Memahami Segala Hal Penting Tentang Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Asuransi mobil adalah produk yang memberi jaminan perlindungan terhadap risiko kerugian keuangan akibat mobil. Dengan menjadi nasabah produk asuransi tersebut, kamu bisa mendapatkan ganti rugi atau kompensasi saat mobil mengalami kerusakan, kehilangan, ataupun pencurian. 

Hanya saja, tidak sedikit orang ragu untuk mengajukan layanan keuangan tersebut karena takut mengandung bunga dan hal lainnya yang tak sesuai dengan syariat agama. Untungnya, untuk mengatasi hal tersebut, telah muncul asuransi mobil berbasis syariah di Indonesia dan dapat dengan mudah diajukan oleh masyarakat.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan asuransi mobil syariah itu? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang pengertian produk asuransi tersebut lengkap dengan cara kerja dan jenisnya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Berbagai Istilah dalam Asuransi Mobil

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Apa Itu Asuransi Mobil Syariah?

loader

Asuransi Mobil Syariah

Asuransi mobil syariah adalah produk asuransi yang menjamin ganti rugi terhadap risiko kerugian keuangan pada mobil dengan prinsip hukum syariah. Risiko yang dilindungi tersebut meliputi kerusakan mobil karena kecelakaan berlalu lintas, kebakaran, bencana alam, sampai kerusuhan. Selain itu, risiko kehilangan dan pencurian mobil juga turut ditanggung oleh layanan keuangan ini. 

Tak dapat dipungkiri jika risiko yang dilindungi oleh asuransi mobil syariah ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali. Terlebih bagi yang sering berkendara di jalan raya yang padat, produk asuransi ini wajib untuk dimiliki. Bukan hanya untuk keamanan pada kendaraan, tapi juga untuk keselamatan diri sendiri, juga penumpang. 

Persamaan Asuransi Mobil Konvensional dan Syariah

Secara umum, cara kerja asuransi mobil konvensional tidak jauh berbeda dengan asuransi mobil syariah. Karenanya, antara kedua produk asuransi tersebut terdapat sejumlah persamaan yang mudah untuk dicermati. Misalnya adalah pola yang mirip, khususnya terkait pelayanan, premi, sampai rekan bengkelnya. 

Mengenai bengkel, asal mempunyai kemitraan dengan pihak perusahaan asuransi, pihak bengkel bisa melayani nasabah. Jenis perlindungan atau manfaat yang ditawarkan pun secara umum sama dan tak memiliki perbedaan antara asuransi syariah dan konvensional.

Pada konteks asuransi mobil, baik yang berbasis syariah dan konvensional juga menawarkan produk jenis comprehensive atau all risk, dan TLO alias Total Loss Only. Untuk jenis all risk, nasabah asuransi mobil bisa mendapatkan kompensasi dan ganti rugi pada segala jenis kerusakan pada kendaraan, baik itu kerusakan kecil, sedang, atau besar sekalipun. Sementara untuk jenis TLO, kompensasi hanya diberikan jika mengalami kerusakan berat dan biaya perbaikan mobil mencapai 75 persen atau lebih dari harga mobil.

Perbedaan Asuransi Mobil Konvensional dan Syariah

loader

Asuransi Mobil Konvensional vs Syariah

Walaupun memiliki sejumlah persamaan di atas, asuransi mobil konvensional dan syariah tetap mempunyai perbedaan yang perlu dipahami. Yang paling mudah untuk dicermati adalah prinsip transaksi di mana asuransi konvensional secara umum menawarkan layanannya untuk mendapatkan keuntungan. 

Sementara pada asuransi syariah, layanannya menerapkan prinsip ta'awun atau tolong menolong. Artinya, pada asuransi syariah, ketika seorang nasabah mengalami kerugian, dana yang terkumpul pada produk tersebut akan digunakan untuk membantu nasabah tersebut. Nah, setiap nasabah memberi kuasa pada perusahaan asuransi dalam mengelola kontribusi yang diberikan alias dana tabarru’ dengan imbalan upah jasa atau ujrah. 

Pengelolaan dana kontribusi nasabah tersebut pun harus dilakukan sesuai aturan syariat agama Islam. Misalnya, tidak boleh dialokasikan pada bisnis atau layanan yang mengandung unsur perjudian, riba, ketidakpastian, barang haram, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mau Lulus Survei Asuransi Mobil? Lakukan Hal Berikut

Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik 

Untuk di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, tidak sulit untuk bisa menemukan produk asuransi mobil syariah terbaik. Tentunya, karena setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, kamu tak boleh salah pilih agar bisa mendapatkan layanan asuransi mobil syariah terbaik. Berikut adalah beberapa rekomendasi asuransi mobil syariah terbaik untuk dipilih. 

  1. Astra Buana Syariah

    Melalui Garda Oto Syariah, layanan ini menyediakan jasa pengelolaan keuangan berprinsipkan kaidah keislaman dengan sistem tolong menolong. 

    Dengan menjadi nasabah, sederet layanan yang disediakan oleh produk ini adalah perlindungan selayaknya asuransi konvensional pada segi rate dan premi, jaringan layanan bengkel, dan fasilitas lainnya, baik itu jenis TLO atau comprehensive.

