Manfaatnya Dibutuhkan Pengusaha, Ini Manfaat Asuransi Bisnis dan Beragam Jenisnya

Hampir semua orang di zaman sekarang telah memahami akan pentingnya memiliki asuransi dan mendapatkan manfaat perlindungannya. Hal ini dikarenakan tidak ada yang tahu kapan masalah akan datang menerpa dan seberapa besar dampaknya mengacaukan kondisi keuangan seseorang. 

Jenis produk asuransi yang tersedia dan ditawarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia sendiri bisa dibilang sudah cukup lengkap dan mencakup hampir semua aspek kehidupan. Salah satu contohnya adalah asuransi bisnis, yaitu sebuah produk asuransi yang memberi manfaat yang diperlukan oleh hampir semua pebisnis di segala bidang usaha.

Tak terkecuali UMKM, asuransi bisnis adalah produk keuangan yang memberi jaminan proteksi terhadap aktivitas bisnis dari berbagai macam risiko kerugian dan masalah yang bisa menimpa sewaktu-waktu. Tentunya, di samping itu, ada sederet risiko lain yang mungkin dihadapi oleh pebisnis yang dilindungi oleh manfaat asuransi bisnis.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar apa itu asuransi bisnis, risiko yang dilindungi, manfaat, hingga jenis produknya, simak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Asuransi Bisnis

Sesuai namanya, asuransi bisnis adalah jenis produk asuransi yang penting dibutuhkan oleh pebisnis di sektor usaha apapun, termasuk UMKM. Pada dasarnya, asuransi bisnis merupakan produk asuransi yang memberi manfaat perlindungan pada aktivitas usaha terhadap beragam jenis risiko kerugian dan masalah yang bisa saja terjadi kapan pun. 

Untuk di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan asuransi yang telah menyediakan produk asuransi ini pada masyarakat. Dengan manfaatnya tersebut, kamu selaku pelaku bisnis tentu bisa menjauhkan diri dari rasa khawatir dan cemas terhadap risiko kerugian finansial pada bisnis akibat masalah yang mungkin terjadi. Khususnya ketika masih dalam proses mengembangkan usaha. 

Risiko yang Mungkin Dihadapi Pengusaha

Banyak orang menyadari jika menjalankan sebuah bisnis memiliki risiko yang cukup tinggi. Meski jika berhasil mampu memberi keuntungan yang tinggi, tapi, sebelum sampai ke tahap tersebut pasti ada banyak tantangan dan masalah yang siap menghadang. Nah, risiko inilah yang umumnya perlu diantisipasi oleh para pebisnis dengan berbagai cara yang dirasa layak untuk dipilih. 

Berikut adalah berbagai risiko masalah dan musibah yang mungkin akan dihadapi oleh para pengusaha yang sedang mengembangkan bisnisnya. 

1. Bisnis Mengalami Kebakaran atau Bencana Alam

Kebakaran atau bencana alam yang mengancam bisnis pada dasarnya adalah masalah yang berada di luar kendali pengusaha. Tapi, jika sampai terjadi, hal tersebut bisa menyebabkan kerugian yang sangat masif, seperti kerusakan alat, bahan baku hancur, tempat usaha yang hancur, bahkan muncul korban jiwa. 

Oleh karena itu, walaupun tak bisa sepenuhnya dihindari, pengusaha harus bisa mencari cara untuk mengantisipasi risiko ini. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan asuransi bisnis ini. 

Baca Juga:  Asuransi Kebakaran: Pengertian, Manfaat dan Cara Klaim

2. Terjadi Masalah pada Proses Distribusi

Khususnya pada bisnis yang sedang berkembang pesat, proses distribusi termasuk sebagai pekerjaan yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus agar bisa berjalan lancar. Sebagai pebisnis, kamu wajib memahami produk dengan cermat agar mampu menyusun strategi distribusi atau pengiriman secara aman hingga diterima di tangan konsumen. 

