9 Tips Jaga Kebersihan Rumah Agar Virus Penyakit Pergi Jauh-jauh

Selama masa pandemi, semua orang diharuskan untuk beraktivitas di rumah saja. Karena itulah tidak ada salahnya jika kamu mempelajari bagaimana caranya agar kebersihan rumah terjaga dengan maksimal. Selain agar anggota keluarga di rumah terjaga kesehatannya, tapi juga menjaga rumah agar jadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Terlebih ketika kamu harus WFH atau work from home, maka kenyamanan rumah dan kebersihannya wajib jadi prioritas. Agar suasana bekerja di rumah jadi penuh semangat dan sumringah. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tips Jaga Kebersihan Rumah Selama Pandemi 

Tak dapat dipungkiri jika rumah yang terjaga kebersihannya sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan pemiliknya. Masa pandemi membuat siapapun harus lebih aware terhadap kebersihan rumahnya agar terbebas dari virus yang bisa membahayakan kesehatan keluarga. Berikut tips jaga kebersihan rumah agar lebih nyaman dan bebas virus berbahaya.

1. Rapikan Tempat Tidur Segera Setelah Bangun Pagi

loader
Tips jaga kebersihan rumah

Tempat tidur yang rapi menjadi salah satu fokus penting dalam menjaga kebersihan rumah. Kamar tidur yang jarang dibersihkan akan membuat debu, tungau hingga jamur terjebak di dalamnya. Alhasil, kamar jadi terasa pengap, lembab dan bisa memicu munculnya penyakit jika tak segera dibersihkan. 

Agar kamar tidur selalu bersih, ada baiknya untuk merapikan tempat tidur segera setelah bangun pagi. Jangan lupa, sapu bersih agar debu tidak terjebak di dalam kamar dan menjadi sarang virus dan bakteri. Selain itu, rutinlah mengganti sarung bantal, sarung guling, sprei dan jika cuaca cerah, kamu bisa menjemur kasur di bawah sinar matahari. 

2. Bersihkan Lantai Secara Rutin

Fokus kebersihan rumah selanjutnya ada di bagian permukaan lantai, baik bagian dalam dan luar rumah. Untuk membersihkan lantai, kamu bisa menyesuaikan dengan jenis lantai yang digunakan di rumah. 

Di lantai rumah bagian dalam, kamu bisa menyapunya lebih dulu untuk menghilangkan debu atau kotoran lainnya. Sebelum itu, ada baiknya untuk membersihkan debu di furniture lainnya sebelum menyapu lantai.

Jika ada karpet dan semacamnya, bisa gunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu lebih menyeluruh. Baru setelah itu, gunakan cairan pembersih lantai dengan cairan antiseptik untuk mengepel permukaan lantai ruangan yang sudah dibersihkan dari debu. 

Supaya kebersihan lantai selalu terjaga, jangan lupa untuk rutin menyapu lantai setiap hari. Untuk mengepel lantai bisa disesuaikan dengan kondisinya atau minimal tiga hari sekali.

Baca Juga: 9 Cara Bikin Rumah Jadi Hunian yang Sehat dan Nyaman

3. Jangan Biarkan Cucian Baju Menumpuk

Agar kebersihan rumah terjaga, jangan biarkan cucian baju kotor menumpuk terlalu banyak. Karena hal ini bisa jadi sarang nyamuk-nyamuk dan memicu munculnya jamur yang bisa menyebabkan penyakit. 

Untuk itu, ada baiknya untuk mencuci baju kotor setidaknya dua hari sekali, terlebih jika anggota keluarga di rumah cukup banyak.

Namun, jika hanya tinggal sendiri bisa lebih disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.   

4. Bersihkan Kamar Mandi Secara Rutin

Selain kamar tidur dan ruang utama, kebersihan kamar mandi juga harus diperhatikan. Karena di ruangan ini menjadi tempat untuk semua orang membersihkan diri dan buang hajat, jadi bisa dibilang paling krusial di sebuah hunian. Sehingga penting untuk menjaganya selalu dalam keadaan yang bersih dan terawat, agar memberikan rasa nyaman saat digunakan.

Bagian pertama yang perlu dibersihkan dalam kamar mandi adalah bak mandi, karena digunakan sebagai tempat penampungan air. Lanjut di bagian WC, lantai kamar mandi, wastafel hingga dinding dan tirai kamar mandi yang bisa jadi sarang mikroorganisme berbahaya. 

