Detail Informasi Produk hingga Cara Klaim Asuransi CAR Life

Layanan asuransi saat ini menjadi produk jasa yang banyak diburu masyarakat. Penyedia jasa asuransi dipercaya untuk perlindungan karena keuntungan yang bernilai jangka panjang. Tidak heran jika berbagai jenis produk asuransi kini menjamur di Indonesia.

Asuransi CAR Life merupakan salah satu industri perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Asuransi ini menyediakan layanan untuk individu maupun kelompok. Pihak perusahaan menawarkan sederet produk asuransi yang dibutuhkan masyarakat, seperti asuransi jiwa, kesehatan, hingga unit link. Menilik dari fasilitas dan layanan yang disediakan, asuransi ini memiliki berbagai keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sebelum masuk lebih jauh mengenai produk-produk asuransi yang disediakan CAR Life, apa sebenarnya Asuransi CAR Life itu?

Baca juga: 14 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tentang Asuransi CAR Life

loader

Asuransi Car (Sumber: facebook.com)

Perusahaan asuransi yang berada di bawah naungan PT AJ Central Asia Raya ini sudah menjadi perusahaan yang menawarkan jasa asuransi sejak tahun 1975. Perusahaan asuransi ini sudah mendapatkan banyak penghargaan sejalan dengan perannya sebagai industri asuransi.

Beberapa penghargaan tersebut antara lain Platinum Award dengan predikat “sangat bagus” selama 10 tahun berturut-turut yang dikeluarkan majalah InfoBank. Penghargaan lain yang berhasil diperoleh oleh pihak Asuransi CAR Life adalah Link Awards yang diperoleh dengan sejak tahun 2015.

Dengan penghargaan-penghargaan tersebut, asuransi ini memiliki kredibilitas di mata masyarakat sehingga menjadikan Asuransi CAR Life sebagai jasa asuransi pilihan. Beberapa produk yang dapat disediakan oleh Asuransi Car Life dapat ditemukan pada daftar berikut ini.

Produk Asuransi CAR Life

Ketersediaan produk Asuransi CAR Life terhitung sangat lengkap. Masyarakat dapat menerima banyak jenis produk asuransi yang disediakan oleh perusahaan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dalam menawarkan produk asuransinya, CAR Life membagi produk asuransi baik untuk individu maupun kelompok. Berikut adalah informasi lengkap mengenai produk asuransi CAR Life.

  1. Asuransi Kesehatan CAR Life

    Asuransi kesehatan menjadi produk asuransi yang banyak digunakan masyarakat. Proteksi finansial kesehatan yang ditawarkan oleh produk asuransi ini memberikan rasa aman untuk para nasabah. Manfaat yang diperoleh dari produk ini sesuai dengan perjanjian dari tiap jenis asuransi, tetapi jenis asuransi ini menanggung biaya rawat inap bagi nasabah. Asuransi kesehatan CAR Life merupakan produk asuransi yang memiliki banyak jenis, seperti CAR Prevensia Ultimate, CAR Prevensia CARina, dan CAR Prevensia.

    Tiap jenis asuransi kesehatan tersebut dapat menanggung biaya rawat inap yang sebelumnya dibebankan kepada nasabah. Asuransi kesehatan ini juga menawarkan manfaat medical check up sesuai dengan ketentuan polis yang berlaku di jenis asuransi kesehatan masing-masing.

    Produk asuransi tersebut ada yang tersedia untuk perorangan atau individu maupun kelompok yang dapat menanggung perusahaan atau karyawan perusahaan. Hal ini tergantung dari produk asuransi yang dipilih.

  2. Asuransi Penyakit Kritis CAR Life

    Jenis asuransi ini sama-sama bergerak di bidang kesehatan hanya saja fokus asuransi ini adalah pada santunan tunai kepada nasabah yang terdiagnosa penyakit kritis. Penyakit yang dapat dikategorikan kritis dalam asuransi ini, antara lain kanker, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan penyakit serius lain.

    Cara kerja asuransi ini serupa dengan jenis asuransi jiwa. Nasabah akan mendapatkan Uang Pertanggungan (UP) sejumlah ketentuan polis. Manfaat yang dapat diterima tentu meliputi biaya perawatan atau pengobatan penyakit kritis, santunan harian untuk rawat inap apabila terdiagnosa penyakit kritis memerlukan perawatan inap, dan santunan meninggal dunia.