Akan tetapi, tidak jarang pebisnis mendapatkan kabar jika produk yang sedang dalam proses pengiriman mengalami kerusakan. Saat hal tersebut terjadi, pihak pebisnis mau tak mau harus melakukan ganti rugi terhadap konsumen terlepas dari pemicu munculnya masalah tersebut. Alih-alih mengalami kerugian, pebisnis bisa menyiasati risiko masalah tersebut dengan mengajukan produk asuransi ini.  

3. Risiko Kerugian Bisnis

Menjalankan sebuah usaha atau bisnis tentu mampu mendatangkan keuntungan besar apabila bisnis berjalan lancar. Tapi, ada kalanya pengusaha harus menelan pil pahit ketika timbul kerugian dan masalah pada bisnisnya yang bisa mengancam terjadinya kebangkrutan dan muncul banyak utang. 

Pada situasi yang serba terjepit tersebut, pebisnis tentu bingung bagaimana cara untuk mengatasi masalahnya tersebut. Untuk menyiasatinya, kamu dapat mengajukan asuransi bisnis karena risiko kebangkrutan tersebut biasanya termasuk sebagai salah satu proteksi yang dijamin pada polisnya. 

4. Tanpa Sengaja Melakukan Pelanggaran Hukum

Selain itu, ketika berbisnis, risiko tergugat dan terjegal masalah hukum juga tidak bisa sepenuhnya dihilangkan. Entah itu karena kesalahan dalam proses produksi atau kecelakaan kerja, pebisnis bisa juga melanggar hukum dan dituntut untuk memberi ganti rugi. 

Karena biaya pengacara umumnya sangat mahal untuk memberi pendampingan dalam melalui proses hukum, kamu bisa memanfaatkan proteksi asuransi bisnis untuk menyiasatinya. Jadi, risiko kerugian finansial dan merasakan gugatan mampu dihindari, tentunya dengan persyaratan yang sesuai dengan ketentuan pada polis asuransi. 

Baca Juga: Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik

Manfaat Proteksi Asuransi Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali risiko yang dihadapi oleh pebisnis ketika menjalankan usahanya. Untungnya, semua masalah tersebut bisa lebih mudah diatasi dengan memiliki asuransi bisnis. Berikut adalah sederet manfaat proteksi yang diberikan oleh asuransi bisnis. 

1. Siasat Hadapi Risiko Bangkrut

Bisa dibilang, hampir semua bisnis, baik besar atau kecil, pasti memiliki risiko kebangkrutan. Penyebabnya beragam, bisa karena krisis ekonomi, salah strategi bisnis, dan sejumlah faktor lain yang terkadang tak dapat diprediksi. 

Kebangkrutan tentu menjadi mimpi buruk bagi semua pebisnis. Bahkan, tak hanya harus menjadikan perusahaannya gulung tikar, kebangkrutan ini juga membebani pebisnis dengan beban utang yang menggunung. Kabar baiknya, selama terlindungi asuransi bisnis, risiko ini selalu bisa diantisipasi.

2. Melindungi Aset Perusahaan

Selain itu, manfaat asuransi bisnis lainnya adalah melindungi aset penting milik perusahaan, sebagai contoh gedung dan mesin produksi dari risiko kerusakan, pencurian, maupun musibah. Sehingga, jenis asuransi ini termasuk sebagai asuransi umum dan wajib untuk dipersiapkan para pebisnis guna menjamin keamanan aset penting di perusahaannya. 

3. Proteksi Distribusi

Berbisnis tidak bisa jauh dari aktivitas distribusi barang, baik itu pengadaan bahan dasar ataupun menjajakan produk siap jual. Tapi, pada proses ini, risiko munculnya masalah terbilang cukup tinggi, seperti kerusakan, kecelakaan, atau bahkan pengiriman terlambat. Tentunya, risiko tersebut perlu diantisipasi seoptimal mungkin dengan cara yang tepat, salah satu contohnya dengan menyediakan asuransi bisnis.