Untuk membersihkan tiap sudut di kamar mandi, kamu bisa menggunakan cairan pembersih atau desinfektan khusus. Jangan lupa, keringkan semua sudut dan semua perabot yang ada di dalam kamar mandi hingga kering untuk meminimalisir munculnya jamur.

5. Buang Barang yang Tak Lagi Terpakai

Salah satu cara menjaga kebersihan rumah ialah dengan membuang barang-barang yang tak lagi terpakai (decluttering). Meski tidak mudah untuk memilih barang atau benda apa yang ingin dibuang, karena semuanya dianggap berharga. Tapi kamu harus melakukannya jika ingin kebersihan rumah bisa tetap terjaga dengan baik.

Caranya bisa dimulai dengan memilih barang-barang yang benar-benar tak terpakai lagi yang ada di kamar pribadi, seperti lemari baju, meja rias dan sebagainya. Kemudian lanjut ke kamar mandi, dapur dan gudang untuk memilah barang apa saja yang harus disingkirkan. Jika ingin rumah terjaga kebersihannya, maka jangan biarkan rumah penuh barang bekas tak terpakai.

6. Bersihkan Dapur Setelah Digunakan

loader
Tips jaga kebersihan rumah

Dapur yang bersih jadi kunci kesehatan keluarga, jadi jangan malas untuk membersihkannya, terlebih setelah selesai memasak. Karena dapur yang kotor dan jarang dibersihkan akan memicu munculnya bakteri hingga virus. Terutama di bagian meja kompor yang sering terkena tumpahan minyak, kuah masakan, saus hingga potongan sayuran dan sebagainya 

Itulah mengapa dapur, terutama meja kompor harus segera dibersihkan setelah selesai memasak. Usahakan untuk segera membersihkannya dengan cairan antiseptik secara menyeluruh, agar ketika digunakan lagi, dapur lebih nyaman. Jangan lupa bersihkan juga area tempat cuci piring agar tidak ada lalat yang muncul membawa bakteri.

Baca Juga: 6 Pengeluaran Rumah yang Sebaiknya Punya Anggaran Sendiri

7. Sterilkan Peralatan Makan dan Memasak yang Digunakan

Peralatan makan dan memasak memang harus dijaga kebersihannya agar makanan tidak terkontaminasi dengan bakteri. Untuk menjaga peralatan tersebut agar steril, bilaslah dengan air hangat setelah sebelumnya dicuci dengan sabun pencuci piring. 

Lalu keringkan segera dengan lap kering dan bersih atau tisu. Perlu diingat, peralatan makan dan memasak yang lembab bisa memicu munculnya jamur dan juga bakteri. Jadi pastikan sebelum menyimpannya, semua peralatan sudah kering.

8. Semprotkan Desinfektan ke Seluruh Benda-benda di Rumah

Selain menjaga peralatan dapur dan alat makan dalam kondisi bersih dan steril, pastikan semua benda yang ada di rumah juga harus steril. Terutama benda-benda yang kerap dipegang, seperti gagang pintu, kulkas, remote, meja, ponsel, hingga mouse komputer dan sebagainya. Karena bisa saja tangan menjadi sarana berpindahnya virus dan bakteri berbahaya yang tak terlihat.

Untuk itu, penting agar menyemprotkan cairan desinfektan ke seluruh permukaan benda-benda tersebut. Jangan lupa juga gunakan cairan hand sanitizer untuk membersihkan permukaan tangan sebelum dan sesudah menyentuh apapun.

9. Simpan Apapun Sesuai Tempatnya

Ketika kamu menyimpan barang-barang di rumah sesuai tempatnya, ini bisa jadi langkah penting untuk mencegah kontaminasi antara satu barang dengan yang lainnya. Jika perlu, kamu bisa menggunakan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan benda-benda, seperti selimut, mainan anak, maupun perabotan dapur.

Rajin Bersih-bersih

Kunci rumah yang bersih ada pada bagaimana kamu sebagai pemilik rumah, apakah rajin atau malas-malasan. Jika ingin rumah yang bersih dan nyaman, maka jangan malas untuk membersihkan rumah. Tapi jangan asal sekedar bersih, kamu juga perlu memperhatikan lebih detail.

Agar rumah terjaga kebersihannya secara menyeluruh, baik dari debu yang terlihat maupun dari bakteri dan virus yang bisa mengganggu kesehatan. So, jangan pernah malas untuk membuat rumah jadi lebih nyaman.

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Biar Makin Betah dan Bahagia di Rumah Aja