Asuransi Prudential, Ini Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

Memilih produk asuransi yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan memang gampang-gampang susah dilakukan. Alasannya karena ada banyak pilihan produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dengan beragam kelebihan dan keunggulan masing-masing.

Salah satu contohnya adalah layanan asuransi yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia, Prudential. Dengan banyaknya jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan ini, kamu jadi lebih mudah menyesuaikan perlindungan produk keuangan tersebut dengan kebutuhan serta kemampuan bayar. Nah, buat kamu yang masih bingung mencari produk proteksi diri bersama keluarga, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan produk Asuransi Prudential berikut ini.

Baca Juga: Asuransi Sinar Mas, Ini Ragam Produk yang Ditawarkan, Biaya, dan Cara Klaim Perlindungan

Sekilas Mengenai Asuransi Prudential

loader

Asuransi Prudential

Prudential adalah perusahaan asuransi swasta yang cukup ternama di Indonesia. Sebagai salah satu penyedia layanan asuransi terbesar, Prudential menyediakan beragam pilihan produk asuransi sesuai kebutuhan dan kondisi nasabahnya. Beberapa contoh produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan ini, antara lain, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi jiwa. 

Didirikan sejak 1995, perusahaan ini tergabung dalam grup jasa finansial asal Inggris, Prudential plc. Dengan pengalaman panjang yang dimilikinya, Prudential berhasil meraih beragam penghargaan bergengsi di industrinya, termasuk salah satunya ESEA di tahun 2015. Didapatkannya penghargaan tersebut tentu membuat tingkat kepercayaan nasabah akan perusahaan ini menjadi jauh lebih tinggi lagi. 

Apa Keunggulan dari Produk Asuransi Prudential?

  1. Variasi Produk 

    Nama besar yang disandang Prudential di industri asuransi tidak datang begitu saja. Dengan pengalaman yang panjang, perusahaan ini juga menawarkan banyak pilihan layanan asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan nasabahnya. 

    Setidaknya terdapat 12 jenis produk asuransi yang disediakan oleh Prudential dengan manfaat perlindungan dan keuntungan yang beragam. Mulai dari asuransi tradisional, unggulan, sampai berbasis syariah, semuanya disediakan oleh perusahaan ini. Jadi, nasabah pun tidak lagi repot mendapatkan seluruh jenis perlindungan asuransi yang dibutuhkan karena semuanya tersedia dalam Prudential Asuransi.

  2. Mendapat Dukungan dari Agen Asuransi Profesional

    Guna menjaga kualitas layanan dan loyalitas nasabah, Prudential didukung oleh agen asuransi profesional yang siap setiap waktu melayani kebutuhan nasabah. Karena keunggulan inilah tidak mengherankan jika perusahaan ini mampu terus menawarkan layanannya sampai puluhan tahun dengan jumlah aset mencapai lebih dari 15 triliun Rupiah. 

  3. Memakai Sistem Investasi

    Asuransi Prudential memakai sistem investasi pada pembayaran preminya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan pihak nasabah karena risiko kehilangan dana yang sudah dibayarkan sebagai premi tidak akan terjadi saat tidak ada proses pengajuan klaim perlindungan. 

  4. Adanya Kartu PHS

    Menggunakan kartu PHS, nasabah Asuransi Prudential mampu berobat atau mendapatkan perawatan di mitra rumah sakit Prudential dengan lebih mudah. Cukup dengan menunjukkan kartu tersebut, nasabah bisa langsung melakukan klaim perlindungan asuransi kesehatan sesuai dengan ketentuan pada polis. 

    Baca Juga: Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik

Ragam Produk Asuransi Prudential

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat 12 ragam produk Asuransi Prudential yang bisa dipilih oleh para nasabahnya. Berikut adalah penjelasan dari seluruh produk Asuransi Prudential tersebut. 

