9 Tipe Kecerdasan yang Dimiliki Manusia, Mana yang Anda Punya?

Hampir semua orang tentu akan setuju jika dikatakan bahwa orang cerdas adalah mereka yang memiliki kemampuan baik dalam menyelesaikan berbagai soal di bangku sekolah, terutama di dalam pelajaran matematika dan ilmu berhitung lainnya. Bukan hanya di bangku sekolah saja, pemikiran yang sama memang telah berkembang secara luas di tengah-tengah masyarakat, di mana kecerdasan itu hanya identik dengan kemampuan akademik yang mumpuni dari seseorang saja.

Padahal jika ditilik lebih luas lagi, sejumlah bidang lainnya juga tentu akan membutuhkan keahlian dan juga kecerdasan dari seseorang untuk bisa menguasainya dengan baik. Artinya, kecerdasan ini pada dasarnya memiliki cakupan yang jauh lebih luas lagi, di luar ilmu matematika dan berhitung lainnya.

Pemikiran seperti inilah yang coba diungkapkan oleh seorang Howard Earl Gardner, yang merupakan seorang tokoh pendidikan dan psikologi berkebangsaan Amerika. Gardner berpendapat bahwa di dalam perkembangan ilmu psikologi modern kecerdasan manusia lebih majemuk dan bisa dibagi ke dalam beberapa jenis kecerdasan yang berbeda-beda. Hal ini dituangkannya dalam teori kecerdasan majemuk yang kemudian menjadi cikal-bakal pengetahuan bahwa seorang anak bisa saja memiliki sejumlah kecerdasan yang berbeda-beda di dalam dirinya.

Tidak hanya sebatas kecerdasan dalam bidang akademik saja, yang pada umumnya hanya berhubungan dengan kemampuan berhitung dan juga logika. Melalui sejumlah penelitian panjang yang dilakukan oleh Gardner dalam teori kecerdasan majemuk, kita bisa mengenal 9 tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Hal ini tentu menjadi menarik, sebab setiap dari kita akan memiliki kemampuan yang berbeda-beda pada setiap jenis kecerdasan tersebut, meskipun pada dasarnya setiap kita memiliki semua kecerdasan tersebut di dalam diri kita masing-masing.

Lalu, tipe kecerdasan mana yang menonjol di dalam diri Anda? Simak 9 tipe kecerdasan berikut ini, yang dikemukakan oleh Howard Gardner dalam penelitiannya:

Baca Juga : 10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi

1. Kecerdasan Visual dan Spasial

pelukis

Pelukis via shutterstock.com

 

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk melihat dan mengenali dunia tertentu secara akurat, dan juga menggambarkan atau mengubah dunia tersebut ke dalam bentuk-bentuk yang diinginkan. Tipe kecerdasan yang satu ini, akan membuat seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam menghitung jarak, volume, pola, dan juga berbagai detail lainnya dari sebuah benda.

Semua hal inilah yang kemudian digunakan olehnya untuk menggambarkan atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan benda tersebut. Kecerdasan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh seorang pematung, pelukis, dan yang lainnya.

2. Kecerdasan naturalis

pecinta alam

Pecinta Alam via shutterstock.com

 

Kecerdasan ini akan membuat seseorang memiliki kemampuan untuk memahami lingkungannya dengan baik, terutama terkait dengan keberadaan dan juga kebutuhan makhluk hidup lainnya yang terdapat di sana. Kecerdasan yang seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para ahli biologi, dan juga pecinta flora dan fauna.

3. Kecerdasan Musikal

pemusik

Pemusik via shutterstock.com

 

Kecerdasan musikal yang dimiliki seseorang, akan membuatnya memiliki pemahaman yang baik di dalam membedakan dan mengenali suatu bunyi / suara. Mereka yang memiliki kecerdasan ini akan lebih peka, terhadap nada, melodi, atau bahkan berbagai bunyi lainnya yang berirama.

Pada umumnya, kecerdasan musikal akan dimiliki oleh mereka yang bekerja sebagai pemusik, dirigen, komposer, dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan musik itu sendiri.

