Asuransi Perjalanan Covid Sri Lanka, Syarat Masuk Sri Lanka 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Sri Lanka kerap menjadi destinasi wisata karena merupakan negara paling ramah di dunia. Para penduduk setempat dengan senang hati akan memperkenalkan berbagai kuliner unik seperti sambal kelapa dan ikan kering, ataupun beragam warisan budaya mereka.

Kendati tengah diterpa krisis ekonomi, namun eksotisme Sri Lanka masih menarik perhatian dunia. Dikenal sebagai penghasil teh, kopi, kelapa, karet, kayu manis, dan permata, Sri Lanka menawarkan berbagai ragam wisata alam, safari, bahari, religi, sejarah, kuliner, juga tamasya belanja.

Tertarik untuk mengunjunginya? Berikut syarat masuk Sri Lanka.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Filipina, Syarat Masuk Filipina 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Sri Lanka

Bagi PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) yang ingin mencoba liburan murah meriah, bisa memilih Sri Lanka sebagai alternatif pilihan. Negara yang kerap disebut Ceylon (Sailan) ini telah terbuka sebagian dan penerbangan internasional ke sana telah dilanjutkan. Berikut syarat umumnya:

  • Dokumen lengkap seperti paspor, visa, exit permit, surat keterangan fiskal yang valid dan berlaku untuk setidaknya enam bulan ke depan. Namun sejak 2019, turis Indonesia dan 47 negara lainnya sudah bebas visa untuk liburan 30 hari di Sri Lanka.
  • Mengisi formulir bebas visa setibanya di Bandara Internasional Bandaranaike, Sri Lanka untuk kemudian diserahkan ke konter Imigrasi, atau bisa juga melalui situs eta.gov.lk.
  • Mengisi dokumen tambahan otorisasi perjalanan elektronik (ETA/Electronic Travel Authorization) sebelum keberangkatan dengan mengakses situs eta.gov.lk.
  • Efektif per 8 Desember 2022, seluruh PPLN boleh masuk ke Sri Lanka tanpa memandang status vaksinasi Covid-19 masing-masing PPLN. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

Syarat Tambahan Masuk ke Sri Lanka

Jika PPLN dinyatakan positif Covid-19 sesaat setelah kedatangannya di Sri Lanka, PPLN diharuskan melakukan isolasi mandiri selama 7 hari di rumah sakit/hotel/tempat tinggal swasta. 

*Untuk biaya perawatan dan isolasi ditanggung oleh masing-masing PPLN.

Per Juli 2023, belum ada informasi terbaru yang menjelaskan terkait kewajiban memiliki asuransi Covid Sri Lanka/asuransi perjalanan Covid Sri Lanka. Namun, demi kenyamanan dan ketenanganmu, asuransi perjalanan tetap disarankan untuk dimiliki.

Kebijakan Masuk Sri Lanka untuk Wisatawan dari Luar Negeri

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Sri Lanka. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes Covid-19 jenis apa pun. (Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing)

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Qatar, Syarat Masuk Qatar 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terfavorit di Sri Lanka

Keindahan alam Sri Lanka membuatnya sering disebut sebagai “Permata tersembunyi di Samudera Hindia”. Letak geografisnya yang berada di bawah India membuat Sri Lanka juga dijuluki sebagai Teardrop India.

Negara penutur bahasa Sinhala, Tamil, Melayu kreol, dan Inggris ini punya banyak spot keren yang menanti untuk disinggahi. Apa saja? Yuk simak ulasan lengkapnya.

  1. Menara Teratai Kolombo (Colombo Lotus Tower)

    loader

    Berlokasi di ibu kotanya, menara populer ini merupakan tengara simbolis dari Sri Lanka yang wajib dikunjungi dan akan menyala dengan cantiknya di malam hari. Memiliki tinggi 368 meter, Menara Teratai Kolombo menjadi bangunan tunggal paling tinggi di Asia Selatan.

    Didanai oleh Exim Bank of China dan memakan biaya 104,3 juta Dollar AS, menara megah ini berfungsi sebagai pusat radio, televisi, jaringan telepon seluler, dan antenanya. Terdapat pusat perbelanjaan di bagian bawahnya. Ada juga restoran berputar untuk dinner romantis yang dapat diakses dengan lift cepat di dalamnya.

  2. Wisata Balon Udara di Dambulla

    loader

    Sumber: us.lakpura.com

    Pilihan wisata terbaik di Sri Lanka berikutnya ialah menaiki balon udara. Terdapat beberapa alternatif, seperti Sunrise Ballooning dan Sri Lanka Ballooning. Keduanya ialah perusahaan balon udara dan penyelenggara tur wisata hot air balloon ride di Dambulla.

  3. Bermain ke Pantai

    loader

    Untuk kamu yang anak pantai, ada beraneka opsi pantai yang indah dan memikat untuk dikunjungi. Pantai Unawatuna merupakan pantai dengan wisata bahari terlengkap, baik untuk berjemur juga menyelam.

    Jika ingin mencoba berselancar, turis asing biasanya paling sering mendatangi Pantai Arugam. Kamu juga bisa asyik mengamati paus dan lumba-lumba di Pantai Mirissa.

  4. The Ancient Rock Fortress Sigiriya

    loader

    Sumber: www.iliketowastemytime.com

    Wisata keren selanjutnya ialah reruntuhan kuno Batu Sigiriya (Batu Singa). Dulunya istana ini dibangun di puncak gunung batu dengan ketinggian mencapai 200 meter. Diperlukan waktu satu jam untuk mendakinya, sehingga wisata ini cocok untuk kamu yang doyan hiking.

