Atasi Stres Kamu Ditempat Kerja Dengan Cara Ini

Pekerjaan yang seperti tidak habisnya, tekanan kerja, serta jenuh terhadap rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja. Sering kali menjadi pemicu stres kamu ditempat kerja. Tidak hanya itu masalah keluarga yang terkadang seringkali terbawa-bawa di tempat kerja juga menambah sederet daftar pemicu stres ditempat kerja.  

Dan bukan tidak mungkin, jika tidak ditangani dengan cepat tingkat stres kamu yang semakin besar akan berakibat fatal. Dimulai dari menurunnya kinerja kerja kamu sampai hengkangnya kamu dari  dari perusahaan tempat kamu bekerja, akibat tekanan dalam pekerjaan yang membuat tingkat stres bertambah.

Jika sudah begitu, bukan hanya perusahaan tempat kamu saja yang rugi karena kekurangan karyawan karena kepincangan dalam operasional. Akan tetapi juga nama baik kamu akan tercoreng citra keprofesionalan dalam bekerja yang akan berdampak kurang baik nantinya. Seperti kesulitan mendapatkan pekerjaan baru contohnya, karena alasan berhenti yang tertulis di riwayat pekerjaan saat melamar. Karena itu sangat dibutuhkan kerjasama dari kedua belah pihak untuk menciptakan kondisi tempat kerja yang nyaman. Jika dari pihak perusahaan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat karyawan nyaman adalah dengan memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut. Sedangkan untuk kamu sendiri, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres ditempat kerja.  

Apa saja itu? Simak tips mengatasi stres ditempat kerja berikut:

1. Tariklah Nafas Dalam-Dalam

loader

Tarik nafas dalam-dalam via forwardthinking.ashford.edu

 

Cara pertama yang bisa kamu coba ketika stres di pekerjaan menghampiri adalah, bernafaslah dalam-dalam. Karena pada saat stres, tubuh kamu cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat tubuh kamu rileks dan mengurangi tingkat stres kamu. Coba lakukanlah cara ini berulang kali.

2. Mendengarkan Musik

loader

Listen to the music via huffpost.com

Tahukah kamu salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain kamu akan menjadi lebih rileks, mendengarkan musik  juga dapat mengurangi tingkat stres kamu. Sama seperti sayuran hijau yang dapat meningkatkan mood, musik juga mempunyai kemampuan sihir yang sama untuk mengembalikan mood kamu.

Seperti penelitian yang dilakukan Dr. Teresa Lesiuk mengenai pengaruh  musik pada pekerjaan, ia menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki ide-ide lebih baik. Salah satu penyebabnya adalah karena music  meningkatkan mood.

Jika sedang penat dengan pekerjaan, ambilah waktu sejenak, lalu dengarkan musik favoritmu. Dengarkanlah selama 15 menit sampai 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi kamu. Cobalah dengarkan Musik tanpa lirik, karena music jenis ini adalah jenis yang paling ideal untuk menurunkan tingkat stres.

3. Lakukan Olahraga Kecil

loader

Lakukan Strectching via revefit.com

 

Melakukan perenggangan tubuh atau stretching saat bekerja, membantu kamu melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh, juga otak. Lakukan sedikit olehraga jika tubuh dan pikiran kamu lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak hanya dapat membuat kamu lebih rileks namun juga membuat menurunkan tingkat stres kamu akan pekerjaan

4. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

loader

Menunda Pekerjaan via blogspot.com

 

Sering kali kamu tidak sadar, bahwa dengan menunda pekerjaan justru menjadi pemicu kamu stres ditempat kerja. Semakin sering kamu menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan kamu nantinya. Kerjakanlah pekerjaan kamu dengan segera, buatlah daftar prioritas pekerjaan. Dengan begitu akan membantu kamu bekerja secara efektif dan disiplin. Pekerjaan yang lebih cepat selesai akan membuat otak dan hati kamu lebih nyaman karena tidak harus terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.

5. Gunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif

loader

Salah Satu Cara Menurunkan Stres Ditempat Kerja via upload.wikimedia.org

 

Memanfaatkan sela-sela waktu istirahat salah satu cara mengurangi stres kamu ditempat kerja. Saat istirahat tiba, sempatkan diri kamu untuk keluar kantor mencari jajanan atau sekedar nongkrong di tempat makan bersama rekan kerja lain. Selain membantu kamu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lain, kegiatan ini juga dapat membuat kamu sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang kamu hadapi.

Baca Juga: 7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

6. Buatlah Tempat Kerjamu Nyaman

loader

Buatlah Tempat Kerja Yang Nyaman via danislexaw.files.wordpress.com

 

Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman seperti tempat kerja yang berantakan, panas dan bau akan semakin menambah beban otak saat menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan yang akhirnya menjadi salah satu pemicu tingkat stres yang tinggi di tempat kerja. Oleh karena itu, aturlah tempat kerja kamu agar kamu tidak merasa cepat bosan dan stres.

7. Motivasi Diri

loader

Motivasi Dirimu Sendiri via lyp.passionconnect.in

 

Salah satu cara untuk mengembalikan mood kamu saat bekerja setelah stres dengan banyaknya pekerjaan di kantor  adalah dengan memotivasi diri sendiri. Caranya, ingatlah apa yang menjadi motivasi awal kamu bekerja dulu. Entah itu rencana masa depan seperti melanjutkan pendidikan, menabung untuk biaya pesta pernikahan ataupun rencana membangun sebuah usaha yang telah kamu impikan sejak dulu. Ingatlah harapan-harapan indah kamu ketika stres di pekerjaan datang menghampiri.

Baca Juga : Ingin Dapat Promosi Jabatan? Cek Apa Anda Termasuk Tipe Kepribadian Ini

Gratefull!

Setiap orang memang mempunyai kecenderungan mengalami stres dengan cara yang berbeda. Tinggal bagaimana kamu mengendalikannya saja. Tips-tips diatas dapat kamu coba lakukan ketika kamu mengalami stres dalam pekerjaan. Satu tambahan tips lagi untuk kamu nih. Gratefull! Yap apapun pekerjaan kamu,  bersyukur adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres kamu, bersyukurlah dengan hidup dan pekerjaan yang kamu dapatkan sekarang, karena banyak orang diluar sana yang menginginkan posisi yang kamu tempati sekarang. 

 Baca Juga: 6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja