Ini 12 Aplikasi Investasi Terbaik 2022 dan Tercatat di OJK

Banyak orang pasti setuju jika investasi merupakan salah satu tonggak utama agar mampu meraih kondisi keuangan yang stabil dan kuat. Alasannya karena melalui aktivitas tersebut seseorang dapat mengembangkan modal dana atau aset yang dimilikinya tanpa harus repot bekerja ataupun berbisnis. 

Terlebih, saat ini ada banyak sekali inovasi di bidang keuangan berbasis digital yang memudahkan masyarakat untuk bisa menanam modal secara online dengan praktis. Bahkan, aplikasi investasi digital tersebut dapat dengan mudah diunduh secara gratis pada smartphone. Sehingga, kamu pun bisa bebas berinvestasi kapan saja dan di mana saja diinginkan.

Perlu dipahami jika pilihan aplikasi investasi digital saat ini juga sudah sangat beragam, terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, dan menawarkan segudang manfaat menguntungkan bagi penggunanya. Nah, bagi kamu yang ingin tahu aplikasi investasi terbaik dan terpercaya apa saja yang pas untuk dipilih sebagai sarana menanam modal secara online, simak rekomendasinya berikut ini.

Baca Juga: 5 Aplikasi Reksadana Terbaik dan Fitur Menariknya!

12 Aplikasi Investasi Terbaik 2022

loader

Aplikasi Investasi Terbaik 2022

  1. Bareksa

    Diluncurkan oleh Bareksa Portal Investasi, aplikasi ini menawarkan lebih dari 40 MI atau manajer investasi yang bisa dipilih oleh penggunanya. Di samping itu, Bareksa juga menyediakan ratusan produk reksa dana sehingga memudahkan investor untuk menyesuaikan kebutuhan, tujuan, dan profil risikonya saat berinvestasi.

    Pengguna layanan ini juga bisa memanfaatkan fitur simulator Bareksa serta kalkulator investasi. Kedua fitur tersebut berguna untuk investor yang ingin lebih dulu mengetahui perkiraan keuntungan atau imbal hasil yang bisa didapatkan. Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh melalui Google Play Store atau App Store pada perangkat smartphone secara gratis.

  2. Bibit

    Rekomendasi yang kedua adalah aplikasi Bibit yang mungkin sudah cukup banyak dikenal oleh investor. Aplikasi tersebut telah memiliki teknologi komputer bernama Robo yang mampu membantu pengguna dalam mencari produk investasi reksa dana yang pas untuk dipilih dengan menyesuaikan penghasilan, risiko, usia, dan juga target investasi.

    Aplikasi ini juga menyediakan beragam sistem pembayaran digital agar mampu memudahkan penggunanya berinvestasi. Tentunya, banyaknya metode pembayaran yang bisa dipilih ini membuat peluang untuk mendapatkan promo juga akan menjadi lebih tinggi. Jadi, aktivitas investasi pun menjadi lebih menguntungkan dan mengasyikkan. 

  3. Stockbit

    Selanjutnya ada Stockbit yang digadang-gadang sebagai salah satu platform investasi saham terbaik dan cocok dipilih oleh investor pemula. Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh dan dipasang pada smartphone secara gratis. 

    Keunggulan platform ini adalah adanya fitur Komunitas Online, yaitu wadah bagi para investor untuk saling berdiskusi dan berbagi ilmu seputar dunia saham. Melalui fitur tersebut, tidak jarang ada investor profesional yang memberikan rekomendasi saham sekaligus analisis fundamental dan teknikal yang dapat menjadi acuan bagi investor pemula. 

    Tidak hanya itu, pada aplikasi tersebut juga kamu dapat memantau pergerakan bursa saham secara real time. Dengan begitu, keputusan transaksi investasi bisa lebih optimal dilakukan agar mampu memberikan peluang keuntungan maksimal. 

  4. OVO Invest 

    Sebagian dari kamu mungkin mengenal OVO sebagai salah satu layanan dompet digital dan metode pembayaran online saja. Padahal, saat ini aplikasi tersebut juga mulai mengembangkan layanannya ke sektor investasi digital melalui layanan bernama OVO Invest. 

    Melalui layanan tersebut, kamu bisa dengan mudah berinvestasi dengan modal receh, yaitu mulai dari 10 ribu Rupiah saja. Cara pembayarannya juga dapat menggunakan layanan OVO Cash sehingga praktis digunakan untuk menanam modal.

  5. Tanamduit

    Selain itu, ada pula aplikasi investasi online yang bernama Tanamduit yang dikembangkan sekaligus dirilis oleh Mercato Digital Asia. Karena telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, aplikasi ini tentu aman dijadikan sebagai sarana untuk berinvestasi saham ataupun SBN dan juga asuransi daring. Salah satu fitur utama yang bisa ditemukan dalam aplikasi ini adalah One View Portofolio agar pengguna mampu memantau fluktuasi investasinya dengan mudah.

  6. Amartha

    Peer to Peer atau P2P lending adalah investasi yang biasanya memiliki sistem crowdfunding dan telah cukup banyak ditawarkan di Indonesia. Salah satunya adalah aplikasi Amartha yang menyediakan wadah bagi masyarakat untuk menjadi pendana atau investor yang ingin meminjamkan dananya pada pihak peminjam. 