    Asuransi kesehatan penyakit kritis ini memiliki santunan atas risiko yang diterima dari penyakit yang mengancam jiwa tanpa persyaratan rawat inap. Itulah yang membedakan jenis asuransi kesehatan CAR Life secara umum dengan asuransi kesehatan penyakit kritis.

  3. Asuransi Jiwa CAR Life

    Santunan tunai kepada ahli waris menjadi poin dari asuransi jiwa. Dengan ini, keluarga yang ditinggalkan akan memperoleh santunan tunai. Pada asuransi jiwa CAR Life, proteksi masa depan bagi keluarga tertanggung akan diberikan kepada keluarga.

    Beberapa produk asuransi jiwa CAR Life, meliputi Asuransi Whole Life, Whole Life Eksekutif, dan New Whole Life. Produk-produk asuransi tersebut memberikan manfaat uang tunai sesuai dengan UP yang ditentukan dari tiap produk, baik nasabah hidup sampai ketentuan atau meninggal dunia.

  4. Asuransi Unit Link CAR Life

    Asuransi jenis ini merupakan asuransi yang secara bersamaan memberikan manfaat investasi. Produk asuransi jenis ini dapat sekaligus mencakup asuransi jiwa yang biaya preminya akan dialokasikan ke dua jenis berbeda, yakni asuransi jiwa dan investasi.

    Karena adanya biaya yang dialihkan ke investasi, unit link ini memiliki risiko kerugian. Meskipun begitu, asuransi jenis ini dapat memberikan masa asuransi lebih panjang dan persiapan hari tua atas investasi jangka panjang yang ditawarkan.

    Pada asuransi unit link CAR Life, manfaat santunan meninggal dunia yang diperoleh sejumlah paling sedikit 15 juta rupiah ditambah dengan nilai tunai investasi, bunga investasi, dan UP yang mencapai dua kali lipat apabila meninggal karena sakit atau kecelakaan.

  5. Asuransi Pendidikan CAR Life

    Pendidikan tidak sedikit menjadi perhatian, terutama bagi orang tua. Produk asuransi jenis ini memberikan dana tabungan yang dapat diterima untuk membiayai proses pendidikan. CAR Life menyediakan jenis pertanggungan biaya pendidikan anak hingga jumlah 100 miliar rupiah jika tertanggung meninggal dunia dan nilai tunai investasi.

  6. Asuransi Karyawan atau Kumpulan CAR Life

    Tidak hanya menanggung asuransi dalam ranah individu atau perorangan, PT AJ Central Asia Raya juga menyediakan produk asuransi yang dapat digunakan oleh kumpulan. Produk asuransi ini dapat berupa asuransi kesehatan dan kesehatan jiwa yang berguna untuk karyawan perusahaan atau kreditur atas risiko finansial.

    Produk dari asuransi ini, yaitu asuransi kesehatan (Prevensia), Asuransi Kecelakaan Diri, dan Asuransi Berjangka. Tiap jenis produk asuransi tersebut memiliki manfaat masing-masing. Kebijakan dari asuransi ini tentu berkaitan dengan proteksi finansial bagi karyawan yang menjadi nasabah.

  7. Asuransi CAR Syariah CAR Life

    Konsep asuransi syariah mengedepankan syariat agama Islam dalam proses penyelenggaraannya. Dalam asuransi ini, CAR Life menawarkan asuransi jiwa unit link serta asuransi pendidikan. Selain itu, produk asuransi ini menawarkan jenis asuransi untuk ibadah haji sebagai proteksi keberangkatan.

    Beberapa jenis dari produk asuransi CAR Syariah adalah Asuransi Istikmal, Asuransi CARLisya Ultimate, Beasiswa Fathanah, Dana Istimewa Haji Istiqomah, CARlisya, dan Asuransi Wakaf Sakinah.

  8. Asuransi Mikro CAR Life

    Produk asuransi ini bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat agar semua masyarakat memiliki asuransi dengan harga relatif murah. Dengan produk ini, nasabah dapat memperoleh kemudahan proses administrasi, harga ekonomis, dan prosedur klaim yang cepat dan mudah.

    Dalam jenis asuransi ini, CAR Life memberikan dua jenis asuransi mikro, yakni Asuransi Mikro SiPeci dan Asuransi Demam Berdarah. SiPeci sendiri sudah di berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Dengan demikian, produk ini dapat diakses oleh masyarakat dengan penghasilan rendah.

