Dari Apotik Hingga Alami, Berikut Daftar Obat yang Ampuh Atasi Asam Urat

Asam urat telah menjadi salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Berdasar data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2013, terdapat 81 persen dari populasi Indonesia yang mengalami gangguan sendi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 71 persen langsung mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Sedangkan yang pergi ke dokter hanya 24 persen. Sementara itu, berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi penyakit asam urat berdasarkan diagnosa tenaga kesehatan di Indonesia sebesar 11,9 persen.

Lalu, apa sebenarnya penyakit asam urat itu? Bagaimana gejala yang dialami dan apa saja obat yang bisa digunakan untuk mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 12 Indikator Keluarga Sehat Menurut Kementrian Kesehatan RI!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Apa Itu Asam Urat

loader

Asam Urat

Penyakit yang juga disebut dengan gout ini merupakan radang sendi yang disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat. Masalah ini bisa timbul di bagian sendi mana saja, entah itu jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, atau jari kaki.

Penyakit ini seringkali terjadi pada perempuan yang sudah menopause atau pada lelaki yang umurnya lebih dari 30 tahun. Penyakit ini sering disamakan rematik, padahal sebenarnya berbeda. Rematik merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan rasa sakit yang dialami otot atau sendi yang meradang.

Penyebab Asam Urat

Sebenarnya, asam urat merupakan senyawa yang secara alamiah dihasilkan tubuh saat memecah purin. Keberadaan purin sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat, yakni untuk mengendalikan pertumbuhan sel, menyediakan energi, serta berguna untuk proses metabolisme.

Sebenarnya, 90 persen asam urat yang dihasilkan umumnya akan diserap oleh tubuh. Sementara sisanya, dikeluarkan melalui fese atau urine.

Tetapi pada beberapa kondisi, tubuh bisa memproduksi asam urat terlalu banyak. Bisa juga karena ada gangguan diginjal, asam urat yang dikeluarkan jadi sangat sedikit.

Jika seseorang mengalami kondisi tersebut, asam urat yang tersisa di dalam tubuh bisa menumpuk. Senyawa ini kemudian membentuk kristal urat di sendi maupun jaringan di sekelilingnya. Hal ini menyebabkan rasa nyeri dan bengkak pada bagian tersebut.

Orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan merasakan nyeri pada sendi secara tiba-tiba yang dapat berkembang secara cepat dalam hitungan jam. Rasa nyeri yang hebat juga disertai dengan kemerahan di kulit sendi, rasa panas, serta pembengkakan. Rasa sakit ini juga bisa membuat seseorang kesulitan berjalan, terutama saat malam hari.

Rekomendasi Obat Asam Urat

Meskipun mungkin penyakit asam urat tidak mengancam nyawa, tetapi keberadaannya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa semakin parah bahkan memicu kondisi seperti penyakit ginjal, batu ginjal, kerusakan sendi, bahkan masalah jantung

Untuk mengatasi penyakit ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari mengubah gaya hidup, menggunakan obat-obat alami, hingga obat yang tersedia di apotik. Berikut rekomendasi obat-obatan alami dan di apotik yang bisa kamu pilih jika mengalami masalah asam urat.

Baca Juga: Diandalkan untuk Atasi Perut Kembung Pada Bayi, Ketahui Manfaat Hingga Harga Telon Lang

Rekomendasi Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat di apotek seringkali dipilih orang ketika mengalami penyakit gout. Ada banyak merek yang tersedia sehingga kamu bisa memilih mana yang paling cocok dan aman untukmu.

Namun perlu diingat, meskipun aman, obat asam urat di apotek ini juga memiliki efek samping. Selain itu, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan atau pun rekomendasi dokter.

  1. Hexcam

    Sebagai bagian dari golongan Obat Antiinflamasi Non-Steroid (AINS), Hexcam memiliki manfaat untuk mengatasi sendi yang mengalami peradangan. Jadi fungsinya bukan untuk mengurangi kadar asam urat, tetapi hanya untuk mengobati rasa nyeri pada sendi. Obat ini tergolong obat keras sehingga harus digunakan dengan resep dokter.

  2. Puricemia Allopurinol

    Obat yang bisa didapatkan dengan resep dokter ini berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat darah. Kandungan allopurinol di dalamnya bekerja dengan menghambat terbentuknya asam urat serta sintesis purin dengan menghalangi enzim xanthine oksidase. Ini merupakan enzim yang bertugas mengoksidasi hipoxantin menjadi xantin yang selanjutnya menjadi asam urat.

