Asuransi Perjalanan Covid Kamboja dan Syarat Masuk Kamboja 2022

Sejak kasus Covid-19 melandai, banyak negara yang sudah membuka border mereka untuk para wisatawan mancanegara, termasuk Kamboja. Sampai saat ini, Kamboja sudah tidak mengalami penambahan kasus Covid-19 sehingga secara perlahan pemerintah Kamboja sudah menerima wisatawan masuk kembali ke wilayah mereka. 

Meskipun demikian, terdapat berbagai syarat yang perlu dipenuhi wisatawan agar bisa masuk dan berlibur di sana. Apa saja syarat yang diperlukan? Yuk, simak penjelasan tentang syarat, kebijakan asuransi, serta kebijakan karantina yang berlaku di Kamboja berikut ini. 

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Jepang, Syarat Masuk Jepang 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Syarat Umum Masuk ke Kamboja

loader

Kamboja

Secara umum, Kamboja telah membuka pintu mereka secara utuh untuk wisatawan Indonesia.  Sama halnya dengan sebelum pandemi Covid-19, syarat masuk Kamboja membutuhkan visa. Wisatawan bisa mendapatkan visa pada saat kedatangan melalui layanan Visa On Arrival, baik yang masuk melalui udara, darat, maupun laut.

Akan tetapi, Kamboja belum sepenuhnya kembali selayaknya sebelum pandemi sebab masih terdapat syarat khusus untuk bisa memasuki teritori Kamboja. Vaksinasi menjadi salah satu syarat utama bagi wisatawan yang ingin masuk ke Kamboja. 

Setidaknya, wisatawan wajib menyelesaikan vaksinasi atau sudah mendapatkan vaksinasi lengkap 2 minggu atau 14 hari sebelum keberangkatan. Adapun vaksin yang diterima Moderna, Pfizer/BioNtech, Sputnik V/Gamaleya, Sputnik Light, AstraZeneca, Janssen, Sinopharm, dan Sinovac. Wisatawan wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi resmi yang membuktikan bahwa ia telah divaksinasi lengkap menggunakan vaksin Covid-19 yang disebutkan sebelumnya.

Ketika datang ke Kamboja, wisatawan sudah tidak perlu lagi menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen Covid-19. Namun, pada saat kedatangan di Kamboja, wisatawan perlu menjalankan tes antigen Covid-19. Khusus untuk pengunjung yang belum divaksinasi lengkap, akan menjalani tes PCR.

Pengecualian Masuk Ke Kamboja

Meskipun vaksinasi merupakan syarat wajib, pemerintah Kamboja juga tidak menutup pintu bagi para pelancong yang belum divaksinasi. Namun, bagi yang belum divaksinasi atau belum lengkap vaksinasinya, diperlukan menjalani prosedur karantina selama 14 hari. 

Ketentuan karantina ini dapat dilihat secara berkala di laman resmi pemerintah Kamboja. Tempat karantina dapat dipesan terlebih dahulu sebelum kedatangan atau dapat pula diurus pada saat mengurus Visa On Arrival.

Syarat Tambahan Masuk ke Kamboja

loader

Kamboja

Selain syarat utama yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa syarat tambahan tertentu yang perlu disiapkan oleh wisatawan. Salah satu syaratnya ialah melakukan tes antigen Covid-19 pada saat kedatangan. Meskipun sebelum keberangkatan wisatawan tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes, pada saat kedatangan pengunjung harus menjalani tes tersebut.

Syarat lainnya adalah memiliki polis asuransi perjalanan Covid yang dikeluarkan oleh Forte. Polis asuransi ini berfungsi sebagai jaminan kesehatan berupa proteksi diri jika pengunjung terpapar virus Covid-19 selama di Kamboja.

Selain syarat tambahan, adapula himbauan yang didorong oleh pemerintah, yaitu ketat menerapkan “3 do’s and don’ts safety rules” dan tes antigen Covid-19 secara berkala selama di Kamboja. Himbauan ini didorong untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Aturan “3 do’s and don’t safety rules” merupakan protokol kesehatan yang mirip dengan 3M atau 6M yang diterapkan di Indonesia. Tiga hal yang dianjurkan untuk dilakukan (3 do’s) adalah memakai masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak setidaknya 1.5 meter. Sementara itu, tiga hal yang tidak dianjurkan untuk dilakukan (3 don’ts) memasuki ruangan terbatas dan tertutup, memasuki ruangan ramai, dan saling bersentuhan. 

