Anda Shopaholic? Yuk Intip Trik Belanja Biar Hemat

Isi tabungan semakin hari makin berkurang? Atau bahkan sudah hampir habis meskipun sudah berusaha hidup hemat? Isi tabungan yang menipis bisa disebabkan karena kebiasaan belanja yang tidak terkontrol, lho!

Sehebat apapun penghematan dilakukan, tetapi bila seseorang sudah terlahir dengan sifat shopaholic, maka usaha berhemat sepertinya sangat sulit. Berapapun uang yang ada di tangan sudah pasti habis atau bahkan kurang karena banyak yang ingin dibeli.

Apakah Anda Termasuk ‘Shopaholic’? Istilah shopaholic sering ditujukan kepada para perempuan, karena dinilai punya kebiasaan belanja yang terkadang berlebihan.

Memang, tak semua perempuan bisa dijuluki shopaholic, tapi sebagian besar pantas dijuluki dengan sebutan ini. Jadi apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, tidak perlu berkecil hati.

Anda tidak perlu malu bila memiliki kebiasaan belanja yang tidak terkontrol. Toh, ada banyak cara menghemat yang bisa dilakukan demi mengurangi pengeluaran untuk belanja. Tertarik ingin mencobanya? Simak beberapa triknya berikut ini.

1. Catat Semua Kebutuhan pada Anggaran

Cewek shopaholic boleh saja dicap boros dan impulsif saat belanja. Tapi jangan salah, shopaholic tidak asal-asalan saat berbelanja lho!

Semua daftar barang yang ingin dibeli biasanya sudah dicatat ke dalam buku anggaran. Mulai dari barang kebutuhan pokok hingga kebutuhan pribadi.

Anggaran yang dibuat oleh para shopaholic juga tidak sembarang anggaran. Beberapa cewek shopaholic justru membuat anggaran secara terperinci guna menghindari belanja barang yang tidak dibutuhkan.

Jika Anda termasuk shopaholic, coba terapkan tips pertama ini dalam kehidupan sehari-hari. Buktikan apakah tips ini benar-benar bermanfaat dalam mengontrol arus keuangan Anda.