Asuransi Perjalanan Covid Arab Saudi, Syarat Masuk Arab Saudi 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Semenjak semakin menurunnya kasus Covid-19 dan semakin banyak yang telah melakukan vaksinasi dosis 1, 2 dan booster membuat banyak negara kembali membuka negaranya untuk pendatang dari luar negeri baik untuk tujuan perjalanan bisnis, pendidikan dan liburan.

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang turut melonggarkan peraturan memasuki negaranya di masa pandemi ini. Sebagai salah satu negara yang paling banyak dikunjungi umat muslim, tentu saja kabar pelonggaran peraturan memasuki negara Arab Saudi menjadi angin segar terutama untuk mereka yang ingin melaksanakan ibadah umrah atau haji.

Untuk kamu yang ingin bepergian ke Arab Saudi, berikut syarat masuk Arab Saudi 2022 yang harus diketahui:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Syarat Umum Masuk Arab Saudi

loader
Syarat Masuk Arab Saudi

Arab Saudi sudah menerapkan beberapa persyaratan terbaru untuk para turis asing yang akan memasuki kawasan negara Arab Saudi. Termasuk juga skema perjalanan terbaru memasuki negara Arab Saudi.

Berikut persyaratan lengkap masuk negara Arab Saudi 2022:

  • Memiliki Visa
  • Mengisi Formulir Informasi Pendaftaran Vaksin secara online dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan
  • Mendownload aplikasi "Tawakkalna" pada smartphone paling lama 8 jam setelah tiba di Arab Saudi
  • Memiliki Asuransi Perjalanan Covid-19
  • Memiliki sertifikat vaksinasi dengan vaksin AstraZeneca (Covishield), AstraZeneca (SK Bioscience), AstraZeneca (Vaxzevria), Janssen, Moderna, Pfizer-BioNTech (Comirnaty), Sinopharm atau Sinovac dengan dosis lengkap yang harus diberikan setidaknya 14 hari dan tidak lebih dari 12 bulan sebelum kedatangan. Atau, menunjukkan sertifikat pemulihan COVID-19 yang dikeluarkan dalam waktu 30 hari sebelum kedatangan.
  • Pengunjung yang belum divaksinasi atau baru menerima satu dosis vaksin. Setidaknya 14 hari sebelum kedatangan dan diwajibkan untuk dikarantina selama 5 hari di fasilitas yang disetujui pemerintah.
  • Formulir health disclaimer yang telah diisi lengkap harus ditunjukkan pada saat kedatangan.
  • Hasil negative pada tes RT-PCR yang dilakukan pada saat kedatangan.

Wisatawan/pengunjung dari Indonesia bisa memeriksa kelayakan dan dokumen diperlukan untuk memasuki Arab Saudi di Situs Resmi Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta yaitu https://www.visahq.id/saudi-arabia/embassy/indonesia/

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Filipina, Syarat Masuk Filipina 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Cara Mendapatkan Asuransi Perjalanan Covid untuk Syarat Masuk Arab Saudi 2022:

loader
Asuransi Perjalanan Covid-19

Karena memiliki perlindungan medis perjalanan merupakan syarat wajib untuk memasuki kawasan negara Arab Saudi, berikut cara membeli asuransi perjalanan di Cermati.com:

  • Kunjungi situs cermati.com atau unduh aplikasi cermati.com di smartphone kamu.
  • Arahkan kursor ke pojok kanan atas halaman website.
  • Klik masuk jika sudah memiliki akun.
  • Klik daftar jika belum, lalu lengkapi data untuk registrasi.
  • Setelah terdaftar pilih menu lapis di sebelah kiri halaman.
  • Klik pada bagian asuransi.
  • Pergi ke halaman asuransi perjalanan.
  • Lengkapi data yang diminta (pilih tujuan perjalanan “Vietnam”) dan pilih cari sekarang.
  • Pilih produk asuransi perjalanan dengan manfaat Covid-19 lalu klik beli.
  • Lakukan verifikasi dan pembayaran.
  • Transaksi selesai dan kini perjalanan kamu dan keluarga sudah terlindungi.

Keuntungan Membeli Asuransi Perjalanan Covid-19 Arab Saudi

loader
Manfaat Asuransi Perjalanan Covid-19

Sebagai syarat utama perjalanan ke Arab Saudi saat ini tentu saja asuransi perjalanan Covid-19 Arab Saudi memiliki beberapa manfaat yang bisa diklaim ketika mengalami kendala atau risiko selama perjalanan di negara Vietnam yaitu:

  • Perlindungan Hingga Rp1,5 Miliar: Jaminan perlindungan terhadap risiko Covid-19 senilai hingga Rp1.500.000.000,- Asuransi ini juga telah memenuhi kriteria pengajuan Visa untuk perjalanan ke luar negeri.
  • Cakupan Perlindungan di Seluruh Dunia: Dapatkan cakupan perlindungan untuk perjalanan domestik dan internasional di seluruh dunia.
  • Jaminan Perlindungan Komprehensif: Jaminan perlindungan yang lengkap mulai dari pertanggungan biaya kecelakaan perjalanan, perawatan medis, ketidaknyamanan perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi, serta jaminan tambahan lainnya.
  • Biaya Premi Fleksibel: Biaya premi dihitung berdasarkan hari perjalanan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana perjalanan.
  • Layanan Medis Cashless: Kemudahan memperoleh layanan medis tanpa dana tunai (cashless) di daerah atau negara tujuan perjalanan.
  • Call Center 24 Jam: Tersedia layanan call center 24 jam yang siap menangani segala keluhan dan menjawab pertanyaan setiap saat.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Turki, Syarat Masuk Turki 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terbaik di Arab Saudi

Jika sudah mengetahui semua persyaratan masuk Arab Saudi terbaru, selanjutnya kamu bisa langsung merencanakan liburan atau perjalanan mu di negara yang terkenal dengan sejarah dan keindahan alamnya yang eksotis:

1. Masjid Jawatha

loader
Masjid Jawatha

Masjid Jawatha terletak di desa Al-Kilabiyah, sekitar 12 kilometer timur laut Hofuf, Al-Ahsa. Meskipun arsitekturnya sangat sederhana, namun masjid ini merupakan tempat yang spesial, karena merupakan masjid tertua yang ada di Tanah Suci.

