9 Cara Mantap Menata Keuangan Bisnis bagi Pemula, Anti Rugi

Merencanakan bisnis dengan matang merupakan salah satu langkah tepat untuk mendapatkan kesuksesan. Bisnis berjalan dengan lancar bila rencana tersebut dieksekusi dengan benar.

Dalam perencanaan bisnis, pasti ada rancangan mengelola keuangan. Kamu perlu memiliki sistem keuangan yang efisien, termasuk berbagai langkah lainnya yang dapat mendukung kelancaran arus kas dalam bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membuat Bisnis selalu Ramai Konsumen

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Kelola dengan Profesional

loader
Bisnis pemula

Bisnis mau itu skala mikro, kecil, menengah, atau besar, penting untuk dapat mengelola keuangan dengan baik. Mengatur pemasukan dan pengeluaran agar tidak besar pasak daripada tiang.

Tujuannya agar bisnis dapat memperoleh keuntungan. Hasil ini sangat berguna untuk keberlangsungan usaha maupun mengembangkannya lebih pesat.

Cara cerdas mengelola keuangan bisnis

loader
Mengelola keuangan bisnis

  • Pisahkan dana pribadi dengan dana bisnis

Urusan bisnis tidak bisa dicampuradukkan dengan urusan pribadi. Begitupun dengan keuangannya.

Kamu harus bersikap profesional dan tidak menggabungkan dana pribadi dengan dana bisnis supaya lebih mudah menata keuangan bisnis. Menghitung dan melihat rincian pengeluaran dengan lebih cepat.

Selain itu, menghindari penggunaan dana bisnis untuk kepentingan pribadi. Ini sangat penting guna mengurangi risiko penyalahgunaan dana serta kerugian dalam bisnis.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Menguntungkan di Masa Pensiun agar Hidup Sejahtera

  • Jangan satukan bagian kasir dengan keuangan

Kasir dan bagian keuangan kelihatannya mirip, karena sama-sama mengurus duit perusahaan. Namun bagian ini hendaknya tidak disatukan.

Khawatir menimbulkan risiko kecurangan di dalam bisnis. Apalagi jika kedua bagian ini dipercayakan pada orang yang sama.

Pastikan, agar kamu memisahkan bagian kasir dan keuangan agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dengan baik dan profesional.

  • Susun rencana umum

Meski masih pengusaha pemula, kamu harus menyusun rencana umum bisnis. Hal ini akan mengatur keuangan lebih mudah.

Terutama berkaitan dengan setiap tahap pengembangan bisnis. Kamu bisa memulai langkah ini dengan menetapkan rencana jangka pendek, menengah, kemudian jangka panjang beserta kebutuhan biayanya.

  • Buat rencana pendapatan

Susun pula rencana pendapatan dalam bisnis. Langkah ini dapat kamu lakukan dengan memperhatikan beberapa hal, seperti produk yang mau dijual, target penjualan yang harus dicapai, strategi pemasaran, dan lainnya.

Semua ini bisa menjadi dasar perhitungan kamu dalam membuat rencana pendapatan bisnis tesebut.

loader
Hasil keuntungan dipakai untuk pengembangan bisnis

  • Tentukan target finansial

Berapa jumlah keuntungan yang ingin kamu capai dalam bisnis? Ini juga harus kamu pikirkan sejak awal.

Target ini harus realistis dan dapat sejalan sesuai target penjualan yang sudah ditentukan. Kamu bisa menyusunnya untuk jangka pendek terlebih dahulu. Lalu menyesuaikan dan membuat target finansial dalam jangka panjang.

  • Buat laporan keuangan

Laporan keuangan sangat dibutuhkan dalam bisnis. Baik skala bisnis besar atau kecil sekalipun.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode tertentu. Umumnya setiap tiga bulan sekali, dan tahunan yang disajikan setelah diaudit, biasanya untuk perusahaan besar.

Pembukuan yang rapi dan rinci akan membantu kamu memantau arus kas, berapa uang yang masuk dan keluar. Semua ini akan berguna dan mempermudah kamu mengambil keputusan bisnis.

  • Pelototi cash flow setiap hari

Pengawasan keuangan bisnis juga penting, terutama jika kamu mempercayakannya pada karyawan. Arus kas setiap hari mesti dipantau atau agar lebih memudahkan, gunakan software khusus untuk mengelola keuangan bisnismu.

Baca Juga: Tata Cara Mengelola Keuangan yang Tak Boleh Diabaikan Entrepreneur

  • Siapkan dana darurat

Risiko selalu ada di dalam bisnis dan kamu harus mampu mengelolanya. Pastikan kamu telah menyiapkan dana darurat untuk menghadapi risiko buruk yang dapat terjadi kapan saja.

Dana darurat akan membantumu menjaga bisnis tetap berjalan dengan stabil tanpa khawatir, meskipun beberapa kondisi terjadi di luar rencana bisnismu.

  • Kembangkan bisnis dari keuntungan

Saat kamu sudah mendapatkan keuntungan dari bisnis, jangan langsung puas. Atau menggunakan laba itu untuk berpesta.

Alokasikan sebagian keuntungan ini untuk mengembangkan bisnis, sehingga bisnis dapat tumbuh dan maju. Anggap saja hal ini sebagai investasi yang kelak bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan di dalam bisnis yang kamu jalankan.

Mulai Bisnis dengan Keuangan yang Sehat

Untuk kamu pengusaha pemula, biasakan mengelola keuangan bisnis dengan cara profesional. Terapkan berbagai langkah cerdas untuk mengelola keuangan bisnis, sehingga berjalan lancar dan sukses.

Baca Juga: Peluang Usaha dengan Untung Berlimpah, Begini Cara Sukses Memulai Bisnis Sabun Organik