  9. Asuransi Bancassurance CAR Life

    Produk bancassurance memberikan kepastian atas pengembalian kredit dan nilai tambah produk perbankan. Jenis asuransi CAR LIfe ini bergerak di bidang keuangan yang menjalin kerja sama dengan pihak bank nasional atau institusi penerbit kartu kredit.

    Pada jenis asuransi ini, nasabah dapat memilih produk Bank Rekanan, Card Center, Funding, atau Lending - Credit Life. Polis asuransi ini tersedia pula untuk asuransi kesehatan.

  10. Asuransi BPJS Kesehatan CAR Life

    Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah salah satu program pemerintah yang memberikan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat. CAR Life pun menjalin kerja sama dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

    Perhatian pada asuransi jenis ini terkait skema koordinasi manfaat yang atau coordination of benefit. Nasabah atau calon nasabah diharapkan memiliki BPJS Kesehatan terlebih untuk kemudian menjadi nasabah asuransi kesehatan CAR yang akan meningkatkan manfaat dari BPJS Kesehatan.

  11. Asuransi Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DLPK) CAR Life

    Dana pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) merupakan program pensiun yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka melengkapi BPJS Ketenagakerjaan. Keuntungan yang dapat diperoleh bagi nasabah yang turut serta dalam asuransi ini dapat berupa badan usaha ataupun perorangan.

    Dengan Dana Pensiun CAR Life, pihak badan usaha dapat memperoleh keuntungan perencanaan dan penghematan pajak, kepastian dana pesangon, dan arus kas terencana. Sementara itu, untuk pihak karyawan akan mendapatkan penghasilan berkesinambungan, penghematan pajak, dan beragam cara pembayaran dana pensiun ketika pensiun.

Baca juga: Cara Mencegah Penipuan Asuransi Kesehatan Keluarga

Tata Cara dan Tips Klaim Asuransi CAR Life

Hal terpenting dari informasi mengenai jasa asuransi tidak lain adalah tata cara untuk mengklaim asuransi tersebut. Proses yang dilakukan nasabah untuk mengklaim Asuransi CAR dapat dilakukan dengan tata cara yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Nasabah dapat mengajukan klaim maksimal 30 hari sejak kejadian menimpa.

Berikut ini langkah-langkah proses pengklaiman asuransi CAR Life secara umum.

  • Nasabah melaporkan kejadian melalui layanan call center Asuransi CAR di nomor (021) 5637901 atau melaporkan langsung dengan datang ke kantor Asuransi CAR terdekat dengan jangka waktu maksimal 30 hari sejak musibah terjadi.
  • Nasabah mengunduh formulir pengajuan Asuransi CAR di situs resmi perusahaan.
  • Nasabah mengisi formulir Asuransi CAR dengan lengkap dan benar serta melampirkan dokumen pendukung.
  • Nasabah mengirim dokumen tersebut ke alamat kantor Asuransi CAR terdekat atau ke kantor pusat
  • Perusahaan akan melakukan verifikasi data nasabah.
  • Perusahaan akan menyerahkan ganti rugi sesuai dengan ketentuan.

Dalam melakukan proses klaim, beberapa ketentuan perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti penolakan oleh perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut, nasabah dapat mengikuti tips-tips berikut.

  • Pastikan tidak terjadi keterlambatan pembayaran iuran atau premi.
  • Perhatikan masa aktif polis asuransi.
  • Periksa ketentuan pengecualian yang tertera dalam buku polis.
  • Pastikan tidak melakukan pengajuan klaim saat polis sedang dalam masa tunggu.
  • Pastikan kelengkapan dokumen klaim asuransi untuk lampiran formulir.
  • Pastikan limit asuransi tersedia.

Baca juga: 10 Penyakit yang Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan

Proteksi Finansial Asuransi CAR Life

Nasabah Asuransi CAR Life memiliki berbagai keuntungan karena adanya proteksi finansial pada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, hingga dana pensiun. Tidak hanya masyarakat kelas atas, Asuransi CAR Life pun menawarkan produk asuransi kesehatan yang dapat menjangkau hingga masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. Adanya proteksi terpercaya yang diberikan Asuransi CAR Life terhadap masa depan dapat memberikan ketenangan atas risiko yang dapat terjadi di masa depan.