4. Kecerdasan Logika Matematika

programmer

Programmer via shutterstock.com

 

Inilah tipe kecerdasan yang paling banyak dan umum kita jumpai di lingkungan kita, sebab sejak lama kemampuan matematika dan juga logika seseorang sering menjadi tolak ukur kecerdasannya.

Hal ini telah dimulai sejak seseorang mulai belajar berhitung dan bahkan ketika menempuh pendidikan di lembaga formal seperti sekolah dan juga perguruan tinggi. Kecerdasan logika dan matematika pada umumnya dimiliki oleh seorang akuntan, ahli mesin, dan yang lainnya.

5. Kecerdasan Eksistensial

psikolog

Psikolog via shutterstock.com

 

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk memahami dan mengetahui berbagai hal yang terdapat di dalam kehidupan ini. Hal inilah yang kemudian membantu seseorang untuk bisa mengolah dan mencari berbagai alasan tentang banyak hal di dalam kehidupannya. Kemampuan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para psikolog.

Baca Juga : 28 Situs Populer untuk Anda yang Gemar Belanja Online

6. Kecerdasan Interpersonal

sukarelawan

Sukarelawan via shutterstock.com

 

Kemampuan ini akan membuat seseorang dapat memahami berbagai kebutuhan serta perasaan orang lain yang berada di sekitarnya. Kemampuan seperti ini tentu akan membantu seseorang untuk bisa memiliki sebuah kehidupan sosial yang sehat dan lebih terarah. Pada umumnya kemampuan ini akan dimiliki oleh mereka yang bekerja di bidang sosial, pelayanan masyarakat, dan yang lainnya.

7. Kecerdasan Kinestetik Jasmani

pelari

Pelari via shutterstock.com

 

Kemampuan ini akan membuat seseorang memiliki sebuah keselarasan yang baik antara kinerja otak dengan tubuhnya, di mana orang tersebut mampu dengan mudah menggerakkan tubuhnya dengan menggunakan kekuatan pikirannya.

Kecerdasan kinestetik jasmani ini juga dapat membantu seseorang untuk bisa lebih lihai dan terampil dalam menggunakan alat / objek tertentu yang begitu familiar dengan kesehariannya. Kemampuan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para atlet, pengrajin, penari, dan yang lainnya.

8. Kecerdasan Linguistik

penulis

Penulis via shutterstock.com

 

Kemampuan ini akan membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi, sebab memiliki keterampilan yang mumpuni di dalam memilih dan menata setiap kata yang akan digunakannya untuk berkomunikasi.

Bukan hanya itu saja, mereka yang memiliki kecerdasan linguistik juga akan memahami dengan baik bagaimana dan metode apa yang harus digunakannya ketika berkomunikasi dengan orang lain di sekitarnya. Kemampuan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh mereka yang bekerja di media, pembicara, atau bahkan seorang penulis sekalipun.

9. Kecerdasan Intrapersonal

motivator

Motivator via shutterstock.com

 

Kemampuan ini akan membuat seseorang paham dan mengerti dengan baik kebutuhan dan juga hal-hal yang diinginkan olehnya ataupun oleh seseorang yang berada di lingkungannya. Hal seperti ini tentu akan sangat membantu seseorang untuk bisa sukses dan memahami setiap hal penting yang ada di dalam kehidupannya. Yang memiliki kecerdasan ini juga bisa menjadi seorang motivator.

Kenali dan Gali Kecerdasan Mulai Sekarang

Setiap orang tentu akan memiliki sejumlah kecerdasan di dalam dirinya, meskipun hanya beberapa jenis saja yang mungkin akan menonjol dan terlihat dengan jelas. Pada dasarnya, setiap orang memiliki semua kecerdasan itu sendiri, hanya saja sebagian besar orang tidak pernah menyadarinya.

Mulailah kenali dan gali kecerdasan yang terdapat di dalam diri Anda, agar Anda bisa memaksimalkan potensi diri Anda.

Baca Juga : Hadiah Pernikahan Termahal yang Bikin Kita Ngiri