Asuransi Adira - Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

Di masa modern ini, penggunaan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil menjadi sangat lumrah. Data BPS menunjukan peningkatan jumlah kendaraan sekitar 5 persen dari tahun 2018 ke 2019. Oleh karena itu, tidak heran jika kecelakaan mobil turut meningkat. Bahkan, nilai uang yang harus dibayarkan negara untuk kecelakaan mobil bisa mencapai 3% dari GDP setiap tahunnya.

Kecelakaan mobil tidak hanya memberikan ancaman pada hidup kamu, namun akibatnya juga bisa memakan waktu dan uang yang banyak. Akan tetapi, kerepotan tersebut dapat dihindari dengan menggunakan asuransi.

Dengan menggunakan asuransi, biaya perbaikan kendaraan ataupun pergantian kendaraan dapat dipindahkan dari pemilik polis kepada perusahaan asuransi. Maka, penggunaan asuransi lebih mirip seperti investasi untuk melindungi penggunanya.

Nah, buat yang masih belum memiliki asuransi dan ingin mencari produk asuransi tidak perlu bingung. Salah satu produk asuransi kendaraan yang dapat dibeli adalah Asuransi Adira. Mari kita simak lebih lanjut mengenai Asuransi Adira!

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Sekilas Mengenai Asuransi Adira

loader
|Asuransi Adira di Cermati.com

Perjalanan Asuransi Adira dimulai pada tahun 1997 dengan perusahaan PT Asuransi Kerugian Nexus. Setelah itu, pada tahun 2002 perusahaan tersebut berubah nama menjadi PT. Asuransi Adira Dinamika. Kemudian pada tahun 2019 perusahaan tersebut bertransformasi menjadi PT. Zurich Asuransi Indonesia atau ZAI.

Perusahaan tersebut menyediakan layanan dan produk asuransi umum dengan produk utama asuransi kendaraan bermotor. Dengan tujuan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bersama-sama. Sementara itu, aspirasinya adalah menjadi salah satu bisnis yang paling bertanggung jawab dan berdampak di dunia.

Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, Asuransi Adira memiliki 4 janji, yaitu janji terhadap karyawan, janji terhadap konsumen, janji terhadap planet, dan janji terhadap partner. Untuk itu, Adira memiliki nilai-nilai yang meliputi optimisme, peduli, dapat diandalkan, tekad kuat, kebersamaan, dan berpikir ke depan.

Operasional Adira didukung oleh 33 sales offices yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara umum, Asuransi Adira atau ZAI memiliki beberapa kategori produk. Adapun kategori asuransi Adira meliputi  Asuransi untuk Kendaraan, Asuransi untuk Kesehatan, Asuransi untuk Investasi, Asuransi untuk Properti, Asuransi untuk Bisnis, Asuransi untuk Hidup, dan Asuransi untuk Perlindungan Tambahan.

Masing-masing kategori produk tersebut memiliki berbagai macam produk yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Artikel ini akan membahas detail mengenai produk asuransi motor Adira dan asuransi mobil Adira. Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Ternyata Asuransi Kendaraan Juga Turut Menjamin Proteksi Pihak Ketiga, Lho!

Produk-produk Asuransi Motor Adira dan Asuransi Mobil Adira

Terdapat beberapa ragam produk Asuransi untuk Kendaraan yang disediakan oleh Adira. Mari kita bahas lebih mendetail

No

Nama Produk

 Keterangan

1

Asuransi Mesin

Asuransi mesin ini bermanfaat untuk memastikan mesin kendaraan kamu tetap dalam kondisi maksimal. Produk tersebut memberikan beragam manfaat perlindungan untuk mesin mobil dalam bentuk santunan risiko kerusakan mekanis atau elektris. Manfaat diberikan pada bagian mesin yang menyebabkan kendaraan tidak dapat berfungsi.

Produk tersebut juga mencakup perlindungan sparepart mesin seperti cylinder head, exhaust manifold, expansion plug, harmonic balancer, dan masih banyak lagi.

Syarat dan ketentuan untuk produk tersebut meliputi penggunaan kendaraan yang diperuntukan keperluan pribadi dan keperluan dinas. Selain itu, santunan yang diberikan bersifat first loss dimana polis akan berakhir apabila salah satu santunan telah dibayarkan. Adapun nilai yang diberikan apabila terjadi lebih dari satu kerugian sebesar Rp5.000.000.

Apabila tertarik membeli produk ini, perlu diingat bahwa satu motor hanya dapat dijamin dengan satu polis dan produk hanya dapat dibeli untuk maksimal 4 polis. Untuk setiap polisnya, periode asuransi yang diberikan 12 bulan dengan usia maksimum kendaraan 7 tahun dan usia tertanggung 17-60 tahun.

2

Asuransi Mobil Autocillin

Nah, kalau produk ini memberikan perlindungan untuk kendaraan kamu. Produk ini ditujukan untuk penggunaan mobil pribadi dan komersial dengan periode pertanggungan asuransi 1 tahun. Keunggulan produk ini adalah klaim yang dipermudah dan bisa dilakukan melalui aplikasi. 

Selain itu, produk ini memiliki beberapa pilihan perlindungan yang ditawarkan yaitu sebagai berikut:

Jaminan Total Loss Only

Pilihan produk ini menawarkan penggantian atas kerusakan atau kerugian total sebanyak 75% yang terjadi akibat kebakaran, kecelakaan, ataupun pencurian. Tertanggung juga memperoleh jaminan towing car apabila mengalami kecelakaan.

Jaminan dapat diperluas untuk penggantian atas akibat lain seperti gempa bumi, terorisme, dan lain lain. Selain itu, jaminan juga dapat diperluas untuk meningkatkan tanggung jawab hukum pihak ketiga dan kerugian atas kecelakaan diri untuk pengemudi maupun penumpang.

Jaminan Comprehensive

Pilihan produk comprehensive menawarkan penggantian atas kerusakan yang diakibatkan kecelakaan, kebakaran, dan pencurian. Pilihan produk ini juga menawarkan fitur new for old, layanan perpanjangan STNK, dan workshop Autocilin Garage serta bengkel rekanan. 

Adira juga menyediakan towing car, Emergency Roadside Assistance, dan ambulans untuk pilihan ini. Dan terdapat perluasan jaminan untuk sebab lain ataupun penambahan jumlah penggantian.

Comprehensive Plus

Serupa dengan pilihan Comprehensive, pilihan produk ini memberikan penggantian atas kerusakan tertentu. Akan tetapi, cakupan yang dilindungi lebih luas dibanding Comprehensive. Adapun cakupannya juga meliputi angin topan, banjir, badai, gempa bumi, tsunami, huru hara & kerusuhan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, perluasan jaminan yang ditawarkan juga lebih banyak dibandingkan pilihan Comprehensive. Misalnya, tanggung jawab hukum pihak ketiga dapat mencapai maksimal 100 juta rupiah.

 

3

Asuransi Motor Motopro

Pemilik kendaraan motor tidak perlu khawatir karena Adira menyediakan asuransi khusus bernama Asuransi Motor Motopro. Asuransi ini melindungi motor pemilik dan memberikan ganti rugi apabila terjadi kehilangan atau kerusakan total (lebih dari 75%).

Produk ini dibagi menjadi dua pilihan perlindungan yaitu paket Classic dan paket Classic Plus. Perbedaannya terletak pada besar uang pertanggungan yang dibayarkan serta penyebab yang ditanggung oleh asuransi.

Syarat untuk membeli produknya adalah maksimal usia kendaraannya 7 tahun. Adapun periode pertanggungannya 1 tahun dan hanya untuk penggunaan kendaraan pribadi serta dinas.

4

Asuransi Mikro Mobilite

Asuransi Mikro Mobilite menawarkan berbagai manfaat untuk mobil kamu dengan premi yang terjangkau. Ragam manfaat yang diperoleh meliputi santunan kehilangan mobil, santunan kecelakaan diri, dan santunan tanggungjawab pihak ketiga. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan harga premi 300 ribu untuk periode polis 12 bulan.

Terdapat syarat dan ketentuan untuk membeli produk tersebut. Diantaranya periode asuransi 12 bulan, usia maksimum kendaraan 15 tahun, dan usia tertanggung 17 hingga 60 tahun. Selain itu, satu mobil hanya dapat dijamin satu polis asuransi dan santunan bersifat First Loss.

5

Asuransi Mikro Motolite

Serupa dengan asuransi Mikro Mobilite, asuransi ini memberikan manfaat untuk kendaraan bermotor roda dua dengan premi terjangkau. Asuransi tersebut dapat diperoleh dengan harga premi 50 ribu untuk periode polis 12 bulan.

Manfaat yang diperoleh berupa santunan kehilangan motor, santunan kecelakaan diri, santunan tanggungjawab pihak ketiga, masing-masing dengan nilai mulai dari Rp2,500,000 hingga Rp5,000,000.

6

Autocillin Ikhlas

Buat yang ingin mencari produk asuransi kendaraan yang dikelola secara syariah, produk Autocillin Ikhlas ini solusinya. Produk ini dikelola dengan prinsip saling tolong menolong dan memberikan pengembalian surplus di akhir periode bila tidak mengajukan klaim. Selain itu, sebagian kontribusi juga dialokasikan untuk membayar zakat.

Pilihan produk yang disediakan meliputi proteksi Comprehensive, Comprehensive Plus, dan proteksi Total Loss Only. Perbedaannya adalah produk Comprehensive melindungi berbagai macam kerusakan sementara Total Loss Only hanya melindungi kerusakan lebih dari 75%.

Selain itu, pilihan Comprehensive juga menyediakan fitur new for old, jasa perpanjangan STNK, personal effect, biaya sewa mobil, workshop, dan autocillin ikhlas rescue.

Baca Juga: Memahami Segala Hal Penting Tentang Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Proses Klaim Asuransi Adira

loader

Terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan untuk melakukan klaim asuransi Adira. 

  • Pertama, laporkan kerugian yang dialami melalui Zurich Care yang dapat dihubungi melalui nomor telepon 1500-456, email zurichcare.general@zurich.co.id. Ataupun dapat dilaporkan ke alamat Graha Zurich di MT. Haryono Kav.42, Jakarta 12780.
  • Kedua, lengkapi dokumen yang diperlukan dan isi formulir klaim sesuai dengan polis yang dimiliki.
  • Kirim dokumen yang diperlukan agar proses klaim dapat segera dilakukan. Setelah itu, keputusan klaim akan dikirimkan sesuai dengan jaminan polis yang dimiliki.

Proses klaim juga dapat dipermudah untuk produk-produk tertentu. Misalnya, klaim Asuransi Mobil Autocillin dapat dilakukan melalui aplikasi autocillin mobile claim yang dapat diundur pada smartphone.

Kendaraan Aman dengan Asuransi Adira

Itulah penjelasan mengenai produk-produk Asuransi Adira yang perlu diketahui. Karena fokus utama dari asuransi Adira merupakan kendaraan bermotor, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa asuransi Adira prima dalam memproteksi kendaraanmu. Oleh karena itu, gunakan asuransi mobil Adira untuk melindungi mobil kesayanganmu.

Baca Juga: Asuransi Raksa: Ragam Produk, Syarat Ajukan, dan Cara Belinya