  3. Feburic

    Di dalam obat ini terkandung Febuxostat yang memiliki cara kerja hampir sama dengan allopurinol. Febuxostat dapat menghambat xanthine oxidase untuk mengoksidasi hypoxanthine dan xanthine jadi asam urat. Obat yang diberikan dengan resep dokter ini biasanya digunakan untuk pasien yang sensitif terhadap allopurinol.

  4. Xanturic

    Obat ini memiliki kandungan allopurinol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat darah. Dengan harga yang lebih terjangkau. Xanturic biasanya dikonsumi orang dengan hiperurisemia untuk menghambat terjadinya pengkristalan dan pengendapan kalsium oksalat di ginjal serta mencegah terjadinya serangan gout.

  5. Probenid-Probenecid

    Kandungan probenesid yang ada di dalam obat ini memiliki manfaat untuk mengurangi dan mencegah terbentuknya tofus (tonjolan yang berisikan garam asam urat di jaringan sekitar sendi) serta kerusakan sendi pada hiperurisemia sekunder dan penyakit gout.

  6. L-cisin

    Obat ini mengandung senyawa aktif colchicine. Keberadaannya bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah serta mengatasi bengkak yang ditimbulkan oleh asam urat. Obat ini digunakan dengan resep dokter.

  7. Celebrex

    Di dalamnya mengandung celecoxib yang merupakan obat golongan antiinflamasi nonsteroid. Senyawa ini bermanfaat untuk meredakan peradangan dan gejala nyeri, khususnya pada persendian. Obat ini memiliki risiko lebih sedikit pada tukak lambung dibanding obat lain yang sejenis. Meski begitu, untuk orang dengan maag harus tetap berhati-hati.

Obat Asam Urat Alami

Selain obat di apotek, sebenarnya alam juga sudah menyediakan berbagai obat asam urat herbal. Obat-obatan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di sekitarmu, bahkan mungkin sebagian di antaranya sudah sering dikonsumsi. Berikut sederet obat asam urat herbal yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gout.

  1. Seledri

    Selain untuk membuat masakan jadi lebih lezat, ternyata seledri juga memiliki manfaat untuk mengobati asam urat. Kamu bisa menggunakan biji atau seledri utuh untuk dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau diambil ekstraknya. Jika mengonsumsi seledri dalam bentuk suplemen atau ekstrak yang dijual di pasaran, minumlah sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

  2. Arang aktif

    Arang aktif memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi gout. Obat asam urat alami ini berfungsi untuk meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat.

    Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Kamu bisa mencampurnya dengan air untuk membentuk salep atau pasta dan oleskan pada bagian yang nyeri akibat asam urat. Kamu juga bisa memasukkan setengah cangkir bubuk arang ke dalam bak mandi dan berendam di dalamnya.

  3. Air Lemon

    Dibalik rasanya yang asam, air lemon memiliki manfaat menjadi obat asam urat alami. Ketika dikonsumsi, obat asam urat herbal ini mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

    Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mencampur setengah sendok teh soda kue dengan air lemon dari satu buah utuh. Tunggu hingga desisnya berhenti dan campurkan dengan segelas air lalu minum. Bisa juga dengan meminum campuran segelas air putih dengan air lemon sehari tiga gelas.

  4. Apel

    Obat asam urat alami lain yang bisa digunakan adalah apel. Kandungan asam malat di dalamnya mampu mengatasi bengkak dan nyeri yang disebabkan asam urat. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, kamu bisa mengurangi intensitas pergi ke dokter.

  5. Pisang

    Kadar potasium yang tinggi di dalam pisang tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga ampuh untuk mengobati gout. Keberadaan potasium mampu mengubah bentuk kristal asam urat tubuh menjadi cair untuk selanjutnya dikeluarkan dalam bentuk urine.

    Pisang juga merupakan makanan antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan yang disebabkan asam urat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga menurunkan asam urat.

Selalu Perhatikan Cara Konsumsi dan Efek Samping Obat Asam Urat

Ada banyak sekali obat asam urat yang bisa ditemukan di pasaran, baik itu obat asam urat alami maupun yang dijual di apotik. Obat-obatan tersebut secara umum aman untuk dikonsumsi, tetapi penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter maupun petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan. Perhatikan juga kondisi tubuh karena beberapa jenis obat tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga: Meredakan Maag Tanpa Obat, Bagaimana Caranya?