4. Menjadikan Pebisnis Lebih Berani Ambil Risiko

Karena memberi proteksi tambahan terhadap kelangsungan bisnis dan perusahaan, kehadiran asuransi ini mampu menjadikan pebisnis lebih berani untuk mengambil risiko dan menuai potensi keuntungan lebih besar. Walaupun begitu, ketika mengambil keputusan krusial, pastikan untuk memiliki persiapan yang matang agar mampu meminimalkan risiko kegagalan. 

Meski terlindungi asuransi, tidak berarti kamu bisa mengambil langkah atau strategi bisnis yang terlalu berisiko dan tak sebanding dengan peluang keuntungannya. Jadi, meski mampu memberi manfaat ini, jangan sampai proteksi asuransi bisnis menjadi pedang bermata dua yang menjadikanmu kurang bijak ketika berbisnis. 

5. Menjadi Fondasi Bisnis

Terakhir, adanya asuransi bisnis mampu menciptakan pola pondasi bisnis yang kokoh dan lebih tahan terhadap masalah. Meski mengharuskan pebisnis membayar biaya premi secara rutin, tapi manfaat proteksi yang diberikan asuransi ini jauh lebih menguntungkan dan dibutuhkan di masa depan nanti.

Jenis Asuransi Bisnis

Selesai membahas tentang pengertian, risiko, dan manfaatnya, kamu tentu penasaran tentang jenis produk asuransi bisnis seperti apa yang tersedia dan sebaiknya dipilih. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah 4 jenis produk asuransi bisnis yang penting untuk diketahui. 

Jenis Asuransi Penjelasan
Asuransi Gangguan Bisnis Asuransi bisnis jenis ini menjamin penggantian atas hilangnya pemasukan akibat operasional bisnis terhenti sementara karena suatu masalah tertentu, seperti, bencana alam. Karena penghasilan diganti, tanggung jawab bisnis semisal membayar gaji karyawan tetap bisa terpenuhi.
Asuransi Properti Jenis asuransi ini menjamin proteksi terhadap properti bisnis yang berisiko rusak karena bencana alam, atau pencurian atas alat operasionalnya.
Asuransi Proteksi Tanggung Jawab Hukum Dengan asuransi ini, pebisnis bisa menghadapi tuntutan hukum yang mengacu pada bisnis atau produk. Contohnya, kamu memiliki produk makanan yang ternyata menimbulkan keracunan pada konsumen. Risiko tuntutan hukum karena masalah tersebut nanti akan dihadapi dengan pendampingan dari asuransi ini.
Asuransi Kompensasi Pekerja Melalui asuransi kompensasi pekerja, pebisnis mampu menyediakan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi karyawan serta memenuhi haknya yang berkaitan dengan bisnis. Manfaat proteksi yang diberikan jenis asuransi bisnis ini mencakup perawatan medis saat sakit atau mengalami kecelakaan kerja, termasuk santunan kematian jika dibutuhkan.

Lindungi karyawan dengan asuransi kesehatan agar bekerja lebih nyaman.

Beli Asuransi Kesehatan Karyawan Sekarang!  

Jamin Kelangsungan Usaha dengan Proteksi Asuransi Bisnis

Sekarang, kamu tentu sudah mengerti tentang pentingnya memiliki asuransi bisnis ketika menjalankan sebuah usaha. Yang terpenting, ketika memilih produk asuransi, pastikan untuk mengecek legalitas dan kredibilitas perusahaan atau penyedia layanannya. Dengan begitu, manfaat asuransi bisnis bisa didapatkan dengan lebih optimal demi menjamin kelangsungan bisnis. 

Baca Juga:  Lindungi Karyawan dari Beragam Risiko Medis dengan Asuransi Kesehatan Karyawan Terbaik