Asuransi Sinar Mas, Ini Ragam Produk yang Ditawarkan, Biaya, dan Cara Klaim Perlindungan

Asuransi menjadi salah satu produk keuangan yang wajib dimiliki oleh semua orang. Melalui produk keuangan tersebut, kamu akan terlindungi dari beragam risiko masalah di masa depan, khususnya yang berkaitan dengan kondisi finansial. Sebagai contoh, melalui asuransi kesehatan, kamu bisa mendapatkan jaminan fasilitas kesehatan yang mumpuni, sekaligus pengalihan biaya perawatan ke pihak penyedia asuransi.

Namun, memilih produk asuransi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan wajib disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan pula untuk memilih produk asuransi dari perusahaan yang terpercaya, kredibel, dan mempunyai reputasi yang positif. Salah satunya adalah produk Asuransi Sinar Mas.

Sinar Mas merupakan salah satu perusahaan asuransi yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut telah berdedikasi selama bertahun-tahun menyediakan layanan asuransi kepada masyarakat dengan manfaat dan biaya premi yang optimal. Nah, agar lebih memahami apa saja produk Asuransi Sinar Mas yang ditawarkan, perlindungan yang diberikan, biaya premi, serta cara klaim proteksinya, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 12 Asuransi Jiwa Terbaik, Pahami Jenis dan Tips Memilih Asuransi

Sekilas tentang Asuransi Sinar Mas

loader

Asuransi Sinar Mas

PT Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan asuransi yang berdiri di tanggal 27 Mei 1985 dengan nama Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Setelah melebarkan sayapnya selama kurang lebih enam tahun, perusahaan ini kemudian resmi berganti nama menjadi PT Asuransi Sinar Mas di tahun 1991.

Demi meningkatkan perkembangan dan kualitas layanan yang diberikannya, PT Asuransi Sinar Mas juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan internasional. Seperti, Munich, Hannover, Swiss, Marein, dan sebagainya, hingga mampu menorehkan beragam prestasi.

Prestasi dan kepercayaan masyarakat inilah yang akhirnya membuat PT Asuransi Sinar Mas terus eksis hingga sekarang. Bahkan sampai artikel ini dibuat, PT Asuransi Sinar Mas sudah memiliki lebih dari 185 jaringan kantor cabang/ pemasaran/ marketing point di seluruh Indonesia. 

Apa Saja Produk Asuransi Sinar Mas?

Kepercayaan masyarakat terhadap layanan Asuransi Sinar Mas didapat dari kualitas pelayanan dari setiap produk asuransi yang ditawarkannya. Selain mendukung investasi serta mengamankan aset secara optimal, beragam produk Asuransi Sinar Mas cocok diajukan oleh banyak kalangan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa produk Asuransi Sinar Mas.

  1. Asuransi Kecelakaan dan Kesehatan

    Produk asuransi ini sendiri terdiri dari beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. 

    Misalnya, kamu bisa memilih Simas Personal Accident untuk melindungi diri dari risiko kecelakaan saat melakukan aktivitas harian di rumah, kantor, maupun saat sedang berlalu lintas. Jaminan perlindungan yang diberikan pun meliputi risiko kematian, luka, maupun cacat permanen. 

    Selain itu, ada pula Simas Sehat Gold yang ditujukan pada nasabah yang jatuh sakit atau alami kecelakaan dan perlu melakukan perawatan rumah sakit. Melalui produk asuransi ini, nasabah mampu mengalihkan beban finansial dari biaya pengobatan tersebut ke penyedia asuransi. 

    Kamu juga bisa mendapatkan produk asuransi dengan manfaat lebih besar dengan memilih Simas Sehat Executive. Bagi yang membutuhkan perlindungan asuransi terhadap potensi biaya rawat inap ataupun kecelakaan, Simas Sehat Income bisa dijadikan pilihan.

  2. Asuransi Mobil

    Produk Asuransi Sinar Mas lain yang tak kalah menariknya adalah asuransi mobil. Pemilik asuransi ini bisa memilih periode pertanggungan antara 1 bulan sampai 1 tahun, dengan pilihan jaminan perlindungan gabungan atau comprehensive, maupun TLO. 

