Ketahui Apa Itu Asuransi Equity, Manfaat, Jenis Produk, Hingga Cara Klaim

Asuransi telah menjadi sebuah kebutuhan yang mulai banyak dicari orang. Alasan utama orang rela mengeluarkan uang untuk membeli asuransi adalah agar mendapatkan jaminan perlindungan finansial dan keamanan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Pasalnya, ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan dengan pilihan perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meski begitu, bukan berarti memilih produk asuransi itu mudah. 

Ada begitu banyak perusahaan asuransi dan produk yang ditawarkan. Hal ini tentu membuat orang terkadang merasa bingung mana yang akan dipilih, terutama jika baru pertama kali.

Misalnya saja asuransi Equity yang menghadirkan beragam produk untuk dipilih nasabahnya. Banyaknya produk yang ditawarkan membuat calon nasabah bisa memilih produk mana yang paling sesuai. Jika penasaran dengan apa saja produk yang ditawarkan, ulasan tentang asuransi Equity berikut mungkin bisa membantu.

Baca Juga: Mengenal Asuransi Unit Link yang Menawarkan Fitur Asuransi Sekaligus Investasi

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Sekilas Tentang Asuransi Equity

loader

Asuransi Equity

Bagi sebagian orang, asuransi equity mungkin masih belum familiar di telinga. Padahal, layanan yang juga dikenal sebagai asuransi Equity Life ini sudah ada sejak 36 tahun lalu, tepatnya pada 1987.

Mengusung misi melakukan hal yang paling utama untuk kepentingan dan manfaat nasabah, layanan yang diberikan oleh PT Equity Life Indonesia ini menghadirkan jenis asuransi yang cukup lengkap. Kamu bisa memilih beragam produk mulai dari asuransi dana pensiun, kesehatan, pendidikan, hingga jiwa.

Sesuai dengan perkembangan zaman, asuransi Equity Life juga mengadopsi teknologi dalam memberikan pelayanan. Jika dulu nasabah harus berkunjung ke agen atau melakukan panggilan telepon untuk menanyakan hal terkait produk, kini nasabah bisa dengan mudah mendapatkan produk maupun layanan asuransi Equity hanya dengan menggunakan gawai.

Sebagai Sebagai sebuah perusahaan yang sudah berdiri selama puluhan tahun, PT Equity Life Indonesia sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk urusan asuransi. Sejumlah penghargaan di bidang keuangan dan asuransi pun berhasil didapat. Perusahaan ini juga telah bermitra dengan reasuransi lokal maupun internasional untuk keamanan dan penyebaran risiko asuransi.

Keunggulan Asuransi Equity

Memiliki pengalaman selama puluhan tahun, tentu saja asuransi Equity menghadirkan beberapa keunggulan dibanding pesaingnya. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh asuransi Equity.

  • Menawarkan produk dengan beragam layanan pertanggungan dan premi yang cukup bisa dijangkau berbagai kalangan.
  • Pembayaran premi bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari autodebet, transfer di ATM, menggunakan internet banking, atau setoran langsung.
  • Pelayanan kebutuhan nasabah bisa dilakukan kapan saja karena memiliki agen asuransi profesional.
  • Memiliki rider atau asuransi tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  • Klaim asuransi cepat dan mudah.

Produk-produk Asuransi Equity

Asuransi Equity menawarkan berbagai produk untuk para calon nasabahnya. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga asuransi pendidikan. Banyaknya produk yang dihadirkan tentu membuat calon nasabah bisa lebih dengan leluasa menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa produk yang bisa kamu pilih:

  1. Asuransi Jiwa Berjangka

    Produk ini menawarkan perlindungan jiwa dengan dana pertanggungan paling sedikit Rp5 juta. Sesuai namanya, asuransi jiwa ini memiliki jangka waktu tertentu dalam memberikan perlindungan, yakni 5 hingga 30 tahun, dengan usia masuk tertanggung ditambah masa asuransi kurang dari 70 tahun. Asuransi ini akan memberikan santunan 100 persen uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia ketika masih dalam periode asuransi. 

  2. Asuransi Pro Safe Plus

    Produk ini menawarkan manfaat bagi tertanggung saat masih hidup maupun sudah meninggal. Ketika masih hidup, tertanggung bisa memperoleh 100 persen Uang Pertanggungan (UP) di akhir usia 70 tahun dan kontrak selesai.

    Sementara untuk tertanggung yang meninggal dunia, diberikan paling banyak hingga 330 persen UP kepada ahli waris dan kontrak berakhir. Produk ini memiliki jangka asuransi sampai tertanggung berusia 70 tahun.

  3. Asuransi Multi Manfaat

    Produk ini menawarkan manfaat untuk tertanggung hidup dan meninggal dunia. Manfaat hidup yang bisa didapat yakni akan mendapatkan dana 100 persen UP di akhir periode asuransi dengan syarat tertanggung tidak mengalami cacat tetap total dan masih hidup. 

    Sementara untuk manfaat meninggal, santunan akan diberikan sebanyak 100 persen UP plus semua premi dasar yang sudah dibayarkan akan dikembalikan. Asuransi ini memiliki jangka waktu 6 hingga 26 tahun (umur masuk tertanggung ditambah masa asuransi kurang dari 65 tahun).