Ketentuan Asuransi Perjalanan Covid Kamboja

loader

Asuransi Covid

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, syarat masuk Kamboja salah satunya mencakup kepemilikan asuransi perjalanan covid yang dikeluarkan oleh Forte. Asuransi perjalanan Covid-19 ini merupakan tindakan preventif apabila pengunjung terbukti positif Covid-19 pada saat kedatangan di Kamboja. 

Limit yang disarankan untuk memiliki asuransi perjalanan Covid ini merupakan $50.000 USD untuk setiap periode asuransinya. Namun, polis asuransi yang dikeluarkan Forte ini hanya berlaku di Kamboja saja. Polis asuransi perjalanan ini juga hanya dapat digunakan untuk Covid-19.

Dengan menggunakan asuransi perjalanan covid ini, pengunjung yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan ditanggung biaya pengobatannya. Biaya pengobatan yang ditanggung antara lain kamar rumah sakit, tes Covid-19, servis rumah sakit, prosedur diagnosa, layanan darurat, biaya pemakaman, serta biaya penyakit bawaan. Penjelasan terkait tanggungan asuransi perjalanan covid ini dapat dilihat di sini. Untuk informasi terkait nominal pertanggungannya, dapat dilihat melalui tautan ini.

Kebijakan Karantina Kamboja untuk Pengunjung dari Luar Negeri

loader

Ketentuan Karantina Kamboja

Seperti yang telah dibahas sepintas di atas, bagi pengunjung yang belum melakukan vaksinasi penuh wajib melakukan karantina. Namun, bagi yang sudah divaksinasi karantina boleh tidak dijalankan.

Karantina dilakukan di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah Kamboja. Perlu dicatat bahwa karantina ini tidak dibiayai oleh pemerintah Kamboja, melainkan menggunakan biaya sendiri. Informasi selengkapnya dapat dilihat di tautan ini.

Bagi yang belum memiliki atau booking tempat karantina pada saat kedatangan, wisatawan diharapkan memiliki uang sebesar $2000 USD. Karantina akan dilakukan di hotel-hotel yang disarankan oleh pemerintah. 

Di akhir masa karantina, pengunjung wajib menjalani tes PCR kembali. Pengunjung dengan hasil negatif dapat mengakhiri masa karantinanya. Untuk informasi selengkapnya, dapat dilihat di tautan ini.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Vietnam, Syarat Masuk Vietnam 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Liburan ke Kamboja Menjadi Tenang dengan Asuransi Perjalanan Covid Kamboja!

Dunia sudah mulai buka kembali untuk wisatawan mancanegara. Meskipun demikian, banyak persyaratan yang perlu dipenuhi bagi wisatawan jika ingin berkunjung ke negara impian. Salah satu syarat yang diminta oleh negara adalah kepemilikan asuransi perjalanan Covid-19. 

Kamboja merupakan salah satu negara yang meminta wisatawan yang masuk ke teritorinya memiliki asuransi perjalanan Covid-19. Tidak hanya itu, asuransi perjalanan yang dibutuhkan merupakan asuransi yang spesifik dikeluarkan oleh Kamboja. Oleh karena itu, jika kamu ingin pergi ke Kamboja pastikan sudah memiliki asuransi perjalanan Covid-19 tersebut. 

Meskipun sudah ada asuransi spesifik yang dikeluarkan oleh Kamboja, kamu juga dapat melihat berbagai asuransi perjalanan Covid-19 lainnya di Cermati.com. Caranya simpel, kamu hanya tinggal membuka website atau aplikasi Cermati.com. Kemudian, lihat bagian asuransi asuransi perjalan Covid-19. 

Selain asuransi, bentuk proteksi yang paling penting untuk tetap dilakukan adalah menjaga protokol kesehatan saat berkunjung ke Kamboja. Kamu perlu mengingat aturan “3 do’s and 3 don’ts” yang berlaku di Kamboja. 

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.