7 Tempat Jual Beli Emas yang Paling Aman

Sudah sejak berpuluh-puluh tahun lalu emas dianggap sebagai investasi yang menguntungkan. Bahkan, emas dijadikan salah satu bentuk investasi paling populer di Indonesia. Ada banyak orang yang sukses dalam dunia investasi, di mana mereka memulainya dari sejumlah investasi dengan minim risiko yakni dalam bentuk emas.

Investasi emas bisa dilakukan dengan mudah, khusunya bagi Anda yang belum memiliki kemampuan dalam mengelola sejumlah investasi dalam bentuk instrumen lainnya. 

Investasi dalam bentuk emas terbilang memiliki risiko yang cukup rendah. Bisa dikelola dengan mudah meskipun seseorang tidak memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menilai pasar uang. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa emas menjadi investasi primadona di Tanah Air.

Selain harganya yang terbilang stabil, investasi dalam bentuk emas juga mudah dan bisa dilakukan dengan sejumlah modal yang tidak terlalu besar. Terlebih, emas mudah didapatkan dan dijual kembali jika sewaktu-waktu kita membutuhkan dana dalam waktu yang singkat. 

Biar investasi emas Anda makin lancar dan terhindari dari penipuan investasi emas bodong. Berikut 7 tempat jual beli emas yang bisa Anda datangi untuk melakukan investasi emas dalam bentuk logam mulia.

1. Pegadaian

View this post on Instagram

A post shared by Sahabat Pegadaian (@sahabatpegadaian) on

Pegadaian merupakan salah satu tempat yang paling banyak didatangi oleh orang-orang yang berniat untuk melakukan investasi emas. Di sini kita dimungkinkan untuk membeli sejumlah emas dalam bentuk tunai atau kredit (melalui program tabungan emas).

Pembelian emas dalam bentuk tunai dapat dilakukan di pegadaian dengan cara online dan offline. Pegadaian memiliki outlet Galeri 24, sedangkan untuk pegadaian yang berbentuk kantor cabang di daerah-daerah biasanya hanya akan melayani pembelian secara kredit.

Pegadaian juga memberikan kemudahan untuk melakukan pembelian secara online lewat situs resmi di pegadaian.co.id. Cek kantor cabang pegadaian di seluruh Indonesai melalui link berikut ini: https://www.pegadaian.co.id/lokasi-cabang

Pastinya, Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi dan juga ketentuan terkait dengan pembelian dan juga penjualan emas di pegadaian melalui situs tersebut.

Pada dasarnya, semua emas yang dijual di pegadaian berasal dari PT. Aneka Tambang (Antam), yang menjadi produsen emas terbesar di Indonesia. Bukan hanya pembelian saja, pegadaian juga memberikan kemudahan dalam melakukan penjualan terhadap emas yang kita beli dari mereka, di mana pembelian kembali akan dilakukan oleh pegadaian sebesar 97% dari harga pasar yang berlaku. Jumlah ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pembelian kembali yang ditawarkan oleh PT. Antam, yakni sebesar 95% dari harga pasar. 

Baca Juga: 

Tabungan Emas Digital untuk Investasi

Investasi Emas: Apa Kelebihan dan kekurangannya?

2. Gedung Pusat Antam

View this post on Instagram

A post shared by Official ANTAM (@official.antam) on

PT. Antam juga memiliki sebuah Butik Emas yang terdapat di gedung Antam yang berlokasi di Jl. Simatupang, Jakarta. Di tempat ini Anda bisa melakukan pembelian dan juga penjualan emas. Namun harga yang ditawarkan memang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga di Unit Bisnis Antam.

Harga naik atau turunnya emas logam mulia Antam juga mempengaruhi minat pembeli, oleh sebab itu tempat ini jauh lebih sepi daripada Unit Bisnis Antam.

Untuk harga jual kembali, di Butik ini juga sama dengan harga jual yang terdapat di Unit Bisnis Antam, yakni sebesar 95% dari harga pasar.

Berikut alamat lengkap Butik Emas LM - Gedung Antam: 
Gedung Aneka Tambang, Lantai 1. Jalan Let.Jen. T.B. Simatupang, No.1 Lingkar Selatan, Tanjung Barat, Jakarta 12530

  • Anda juga bisa menghubungi Butik Antam di nomor: (021) 7812722 atau melalui email : belm.jakarta01@antam.com.
  • Hari pelayanan tidak setiap hari. Butik Antam ini hanya buka pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu (kecuali libur nasional) dan hari Sabtu tidak melayani buyback.
  • Jam layanan beli logam mulia di ambil di Butik mulai dari pukul 09.00 - 13.00. Layanan buyback pukul: 09.00 - 12.00

3. Unit Bisnis Antam

Selain di pegadaian, emas logam mulia juga bisa kita dapatkan di Unit Bisnis Antam yang terletak di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Di tempat ini, PT. Antam memberikan pelayanan jual beli emas batangan olahan mereka secara langsung, di mana harga yang ditawarkan merupakan harga jual termurah jika dibandingkan dengan tempat penjualan emas lainnya.

Hal ini jugalah yang menyebabkan tingginya angka pembeli di tempat ini. Jumlah pembeli yang terbilang sangat banyak, membuat antrean di sini cukup panjang sehingga setiap harinya pembeli hanya dibatasi hingga 150 orang saja.

Pihak perusahaan juga melakukan pemeriksaan yang cukup ketat terhadap pembeli yang datang, hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal/tindakan yang tidak diinginkan. Terkait dengan harga penjualan kembali, PT. Antam menerapkan harga sebesar 95% dari harga pasar, ini khusus untuk emas yang dibeli dari mereka sebelumnya.

