Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik

Benar apa kata pepatah “sedia payung sebelum hujan” agar tidak basah kuyup ketika hujan tiba-tiba turun. Artinya, kita perlu menyiapkan segala sesuatu sejak awal, sebelum terjadi sesuatu atau risiko di kemudian hari.

Segala persiapan ini berlaku di berbagai sisi kehidupan. Salah satu bentuk persiapan yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan membeli asuransi sejak dini.

Bukan hanya memberikan perlindungan kesehatan atau kendaraan saja, tapi asuransi juga memberikan rasa aman dan tenang karena jika terjadi risiko yang menimpamu, pihak perusahaan akan bertanggung jawab memberikan pergantian.

Misalnya saja, jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan mobil rusak parah. Perusahaan akan memperbaiki atau mengganti mobil yang baru. Namun, untuk menikmati penggantian dari perusahaan asuransi, tentunya kamu wajib membayar premi setiap bulannya.

Yang perlu kamu ketahui, kian kemari banyak produk asuransi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari keseluruhan, terdapat produk yang termasuk dalam golongan asuransi umum.

Lantas, apa saja produk asuransi yang termasuk asuransi umum?

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, simak ulasannya berikut ini mengenai pengertian asuransi umum, jenis produk hingga perusahaan asuransi umum terbaik yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi dalam memilih asuransi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pengertian Asuransi Umum

loader
Asuransi Umum

Apa itu asuransi umum? Dikutip dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) asuransi umum adalah layanan perlindungan berupa memberikan jasa pertanggungan risiko yang memberikan penggantian karena kerugian kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti dari perusahaan asuransi.

Dengan memiliki asuransi umum, maka sudah dipastikan kamu akan terhindari dari berbagai kerugian yang disebabkan dari risiko kecelakaan, kerusakan, kehilangan dan sebagainya. Alhasil, keuangan akan tetap aman ketika risiko tersebut datang, karena kamu telah membayar sejumlah premi kepada asuransi perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Apa yang Dimaksud Proteksi pada Produk Asuransi yang Ada di Indonesia

Jenis Asuransi Umum

Asuransi jadi perlindungan kamu dan keluarga untuk kondisi saat ini, nanti dan masa depan. Akan tetapi, apa saja jenis-jenis asuransi umum yang perlu diketahui?

1. Asuransi Kebakaran

Siapa bilang rumah dan harta benda di dalamnya tidak perlu perlindungan? Justru, kamu yang sudah memiliki rumah, ruko atau properti lainnya wajib diberikan asuransi. Sebab, sering kali terjadi korsleting listrik atau tabung gas meledak yang menyebabkan kebakaran.

Hindari risiko tersebut dengan hati-hati dan cek listrik atau kebocoran tabung gas secara berkala. Tapi, sebelum risiko tersebut melanda tiba-tiba, saatnya beli asuransi kebarakan. Kamu akan mendapatkan sejumlah ganti rugi sesuai kesepakatan dalam polis asuransi jika kebakaran terjadi tidak sengaja dan sulit dikendalikan atau api terlalu besar.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor

Selain kesehatan, asuransi kendaraan bermotor juga menjadi asuransi umum yang popular dikalangan orang yang telah memiliki kendaraan mobil atau motor. Sebab, pemilik kendaraan tentunya tak ingin jika terjadi risiko pada kendaraan kesayangannya.

Pihak perusahaan asuransi kendaraan bermotor tak hanya memberikan ganti rugi pada mobil yang rusak karena kecelakaan saja, tapi pemegang polis juga bisa menikmati pelayanan service di bengkel terbaik yang telah bekerja saha hingga mendapat ganti rugi jika kendaraan hilang.

Terdapat tiga jenis proteksi yang ditawarkan asuransi kendaraan bermotor, antara lain:

Jenis Proteksi

Penjelasan

All Risk

memberikan perlindungan atas kerugian dan/atau kerusakan kendaraan bermotor dan/atau kepentingan yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan pengangkutan dengan kapal penyeberangan.

