Apa itu Weekend Banking BCA? Inilah Daftar Tempatnya

Sibuk bekerja dari Senin sampai Jumat, tidak punya waktu ke bank untuk mengurus masalah tabungan lantaran letak bank yang jauh dari kantor? Tak perlu pusing, saat ini berbagai macam bank telah membuka layanan weekend banking atau layanan bank setiap akhir pekan.

Rata-rata bank yang membuka layanan weekend banking adalah cabang-cabang bank yang terletak di pusat perbelanjaan seperti pasar, pusat grosir, hingga mall. Hal ini guna menambah kemudahan setiap nasabah yang mendatangi pusat perbelanjaan yang biasanya dilakukan pada saat akhir pekan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa Itu Weekend Banking BCA?

Kantor Cabang BCA
Ilustrasi kantor cabang BCA

Seperti dilansir dari situs resmi PT Bank Central Asia, weekend banking BCA adalah layanan perbankan yang dapat dinikmati nasabah di beberapa kantor cabang BCA yang tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu.

Jenis layanan weekend banking utamanya di BCA adalah upaya untuk memberikan tambahan layanan bagi nasabah-nasabah BCA dengan memberikan waktu yang lebih banyak. Selain itu juga memberikan kemudahan bagi nasabah atau calon nasabah untuk mengakses produk-produk, fasilitas dan fitur BCA lainnya.

Perbedaan Weekend Banking BCA dengan Regular Banking BCA

Weekdays
Pelayanan bank secara umum di hari kerja atau weekdays

Secara umum perbedaan antara weekend banking BCA dengan regular banking BCA terletak di jam operasional bank, hari layanan, serta jenis layanan. Dilihat dari jam operasional, biasanya weekend banking tidak melayani layanan perbankan secara penuh. Sementara dilihat dari hari layanan, sangat jelas bahwa weekend banking melayani nasabah pada akhir pekan, sedangkan pada regular banking dilakukan pada weekday atau hari kerja.

Dan yang terakhir adalah jenis layanan yang di sediakan oleh weekend banking yakni beberapa bank rata-rata tidak melayani kliring di hari itu, serta tidak melayani layanan real time gross settlement (RTGS) atau yang biasa dikenal dengan transaksi antar bank.

Baca Juga: Cara Blokir ATM BCA yang Hilang via 'Internet Banking'

Keuntungan Menggunakan Weekend Banking BCA

Antrian di Bank

Dilihat dari segi keuntungannya sangat jelas, weekend banking BCA berusaha melayani setiap nasabah yang tidak memiliki waktu untuk mengakses layanan bank pada hari-hari biasa. Misal membuka tabungan, jika Anda tidak memiliki waktu di hari kerja, Anda bisa membuka tabungan pada saat akhir pekan dengan menggunakan jenis layanan weekend banking.

Selain itu, jika Anda melakukan transaksi di weekend banking biasanya antrian tak terlalu panjang lantaran layanan weekend banking tak melayani transaksi-transaksi tertentu. Anda juga akan terbebas dari macet saat akan menuju bank yang membuka layanan weekend banking.

Terlebih letak cabang yang membuka layanan weekend banking rata-rata terletak di pusat perbelanjaan. Hal ini cukup menguntungkan bagi Anda yang sering bepergian di akhir pekan. Setelah Anda melakukan transaksi di bank, Anda pun bisa pergi ke pusat perbelanjaan tersebut sehingga waktu yang Anda miliki pun lebih efektif dibandingkan harus mendatangi bank di luar pusat perbelanjaan.

Jenis Layanan pada Weekend Banking BCA

Mekanisme Kliring
Ilustrasi mekanisme kliring via ilmuekonomi.net

Umumnya jenis layanan yang diberikan weekend banking BCA tak jauh berbeda dengan regular banking BCA. Hanya saja weekend banking tidak dapat memproses kliring dan RTGS. Hal ini dikarenakan sistem perbankan pada weekend cenderung akan di non aktifkan untuk jenis transfer RTGS dan baru akan di hidupkan kembali pada saat jam operasional regular atau regular banking hour.

Baca Juga: Cara Daftar BCA 'Internet Banking' dan Aktivasi

Daftar Cabang BCA yang Membuka Layanan Weekend Banking

Gedung BCA
Gedung BCA

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu di hari-hari biasa untuk melakukan transaksi di bank, Anda bisa menggunakan layanan weekend banking di cabang BCA berikut ini:

No

Nama Kantor Cabang BCA

Kota

1

KCP Bandung Trade Center

Bandung

2

KCU Bandung*

Bandung

3

KCU Penuin

Batam

4

KCU Denpasar*

Denpasar

5

KCP Mall Grand Indonesia

Jakarta

6

KCP Pondok Indah Mall

Jakarta

7

KCP Mall Ciputra

Jakarta

8

KCP Mangga Dua Mall

Jakarta

9

KCP Pluit Mega Mall

Jakarta

10

KCP Mall Taman Anggrek

Jakarta

11

KCP Mall Kelapa Gading III

Jakarta

12

KCP Senayan City

Jakarta

13

KCP ITC Mangga Dua*

Jakarta

14

KCP Glodok Plaza*

Jakarta

15

KCU Kelapa Gading*

Jakarta

16

KCU Pasar Baru*

Jakarta

17

KCP Perniagaan Timur*

Jakarta

18

KCP Muara Karang 2

Jakarta

19

KCP KH Mas Mansyur*

Jakarta

20

KCU Margonda*

Depok

21

KCU Malang*

Malang

22

KCP Plaza Medan Fair

Medan

23

KCU Medan*

Medan

24

KCU Palembang

Palembang

25

KCU Semarang*

Semarang

26

KCU Solo*

Solo

27

KCP Pakuwon Trade Center

Surabaya

28

KCP Tunjungan Plaza

Surabaya

29

KCU Galaxy*

Surabaya

30

KCP Gading Serpong (SMS)

Tangerang

31

KCP Supermall Karawaci

Tangerang

32

KCU Jambi*

Jambi

33

KCU Alam Sutera*

Tangerang

34

KCU Tangerang*

Tangerang

35

KCP Pasar Atom

Surabaya

36

KCP Metro Tanah Abang*

Jakarta

37

KCU Pondok Indah*

Jakarta

*) Operasional Hanya Pada Hari Sabtu

Tak Perlu Khawatir, Tetap Bisa Mengurus Perbankan di Akhir Pekan

Weekend banking BCA memang rata-rata di buka di kantor cabang yang terletak di pusat perbelanjaan. Namun perhatikan tabel di atas, beberapa kantor cabang hanya melayani weekend banking pada hari Sabtu saja, sementara pada hari Minggu, hanya kantor cabang tertentu yang masih melayani weekend banking. Hal ini untuk mempermudah setiap nasabah melakukan transaksi. Dengan adanya weekend banking, Anda tak harus menunggu weekday untuk sekedar membuka nomor rekening, mengaktifasi internet banking, dan layanan-layanan lainnya yang biasanya Anda lakukan langsung di kantor cabang BCA terdekat.

Baca Juga: SMS Banking BCA: Cara Daftar, Transaksi, serta Biaya, dan Tarifnya