Di beberapa wilayah tertentu, PT. Antam juga memberikan layanan pembelian dengan cara delivery order, yang mana harga belinya akan disesuaikan dengan harga yang terdapat di Unit Bisnis Antam. Namun dalam transaksi delivery order, pembeli akan dikenai sejumlah biaya pengiriman yang ditetapkan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Berikut alamat lengkap Butik Emas LM - Pulo Gadung: 

Gedung Graha Dipta. Jalan Pemuda, No.1 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta 13250. 

  • Anda juga bisa menghubungi Butik Antam di nomor: (021) 29980900, atau melalui email di infolm@antam.com
  • Hari pelayanan adalah Senin - Jumat (kecuali libur nasional)
  • Jam layanan ambil di butik adalah pukul 09.00 - 13.00. Jam layanan buyback pukul: 09.00 - 12.00

4. Cabang Antam

View this post on Instagram

A post shared by PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia (@antamlogammulia) on

Antam juga memiliki sejumlah cabang dan juga Butik yang tersebar di beberapa daerah, dan hal ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan emas. Beberapa Butik emas antam terdapat di kota Bandung, Makassar, Surabaya, dan Palembang. 

Harga emas di setiap cabang atau butik Antam di semua daerah sama, namun harga ini sedikit lebih tinggi daripada harga emas di Unit Bisnis Antam dan juga Butik Antam di Jakarta.

Pembelian emas di daerah juga terbilang tinggi, sehingga antrean juga akan panjang pada setiap kantor cabang. Untuk itu, akan lebih baik jika kita menggunakan layanan delivery order untuk pembelian emas Antam, tentunya jika kita memang berada pada wilayah jangkauan pengantaran.

Baca Juga: 5 Cara Investasi Emas Batangan Antam untuk Pemula

5. Website Logam Mulia 

View this post on Instagram

A post shared by PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia (@antamlogammulia) on

Pembelian emas logam mulia atau emas batangan untuk investasi kini bisa dengan mudah, aman dan cepat dilakukan melalui website resmi logam mulia Antam, yakni logammulia.com.

Anda bisa melakukan transaksi beli dan jual (buyback) emas secara online melalui website dan juga aplikasi WhatsApp. Cara ini sangat praktis dan aman tentunya. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer virtual account.

Selain itu, Anda dapat memilih opsi pengambilan emas langsung di Butik Emas Logam Mulia atau pengiriman oleh perusahaan jasa ekspedisi yang bekerjasama dengan Perusahaan Antam. 

Khusus selama masa pandemi Covid-19, layanan buyback secara langsung di seluruh butik LM dibatasi. Anda dapat registrasi dulu melalui nomor WhatsApp Butik Emas Logam Mulia. Temukan info alamat lengkap seluruh cabang butik Antam di sini: https://www.logammulia.com/id/contact

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

6. Bank Syariah

View this post on Instagram

A post shared by Bank Syariah Mandiri (@banksyariahmandiri) on

Selain tempat-tempat di atas, beberapa bank syariah juga memberikan layanan pembelian emas, di mana kita bisa melakukan pembelian emas dengan mengikuti prinsip syariah. Bank syariah bahkan memberikan layanan pembelian kredit yang bisa dicicil setiap bulannya. Mereka juga memberikan layanan gadai emas yang telah kita beli sebelumnya dengan nilai hingga 95% dari harga pasar.

7. Toko Emas

View this post on Instagram

A post shared by UBS GOLD (@ubs.gold) on

Berbeda dengan emas yang dijual oleh PT. Antam, emas yang dijual di toko emas pada umumnya berbentuk perhiasan. Hal ini membuat harga emas di toko akan lebih mahal, karena membutuhkan sejumlah biaya dalam pembuatan/pengolahannya.

Namun biasanya, ada juga toko emas yang menjual produk emas logam mulia. Untuk hal ini tidak banyak toko emas yang mengeluarkan produk emas batangan logam mulia, jadi Anda juga perlu hati-hati. Pastikan Anda membeli logam mulia dengan sertifikat dan cek ke-sah-an logam mulianya.

Contoh toko emas yang juga menjual logam mulia selain Antam adalah Logam Mulia UBS. UBS Gold adalah perusahaan produksi emas dan logam mulia yang milik PT Untung Bersama Sejahtera. Berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya. Situs resmi ubs : https://ubslifestyle.com/

Hindari membeli emas perhiasan untuk investasi sebab harga jual emas perhiasan akan jauh lebih rendah dari harga belinya karena ada potongan biaya ongkos pembuatan perhiasan. Lebih baik Anda beli logam mulia saja. 

8. MarketPlace

View this post on Instagram

A post shared by Shopee Indonesia (@shopee_id) on

Beli emas perhiasan maupun logam mulia juga bisa dibeli secara online melalui situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Orori, dan lain sebagainya. Bahkan di marketplace ini mereka juga memiliki program untuk beli emas dengan cara nyicil yakni seperti tabungan emas digital. Hal yang paling penting saat Anda mau beli emas atau investasi emas melalui marketplace adalah pastikan Anda memilih toko emas yang sudah terpercaya.

Jangan Tunda Investasi

Investasi dalam bentuk emas merupakan investasi yang mudah dilakukan, di mana hal ini tidak selalu membutuhkan jumlah dana yang besar. Kita juga bisa melakukannya dengan mudah karena investasi emas memiliki akses yang terbilang cukup banyak. Ketika memiliki dana, jangan pernah ragu untuk segera menginvestasikannya, karena emas adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Baca Juga: Penipuan Investasi Emas, Ini Modus dan Cara Menghindarinya