunakan dalam berbagai bahasa. Website ini dapat menyesuaikan jenis content sesuai dengan kebutuhan penggunanya. 

    Copy.ai dapat digunakan secara graris, hanya saja dibatasi penggunaannya untuk 2.000 kata per bulan untuk satu akun. Kamu juga bisa memilih versi pro atau enterprise untuk dapat menggunakan Copy.di lebih bebas.

  4. Revoicer

    loader

    Memasarkan produk tidak hanya dengan visual saja, tetapi juga dengan suara. Jika membutuhkan tone suara yang spesifik, kamu dapat menggunakan Revoicer untuk mendeskripsikan dan memasarkan produk. 

    Kamu dapat memilih lebih dari 30 jenis suara sesuai dengan selera dan kebutuhan. Meski di-generate dengan AI, suara yang dihasilkan terdengar natural dengan tone yang juga bisa disesuaikan. 

    Cara menggunakannya, kamu hanya perlu membuat teks yang ingin disuarakan. Revoicer dapat digunakan secara gratis.

  5. Synthesia

    loader

    Jika ingin menghasilkan konten video, kamu bisa menggunakan Synesthesia. Website ini bisa digunakan untuk membuat video layaknya videographer profesional. 

    Dengan bantuan 125 avatar dari berbagai etnis dari seluruh dunia dan voice over, Synesthesia dapat membuat “manusia” dengan pergerakan dan penampilan yang natural. Langkah pertama yang perlu dilakukan, kamu membuat naskah, menyesuaikan video, dan tentukan bahasa yang ingin digunakan.

    Meski dengan fitur yang sangat canggih, Synesthesia bisa digunakan secara gratis, tetapi hanya dalam format demo

  6. Jasper

    loader

    Selain Copy.ai, kamu juga dapat menggunakan Jasper untuk membuat konten berbasis AI. Jasper dapat membantu membuat blog, artikel, dan content untuk media sosial. 

    Jasper juga bisa mengerjakan berbagai pekerjaan, mulai dari mengembangkan tulisan, blog, artikel, website konten, dan YouTube Script dengan waktu yang cepat. Jasper juga telah dilengkapi dengan fitur chrome plugin yang dapat terintegrasi dengan Google Docs dan WordPress. 

    Kamu dapat mencoba versi free trial terlebih dulu untuk melihat kinerja Jasper. Selanjutnya, kamu bisa berlangganan sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang diperlukan. 

  7. Grammarly

    loader

    Platform khusus agar tulisan yang dibuat lebih berkualitas dan bebas dari error. Grammarly membantu menyempurnakan tulisan dengan melakukan pengecekan spelling, grammar, dan punctuation dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. 

    Salah satu kelebihan Grammarly adalah platform ini terintegrasi dengan aplikasi menulis lain, seperti Microsoft word dan email. Selain mengetik langsung artikel, kamu juga bisa meng-upload file untuk diterjemahkan atau dipersika. 

    Grammarly dapat digunakan secara gratis dan mudah diakses melalui email. Dalam versi pro, Grammarly bisa melakukan pengecekan plagiarisme, mengubah kalimat, dan rekomendasi kata lainnya. 

  8. ManyChat

    loader

    Jika kamu memiliki usaha online, ManyChat akan sangat membantu dalam meningkatkan customer service. Platform ini memungkinkan layanan chatbots untuk Facebook Messenger.

    Manychat dapat mengirim pesan kepada customer secara otomatis tanpa harus melewati proses coding yang rumit. Pesan juga dapat dikirimkan kepada pelanggan dan mengintegrasikan seluruh data-datanya ke platform customer relationship management (CMR).

    ManyChat amat membantu usaha kamu, terutama jika sudah masuk ke platform online dan e-commerce. Kamu dapat mencoba ManyChat secara gratis dan mencoba fitur yang lebih lengkap dengan berlangganan. 

  9. Stable Diffusion

    loader

    Dengan bantuan inpainting dan out painting, kamu dapat memanfaatkan Stable Diffusion untuk menghasilkan gambar berdasarkan deskripsi teks. Melalui bantuan AI, deskripsi tadi akan berubah menjadi layaknya buatan manusia. 

    Dengan kemampuan ini, Stable Diffusion akan memberikan kemudahan bagi pekerja seni atau desainer gambar dalam mencari inspirasi atau menyelesaikan sebuah proyek. Gambar yang dihasilkan juga sangat berkualitas. 

    Sejauh ini, Stable Diffusion dapat diakses secara gratis dengan mendaftarkan email terlebih dulu. Untuk fitur yang lebih lengkap, kamu dapat mencoba versi advanced dengan berlangganan. 

  10. Beautiful.ai 

    loader

    Bosan dengan template presentasi yang datar dan standar? Kamu harus coba Beautiful.ai untuk desain yang lebih menarik dan enak dilihat. 

    Platform ini menghadirkan elemen yang cukup lengkap untuk meng-enhance presentasi, seperti automatic slides layout, real-time collaboration, dan berbagai ikon. Kamu juga bisa menyesuaikan ukuran font, warna, logo, dan lainnya dengan mudah. 

    Dengan tools yang lebih lengkap, kamu akan bekerja lebih efisien dengan hasil yang maksimal. Gunakan Beauty.ai secara gratis dengan mendaftarkan email. 

    Itulah 10 website AI yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Semua website bisa diakses secara gratis dan berlanggan. Mana yang akan dicoba dulu?

Manfaatkan AI untuk Membuat Pekerjaan Manusia Lebih Mudah

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh AI, Kelebihan ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. 

Dengan menggabungkan kemampuan manusia dan kecanggihan AI, pekerjaan mampu diselesaikan dengan lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan AI agar dapat bekerja lebih efisien.

Baca Juga: 25 Film yang Wajib Ditonton untuk Nambah Motivasi