  5. Panti Asuhan Pinnawala

    loader

    Sumber: www.liputan6.com

    Bagi kamu penyuka hewan, jangan lewatkan mampir ke sini saat bertandang ke Sri Lanka. Di Pinnawala, kamu bisa melihat banyak bayi gajah liar yang ditemukan sendiri tanpa induk atau kawanannya.

    Telah berdiri sejak 1975, Pinnawala ialah tempat perawatan bayi gajah liar yang berasal dari hutan Sri Lanka. Relawan akan merawat mereka semua hingga para gajah cukup dewasa dan bisa dilepas kembali ke alam bebas.

  6. Patung Buddha Polonnaruwa

    loader

    Sumber: www.tripadvisor.co.id

    Berwisata keagamaan di Polonnaruwa, turis dapat melihat patung Buddha raksasa yang sekaligus menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Pahatan patung Buddha tersebut dibuat di abad ke-12 dan memiliki panjang hingga 14 meter.

  7. Galle Fort

    loader

    Kota tua ini merupakan situs warisan dunia (Situs Warisan Budaya UNESCO). Benteng peninggalan Portugis dan Belanda ini telah berdiri sejak 1588 dan terletak di kota pelabuhan dan kolonial, Galle. 

    Di kota tersebut, para turis juga akan menemukan banyaknya villa peninggalan Belanda yang kini beralih menjadi tempat penginapan dengan panorama pantai.

  8. Sri Dalada Maligawa (Kuil Relik Gigi Keramat)

    loader

    Sumber: en.wikipedia.org

    Sama seperti Galle, kota tua Kandy juga menjadi situs warisan dunia (Situs Warisan Budaya UNESCO). Di sini, kamu bisa mempelajari budaya Sinhala, kebudayaan asli dari Sri Lanka. Terdapat Kuil Relik Gigi Keramat (Sri Dalada Maligawa) yang dibangun di abad ke-4.

    Kuil tersebut menyimpan gigi peninggalan Buddha dan berada di bekas kompleks istana Kerajaan Kandy. Kota ini ialah sisa dari kekuasaan Raja Sinhalese sebelum Inggris datang.

  9. Paradise Road dan Pasar Pettah

    loader

    Destinasi wisata favorit berikutnya ialah wisata kuliner dan tamasya belanja. Kamu bisa mampir ke Paradise Road dan Pasar Pettah. Dua tempat tersebut kerap menjadi tujuan kuliner dan belanja favorit turis mancanegara.

  10.  Hill Country-Ella-Badulla Train Trip

    loader

    Sumber: srilankaunbound.com.au

    Adapun ragam wisata lainnya yang tak kalah menyenangkan ialah berkereta. 

    Ada banyak kawasan indah dan bersejarah yang bisa dinikmati dengan menggunakan rute kereta api. Yang paling terkenal ialah dari Ella ke Badulla, dan dari Hill Country ke Ella.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Sri Lanka

Tanpa persiapan yang matang, liburanmu tak akan berjalan seru, aman, juga nyaman. Oleh sebab itu, hitung dulu estimasi pembiayaan perjalanan agar liburanmu berjalan mulus tanpa hambatan.

Untuk harga tiket pesawat berada di kisaran Rp6 juta – Rp15 jutaan. Dikalikan dua untuk pulang pergi maka akan menghabiskan Rp12 juta – Rp30 juta per orang.

Adapun Sri Lanka menggunakan mata uang LKR (Sri Lankan Rupee). Estimasi menginap semalam mulai dari Rp284.000 (6.600 LKR) di sebuah hostel. Adapun estimasi menginap semalam mulai dari Rp3.758.000 (88.000 LKR) di hotel mewah.

Durasi Perjalanan

Gaya Nomad

Anggaran Perjalanan

Menengah

Perjalanan Mewah

Sehari 

Rp284.000

Rp430.000

Rp1.500.000

Rp3.758.000

Tiga Hari

Rp854.000

Rp1.291.000

Rp4.500.000

Rp11.274.000

Seminggu

Rp1.992.000

Rp3.014.000

Rp10.500.000

Rp26.307.000

Estimasi biaya harian lainnya (versi hemat):

  • Makanan: Rp106.000 (2.500 LKR).
  • Makanan restoran: Rp31.000 (743 LKR).
  • Sebotol air mineral: Rp3.800 (90 LKR).
  • Transportasi lokal: Rp7.200 (170 LKR).
  • Tiket masuk tempat wisata: Rp76.000 (1.700 LKR).

Secara garis besarnya, melakukan perjalanan selama beberapa hari di Sri Lanka bisa menghabiskan dana mulai dari Rp15 juta. Budget akan menjadi lebih besar jika kamu memilih perjalanan mid-range atau mewah dengan jasa tour and travel.

Wisata Sarat Kekayaan Budaya di Sri Lanka

Demikianlah ulasan mengenai syarat masuk, asuransi perjalanan Covid Sri Lanka, rekomendasi destinasi wisata, dan estimasi biaya perjalanannya.

Melancong ke negara eksotis ini tentunya akan menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman yang seru dan semarak. Ini dikarenakan Sri Lanka kaya akan beraneka macam situs wisata yang ciamik untuk ditilik. 

Dapat dipastikan, jalan-jalan ke Sri Lanka amat tepat untuk kamu yang ingin sekadar healing ataupun mencicipi petualangan menarik di sana. Bagaimana, tertarik untuk menikmati liburan yang menyenangkan di Sri Lanka?

Baca Juga: Ingin Liburan Ke Luar Negeri? Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini, Ya!

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.