4 Penyebab Ini Bikin Sulit Mengelola Keuangan

Uang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Dengan uang, siapapun bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi semua kebutuhan pribadi ataupun keluarga akan tercukupi dengan baik jika sudah mengelola keuangan dengan benar.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam mengelola uang sehingga dirinya mengalami masalah keuangan. Misalnya, bukan hanya tidak bisa memenuhi kebutuhan, tapi ada pula yang sampai tidak bisa menabung, apalagi investasi.

Dari beberapa kasus yang ada, banyak penyebab yang membuat seseorang merasa sulit mengelola keuangan pribadinya, seperti pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Hasrat untuk Belanja Terus Menerus

loader
Hasrat untuk belanja terus menerus

Sulitnya mengatur keuangan pribadi bisa disebabkan oleh pengaruh impulsif seseorang untuk belanja dan belanja.  Biasanya jika ada barang baru atau online shop menawarkan barang dengan harga miring akan  menjadikan hasrat untuk berbelanja semakin besar. Selain itu adanya  promo dan diskon juga membuat orang mudah dalam berbelanja dan terus - terusan melakukan hal itu. 

Dari kondisi di atas memunculkan hasrat atau keinginan seseorang untuk terus berbelanja bahkan terkadang sampai tidak terkendali.  Semakin orang berhasrat ingin belanja dan menjadikannya kegemaran, maka orang akan sulit dalam mengelola keuangan. Hasrat atau pengaruh impulsif muncul  karena sifat pribadi yang tidak bisa diatur dalam mengelola diri dan keuangannya. Anda harus menghindari hal tersebut.

Baca Juga: Inilah Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

2. Gengsi dan Gaya Hidup Berlebihan

Selain belanja yang menjadi hobi, nyatanya gengsi dan gaya hidup yang berlebih bisa menjadikan seseorang sulit dalam mengelola uangnya sendiri. Hal ini disebabkan karena gengsi kepada orang lain terutama dalam urusan gaya hidupnya membuat seseorang berusaha memberi kesan hidupnya agar selalu terlihat mapan. 

Hal ini berdampak pada pengeluaran seseorang yang tidak sedikit karena bisa digunakan untuk membeli barang mahal dan mewah. Hal ini jika dibiarkan akan mengakibatkan kesulitan untuk mengatur keuangan pribadi karena terlalu menghabiskan uang untuk gengsi dan memenuhi gaya hidup yang terkesan boros. Keuangan Anda berpotensi akan hancur juga bisa terjadi karena hutang dan sulit mengatur keuangan hanya karena masalah gengsi semata.

3. Lingkungan Tak Sesuai Kondisi Finansial

loader
Lingkungan tak sesuai dengan kondisi keuangan

Sebenarnya ini masih berhubungan dengan faktor sebelumnya, namun ini bisa terjadi karena Anda tinggal pada lingkungan yang kurang sesuai dengan kondisi finansial Anda. Memang lingkungan sekitar bisa sangat mempengaruhi gaya hidup dan gengsi. Jika Anda hidup di lingkungan yang tergolong mewah, bukan tidak mungkin Anda akan ikut – ikutan bergaya hidup seperti itu meski tidak sesuai dengan kemampuan Anda. 

Meski Anda memiliki sikap tegas tidak ikut gaya hidup tersebut namun jika  terlalu sering berada di lingkungan tersebut, Anda tetap akan kesulitan untuk tidak mengikuti apa yang mereka lakukan. Karena faktor inilah, kesulitan mengelola keuangan bisa terjadi karena ingin membeli barang demi tuntutan lingkungan sekitar. Jika Anda terlalu sering melakukan pemborosan dan mengeluarkan uang untuk barang mewah, bukan tidak mungkin Anda jatuh pada masalah keuangan.

Baca Juga: Cari Tahu ‘Penyakit’ Keuangan dengan Melihat 4 Rasio Keuangan Ini

4. Apatis Soal Investasi dan Masa Depan

Masalah terakhir yang membuat Anda kesulitan mengatur keuangan sendiri adalah apatis atau tidak mau tahu soal investasi dan masa depan keuangan Anda. Masa depan tidak bisa diprediksi sehingga harus direncanakan dengan baik. Bagaimana merancang keuangan masa depan juga tergantung pada mengelola keuangan hari ini yang sangat menentukan. 

Jika investasi dan masa depan tidak Anda dihiraukan tentu akan mempengaruhi kondisi Anda di masa depan. Ada baiknya masa depan Anda rencanakan dengan baik sehingga mampu dan siap menghadapinya, misalnya dengan investasi dan menabung. 

Jika Anda tidak peduli dengan hal ini bisa jadi Anda akan terus menghamburkan uang hari ini untuk hal tidak penting sehingga sulit mengatur keuangan pribadi dan jatuh dalam masalah keuangan di masa depan.

Jadilah Cerdas Dalam Mengelola Keuangan!

Kesulitan dalam mengatur dan mengelola keuangan pribadi bisa dipengaruhi oleh beberapa sebab, yang tentu harus sebisa mungkin dihindari. Sebagai orang yang bijak dan cerdas Anda harus bisa mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan pengelolaan uang yang tepat. 

Jika Anda bisa menghindar dari berbagai penyebab tersebut tentu Anda akan mudah dalam mengelola keuangan pribadi dan memiliki masa depan keuangan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Masalah Keuangan Tak Akan Datang Tiap Bulan Kalau Punya 4 Kebiasaan Ini