7 Tips Tinggal di Kontrakan Terasa Seperti Rumah Sendiri

Beberapa orang masih lebih memilih mengontrak daripada membeli rumah sendiri. Selain karena biaya angsuran per bulan lebih murah, tinggal di rumah kontrakan pun sama sekali tidak mengurangi kenyamanan. Selagi orang yang menempatinya tahu cara menciptakan kenyamanan itu sendiri.

Nah, bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu merasa nyaman dengan rumah kontrakan yang sekarang kamu tempati? Kalau belum, yuk, lakukan beberapa tips berikut yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber agar tinggal di rumah kontrakan bisa membuatmu nyaman seperti di rumah sendiri.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Periksa Kondisi Rumah Kontrakan

cek tembok rumah
Periksa kondisi rumah kontrakan

Tidak semua rumah yang dikontrakan dalam keadaan baik. Sebagian justru sudah memiliki masalah di beberapa bagian rumah. Entah itu cat temboknya yang mengelupas, kayu jendela yang sudah keropos dan sebagainya. Nah, tugasmu adalah mengecek semua kondisi rumah sebelum menempatinya. Periksa bagian mana yang masih berfungsi dan tidak agar kamu bisa melaporkannya kepada pemilik untuk segera direnovasi rumahnya.

Sebelum menempati rumah, kamu juga bisa mengabadikan gambar rumah yang sebenarnya sebagai dokumentasi. Ketika suatu saat pemilik rumah menggugatmu karena adanya kerusakan pada rumah, setidaknya kamu bisa membela diri dengan bukti dokumentasi yang kamu punya.

2. Ganti Kaca Rumah yang Sudah Buram

Jika kamu berencana untuk mengontrak dalam waktu yang lama, penting bagimu untuk memperhatikan perawatan pada rumah. Salah satunya adalah kualitas kaca yang digunakan pada rumah yang ditempati. Jangan sungkan untuk mengganti kaca yang sudah buram dan rusak dengan kaca baru, sehingga rumah kontrakan tampak seperti baru dan enak dilihat.

Tentunya, kamu harus membicarakan tentang upaya mengganti kaca ini terlebih dahulu dengan pemilik rumah. Jika mereka setuju, kamu bisa segera menindaklanjuti keinginanmu ini.

3. Cat Ulang Rumah Kontrakan

renovasi rumah
Cat ulang rumah kontrakan

Kondisi cat rumah yang sudah pudar pastinya membuat rumah kurang sedap dipandang. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengecat ulang rumah tersebut untuk mendapatkan tampilan rumah kontrakan seperti baru. Pilih warna cat yang natural, seperti putih atau cream agar tidak menyilaukan mata.

Bila kamu ingin mendapatkan kesan minimalis, tambahkan warna hitam atau abu-abu di bagian-bagian tertentu. Sedangkan kamu yang ingin kesan rumah yang lebih homey, sebaiknya padukan warna natural itu dengan warna coklat kayu.

Baca Juga: Dear Pengantin Baru, ini 5 Keuntungan Membeli Rumah Minimalis

4. Isi Rumah dengan Perabotan yang Berkualitas

Meskipun rumah kontrakan yang kamu pilih sudah dilengkapi dengan perabotan, namun perabotan yang ada pasti hanya seadanya saja. Seperti lemari, meja, kursi, dan tempat tidur. Perabotan dengan jumlah segini tentu tidak cukup, apalagi bila kamu ingin rumah kontrakan terlihat penuh.

Untuk itu, isi lah rumah dengan perabotan atau furniture tambahan seperti meja hias, rak buku, hingga lemari alat-alat makan. Pilih perabotan yang berkualitas agar usia pakainya lebih lama, atau bisa kamu gunakan kembali saat pindah ke rumah kontrakan di kemudian hari.

5. Atur Jarak Antar Perabotan Sedemikian Rupa

dekorasi rumah
Atur jarak antar perabotan

Saat diisi dengan perabotan tambahan, rumah bakal terlihat sedikit penuh. Agar tetap enak dilihat, sebaiknya susun setiap perabotan dengan rapi sesuai dengan tempatnya. Untuk perabotan yang berukuran besar, tempatkan di area yang lebih luas. Sedangkan perabotan yang ukurannya kecil bisa kamu selipkan di antara perabotan-perabotan besar.

Di samping itu, coba atur jarak pada setiap perabotan yang ada, misalnya satu atau dua ubin. Dengan demikian, perabotan tidak berdempetan antara yang satu dengan yang lainnya.

6. Tambahkan Tanaman Hias

Untuk menambah keindahan interior dan eksterior rumah, coba tambahkan beberapa tanaman hias. Tidak hanya jenis tanaman hias yang bisa diletakkan di meja saja, tapi juga yang bisa digantung guna menghemat space. Untuk jenis tanamannya sendiri bebas saja, tergantung selera masing-masing orang.

Penambahan tanaman hias merupakan opsi terbaik apabila pemilik rumah tidak memperkenankan kamu untuk menggarap halaman rumah miliknya. Di sisi lain, bagi kamu yang ingin praktis dan tak mau repot, membeli tanaman hias palsu bisa menjadi pilihan yang tepat.

7. Memanfaatkan Barang Bekas sebagai Dekorasi

barang bekas
Memanfaatkan barang bekas sebagai dekorasi

Punya barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai? Kalau punya, sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Barang-barang bekas ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah nilai estetika rumah, baik pada bagian interior maupun eksteriornya. Misalnya botol parfum yang bisa dijadikan sebagai pajangan atau koleksi di ruangan tamu atau kotak sepatu yang bisa digunting dan dibentuk menjadi tempat penyimpanan alat-alat tulis.

Sejatinya, waktu dan tenagamu memang akan sedikit terkuras untuk mengolah barang-barang bekas ini. Tapi demi keindahan dan kenyamanan tinggal, kamu tidak perlu terlalu memperhitungkannya, ya!

Baca Juga: Raup Untung Besar dari Bisnis Daur Ulang Barang Bekas

Pilih Rumah Kontrakan yang Sesuai Bujet

Menyulap suasana di rumah kontrakan seperti di rumah sendiri tidak terlalu sulit, bukan? Satu yang menjadi catatan adalah sesuaikan harga sewa rumah dengan bujet. Jangan sampai karena ingin tinggal di rumah kontrakan yang bagus, kamu malah mengorbankan uang makan dan kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Baca Juga: Tips agar Rumah Kontrakan Cepat Laku