5 Aplikasi Terbaik untuk Merencanakan Keuangan

Mengandalkan catatan atau ingatan sendiri untuk mengatur keuangan agak sulit. Terkadang, kita membutuhkan alat lain untuk memudahkan praktek dan melihat hasilnya secara cepat. Caranya tidak lain adalah dengan menggunakan aplikasi perencanaan keuangan

Aplikasi ini bisa dipasang di smartphone pribadi, jadi bisa dibawa ke mana saja saat kita bepergian. Berikut 8 aplikasi terbaik untuk merencanakan keuangan yang bisa jadi referensi.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Mengelola Keuangan dalam Mempersiapkan Dana Pensiun

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Aplikasi Terbaik untuk Merencanakan Keuangan

  1. Money Lover

    loader

    Money Lover

    Jika ingin mencoba aplikasi perencanaan keuangan, kamu bisa coba si Money Lover ini. Praktis dan sangat mudah digunakan, tentunya akan memudahkan kita untuk mengontrol keuangan dengan baik setiap bulannya. Terdapat pengelompokkan antara pemasukan dan pengeluaran, yang membuat keuangan benar-benar terjaga dalam satu bulan.

    Semua pengeluaran setiap bulan akan terekam dalam aplikasi, jadi kita bisa jadikan sebagai pembanding untuk mengetahui kondisi keuangan yang sesungguhnya. Aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 4,1 juta orang. Kita bisa langsung mengunduhnya di App Store maupun Play Store.

  2. Money Manager

    loader

    Money Manager

    Aplikasi perencanaan keuangan seperti Money Manager juga tidak boleh terlewat. Aplikasi ini dikemas dengan logo menarik, yaitu celengan, seakan-akan ia senantiasa mengingatkan kita untuk mengontrol keuangan.

    Aplikasi yang dirilis pada tahun 2013 ini sudah digunakan oleh lebih dari 1,7 juta pengguna. Laporan pemasukan dan pengeluaran akan ditampilkan dalam bentuk diagram, yang tentunya akan semakin memudahkan kita untuk mengetahui persentase uang masuk dan keluar setiap bulannya.

  3. Spendee Budget & Money Tracker

    loader

    Spendee

    Aplikasi dengan logo diagram ini juga tidak kalah bagus dibandingkan aplikasi lain. Tidak hanya menyimpan dan mengatur pemasukan atau pengeluaran, aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan rekening bank masing-masing. Soal keamanan, dijamin aman karena sudah dilengkapi dengan sistem pengaman yang mumpuni oleh pengembang aplikasinya.

    Di dalam aplikasi, kita bisa menentukan budget pengeluaran selama satu bulan. Jadi, keuangan benar-benar terkontrol dengan sangat baik. Aplikasi sudah diunduh lebih dari 1,7 juta pengguna di seluruh dunia.

  4. Bluecoins

    loader

    Bluecoins

    Sejak dirilis tahun 2016 lalu, aplikasi ini sudah mendapat perhatian oleh lebih dari 500 ribu pengguna Android. Hal yang wajar karena aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengontrol keuangan sesuai kebutuhan. Bisa untuk kebutuhan keuangan pribadi, bisnis, maupun keluarga.

    Hal yang tidak kalah menarik adalah riwayat keuangan dapat disimpan dalam bentuk PDF. Kita bisa lihat dan unduh sebagai pengingat tentang bagaimana kondisi keuangan setiap bulan. Kehadiran aplikasi ini tentunya dapat membuat keuangan semakin terkontrol.

  5. Monefy

    loader

    Monefy

    Aplikasi berikutnya adalah Monefy, hadir dengan logo dompet dengan background berwarna hijau. Pengguna aplikasi akan dimanjakan dengan fitur kustomisasi yang memungkinkan kita untuk mengubah kebutuhan kapan saja diinginkan.

    Fitur ini memudahkan kita untuk mencatat dan mengontrol pengeluaran dalam satu waktu walaupun dengan pengelompokan yang berbeda-beda. Dan setiap bulan, kita dapat melihat persentase uang masuk dan keluar dengan jelas dan terperinci.

Baca juga: 6 Tata Cara Mengelola Keuangan yang Tak Boleh Diabaikan Entrepreneur

Maksimalkan Aplikasi dan Fitur-fitur di Dalamnya

Semoga hadirnya aplikasi perencanaan keuangan seperti yang disebutkan di atas semakin mendorong kita untuk mengatur keuangan dengan baik. Pilih yang sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa maksimalkan fitur yang ada di dalamnya agar keuangan kita semakin membaik dari tahun ke tahun.