 

Total Loss Only (TLO)

Proteksi ini bisa cair atau keluar jika kerugian atau kerusakaan kendaraan yang dimiliki pemegang polis sudah mencapai 75%

Third Party Liability

Perusahaan memenuhi tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga hingga penggantian biaya pengobatan untuk pengemudi dan penumpang yang terlibat kecelakaan. 

3. Asuransi Perjalanan

Jika asuransi umum lainnya bersifat jangka panjang, tapi asuransi perjalanan ini justru memiliki masa aktif yang singkat, yaitu pada saat kamu melakukan perjalanan ke luar kota, liburan ke luar negeri dan lainnya.

Asuransi perjalanan akan memberikan kamu sejumlah manfaat, yaitu penanggungan biaya pengobatan ketika kamu sakit saat bepergian, santunan kecelakaan, ganti rugi kehilangan barang ataupun karena perjalanan yang mengalami penundaan, sampai pengurusan jenazah dan santunan kepada keluarga apabila karena suatu sebab, kamu meninggal dalam perjalanan

4. Asuransi Bisnis atau Pengangkutan

Jika kamu memiliki bisnis yang memproduk barang dan penjualannya sudah mencapai seluruh Indonesia atau bahkan luar negeri, maka kamu perlu membeli asuransi bisnis atau pengangkutan. Asuransi umum ini, memberikan perlindungan pada barang jualan yang dikirim ke berbagai daerah atau negara jika terjadi kerusakan atau hilang secara tidak sengaja.

Baca Juga: Tinggal di Daerah Rawan Bencana? Lindungi Rumah Anda dengan Asuransi Gempa Bumi

5. Asuransi Rekayasa Teknik

Pastinya kamu merasa awam ketika mendengar asuransi rekayasa teknik. Ya, jenis asuransi umum ini memberikan perlindungan berupa meminimalkan berbagai risiko pada saat melakukan pembangunan, baik teknik proyek dan non-proyek.

Bedanya, asuransi rekayasa teknik proyek memberikan perlindungan hanya pada aktivitas teknik saja dalam rangka membangun sesuatu. Sementara non proyek adalah perlindungan yang diberikan pada perngoperasian alat-alat proyek.

6. Asuransi Lain-lain

Meski jenis asuransi umum yang telah disebutkan di atas sudah banyak, namun pada kenyataannya asuransi umum sangat luas. Ada jenis asuransi umum lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Asuransi kewajiban produk
  • Asuransi kewajiban masyarakat
  • Asuransi kehilangan dan sebagainya

Perusahaan Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

loader
Asuransi Umum

Jika kamu sudah memahami masing-masing dari jenis asuransi umum, saatnya kamu ketahui perusahaan asuransi umum terbaik di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi perlindungan kamu dan keluarga.

Terdapat 15 Market Leaders Asuransi Umum Indonesia 2021 menurut LRMA (Lembaga Riset Media Asuransi), antara lain:

  1. PT Asuransi Sinar Mas
  2. PT Asuransi Astra Buana
  3. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk
  4. PT Asuransi Central Asia
  5. PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk
  6. PT Asuransi Bangun Askrida
  7. PT Asuransi Wahana Tata
  8. PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk
  9. PT BRI Asuransi Indonesia
  10. PT Sompo Insurance Indonesia
  11. PT Asuransi MSIG Indonesia
  12. PT Lippo General Insurance, Tbk
  13. PT Asuransi Tokio Marine Indonesia
  14. PT Asuransi Ramaya Tbk.
  15. PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia

Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Banyaknya produk asuransi yang hadir di Indonesia memang berguna untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat akan perlindungan pada dirinya, keluarga, hingga harta benda. Namun, jangan sampai membuat kamu menjadi bingung dalam memilih asuransi. Fokus saja pada asuransi yang kamu butuhkan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengukur kemampuan bayar premi setiap bulannya. Jika kedua hal tersebut kamu pertimbangkan dengan matang, maka kamu bisa lebih mudah memilih asuransi terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia, Apa Saja?