Mengenal Asuransi AIA: Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, dan Cara Klaim

American International Assurance atau biasa dikenal dengan AIA merupakan asuransi kesehatan yang didirikan oleh Cornelius Vander Starr di Shanghai pada 19 Desember tahun 1919. Asuransi AIA sendiri merupakan perusahaan asuransi terbesar yang memiliki market Asia Pasifik dan sekarang sudah memiliki kantor pusat yang terletak di Hong Kong. Sekarang ini, asuransi AIA juga sudah beroperasi di 18 negara.

18 negara yang terdapat cabang asuransi AIA diantaranya ada Hong Kong, Filipina, Asia Pasifik, Taiwan, Lanka, Makau, Tiongkok, Thailand, Indonesia, Singapura, Selandia Baru, Malaysia, Korea, Vietnam, Myanmar, Brunei, Kamboja, dan Australia.

Data terakhir yang didapatkan pada akhir tahun 2019, asuransi AIA mempunyai lebih dari 23.000 karyawan di seluruh dunia dan melayani lebih dari 36 juta nasabah perorangan dan 16 juta nasabah asuransi grup. Asuransi AIA sendiri pertama kali dikenal di negara Indonesia pada tahun 2009 dan saat itu asuransi AIA berada di peringkat 213 di Fortune Global 500.

Asuransi AIA di Indonesia

loader

Asuransi AIA sendiri merupakan salah satu asuransi jiwa yang terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, bahkan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Asuransi AIA memiliki banyak produk, diantaranya ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi yang terkait dengan investasi, asuransi kecelakaan diri, program Dana Pensiun (DPLK), dan program kesejahteraan karyawan.

Seluruh produk ini biasanya ditawarkan ke masyarakat oleh para penjual yang berjumlah lebih dari 6.000 pegawai yang sudah berpengalaman serta profesional dengan jalur distribusi yang berbeda-beda. Contohnya Bancassurance, keagenan, dan Corporate Solutions (Pension dan Employee Benefits).

Asuransi AIA mempunyai keunggulan tersendiri yaitu mempunyai premi yang tidak mahal bagi masyarakat Indonesia dan sudah terpercaya melalui banyaknya penghargaan yang diraih asuransi AIA di Indonesia untuk jenis asuransi jiwa. Sedangkan kekurangan dari asuransi AIA sendiri tidak memiliki opsi untuk asuransi kesehatan murni atau jenis asuransi kesehatan yang khusus diperuntukkan proteksi kesehatan tanpa memiliki investasi.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat jika kamu memiliki asuransi seperti:

1. Membantu dalam Melakukan Manajemen Keuangan

Asuransi akan membantu kamu dalam melakukan manajemen keuangan dalam bentuk jika suatu saat terjadi sesuatu dan kamu memiliki asuransi, maka asuransi tersebut dapat digunakan dan keuangan kamu tidak terganggu untuk membayar pengobatan maupun hal lainnya. Umumnya, biaya kesehatan akan di-cover secara penuh atau sesuai dengan polis yang dimiliki.

2. Bentuk Self Love pada Diri Sendiri

Jika kamu memiliki asuransi jiwa, maka kamu akan menjaga kesehatan mental kamu juga terjaga karena bisa menjadi bentuk kamu peduli dan sayang pada diri sendiri untuk menjaga diri kamu di masa mendatang.

3. Membuat Investasi untuk Masa Depan

Hal ini dikarenakan asuransi jiwa bermanfaat untuk kesehatan dan finansial baik untuk sekarang maupun di masa mendatang. Tentu memiliki asuransi akan menjadi jaminan kamu untuk jika terjadi sesuatu di masa mendatang dan juga menabung yang mana hasilnya nanti bisa digunakan di masa mendatang.

