Deretan Reksadana Saham Terbaik 2022 yang Pas Dipilih oleh Investor Pemula

Dalam dunia investasi, reksadana menjadi salah satu instrumen yang cukup banyak memiliki peminat karena beragam keunggulan yang dimilikinya. Beberapa di antaranya adalah pilihan produk yang bervariasi dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan para investornya. Sebagai contoh, kamu bisa memilih reksadana saham jika ingin mendapatkan produk yang mampu memberikan potensi keuntungan tinggi untuk aktivitas investasi jangka panjang.

Ya, reksadana saham atau RDS merupakan salah satu produk investasi yang kerap dipilih oleh investor jangka panjang karena mampu memberikan peluang imbal hasil paling besar ketimbang jenis produk lainnya. Bahkan, dalam kurun waktu setahun, tingkat keuntungan investasi pada produk reksadana ini bisa mencapai belasan persen. 

Tentunya, nilai keuntungan yang terbilang masif tersebut hanya bisa didapatkan jika kamu mampu memilih produk reksadana saham yang tepat dan terbaik. Sebaliknya, jika sampai salah menentukan pilihan, bukan tidak mungkin aktivitas investasi malah menyebabkan kerugian. Nah, bagi kamu yang mungkin masih bingung menentukan pilihan produk investasi reksadana saham terbaik, simak sederet produk rekomendasi yang pas dan cocok dipilih oleh investor pemula berikut ini.

Baca Juga: Investasi Reksadana Saham, Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

15 Reksadana Saham Terbaik 2022

loader

Sucor AM

  1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

    Rekomendasi produk reksadana saham terbaik yang pertama ini termasuk sebagai produk syariah. Walaupun begitu, kinerja dari RDS syariah ini tidak kalah dengan RDS konvensional, bahkan mengunggulinya. 

    Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, produk ini berhasil mencatatkan perkembangan nilai mencapai 83 persen. Jumlah dana yang dikelola pada produk RDS ini mencapai Rp665 miliar, dan investor bisa mulai menanam modal pada produk ini mulai dari Rp100 ribu saja. 

  2. Sucorinvest Maxi Fund

    Rekomendasi reksadana saham ini juga tidak kalah menariknya dengan yang pertama karena dalam 5 tahun belakangan, imbal hasil yang mampu diberikan mencapai lebih dari 68 persen. Nilai tersebut terbilang cukup masif jika dibandingkan dengan produk reksadana lainnya. Dengan total dana yang dikelola mencapai Rp260 miliar, investor bisa menanam modal pada produk ini mulai dari Rp100 ribu saja. 

  3. Sucorinvest Equity Fund

    Masih seputar produk reksadana yang ditawarkan oleh Sucor AM, Sucorinvest Equity Fund ini juga layak untuk dijadikan sebagai pilihan investasi. Melihat dari NAB di tanggal 18 Februari lalu, performa dari produk ini menunjukkan kenaikan mencapai 52 persen dalam kurun waktu 5 tahun belakangan. Jumlah dana yang dikelola pada produk tersebut adalah Rp2,15 triliun, dan investor bisa turut menanam modal pada produk tersebut mulai dari Rp100 ribuan saja. 

  4. Manulife Saham Andalan

    Selanjutnya ada produk RDS bernama Manulife Saham Andalan yang mana dalam 5 tahun terakhir mampu meraih nilai pertumbuhan mencapai 36 persen. Dengan total dana kelolaan mencapai Rp3,13 triliun, produk ini menjadi salah satu RDS yang paling diminati oleh investor. Untuk batas minimal pembeliannya sendiri, kamu hanya perlu menyiapkan modal Rp100 ribu saja agar bisa menjadi investor produk RDS ini. 

  5. Eastspring Investment Value Discovery

    Tidak kalah menariknya, produk reksadana saham ini juga layak untuk dipilih bagi kamu yang masih bingung menentukan pilihan. Produk ini mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar lebih dari 21 persen dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Dengan total dana yang dikelola mencapai hampir Rp3 triliun, investor bisa menanam modal pada produk RDS ini dengan nominal modal yang sangat receh, yaitu hanya Rp10 ribu saja.

  6. Eastspring Investment Alpha Navigator Kelas A

    Masih dari Eastspring, RDS ini menawarkan peluang keuntungan sebesar 5 persen selama setahun terakhir, atau 5,43 persen di tahun 2022 ini. Pada produk ini nilai Asset Under Management atau AUM terbilang lumayan, yakni berjumlah Rp122,3 miliar. Dengan total nilai aset yang dikelola oleh manajer investasi cukup besar tersebut, kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitas kinerja serta kepercayaan investor pada produk RDS ini. 

  7. TRIM Kapital

    Beralih ke TRIM Kapital yang mampu memberikan nilai keuntungan mencapai 9,74 persen dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Namun, jika mengacu pada jangka waktu year to date atau YTD, di tahun 2022, total keuntungan yang diberikan oleh produk ini adalah 4,32 persen. Sementara untuk jumlah dana yang dikelola pada produk ini adalah sekitar Rp157,24 miliar. 