  1. PRUSolusi Sehat

    Asuransi kesehatan Prudential ini menyediakan manfaat perlindungan yang lengkap dan juga fleksibel sesuai kebutuhan nasabahnya. Pembayaran manfaat akan disesuaikan dengan biaya rumah sakit dan ketentuan pihak perusahaan, serta mencakup jangkauan perlindungan sampai seluruh dunia. Premi Asuransi Prudential PRUSolusi Sehat mulai dari 270 ribu Rupiah per bulannya.

  2. PRUSolusi Sehat Syariah

    Pada dasarnya, produk asuransi ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja menganut sistem syariah. Minimum Asuransi Prudential PRUSolusi Sehat Syariah adalah 280 ribu Rupiah per bulannya. 

  3. PRUPrime Health Care Plus

    Sebagai asuransi tambahan atau rider, produk ini menawarkan solusi lengkap dan juga menyeluruh pada perlindungan kesehatan melalui pembayaran proteksi sesuai biaya rumah sakit. Asuransi ini menawarkan jangkauan perlindungan sampai ke seluruh dunia secara fleksibel. Terkait polis bulanannya pun bisa disesuaikan dengan ketentuan pada polis dasar. 

  4. PRUPrime Health Care Plus Syariah

    Produk asuransi ini selayaknya manfaat produk rider sebelumnya, namun dengan penerapan prinsip syariah. Produk asuransi ini menyediakan santunan uang marhamah yang dibayarkan jika pihak tertanggung meninggal dan akan menambah santunan pada asuransi dasarnya.

  5. PRUCritical Hospital Cover 

    Nasabah produk asuransi ini mampu mendapatkan perlindungan kesehatan terhadap 12 jenis masalah kesehatan kritis sesuai ketentuan polis. Jenis penyakit yang ditanggung biaya medisnya oleh asuransi ini antara lain, kanker, stroke, gagal ginjal, serangan jantung, hingga operasi bedah dan transplantasi organ vital. Dengan benefit tahunan hingga 15 miliar dan sesuai dengan polis yang dipilih, cara pengajuan klaim asuransi ini dapat dilakukan dari seluruh dunia karena luasnya jangkauan jaringannya. 

  6. PRUCritical Hospital Cover Syariah

    Selayaknya, jenis asuransi sebelumnya, produk ini menawarkan perlindungan kesehatan tambahan yang komprehensif terhadap beragam penyakit kritis mulai dari masa evaluasi kesehatan sampai proses pemulihan. Manfaat perlindungan tahunan yang diberikan oleh produk asuransi ini juga mencapai 15 miliar Rupiah, sesuai plan yang ditentukan.

  7. PRUHospital Surgical Cover Plus

    Selanjutnya, kamu juga bisa memilih produk asuransi yang menawarkan perlindungan finansial dan kesehatan untuk diri sendiri bersama keluarga di waktu mendatang. Dengan menjadi nasabah asuransi ini, kamu akan mendapatkan manfaat penggantian biaya rawat inap dan ICU, sampai operasi pembedahan sesuai polis yang dipilih. Biaya pertanggungan yang ditawarkan juga mencapai 3 juta Rupiah per harinya, dengan jumlah maksimal biaya perlindungan yang diberikan mencapai 1,2 miliar Rupiah per tahun.

  8. PREHospital Surgical Cover Plus Syariah

    Jenis asuransi ini menawarkan perlindungan finansial dengan sistem syariah untuk kondisi kesehatan sejak dini nasabah maupun keluarganya di masa mendatang. Cakupan manfaat perlindungan dari perlindungan asuransi ini antara lain, biaya rawat jalan, serta operasi bedah dengan batasan manfaat sesuai ketentuan. PREHospital Surgical Cover Plus Syariah juga akan memberikan santunan kematian karena kecelakaan pada keluarga pihak tertanggung.

  9. PRUMed Cover

    PRUMed Cover menyediakan manfaat tambahan tunjangan harian pada biaya rawat inap dan ICU, ataupun pembedahan pada nasabahnya. Produk ini menawarkan proteksi harian per orang mencapai 400 ribu Rupiah. 