4. Meminimalisir Beban Kecemasan dan Stress

Mengapa? Karena asuransi sendiri bisa menguntungkan segi pikiran dan mengurangi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Kamu juga bisa mendapatkan jaminan kehidupan yang seutuhnya karena asuransi sendiri mempunyai beberapa manfaat seperti manfaat kecelakaan, manfaat rawat inap, manfaat meninggal, manfaat penyakit kritis, dan tentunya manfaat investasi.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga premi asuransi kesehatan di AIA. berikut merupakan faktor apa saja yang bisa mempengaruhi harga premi asuransi di AIA, yaitu:

  1. Harga premi asuransi akan menyesuaikan dengan riwayat kesehatan kamu. Apabila kamu sudah memiliki penyakit bawaan, atau sedang mengalami sakit parah, atau juga pernah mengalami sakit parah maka harga premi asuransi kamu bisa lebih mahal dari biasanya.
  2. Harga premi asuransi juga menyesuaikan jenis kelamin serta usia kamu. Apabila kamu sebagai calon nasabah berumur 20 tahun, tentu premi asuransi kamu akan lebih murah daripada nasabah lain yang berumur lebih dari 30 tahun. Mengapa? Karena semakin bertambah usia, maka terdapat kemungkinan yang lebih besar untuk sakit.
  3. Harga premi asuransi menyesuaikan bagaimana kamu menjalani hidup. Apabila kamu memiliki gaya hidup yang suka merokok, menjalani olahraga ekstrim, atau hal-hal lainnya, maka premi asuransi kamu akan menjadi lebih mahal dari yang biasanya karena memiliki resiko sakit yang lebih tinggi.
  4. Harga premi asuransi tentu juga akan menyesuaikan dari seberapa banyak manfaat polis yang ingin kamu dapatkan. Apabila melebihi manfaat dasar seperti rawat jalan, rawat inap, dan pembedahan maka kamu akan dikenakan premi tambahan.

Asuransi di AIA sendiri memiliki banyak produk. Berikut merupakan produk-produk yang dimiliki oleh asuransi AIA, yaitu:

Untuk Individu Untuk Korporasi
  • Proteksi Jiwa: Asuransi yang akan memberikan proteksi sesuai dengan gaya hidup kamu maupun keluarga.
  • Proteksi Dengan Manfaat Investasi: Asuransi yang melakukan pengembangan dana secara optimal untuk memberikan proteksi sesuai dengan manfaat investasi yang kamu miliki.
  • Kesehatan: Asuransi yang akan memberikan layanan fasilitas perawatan kesehatan di kelas satu.
  • Proteksi Secara Digital: Asuransi yang memberikan perlindungan tanpa ribet untuk kamu yang aktif.
  • Penyakit Kritis: Asuransi yang memberikan perlindungan pada resiko terkenanya penyakit kritis.
  • Credit Life: Asuransi memberikan proteksi plus bagi kamu atau debitur pinjaman.
  • Dana Pensiun: Asuransi memberikan rincian perencanaan dana pensiun yang terbaik bagi karyawan perusahaan yang memakai asuransi AIA.
  • Employee Benefit: Asuransi memberikan perlindungan yang terbaik bagi karyawan perusahaan kamu dan juga keluarga para karyawan.
Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Asuransi Kesehatan AIA

Asuransi kesehatan di AIA memiliki beberapa jenis produk asuransi kesehatan yang disesuaikan dengan tempat penjualan produk. Salah satu jenis produk asuransi kesehatan AIA adalah Agency. Berikut merupakan produk-produk dari Agency untuk asuransi kesehatan AIA, yaitu:

Produk Asuransi Kesehatan Keterangan Produk
AIA PowerPro Life Jenis asuransi kesehatan yang memberikan banyaknya manfaat proteksi yang tinggi seperti manfaat perawatan ICU, manfaat Terminal Illness sebesar 100% uang pertanggungan, dan lainnya.
Premier Hospital & Surgical Extra Jenis asuransi kesehatan yang memberikan banyak manfaat dan tentunya memberikan layanan privasi kamar saat rawat inap di rumah sakit di seluruh dunia.
Hospital & Surgical Protection Jenis asuransi kesehatan yang membantu mengatasi biaya-biaya rumah sakit apabila kamu harus dirawat dikarenakan suatu penyakit atau kecelakaan.
Premier Hospital & Surgical Plus Jenis asuransi kesehatan yang memberikan manfaat lengkap serta mengatasi biaya perawatan kesehatan dengan standar internasional dan bisa dijalani di seluruh dunia.
AIA Infinite Plus Assurance Jenis asuransi kesehatan yang didapatkan oleh kamu dari produk asuransi mengenai investasi sehingga kamu sendiri bisa menentukan seberapa banyak hasil yang diinginkan sesuai dengan prioritas dan tujuan finansial.
Hospital & Surgical Plus Jenis asuransi kesehatan yang meringankan biaya dan memberikan proteksi maksimal bagi kamu dan keluarga.
AIA Sehat Seratus Jenis asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan khusus untuk penyakit kritis dengan berbagai manfaat tambahan dan bisa dilakukan di dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Perjalanan

