Cari Tahu Asuransi BNI Life, Serta Premi dan Cara Klaim Asuransinya

Mengetahui produk asuransi yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan memang penting dilakukan. Sebab, kamu perlu tahu kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh asuransi-asuransi yang ada di Indonesia sebagai bahan pertimbanganmu dalam memilih Asuransi.

Salah satu layanan asuransi yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia, BNI Life. Banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan ini, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan perlindungan produk proteksi diri tersebut dengan kemampuan bayar. Untuk itu, simak informasi Asuransi BNI Life.

Baca juga: Asuransi Anak: Siapkan Asuransi Pendidikan dan Kesehatan Sejak Dini

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Sekilas Mengenai Asuransi BNI Life

loader

Asuransi BNI Life

Asuransi BNI Life adalah anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) yang memiliki fokus pada produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Perusahaan BNI Life ini populer karena nama besar induk usahanya, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI).

Berdasarkan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB ), BNI masih menjadi pemegang saham pengendali (terbesar) BNI Life, yaitu 60%. BNI Life didirikan sejalan dengan kebutuhan perusahaan induknya untuk menyediakan layanan dan jasa keuangan terpadu bagi para nasabah.

Saat ini, BNI Life telah hadir melalui lima saluran distribusi, yaitu agensi, bancassurance, employee benefit open market, employee benefit business banking, dan syariah yang bisa melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.

BNI Life telah mendapatkan izin di bidang asuransi jiwa lewat Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 305/KMK.017/1997 tertanggal 7 Juli 1997. Selain itu, perusahaan BNI Life pun sudah menjadi bagian dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Maka, dengan adanya dua surat legal ini tidak usah meragukan kamu untuk memilih BNI Life.

Pilihan Polis dan Manfaat Asuransi BNI Life

Berikut pilihan polis Asuransi BNI Life yang bisa dipertimbangkan sebagai pilihan asuransi.

  1. Individu

    Ada banyak pilihan produk BNI Life untuk asuransi jiwa, kesehatan, investasi, pendidikan, dan hari tua. dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Pilihan produk tersebut ada lima, yaitu:

    • BNI Life Plan Multi Protection
    • Blife Spectra Multi Link
    • BNI Life Pandai +
    • Spectra Double Power
    • Hy-End Pro

    Ada hal unik yang bisa didapatkan dari asuransi BNI Life individu ini. Salah satunya adalah BNI Life Plan Multi Protection. Mengapa? Karena asuransi ini memiliki premi bulanan yang murah, yaitu cukup membayar Rp100.000.

  2. Bisnis

    Asuransi BNI Life jenis bisnis ini dikhususkan untuk perusahaan atau lembaga yang ingin melindungi pegawainya dari ancaman risiko kecelakaan kerja. Keunggulan dari produk asuransi ini, yaitu adanya asuransi yang memberikan jaminan melahirkan. Berikut beberapa pilihan produk asuransi bisnis dari BNI Life.

    Untuk asuransi kesehatan, ada dua polis, yaitu:

    • Optima Cash Plan
    • Optima Group Health

    Untuk asuransi jiwa, ada dua polis, yaitu:

    • Optima Group Life
    • Optima Group Protection

    Berkaitan dengan asuransi BNI Life Optima Cash Plan, manfaat yang didapatkan dari asuransi ini, yaitu adanya perlindungan yang seperti santunan rawat inap, rawat jalan, melahirkan, dan operasi. Tidak hanya karyawan yang bisa merasakan keuntungan dari layanan ini, pasangan atau anak dari karyawan tersebut pun bisa mendapatkan layanan tersebut.

  3. Syariah

    Asuransi BNI Life, juga memiliki layanan Syariah khusus. Adapun manfaatnya, yaitu memberikan asuransi pendidikan dan unit-link. Akan tetapi, dilandaskan pada prinsip syariah. Berikut penjelasannya.

    • Asuransi BNI LIfe Pendidikan Syariah: Memberikan manfaat kepada para nasabah, yaitu dana pendidikan yang bisa digunakan untuk biaya mulai dari masuk TK sampai perguruan tinggi. Pembayaran premi produk asuransi ini terbagi menjadi hitungan bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan. Biaya premi mulai Rp150.000 per bulan sampai Rp1.000.000 per tahun.
    • Unit-link: Blife Syariah Multipro Link Asuransi ini bisa didapatkan untuk proteksi dan investasi berlandaskan prinsip syariah. Produk asuransi ini bisa digunakan untuk rencana umroh dan haji.

Baca juga: Apa Itu Asuransi Kelompok, Jenis dan Bedanya dengan Asuransi Individu?

Premi Asuransi BNI Life

Premi Asuransi BNI Life sendiri berkisar mulai dari Rp200.000 hingga jutaan rupiah per bulan. Besaran premi BNI Life ini disesuaikan dengan latar belakang nasabah dan polis yang dipilih. Berikut rincian biaya preminya.