  8. TRIM Kapital Plus

    Ada pula TRIM Kapital Plus yang juga mencatat peluang keuntungan investasi reksadana saham dengan nilai yang cukup menarik, yaitu 10,86 persen dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Jika mengacu pada perhitungan YTD, produk ini berhasil mengembangkan modal investasi nasabahnya sebesar 4 persen pada tahun 2022. Produk ini telah banyak dijadikan sebagai wadah berinvestasi oleh para investor dengan nilai AUM sebesar Rp111,8 miliar per Januari 2022.

  9. Eastspring Investment Value Discovery Kelas A

    Produk ini mampu mencatatkan imbal hasil YTD yang cukup menjanjikan, yaitu 3,98 persen di tahun 2022. Hanya saja, jika dibandingkan dengan RDS lainnya, produk ini hanya mampu meraih profit sebesar 2,8 persen saja dalam jangka waktu setahun terakhir. 

    Namun, produk ini terlihat diminati oleh investor karena mencatatkan AUM sebesar Rp493,9 miliar per Januari 2022. Jadi, produk ini layak untuk dipertimbangkan jika kamu memang masih belum menentukan pilihan produk RDS yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

  10. Schroder Dana Prestasi Plus

    Produk reksadana saham yang satu ini memiliki nilai AUM yang sangat masif jika dibandingkan dengan produk lainnya. Per Januari 2022, Schroder Dana Prestasi Plus mencatatkan nilai AUM sebesar Rp8,93 triliun sehingga termasuk sebagai salah satu produk yang paling banyak diminati oleh investor.

    Jika melihat dari catatan year to date, produk ini berhasil mengembangkan modal investasinya sebesar 3,73 persen. Sementara dalam 1 tahun belakangan, catatan perkembangan modal investasi produk ini hanya sebesar 1,77 persen. 

  11. Mandiri Investa Cerdas Bangsa

    Lanjut ke Mandiri Investa Cerdas Bangsa, produk RDS ini memiliki nilai AUM yang tidak boleh diremehkan, yaitu sekitar Rp954,5 miliar. Dengan nilai AUM yang sangat tinggi tersebut, produk ini berhasil menorehkan keuntungan investasi sebesar 3,61 persen pada tahun 2022 jika dilihat secara year to date. Sedangkan dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, nilai keuntungan yang berhasil diberikan oleh produk reksadana saham ini adalah 2,13 persen. 

  12. BNI-AM Inspiring Equity Funds

    Jika masih bingung menentukan pilihan reksadana saham yang pas dengan kebutuhan, kamu bisa mempertimbangkan produk yang satu ini. Dengan nilai AUM mencapai Rp1,36 triliun, produk ini mampu memberikan imbal hasil investasi sebesar 3,18 persen year to date pada tahun 2022. Sedangkan untuk nilai profit selama setahun terakhir adalah 1,78 persen.

  13. Batavia Dana Saham

    Rekomendasi produk reksadana saham selanjutnya yang juga layak untuk dipertimbangkan adalah Batavia Dana Saham yang memiliki nilai AUM sangat masif, yaitu sebesar Rp6,9 triliun per Januari 2022. Dengan nilai AUM yang tinggi tersebut, tingkat keuntungan dari produk ini adalah 2,43 dengan perhitungan year to date. Sementara untuk nilai keuntungan selama satu terakhir dari produk ini adalah 0,77 persen yang memang bisa dibilang kurang begitu menarik. 

  14. TRAM Consumptions Plus Kelas A

    Pada produk yang memiliki nilai AUM cukup masif, yaitu sebesar Rp719,8 miliar ini, tingkat pengembalian atau return yang bisa didapatkan oleh investor secara year to date adalah 2,33 persen. Namun, untuk perhitungan setahun terakhir, nilai imbal hasil yang diberikan berada di kisaran 1,54 persen. 

  15. Manulife Dana Saham Kelas A

    Terakhir, produk ini memiliki nilai AUM yang juga tidak boleh disepelekan, yaitu Rp5,73 triliun. Dengan nilai AUM yang masif tersebut, investor produk ini bisa mendapatkan keuntungan year to date sebesar 2,3 persen. Sementara untuk setahun terakhir, tingkat profit dari produk investasi ini adalah 1,48 persen.

Baca Juga: Reksadana Saham, Investasi Risiko Tinggi tapi Cuannya Paling Juara

Sesuaikan Pilihan Reksadana Saham dengan Kebutuhan dan Kondisi Keuangan

Terlepas dari rekomendasi produk RDS yang telah disebutkan di atas, kamu wajib menjalani aktivitas investasi tersebut dengan penuh perhitungan dan pertimbangan. Sebagai produk yang memiliki tingkat risiko tinggi, pastikan untuk memilih reksadana saham yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Barulah dengan begitu aktivitas investasi ini bisa berjalan lancar hingga target keuangan jangka panjang berhasil diraih. 

Baca Juga: Cara Menghitung Keuntungan Reksadana, Lengkap dengan Contoh