    Umumnya, pemberian pinjaman yang dilakukan oleh Amartha ini ditujukan pada peminjam dari kalangan pebisnis UMKM. Sehingga, dalam praktiknya, terdapat aktivitas perputaran uang yang mampu membuat kemungkinan peminjam berhasil mengembalikan dana pinjaman menjadi lebih tinggi. Dengan tingkat pengembalian atau keuntungan mencapai 15 persen per tahun, jenis investasi ini layak untuk dipilih oleh investor pemula maupun investor yang ingin mendiversifikasi portofolionya. 

  7. Pluang

    Bagi yang ingin langsung mencoba terjun ke dunia investasi saham dari bursa Amerika Serikat, kamu bisa mencoba aplikasi bernama Pluang. Aplikasi investasi digital ini adalah platform pertama yang menyediakan akses investasi ke bursa saham AS di Indonesia. Pluang menghadirkan pula micro e-mini S&P 500 indeks futures yang diperjualbelikan pada bursa di Chicago Mercantile Exchange.

  8. Ajaib

    Selain yang telah disebutkan di atas, ada pula aplikasi investasi terbaik OJK bernama Ajaib. Merupakan aplikasi besutan Takjub Teknologi Indonesia, aplikasi ini mampu memudahkan investor untuk bisa menanam modal pada produk reksa dana maupun saham yang telah direkomendasikan. 

    Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beragam fitur dan layanan yang bermanfaat bagi penggunanya. Salah satunya adalah fitur notifikasi atau pemberitahuan real time yang mampu memberi tahu pengguna terkait update terbaru dari tren investasi setiap harinya. 

  9. IPOTFund

    Jika kamu lebih nyaman berinvestasi reksa dana, IPOTFund menjadi salah satu aplikasi yang wajib dipertimbangkan untuk dipilih. Berada di bawah naungan Indo Premier Sekuritas, aplikasi ini telah menjalin kerja sama dengan 40 lebih manajer investasi dengan pengalaman dan kemampuan di dunia investasi yang tak perlu diragukan lagi. 

    Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan setidaknya 259 produk investasi reksa dana yang bisa dipilih oleh setiap penggunanya. Dengan begitu, investor bisa lebih mudah dan praktis membandingkan setiap produk reksa dana serta menentukan produk yang mampu memberikan keuntungan paling optimal.

  10. Motion Trade

    Ada pula aplikasi investasi saham yang bernama MotionTrade yang dulunya dikenal dengan nama MNC Trade New. Sebagai aplikasi investasi saham, MotionTrade merupakan platform yang dirancang oleh MNC Sekuritas dan merupakan anak perusahaan MNC Group.

    Agar bisa membuka rekening saham pada sekuritas tersebut, kamu hanya perlu menyiapkan modal sebesar 100 ribu saja. Sementara terkait biaya per transaksi yang dibebankan adalah 0,28 persen pada penjualan, dan 0,18 persen pada pembelian. Keunggulan aplikasi investasi saham ini ialah mampu diunduh dan digunakan dalam beragam versi, mulai dari smartphone, komputer, smartwatch, sampai aplikasi khusus Mac.

  11. RTI Business

    Lanjut ke RTI Business, yaitu aplikasi investasi saham yang layak untuk dicoba dan sudah cukup banyak dikenal oleh para investor di dalam negeri. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, investor bisa mendapatkan informasi mengenai pergerakan dari pasar modal secara langsung. 

    Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi informasi terkait income statement, cash flow, probability, earnings, balance sheet, dan juga growth. Kamu juga bisa melakukan analisis kinerja dari perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir melalui aplikasi tersebut. 

  12. SimInvest

    Rekomendasi yang terakhir adalah SimInvest, yaitu aplikasi saham online yang ditawarkan oleh Sinarmas Sekuritas. Legalitas dan kredibilitas dari aplikasi ini sudah terjamin dan tak perlu diragukan lagi karena telah terdaftar serta diawasi oleh OJK. Proses pembukaan akun RDN pada aplikasi ini juga terbilang sangat cepat, hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. 

    Bagi yang belum tahu, Sinarmas Sekuritas adalah perusahaan yang telah memiliki pengalaman di atas 30 tahun dalam melayani masyarakat Indonesia pada bidang investasi dan keuangan. Jadi, jika masih bingung memilih platform investasi secara online, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang ideal dan dapat langsung diunduh secara gratis pada smartphone.

Baca Juga: Deretan Reksadana Saham Terbaik 2022 yang Pas Dipilih oleh Investor Pemula

Utamakan Legalitas dan Kredibilitas Platform Investasi 

Terlepas dari banyaknya layanan atau aplikasi investasi secara online, kamu harus mengutamakan legalitas dan kredibilitas platformnya. Jika tidak waspada, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi korban dari layanan investasi bodong yang membahayakan kondisi keuangan. Nah, sebagai rujukan, kamu bisa memilih salah satu rekomendasi aplikasi investasi terbaik OJK di atas agar lebih aman dan nyaman dalam menanam modal sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Tidak Sama dengan Investasi, Ini Arti Sebenarnya dari Trading, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya