Apa Itu Rekening Bersama? Ini penjelasannya

Teknologi yang kini makin berkembang memberikan kemudahan di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam hal transaksi jual beli online. Ya, saat ini banyak bisnis online bertebaran di jagat maya. Alasannya sederhana, karena tak butuh banyak modal untuk sewa tempat guna memajang produk yang dipasarkan, dapat dijalankan secara mobile, dan berpotensi menjangkau pasar lebih luas.

Jika tidak bertatap muka langsung, bagaimana mekanisme pembayaran dalam bisnis online? Tentunya dengan memanfaatkan jasa transfer via bank. Oleh sebab itu, bisnis online berkembang atas dasar kepercayaan antara penjual (seller) dengan pembeli (buyer). Sayangnya, seiring dengan makin maraknya bisnis online, kepercayaan pembeli dicederai oleh ulah oknum penjual tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan. Secara teknis, ketika pembeli telah mentransfer sejumlah uang senilai harga produk yang diinginkan ke rekening yang ditentukan oleh penjual, seharusnya ketika itu pula si penjual melakukan pengiriman barang yang dibeli, namun penjual nakal ini tidak melakukannya. Penipuan demi penipuan yang terjadi mengakibatkan banyak orang tak lagi percaya melakukan transaksi online. Untuk memulihkan kepercayaan para pembeli online, tercetuslah ide pembayaran melalui rekening bersama (rekber).

Mengenal Rekening Bersama

loader

Rekening Bersama Menjembatani Pembelian Online via enzago.com

 

Apa itu rekening bersama? Bagi mereka yang familiar dengan transaksi online, pasti telah mengenal bahkan memanfaatkan layanan rekening bersama tersebut. Rekening bersama adalah layanan rekening yang menampung dana transaksi jual beli online. Jadi, rekening bersama berfungsi sebagai perantara yang menjembatani transaksi antara penjual dengan pembeli.

Sebenarnya rekening bersama bukanlah hal yang baru. Metode transaksi ini telah lebih dulu dipraktikkan di luar negeri yang dikenal dengan istilah Escrow Service (ES). Meski konsepnya sama, namun di Indonesia lebih dikenal dengan istilah rekening bersama. Lantas, siapa yang memiliki otoritas untuk mengelola rekening bersama ini? Pada prinsipnya, rekening bersama juga merupakan bisnis yang bergerak di bidang jasa. Jadi, siapa pun bisa menekuni bisnis ini dan tentunya memiliki otoritas untuk mengelolanya. Modalnya tidaklah banyak, hanya cukup memiliki rekening di bank tertentu. Untuk memberikan lebih banyak alternatif, penyedia layanan rekening bersama bisa memiliki beberapa rekening dari bank yang berbeda.

Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

Cara Kerja Rekening Bersama

Sebagai bisnis jasa, tentu ada ongkos yang dibebankan pada pengguna layanan rekening bersama. Berapa besarannya? Hingga saat ini belum ada patokan atau aturan baku yang mengatur besaran nominal layanan rekening bersama. Artinya, penyedia jasa memiliki kebebasan untuk menentukan tarif layanannya. Umumnya tarif layanan ditentukan berdasarkan harga produk yang diperjualbelikan. Sebagai contoh, harga produk di bawah Rp100 ribu dikenakan biaya Rp5 ribu, harga produk Rp100 ribu hingga Rp500 ribu biayanya Rp10 rb, dan seterusnya.

Begitu sederhana. Lalu, siapa yang harus membayar biaya jasa rekening bersama? Adanya biaya atas penggunaan jasa rekening bersama dibebankan kepada pihak pembeli. Jika memang demikian, bagaimana cara kerja dari rekening bersama ini? Mudah saja, namun untuk memberikan gambaran yang jelas, cara kerjanya dapat dijelaskan dalam bentuk poin-poin yang sekaligus merepresentasikan langkah-langkah transaksi jual beli online seperti berikut.

  1. Pembeli dan penjual sepakat menunjuk layanan rekening bersama yang diinginkan.
  2. Selanjutnya pembeli mentransfer uang seharga produk yang diinginkan plus biaya jasa ke rekening bersama yang dipilih.
  3. Pembeli menginformasikan bahwa dana telah ditransfer ke penyedia layanan rekening bersama.
  4. Setelah dana diterima, penyedia layanan rekening bersama menginformasikan kepada pihak penjual agar segera mengirimkan barang ke pihak pembeli.
  5. Jika pembeli telah menerima barang dari penjual, maka segera menginformasikannya kepada pihak penyedia layanan rekening bersama.
  6. Berikutnya penyedia layanan rekening bersama mentransfer dana ke pihak penjual.
  7. Terakhir penjual mengkonfirmasi ke penyedia layanan rekening bersama jika telah menerima dananya.

Baca Juga: Tips Aman Bertransaksi Menggunakan 4 Layanan Perbankan Online

Apakah Rekening Bersama Aman?

loader

Bagaimana dengan Keamanan Rekening Bersama? via lifehack.org

 

Jika dilihat dari langkah-langkahnya, mekanisme layanan rekening bersama ini cukup sederhana. Meskipun demikian, bukan berarti bebas hambatan. Mengingat transaksi tak hanya melibatkan penjual dan pembeli saja, tetapi juga ada pihak ketiga yakni penyedia jasa rekening bersama itu sendiri, yang menjadikan rantai transaksi menjadi lebih panjang, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Berkenaan dengan hal tersebut, kendala bisa saja datang dari pembeli, penjual, bahkan penyedia layanan rekening bersama. Pembeli bisa saja mengulur waktu pembayaran, sedangkan penjual juga bisa menunda waktu pengiriman. Lantas, apa kendala dari penyedia layanan rekening bersama?

Penggunaan rekening bersama secara prinsip memang menjamin keamanan kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual, di mana penjual memperoleh pembayaran atas barang yang dijual dan pembeli memperoleh barang yang diinginkan. Meski demikian, masing-masing pihak tetap harus waspada dan jeli dalam memilih layanan rekening bersama. Mengapa?

Kenyataannya, penggunaan rekening bersama tidak 100% aman. Ada oknum penyedia layanan ini yang tidak bertanggung jawab dan melarikan dana transaksi jual beli online yang dipercayakan kepadanya. Jika terjadi hal seperti ini, siapa yang gigit jari? Tentu saja pihak penjual dan juga pembeli. Namun, tak perlu takut bahkan anti untuk bertransaksi secara online. Masih banyak penyedia layanan rekening bersama yang telah berpengalaman dan memiliki kredibilitas tinggi. Bagaimana menemukannya? Anda bisa browsing untuk menemukan testimoni tentang rekening bersama yang kredibel. Selain itu, Anda juga bisa mencari referensi dari teman atau pelaku bisnis online yang telah berpengalaman. Mudah bukan? Selamat menikmati kemudahan bertransaksi online dengan rekening bersama!

Baca Juga: 10 Tips Belanja Hemat Saat Diskon