Asuransi Jiwa AIA

Asuransi jiwa  di AIA memiliki beberapa jenis produk asuransi kesehatan yang disesuaikan dengan tempat penjualan produk. Salah satu jenis produk asuransi jiwa AIA adalah BCA. Berikut merupakan produk-produk dari BCA untuk asuransi kesehatan AIA, yaitu:

Produk Asuransi Kesehatan Keterangan Produk
Proteksi Penyakit Kritis Maksima Extra (PRIMA Extra) Jenis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan pada 136 penyakit serius, dana tambahan jika dirawat di ICU, dan lainnya.
Proteksi Kesehatan Ultima (PRATAMA) Jenis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kesehatan dan memberikan manfaat santunan tunai harian saat dirawat di rumah sakit dan manfaat pengembalian premi di akhir tahun polis ke-15.
Maxi Value Protection Jenis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kesehatan mulai dari proteksi jiwa, proteksi kesehatan, proteksi kritis, dan untuk investasi jangka panjang.
Proteksi Retirement Maksima (RetirePlan) Jenis asuransi jiwa yang mempersiapkan dana pasti untuk pensiun dan lainnya.
Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) Jenis asuransi jiwa yang membantu memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak.
Maxi Infinite Link Assurance Plus Jenis asuransi jiwa yang menyediakan fasilitas pembayaran premi berkala agar bisa disesuaikan dengan tujuan finansial.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Penyakit Kritis

Cara Klaim Asuransi AIA

Cara klaim asuransi AIA terbagi menjadi 3 yaitu Klaim Penjaminan (Cashless) ODS dan Rawat Inap, Klaim Penjaminan (Cashless) Post Rawat Inap, dan Klaim Penggantian (Reimbursement). Umumnya, untuk klaim penjaminan ODS & rawat inap serta post rawat inap akan dibantu oleh pihak rumah sakit. Berikut merupakan cara klaim penggantian atau reimbursement, yaitu:

  1. Kamu dapat mengisi Formulir Klaim Asuransi rawat inap dengan lengkap, jelas, dan benar yang mana formulir bisa didapatkan di 24 Jam Helpline AIA, kantor AIA, atau download di website AIA.
  2. Lengkapi dokumen persyaratan klaim dengan:
  3. Fotokopi kartu identitas yang berlaku dan sah, serta kartu peserta.
  4. Seluruh kwitansi asli biaya perawatan dan dokter, obat-obatan, dan lainnya yang asli serta dilengkapi materai.
  5. Diagnosa asli dari dokter atau formulir klaim asuransi isian Dokter yang bisa diunduh di website AIA.
  6. Salinan resep.
  7. Jika dikarenakan kecelakaan, dapat meminta surat keterangan asli dari pihak polisi atau pihak berwenang mengenai sebab terjadinya kecelakaan.
  8. Rujukan dan hasil laboratorium/USG/foto rontgen/lainnya.
  9. Surat kuasa permintaan data medis.
  10. Jika formulir klaim dan seluruh dokumen persyaratan sudah lengkap, maka kamu bisa mengirimnya ke AIA UP : Receiving Center bagian Claim lt. 8 Gedung AIA Central.

Yuk Gunakan Asuransi AIA!

Asuransi AIA merupakan asuransi yang sangat terkenal di Indonesia dan menyediakan berbagai fasilitas yang melengkapi kebutuhan kita. Jadi, masih ragu untuk menggunakan Asuransi AIA?

Baca Juga: Mengenal Asuransi Tradisional, Jenis dan Perbedaannya dengan Asuransi Unit Link