  2. Takaful Umum

    Asuransi Kendaraan Bermotor dari Takaful Umum memberi perlindungan pada berbagai jenis kendaraan bermotor. Selain itu, Asuransi Takaful akan melindungi kendaraan bermotormu dari risiko kecelakaan, kerusakan, kehilangan, hingga tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga.

  3. Garda Oto Syariah

    Pada produk ini, nasabah bisa mendapatkan manfaat perlindungan selayaknya asuransi konvensional, seperti, paket, layanan nasabah, jaringan bengkel dan fasilitas, tapi memiliki akad dan kontrak sesuai prinsip dan kaidah syariah. Memiliki pula sistem no claim bonus serta bagi hasil, produk ini mampu memberi manfaat dan keuntungan berlapis bagi nasabahnya. Pembagian hasil dari asuransi pun dihitung berdasarkan keuntungan perusahaan dan dibagikan pada nasabah. 

  4. Autocillin Ikhlas

    Disediakan oleh Zurich, produk ini memberi opsi modifikasi biaya premi pada nasabahnya sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan. Tidak hanya itu, nasabah berpeluang pula memperoleh pengembalian surplus saat tak melakukan pengajuan klaim pada akhir periode. Dua pilihan paket perlindungan yang ditawarkan oleh Autocillin Ikhlas adalah TLO dan comprehensive.

  5. Chubb Syariah

    Rekomendasi yang terakhir adalah asuransi mobil syariah Chubb. Produk tersebut memberi perlindungan dari risiko kerugian seperti kerusakan dan kehilangan kendaraan. Tentunya, layanan tersebut diberikan dengan sistem atau cara kerja yang telah disesuaikan dengan aturan syariah.

Tips Menentukan Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Terdapat 3 hal mendasar dan utama yang harus diperhatikan ketika ingin mengajukan produk asuransi mobil syariah terbaik dan sesuai kebutuhan, yakni:

  1. Pengelolaan Dana Tabarru’ sesuai Syariat

    Yang dimaksud dengan dana tabarru’ adalah dana yang dikumpulkan serta akan dimanfaatkan oleh nasabah melalui prinsip sharing risk atau tolong menolong. Nasabah produk asuransi berpedoman pada hukum Islam dan memiliki hak mengetahui pengelolaan dari dana tersebut. Hal ini termasuk pula di produk atau instrumen mana dana tabarru’ diinvestasikan dan harus sesuai dengan ketentuan syariah.

  2. Pastikan Perusahaan Diawasi Dewan Pengawas Syariah atau DPS

    DPS atau Dewan Pengawas Syariah adalah instansi resmi dengan tugas mengawasi lembaga finansial syariah, tak terkecuali perusahaan asuransi syariah. Dengan begitu, kinerja dan cara kerja dari perusahaan syariah dalam menawarkan produknya tetap sesuai dengan ketentuan dan pedoman syariat, dan tak sampai bertentangan dengan hukum agama. 

  3. Biaya Premi yang Harus Dibayarkan

    Tak kalah pentingnya, perhatikan pula berapa biaya premi atau kontribusi yang harus dibayarkan saat menjadi nasabah asuransi syariah mobil. Biaya premi atau kontribusi ini wajib dibayar secara berkala agar bisa mendapatkan manfaat asuransi. 

    Nominalnya umumnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti, kualitas dan cakupan manfaat yang diberikan, umur dan jenis kendaraan, domisili, maupun hal lainnya sesuai ketentuan penyedia asuransi. Tentunya, sesuaikan besaran premi tersebut dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Jangan sampai memilih produk asuransi dengan biaya premi terlalu tinggi karena berisiko mengacaukan keuangan. 

Cara Mengajukan Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Pada dasarnya, cara pengajuan asuransi mobil syariah terbaik tidak jauh berbeda dengan asuransi konvensional. Langkah pertama, calon nasabah perlu meriset dulu dan menyurvei sejumlah produk atau layanan asuransi mobil syariah yang bisa dipilih. Kemudian, bandingkan setiap produk tersebut berdasarkan sejumlah aspek, sebagai contoh, biaya premi, manfaat perlindungan yang diberikan, jaringan bengkel rekanan, hingga domisili. 

Setelah mengetahui produk asuransi yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan, calon nasabah bisa melakukan pengajuan dengan mengisi formulir pendaftaran secara online ataupun offline. Lalu, setelah pengajuan disetujui, pihak nasabah diharuskan untuk membayar premi melalui metode atau platform pembayaran yang telah disepakati. Asal rutin membayar premi dan tak melanggar ketentuan atau aturan sebagai nasabah, manfaat dari produk asuransi mobil syariah ini akan terus aktif melindungi sesuai perjanjian pada polis.

Jadi, Sudah Tahukah Kamu Produk Asuransi Mobil Syariah Seperti Apa yang Pas untuk Dipilih?

Menjadi pemilik kendaraan tentu membutuhkan biaya perawatan dan jaminan perlindungan yang bisa dibilang tidak murah, khususnya mobil. Akan tetapi, demi memastikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara, segala hal yang dibutuhkan mobil harus bisa disediakan, termasuk produk asuransi ini. Nah, setelah memahami penjelasan tentang apa itu asuransi mobil syariah, rekomendasi produk, dan segala hal penting tentangnya di atas, kamu pasti sudah tahu layanan dan manfaat perlindungan seperti apa yang pas untuk dipilih, bukan? 

Baca Juga: Rekomendasi Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik