9 Tips Belanja Keperluan Rumah Tangga Paling Praktis dan Anti Boros

Berbelanja keperluan rumah tangga memang jadi kegiatan rutin sebagian besar keluarga. Tak sedikit orang yang berupaya agar kegiatan satu ini bisa jadi lebih hemat. Namun sayangnya, hanya segelintir orang saja yang mengetahui strateginya. 

Umumnya, belanja kebutuhan rumah tangga ini memang disiapkan untuk satu bulan. Akan tetapi, terkadang ada saja hal yang mendadak dibutuhkan sehingga sifatnya jadi sulit diprediksi. Meski ada banyak orang yang sudah berupaya menekan kebutuhan keluarganya masing-masing di tiap bulan, tapi nyatanya kebutuhan di luar dugaan ini memaksa untuk menambah pengeluaran. 

Tips Hemat Belanja Keperluan Rumah Tangga Bulanan

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan demi menghemat belanja untuk keperluan rumah tangga dalam sebulan. Di antaranya sebagai berikut:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Membuat rencana belanja secara detail

loader
Rencana belanja hemat keperluan rumah tangga

Trik pertama yang patut dilakukan adalah membuat rencana belanja secara detail. Hal ini harus dilakukan demi menghindari lupa dan bisa lebih fokus pada barang yang memang benar-benar diperlukan saja. Apabila rencana belanja ini bisa dipatuhi dengan baik, maka tak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia karena melihat barang yang sebenarnya tak perlu. 

2. Membuat rekening terpisah

jika ingin uang yang disisihkan benar-benar aman, tak ada salahnya untuk membuat rekening terpisah. Kemudian, tabung sebagian uang dalam rekening tersebut. Nantinya, bisa menggunakan tabungan tersebut untuk dana darurat maupun dana utama demi memenuhi segala kebutuhan finansial keluarga. 

Akan tetapi, harus tetap selektif saat memilih lembaga keuangan. Pertimbangkan juga soal biaya bulanan, nominal saldo mengendap, hingga biaya lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya potongan yang tidak diperlukan sehingga tabungan tersebut malah terkuras nantinya. 

3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Jangan lupa pula untuk mengklasifikasikan mana kebutuhan yang masuk dalam kategori primer, sekunder, juga tersier. Pastikan telah memenuhi semua kebutuhan pokok atau primer keluarga. Jika memang masih ada sisa anggaran, maka boleh menggunakan uang tersebut untuk membeli keperluan lain. 

Intinya, pastikan untuk bertindak bijak dalam membedakan kebutuhan maupun keinginan. Sikap seperti ini penting dimiliki demi menghindari adanya pengeluaran tak penting sehingga bisa lebih hemat. 

4. Jangan ragu untuk membandingkan harga

loader
Belanja hemat keperluan rumah tangga

Saat sudah memilih barang sesuai keperluan, jangan pernah ragu untuk memeriksanya terlebih dulu. Mulai dari nominal harga hingga membandingkan harga tersebut dengan barang lain. 

Biasanya, beberapa supermarket memberikan harga private label yang memiliki harga lebih murah. Dengan begitu, Anda bisa jadi lebih menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Mau Investasi Pakai Uang Belanja? Begini Strateginya

5. Segera menyisihkan pendapatan sesaat setelah menerimanya

Trik menghemat belanja keperluan rumah tangga adalah menyisihkan pendapatan sesaat setelah menerimanya. Metode paling sederhana yang bisa dilakukan adalah 60/20/20 dengan rincian 60% adalah pemenuhan kebutuhan prioritas, kemudian 20% untuk dana darurat, sementara 20% sisanya ditabung. 

Dengan metode satu ini, seberapa besar tingkat prioritas dari pendapatan bulanan yang didapatkan bisa diketahui. Sehingga, bisa tahu bagaimana pendapatan tersebut harusnya dipecah sesuai pos masing-masing. 

6. Tak perlu ragu menawar

Umumnya, orang yang hendak membeli keperluan rumah tangga memilih untuk membelanjakan uangnya di pasar tradisional dibandingkan supermarket. Sebab, anggapan harga barang di pasar cenderung lebih murah memang benar adanya. 

Dengan demikian, barang yang didapatkan jauh lebih beragam. Bukan itu saja, harga yang berlaku di pasar tradisional bisa ditawar. Tentu saja, hal ini lebih menguntungkan bagi kamu yang sedang berusaha melakukan penghematan. 

7. Mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan

Perlu diketahui, mencatat pengeluaran secara rutin ternyata bisa membantu di banyak hal. Salah satunya adalah kamu bisa mengetahui pengeluaran apa yang memiliki nominal paling besar. Dengan demikian, kamu bisa meredam pengeluaran untuk kebutuhan terkait. 

Bisa juga dengan memantau arus kas di setiap bulannya dan mengetahui pengeluaran apa yang memang patut diprioritaskan, dikurangi, maupun dicarikan alternatif produk sejenis yang memiliki harga lebih murah. 

Baca Juga: Anti Tekor, Coba 7 Trik Ini untuk Menghemat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga

8. Tidak melewatkan promo

loader
Belanja hemat keperluan rumah tangga

Saat barang yang kamu cari di pasar ternyata tak ada dan hanya bisa menemukannya di supermarket, maka jangan lupa untuk mencari tahu promo terkini yang diberikan pihak supermarket tersebut. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran. Melalui promo semacam ini, kamu pun bisa membeli barang dengan kuantitas lebih banyak untuk dijadikan persediaan sehingga bulan depan tak perlu membelinya lagi. 

9. Rajin menabung

Saat semua kebutuhan sudah terpenuhi dengan baik, maka uang yang tersisa tentu bisa kamu tabung. Jikalau pun tak ada sisa, ada baiknya untuk tetap menyisihkan sebagian pendapatan untuk sekadar ditabung. Hal ini untuk membantu kamu mengontrol pengeluaran di setiap bulan. 

Selain itu, trik satu ini bisa sangat bermanfaat bila suatu hari nanti ada kebutuhan yang sifatnya mendadak. Jadi, tidak akan kebingungan lagi untuk mendapatkan dana sesuai kebutuhan tersebut. 

Hemat dan Konsisten

Demikian tadi beberapa tips paling sederhana dan praktis untuk menghemat keperluan belanja rumah tangga. Kamu bisa coba menerapkan sekaligus membandingkan pengeluaran bulanan yang ada seiring berjalannya waktu. Alhasil, berapa persen kemampuan dalam menghemat pengeluaran selama ini bisa diketahui dengan jelas

Namun pastikan untuk tidak berhenti sampai di sini. Jika sudah berhasil melakukan sejumlah penghematan, bukan berarti dana yang tersisa bisa dihabiskan seenaknya. Kamu bisa memanfaatkan uang sisa tersebut untuk berbagai kebutuhan produktif lainnya. 

Sebab pada dasarnya, hemat sama dengan konsisten. Ketika kamu benar-benar konsisten, maka kamu pasti bisa melakukan penghematan sesuai tips yang telah dijabarkan di atas.

Baca Juga: Belanja Bulanan Pas Promo JSM Dijamin Makin Hemat