  4. Asuransi Pro Whole Life

    Produk ini menawarkan perlindungan asuransi dengan masa sampai tertanggung berumur 99 tahun. Tertanggung bisa mendapatkan manfaat hidup maupun manfaat meninggal dengan asuransi ini.

    Manfaat hidup yang ditawarkan adalah pemberian 100 persen UP seandainya tertanggung memiliki umur hingga 100 tahun. Sementara manfaat meninggal, ahli waris akan mendapatkan santunan 100 persen UP dasar seandainya selama masa asuransi tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit di masa asuransi.

  5. Asuransi Pro Education Plus

    Berbeda dengan asuransi sebelumnya, produk ini menawarkan perlindungan pendidikan untuk buah hatimu dari mulai sekolah dasar sampai mendapatkan gelar sarjana maupun master. Selain itu, ada beberapa manfaat yang didapat jika membeli asuransi ini, yakni manfaat hidup, waiver of premium, dan manfaat meninggal.

    Manfaat hidup berupa tahapan biaya pendidikan untuk anak sesuai dengan masa asuransi. Kemudian waiver of premium akan memberikan manfaat berupa polis bebas premi seandainya tertanggung menderita cacat total dalam masa pembayaran premi. Sementara manfaat meninggal berupa santunan sebanyak 200 persen UP Dasar seandainya tertanggung meninggal dunia dalam periode asuransi dan semua tahapan tetap akan diberikan sesuai jadwal. 

  6. Asuransi Pro Accident

    Sesuai namanya, produk asuransi kesehatan Equity ini menawarkan berbagai manfaat ketika tertanggung mengalami kecelakaan. Pertama adalah mendapatkan ganti biaya perawatan rumah sakit sebanyak 10 persen UP sampai paling banyak 100 persen UP pertahun jika tertanggung mengalami luka yang diakibatkan kecelakaan.

    Jika mengalami cacat permanen sebagian atau total karena kecelakaan, tertanggung akan mendapatkan persentase UP sesuai dengan tabel manfaat cacat permanen dengan maksimal 100 persen UP. Jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan di masa pertanggungan, ahli waris akan memperoleh 100 persen UP.

    Baca Juga: Simulasi Asuransi Mobil: Ketahui Rumus, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Syarat Ajukan Asuransi Equity

Pengajuan syarat asuransi kesehatan Equity tergolong mudah. Setelah menentukan produk yang ingin dibeli, kamu hanya perlu untuk menyiapkan sejumlah syarat. Berikut beberapa syarat yang perlu kamu siapkan.

  • Umur masuk tertanggung 1-60 tahun, tergantung produk asuransi yang dibeli.
  • Siapkan salinan KITAS/KTP.
  • Jika diperlukan lampirkan hasil medical check up.
  • Isi formulir pengajuan asuransi.

Cara Klaim Asuransi Equity

loader

Asuransi

Masing-masing dari produk asuransi Equity memiliki syarat pengajuan klaim yang tidak sama. Tetapi secara umum, berikut beberapa hal yang harus disiapkan jika ingin mengajukan klaim.

  • Polis asli/salinan polis asli.
  • Fotocopy KTP pemegang polis yang masih berlaku.
  • Formulir pengajuan pembayaran manfaat asuransi.
  • Salinan identitas yang menerima manfaat.
  • Salinan kartu keluarga dan KTP dari pemegang polis, ahli waris dan tertanggung yang sudah dilegalisir (untuk klaim meninggal dunia).
  • Salinan surat keterangan pemeriksaan mayat dari dokter yang terakhir merawat/rumah sakit yang sudah dilegalisir.
  • Surat keterangan dokter yang menyatakan meninggal dunia atau cacat (dari Equity Life Indonesia).
  • Surat asli laporan kepolisian jika tertanggung meninggal akibat kecelakaan (untuk klaim meninggal dunia).
  • Foto badan keseluruhan dan yang mengalami cacat.
  • Salinan surat laporan kematian dari kelurahan yang sudah dilegalisir.
  • Salinan legalisir laboratorium.
  • Rincian asli biaya laboratorium, obat, dan perawatan.
  • Kwitansi asli pembayaran perawatan di rumah sakit.
  • Resume medis dari Rumah sakit atau Formulir Perawatan Medis dari PT Equity Life Indonesia.
  • Surat keterangan ahli waris (untuk klaim meninggal dunia).
  • Berbagai dokumen lain yang diperlukan terkait pengajuan klaim.

Berbagai dokumen yang kamu perlukan bisa dengan mudah diunduh di laman resmi asuransi Equity di equity.co.id. Jika ada pertanyaan terkait proses klaim, kamu bisa menghubungi 1500 079. Klaim bisa cair dalam waktu 14 hari setelah semua syarat yang diperlukan lengkap.

Ada Banyak Pilihan Produk Asuransi Equity yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Asuransi Equity telah hadir di masyarakat selama lebih dari 30 tahun. Dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki, perusahaan asuransi ini pun menawarkan berbagai produk asuransi yang terbilang cukup lengkap. Jadi kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Asuransi Rumah: Pengertian, Jenis dan Simulasi, dan Cara Klaimnya