Sebagian struktur asli Masjid Jawatha sebenarnya sudah hilang, tetapi masih bisa digunakan sebagai tempat ibadah.

2. Masjid Nabawi

loader
Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan salah satu tujuan utama selain Masjidil Haram. Masjid Nabawi terletak di Kota Madinah. Di masjid inilah tempat Nabi Muhammad S.A.W dimakamkan. Masjid Nabawi bisa menampung sampai 1 juta jemaah. Selain keindahan arsitekturnya, disini pengunjung bisa menemukan payung-payung hidrolik yang sangat ikonik dari Masjid Nabawi.

3. Raudhah

loader

Masih di sekitar area Masjid Nabawi, terdapat juga tempat yang sangat spesial, yakni Raudhah. Tempat ini disebut sebagai taman surga. Rudhah merupakan bangunan dengan sebuah ruangan yang banyak dikunjungi jemaah untuk berdoa.

4. Kawah Al-Wahbah

loader

Beralih ke wisata alamnya, Kawah Al-Wahbah merupakan objek wisata di Mekkah yang terletak di gurun dengan berukuran hampir 1 mil dengan tebing setinggi 850 kaki. Kawah ini merupakan sisa aktivitas vulkanik dan di sekitarnya terdapat dataran berpasir yang kini ditumbuhi pohon palem.

5. Menara Abraj Al-Bait

loader

Masih di Mekkah, Menara Abraj Al Bait merupakan tempat wisata di Mekkah yang terdapat di Komplek Abraj Al Bait. Menara ini berlokasi dekat dengan Masjidil Haram yang memiliki tinggi 601 meter dengan 120 lantai. Dengan tinggi yang menjulang, Toppers akan disuguhkan keindahan kota Mekkah yang luar biasa.

6. Jabal Rahmah

loader

Jabal Rahmah merupakan objek wisata dengan latar belakang kisah cinta yang romantis. Karena di sinilah tempat Nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa untuk pertama kalinya setelah diusir dari surga.

Jabal Rahmah berbentuk berupa bukit batu setinggi 70 meter dengan sebuah tugu pada bagian puncaknya. Karena kental dengan nilai sejarah, tempat ini selalu ramai pengunjung.

7. Laut Merah

loader

Mampir di Jeddah, di sini kamu bisa menemukan objek wisata yang palik ikonik di Jeddah dan sudah dikenal diseluruh dunia yaitu Laut Merah. Laut Merah adalah laut yang diceritakan pada kisah Nabi Musa yang membelah laut agar umatnya bisa menyebrang dan menenggelamkan pasukan Firaun.

8. Fakieh Aquarium

loader

Selanjutnya di Jeddah, kamu juga bisa mengunjungi Fakieh Aquarium yang merupakan tempat budidaya dari berbagai biota laut yang ada di Laut Merah. Tempat wisata di Jeddah satu ini merupakan akuarium terbesar yang ada di Arab Saudi dan menjadi rumah bagi lebih dari 200 species biota laut.

9. Pantai Silver Sands

loader

Beralih ke wisata laut, cobalah mampir ke Pantai Silver Sands yang terkenal akan hamparan pasirnya yang sangat halus dan bersih. Ditemani panorama permukaan air laut yang sangat jernih berwarna biru kehijauan, obyek wisata di Jeddah satu ini menjadi tempat yang tempat untuk sejenak melepas kepenatan.

10. Gunung Uhud

loader

Gunung Uhud berlokasi di sebelah utara Kota Madinah. Gunung yang memiliki warna kecokelatan ini menghadirkan pemandangan yang sangat mengagumkan. Gunung Uhud memiliki kisah sejarah yang menarik. Di sinilah lokasi terjadinya perang besar antara umat Islam melawan tentara Quraisy.

Jangan Lupakan Asuransi Perjalanan Covid Agar Liburan Terasa Lebih Aman dan Nyaman

Pentingnya asuransi perjalanan covid bukan hal yang bisa disepelekan. Dengan banyaknya negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan covid sebagai syarat memasuki negara mereka membuktikan bahwa baik dinegara paling aman pun risiko perjalanan dan Covid-19 bisa terjadi kapan saja dan terhadap siapa saja.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan tercover dari biaya-biaya tidak terduga seperti pencurian, perampokan, perawatan medis atau kehilangan yang tidak disengaja. Jadi tidak ada ruginya membayar sedikit untuk membeli asuransi perjalanan covid demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Jangan lupa juga selama melakukan perjalanan, pastikan dirimu untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang ada disetiap tempat yang dikunjungi. Selalu gunakan masker, jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan tidak lupa untuk menjaga jarak.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Kamboja dan Syarat Masuk Kamboja 2022