  3. Asuransi Penjaminan

    Sinar Mas juga menawarkan produk asuransi penjaminan yang memberi manfaat perlindungan kepada pebisnis dan pelaku industri. Beberapa jenis dari asuransi ini adalah: 

    • Bid Bond, yang menekankan produk pada proses kerja sama berbisnis. Bid Bond ini menjamin oblige saat principal melakukan pengunduran diri dan tak melanjutkan kontrak kerja sama, serta menanggung kerugian sesuai dengan maksimal nilai jaminan. 
    • Performance Bond yang menjamin kesanggupan principal dalam melaksanakan kerja fisik sesuai ketentuan kontrak dan menjamin oblige apabila principal gagal menjalankan tugasnya. Kerugian yang ditanggung asuransi ini dilakukan dengan menugaskan pihak lain untuk meneruskan pekerjaan, atau menghitung perkiraan biaya agar bisa melanjutkan pekerjaan yang perlu diselesaikan oleh bisnis sesuai nilai jaminan. 
    • Advance Payment Bond dengan memberi uang muka pada principal guna membantu memperlancar pembiayaan pekerjaan atau kontrak. Asuransi ini juga menjamin oblige jika principal mampu mengembalikan DP yang sudah diterimanya sesuai ketentuan kontrak. 

    Ada pula jenis asuransi penjaminan Maintenance Bond, Custom Bond, Excise Bond, Kontra Bank Garansi, serta Asuransi Kredit. Dengan banyaknya jenis asuransi penjaminan tersebut, nasabah tentu lebih mudah memilih perlindungan yang sesuai dengan kebutuhannya. 

  4. Asuransi Tanggung Gugat

    Asuransi ini meliputi sejumlah kriteria perlindungan, seperti, workmens compensation, public liability, product liability, comprehensive general liability, dan directors & officers liability.

  5. Simas Engineering

    Lalu, pada Simas Engineering, perlindungan difokuskan pada risiko kerugian akibat aktivitas pekerjaan yang berkaitan dengan bidang teknik. Beberapa contohnya adalah pembangunan pabrik, jalan raya, bendungan, jembatan, maupun gedung. Melalui asuransi, nasabah bisa mendapatkan jaminan finansial yang menjamin pekerjaan teknik atau proyek tidak terganggu walaupun ada kerugian atau kerusakan dari objek yang ditanggung. 

  6. Asuransi Kebakaran & Huru-Hara

    Guna mengamankan aset bisnis maupun aset pribadi dari risiko kebakaran atau huru-hara, Sinar Mas juga menawarkan produk asuransi ini. Beberapa perlindungan yang ditawarkan oleh produk asuransi ini adalah homeowner Simas Rumah Hemat, Simas Ruko, Property All Risks, Industrial All Risk, Business Interruption, Growing Tree Insurance, dan Asuransi Kerusuhan & Huru-Hara.

Selain yang telah disebutkan di atas, Sinar Mas juga menyediakan beberapa produk asuransi lainnya, seperti, Asuransi Terorisme & Sabotase, Asuransi Pengangkutan, Asuransi Aviasi, Asuransi Satelit, Asuransi Syariah, dan lain sebagainya. Yang terpenting, ajukan produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. 

Baca Juga: Persiapkan Sebelum Terlambat! Ini 10 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik

Biaya Premi Asuransi Sinar Mas

Setiap tawaran produk Asuransi Sinar Mas tentu mempunyai nominal premi berbeda tergantung dari jenis perlindungan yang diberikan. Untuk mengetahui besaran biaya premi dari produk Asuransi Sinar Mas yang ingin diajukan, kamu dapat menghubungi langsung pihak Sinar Mas melalui situs resmi atau kantor cabangnya. Dengan begitu, informasi terkait besaran premi, termasuk simulasi pembayaran dan manfaat perlindungannya bisa diketahui secara mendetail. 

Cara Pengajuan Asuransi Sinar Mas

Agar bisa mengajukan produk Asuransi Sinar Mas, calon nasabah perlu mendatangi langsung kantor Sinar Mas. Di kantor tersebut, calon nasabah akan diarahkan dan dijelaskan terkait produk asuransi yang ingin diajukan.

Selain itu, pengajuan asuransi juga bisa dilakukan melalui aplikasi Sinar Mas pada smartphone secara online. Dalam aplikasi tersebut, tata cara pendaftaran dan pembelian polis asuransi telah dijelaskan secara rinci dan tinggal dipilih juga disesuaikan dengan kebutuhan. 

Terkait syaratnya sendiri, nasabah harus berusia 15 hari sampai 59 tahun, serta maksimal 75 tahun jika ingin melakukan perpanjangan manfaat perlindungan. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan, antara lain, KTP, serta berkas hasil pemeriksaan apabila dibutuhkan. Lalu, calon nasabah hanya perlu mengisi formulir pendaftaran asuransi Sinar Mas. 

Sesuaikan Produk Asuransi yang Dipilih dengan Kebutuhan dan Kondisi Keuangan

Sebagai salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia, Sinar Mas Asuransi mempunyai berbagai pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keuangan nasabahnya. Dengan begitu, potensi untuk mendapatkan perlindungan yang kurang optimal, maupun risiko membayar premi yang jauh melebihi kemampuan bayar tidak sampai terjadi. 

Baca Juga: Asuransi Swasta Terbaik: Pengertian dan Keuntungannya