  • BNI Life Solusi Dana Kesehatan, yaitu mulai dari Rp1 juta–Rp5 juta per tahun.
  • BNI Life Digi Micro Protection, yaitu minimal premi Rp54.000 selama setahun.
  • BNI Life Double Protection, yaitu minimal premi Rp300.000 per bulan.
  • BNI Life Plan Multi Protection, yaitu minimal premi Rp200.000 per bulan.
  • BNI Life Smart Education, yaitu minimal Rp200.000 per bulan atau Rp10.000.000 untuk sekaligus.
  • Hy-End Pro Premi Endowment dan Premi Variabel sebesar Rp10.000.000.
  • Spectra Double Power Premi, yaitu minimal Rp25.000.000.
  • BNI Life Wadi’ah Gold Cendekia, yaitu minimal Rp150.000 per bulan.
  • BLife Syariah Multipro Link, yaitu minimal Rp300.000 per bulan.

Cara Klaim Asuransi BNI Life

Perusahaan ini hadir dengan layanan digital BNI Life Claim. Adapun cara klaim BNI Life dibedakan menjadi dua metode, yaitu klaim 25 menit dan klaim layanan 1 hari.

  • Cara Klaim Asuransi BNI Life 25 Menit

    Jika mengajukan klaim dengan jumlah tanggungan hingga Rp10.000.000, kamu akan mendapatkan dananya dalam kurun waktu 25 menit. Tidak hanya cepat dalam proses pencairannya, tetapi pengajuannya juga begitu mudah. Datangi Customer Care Center yang ada di Kantor Pusat BNI Life dan kemudian serahkan dokumen lengkap yang dibutuhkan untuk pencairan. Pihak BNI Life akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dan manfaat asuransi BNI Life yang dimiliki akan cair.

  • Cara Klaim Asuransi BNI Life 1 Hari

    Berbeda dengan cara klaim asuransi BNI Life sebelumnya, cara yang satu ini membutuhkan 1 hari untuk pencairannya. Jika ingin mencairkan manfaat hingga Rp100 juta, kamu dapat menggunakan cara ini.

    Meskipun proses pencairannya membutuhkan waktu 1 hari, proses pengajuan pencairan ini kurang lebih sama dengn cara klaim asuransi BNI Life 25 menit. Namun, dari segi dokumen, kamu perlu memberikan dokumen yang lebih rinci sesuai dengan produk asuransi BNI Life yang akan diklaim.

Syarat Klaim Asuransi BNI Life

Ketika ingin mengklaim manfaat asuransi BNI Life, tentunya kamu memerlukan beberapa syarat sebagai berikut.

  • Formulir pengajuan klaim yang dapat di-download di situs resmi asuransi BNI Life.
  • Resume medis yang telah secara lengkap dan jelas diisi.
  • Kuitansi asli dari biaya perawatan beserta rincian biaya lengkap.
  • Rinciangan obat-obatan beserta tindakan.
  • Hasil diagnostik dari rumah sakit, seperti hasil laboratorium, rontgen, USG, dan sebagainya, yang difotokopi.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi BNI Life

Sebelum melakukan klaim asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Pastikan Premi Selalu dibayar Tepat Waktu

    Jika memiliki polis asuransi sebaiknya selalu memperhatikan pembayaran premi yang harus dibayarkan setiap bulan. Pastikan juga jika selalu membayar premi asuransi kesehatan dengan tepat waktu, sebab apabila sewaktu-waktu ingin mengajukan klaim kesehatan. Perusahaan asuransi akan mencatat polis asuransi kesehatanmu.

  • Perhatikan Masa Aktif Asuransi Kesehatanmu

    Banyak perusahaan asuransi menetapkan masa aktif polis asuransi setelah kurang lebih 1 bulan. Sebab, hal tersebut jika dilakukan klaim atau pengobatan ke rumah sakit sebelum polis aktif, kemungkinan akan ditolak karena belum memasuki masa aktif polis.

  • Pahami Peraturan Pengecualian Asuransi

    Ada beberapa peraturan pengecualian yang harus diperhatikan oleh pemegang polis dan Untuk penyakit yang sifatnya kritis, seperti jantung koroner dan penyakit kritis lainnya, baru bisa untuk diklaimkan minimal setelah 6 bulan. Untuk penyakit yang memang sudah ada sebelumnya atau penyakit bawaan lahir, pihak asuransi tidak akan menanggungnya.

    Setelah itu pastikan untuk mengecek produk asuransi yang telah disediakan. Pertimbangkan selalu baik dan buruknya menggunakan suatu asuransi. Maka, manfaat yang diberikan pun dapat dirasakan dengan baik.

Baca juga: Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis, hingga Cara Klaimnya

Hindari Menyepelekan Perlindungan dari Asuransi BNI Life

Tidak ada seorang pun yang tahu kapan penyakit dan masalah kesehatan akan datang menghampiri, begitu pula risiko kematian. Oleh karena itu, perlindungan asuransi ini penting untuk didapatkan oleh siapa pun tanpa terkecuali. Nah, jika bingung menentukan pilihan, tidak ada salahnya untuk menanyakan lebih lanjut terkait manfaat dan perlindungan Asuransi BNI Life di atas ke pihak agen secara langsung agar bisa mendapatkan produk yang terbaik.