  10. PRUMed Cover Syariah

    Produk asuransi ini cocok dipilih oleh nasabah yang ingin mendapatkan perlindungan kesehatan dengan basis syariah. Sama halnya dengan PRUMed Cover, manfaat proteksi dari asuransi ini mencakup tunjangan harian pada biaya rawat inap dan ICU, termasuk operasi pembedahan saat perlu menjalani perawatan inap. Pertanggungan yang diberikan juga setara 400 ribu Rupiah per hari untuk setiap orangnya.

  11. PRUPrime Healthcare Plus

    Sebagai asuransi kesehatan premium, produk ini menawarkan perlindungan yang komprehensif dan berlaku di seluruh dunia. Manfaat perlindungannya pun berkembang, dan dirancang khusus untuk perlindungan berupa pertanggungan biaya rawat jalan, rawat inap, sampai tindakan bedah. 

  12. PRUPrime Healthcare Plus Syariah

    Sama halnya dengan asuransi sebelumnya, produk ini ditawarkan pada nasabah yang mencari layanan asuransi premium berbasis syariah. Tidak jauh berbeda, manfaat perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi ini pun sama dengan PRUPrime Healthcare Plus.  

Syarat Ajukan Asuransi Prudential

Untuk bisa menjadi nasabah Prudential, tentu ada beberapa syarat yang wajib untuk dipenuhi. Persyaratan mengajukan produk Asuransi Prudential tersebut adalah sebagai berikut.

  • Berusia 1 bulan hingga 65 tahun.
  • Perlindungan asuransi bisa didapatkan sampai maksimal usia 55, 65, hingga 99 tahun.

Untuk melakukan pendaftaran dan pengajuan Asuransi Prudential, kamu hanya perlu menghubungi pihak agen terdekat yang bertanggung jawab dan terpercaya. Pastikan untuk melihat kode agen resmi, serta adanya lisensi khusus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI.

Setelah itu, kamu hanya perlu memilih produk asuransi yang ingin diajukan sesuai kebutuhan. Pastikan pula untuk menyiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan, serta mempelajari simulasi pembayaran dan pengajuan klaim asuransi dengan jelas. Kemudian, isi dan tanda tangani SPAJ untuk menyelesaikan pengajuan.

Prosedur Klaim Asuransi Prudential

Terdapat beberapa hal yang penting untuk dipahami pada pengajuan klaim Asuransi Prudential. 

  • Pahami kebijakan masa tunggu, yaitu periode nasabah belum bisa mengajukan klaim perlindungan asuransi. 
  • Pahami pula adanya ketentuan preexisting condition atau kondisi saat nasabah asuransi telah lebih dulu terdiagnosis masalah kesehatan tertentu. Dalam kondisi ini, manfaat perlindungan asuransi mungkin tidak akan bisa didapatkan tanpa adanya pemenuhan syarat khusus yang ditentukan pihak Prudential. 
  • Cari tahu syarat manfaat rawat inap, dan pastikan untuk memenuhi seluruhnya agar pengajuan klaim asuransi tidak ditolak. Asuransi Prudential juga membatasi masa tunggu maksimal pengajuan klaim perlindungan yang dilakukan oleh nasabah. Biasanya, ketetapan masa tunggu ini antara 30 hari hingga 12 bulan, tergantung ketentuan pada polis. 
  • Yang terpenting, pastikan bahwa polis asuransinya aktif agar manfaat perlindungannya bisa diajukan kapan pun dibutuhkan. 

Jangan Sepelekan Pentingnya Mendapat Perlindungan Asuransi

Tidak ada seorang pun yang tahu kapan penyakit dan masalah kesehatan akan datang menghampiri, begitu pula risiko kematian. Oleh karena itu, perlindungan asuransi ini penting untuk didapatkan oleh siapa pun tanpa terkecuali. Nah, jika kamu bingung menentukan pilihan, tidak ada salahnya untuk menanyakan lebih lanjut terkait manfaat dan perlindungan Asuransi Prudential di atas ke pihak agen secara langsung agar bisa mendapatkan produk yang terbaik. 

Baca Juga: Asuransi Unit Link: Pengertian, Jenis dan Tips Memilih Produk Asuransi yang Tepat