10 Makanan yang Dapat Meredakan Sesak Napas

Mengalami sesak napas merupakan indikasi terjadinya gangguan atau penyempitan di area saluran pernapasan. Hal ini ditandai dengan napas pendek atau bahkan kesulitan untuk bernapas pada gangguan yang terbilang akut. 

Kondisi ini biasanya berkaitan dengan berbagai gangguan kesehatan, seperti asma, alergi dan yang lainnya. Sesak napas tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman, apalagi jika terjadi dalam waktu yang terbilang panjang. 

Jangan biarkan sesak napas terjadi dalam waktu yang panjang, sebab hal ini bisa menjadi akut seiring dengan berlalunya waktu. Selain mengatasinya dengan obat-obatan, mengkonsumsi makanan yang tepat juga bisa menjadi pilihan.

Baca Juga: Jenis Makanan Sehat untuk Tulang Lebih Kuat dan Bebas Osteoporosis

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Daftar Jenis Makanan yang Cocok untuk Meredakan Sesak Nafas

loader

Pemilihan makanan yang tepat bisa membantu penderita sesak nafas tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, tanpa menimbulkan reaksi tertentu pada saluran pernapasan. Bukan hanya itu saja, beberapa jenis makanan yang tepat bahkan bisa membantu meredakan gangguan sesak napas. 

Berikut ini adalah daftar makanan yang dapat membantu meredakan sesak napas: 

Jenis Makanan Keterangan
Makanan yang mengandung omega 3

Berbagai makanan dengan kandungan omega 3 dipercaya dapat mengurangi terjadinya peradangan di area saluran pernapasan. Hal ini disimpulkan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Allergology International.

Ada banyak makanan yang mengandung omega 3, salah satunya ikan salmon yang belakangan ini sudah lebih mudah ditemukan di pasaran. 

Buah-buahan kaya serat dan vitamin

Sejak lama buah-buahan banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, termasuk sesak napas. Buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin dan juga antioksidan yang berasal dari keluarga beri menjadi salah satunya.

Ada banyak jenis buah dari kelompok ini, seperti; blueberry, ceri, stroberi, dan yang lainnya. Berbagai buah-buahan ini bisa dikonsumsi langsung dalam kondisi segar maupun diolah menjadi jus. 

Jahe

Dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat, jahe juga bisa meredakan sesak napas. Rimpang yang kaya khasiat ini dapat melonggarkan saluran pernapasan, sehingga sesak napas dapat diredakan.

Jahe bisa dikonsumsi dengan banyak cara, mulai dari mencampurkannya pada makanan atau mengolahnya sebagai minuman hangat. 

Kunyit

Selain dikenal sebagai bumbu dapur yang populer, ternyata kunyit juga memiliki khasiat untuk meredakan sesak nafas. Bumbu kuning ini dapat melebarkan pembuluh darah serta membantu mengatur aliran udara menjadi lebih lancar di dalam tubuh.

Kunyit bisa diparut dan dicampur dengan air matang, lalu diminum setelah dingin atau dalam kondisi hangat. 

Sayuran hijau

Berdasarkan riset yang dilakukan American Thoracic Society, ternyata sayuran hijau juga dapat mencegah terjadinya asma pada anak-anak. Hal ini karena tingginya kandungan vitamin D dan juga asam folat pada sayuran hijau.

Mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin akan membuat saluran pernapasan tetap terjaga dengan baik, sehingga berbagai gangguan pernapasan bisa dicegah. 

Buah delima

Dikenal sebagai buah yang segar dan menyehatkan, buah delima memang banyak disukai, bahkan oleh anak-anak. Buah delima juga bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru dan juga saluran pernapasan.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada delima dapat mengurangi timbulnya peradangan yang kerap menjadi penyebab utama sesak napas. 

Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai tanaman yang bisa bekerja sebagai anti-inflamasi. Bumbu dapur yang satu ini memang bisa meningkatkan imun di dalam tubuh.

Kandungan antioksidan dan juga allicin di dalamnya bahkan bisa memperkuat sistem pernapasan, sehingga dapat meredakan gangguan sesak napas. 

Wortel dan ubi 

Pada umumnya, kebanyakan orang yang memiliki gangguan asma juga memiliki kandungan vitamin A yang rendah di dalam tubuh mereka. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A akan membantu mengatasi hal tersebut, sebagaimana dilansir oleh Trust Source.

Ada banyak makanan yang bisa dijadikan pilihan, termasuk ubi dan wortel. Kedua makanan yang kaya vitamin A ini dapat membantu menjaga dan menguatkan sistem pernapasan. 

Dark chocolate

Bukan hanya dikenal lezat dan disukai banyak orang, dark chocolate juga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Makanan yang satu ini kaya akan magnesium yang dikenal bisa menjaga aliran udara serta volume paru-paru.

Penderita gangguan sesak napas bisa menjadikan camilan yang satu ini sebagai salah satu solusi untuk mengurangi peradangan di saluran pernapasan.

Tomat

Tomat dikenal kaya akan antioksidan dan vitamin baik yang dapat menyehatkan tubuh. Namun selain itu, tomat juga dapat menghilangkan radang yang terjadi di area saluran pernapasan.

Hal ini akan mengurangi terjadinya gangguan pernapasan, termasuk asma. Tomat bisa dikonsumsi dengan banyak cara, salah satunya dengan dijus menjadi minuman yang segar. 

Baca Juga: 25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat

Konsumsi Makanan yang Tepat dan Bisa Meredakan Sesak Napas

Mengalami gangguan pernapasan memang tidak menyenangkan, apalagi jika sesak napas ini kerap terjadi. Selain diatasi dengan obat-obatan, sesak napas juga bisa diredakan dengan bantuan berbagai makanan yang tepat. Pilih makanan yang tepat dan konsumsi dengan cara yang juga tepat, agar gangguan sesak napas bisa reda dan membaik seiring dengan berlalunya waktu. 

Baca Juga: 15 Jenis Makanan Superfood Indonesia