ATM Anda Hilang? Ini 4 Langkah Mudah Mengurusnya

Kehadiran Anjungan Tunai Mandiri atau ATM memegang peranan penting dalam transaksi keuangan di tengah masyarakat. Dengan ATM kita bisa melakukan transaksi dengan orang lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. 

Kartu ATM  merupakan salah satu barang penting yang bentuknya kecil sehingga mudah hilang ataupun rusak. Penyebab umum kartu ATM hilang atau rusak disebabkan karena kelalaian kita sendiri dalam menyimpannya.

Selain hilang kartu ATM juga seringkali tertelan di mesin ATM. Biasanya kartu ATM yang tertelan disebabkan karena kartu tersebut kotor atau sensor berwarna hitam yang berada dibalik kartu ATM telah pudar, atau bisa juga akibat salah memasukkan PIN lebih dari tiga kali.

Jika Anda mengalami kehilangan kartu debit atau kartu ATM, kartu tertelan atau rusak. Jangan panik, tetaplah tenang dan segera lakukan beberapa tindakan berikut ini:

1. Hubungi Customer Service Bank Bersangkutan

  loader

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan saat kehilangan ATM atau juga ketika kartu ATM tertelan adalah:

  • Segeralah melapor ke bank penerbit kartu. Maksimal 1 x 24 jam agar kartu segera diblokir. Usaha ini untuk menghindari pemakaian kartu kredit/ATM oleh pihak lain.
  • Hubungi Customer Service bank yang Anda gunakan. Jika tidak mengetahui berapa nomor customer service bank yang bersangkutan, cek melalui situs resmi milik bank, cek di buku tabungan rekening, atau cek di internet. Selain itu biasanya contact center bank terdapat pada badan mesin ATM.
  • Jika sudah tersambung dengan layanan customer service, lakukan request untuk pemblokiran ATM dengan menyertakan nomor rekening beserta nama yang tertera di nomor rekening tersebut.
  • Customer service beberapa bank juga bisa dihubungi melalui sosial media Twitter. Caranya mudah, silahkan Anda mention terlebih dahulu akun CS bank tersebut, maka selanjutnya mereka akan mengirimkan pesan untuk meminta data-data seperti nomor rekening dan nama yang tertera dalam rekening beserta nomor ponsel Anda.

Seandainya kartu ATM Anda yang hilang berhasil ditemukan namun sudah terlanjur melakukan pemblokiran, maka Anda bisa datang ke cabang terdekat milik bank yang bersangkutan untuk membuka blokir rekening Anda.

Oleh sebab itu, lebih baik dipastikan terlebih dahulu apakah kartu debit atau ATM  Anda memang benar-benar hilang atau tidak.

  • Langkah pemblokiran kartu ATM bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal buruk jika kartu ATM Anda jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Dikhawatirkan, saldo di rekening Anda bisa terkuras habis oleh oknum tak bertanggung jawab. 
  • Catatlah waktu pemblokiran dan nama petugas bank yang melayani pemblokiran kartu. Hal ini diperlukan jika tetap ada transaksi pasca permintaan pemblokiran.
  • Apabila kartu ATM  tertelan, pastikan Anda tetap waspada dan ekstra hati-hati dengan nomor CS yang tertera di mesin ATM. Pasalnya, ada banyak kasus penipuan dengan modus memasang nomor customer service palsu di mesin ATM. 

Modusnya, saat kartu ATM  tertelan, Anda panik dan langsung menghubungi nomor customer service yang sebenarnya adalah nomor si penipu tersebut, yang berpura-pura sebagai CS  bank, lalu meminta Anda untuk memberikan nomor PIN dan menguras habis saldo yang ada di ATM.

Oleh karena itu, ketika menghubungi customer service pastikan jika Anda menghubungi nomor yang ada di dalam mesin ATM, bukan nomor dari stiker yang ditempel di mesin ATM.

Baca Juga: Daftar Nomor Call Center Resmi Semua Bank di Indonesia

2. Transfer Semua Saldo ke Rekening Lain

loader

Apabila Anda menggunakan layanan internet banking atau SMS banking, maka sebaiknya Anda mentransfer saldo yang ada di kartu ATM yang hilang ke rekening yang lain dan jangan lupa untuk menyisakan sedikit uang.

Hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga karena proses pemblokiran biasanya akan dikenakan biaya yang dipotong dari jumlah saldo, namun tidak semua bank menerapkan hal ini.

Melakukan hal ini juga berguna untuk memastikan jika saldo Anda aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun jika memang tidak memungkinkan, Anda cukup meminta kepada Customer Service untuk memblokir rekening hingga layanan internet banking untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak kita inginkan.

Baca Juga : Kode Bank Indonesia Terlengkap

3. Minta Surat Kehilangan ke Kantor Polisi

loader
Minta Surat Kehilangan Ke Kantor Polisi via blogspot.com

Setelah melakukan pemblokiran ATM, maka langkah selanjutnya adalah pergi ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat kehilangan dan Anda wajib membawa KTP serta buku tabungan saat akan mengurusnya.

Jika Anda berhalangan hadir untuk mengurus surat kehilangan ini juga bisa diwakilkan, dengan syarat orang yang mewakili Anda saat mengurus surat kehilangan tersebut membawa surat kuasa yang sudah Anda tandatangani. Namun sebaiknya Anda datang sendiri agar bisa mengklarifikasi sendiri ketika ada pertanyaan seputar kartu ATM tersebut.

Proses mengurus surat kehilangan ini juga mudah dan cepat, jika tidak ada antrian maka surat tersebut sudah berada di tangan Anda dalam waktu 5 menit.

Jangan lupa untuk menandatangani surat tersebut sebelum dibawa ke bank. Sebagai tambahan informas,i pengurusan surat kehilangan ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

4. Datang Ke Bank yang Bersangkutan

loader

Jika surat kehilangan sudah berada ditangan Anda, maka segeralah untuk mendatangi bank yang Anda gunakan untuk mendapatkan kartu baru.

Langkah pertama, silahkan jelaskan maksud kedatangan Anda terlebih dahulu kepada satpam cabang bank tersebut karena biasanya satpam yang bertugas untuk mengarahkan antrean nasabah yang datang.

Apabila Anda sudah mendapatkan nomor antrean, silahkan tunggu sampai nomor Anda mendapatkan giliran.

Ketika telah tiba giliran Anda, pertama jelaskan permasalahan Anda kepada customer service, sertakan juga bukti identitas Anda bisa dengan menunjukan SIM atau KTP dan juga fotokopi buku tabungan.

Biasanya si customer service akan menanyakan beberapa perihal mengenai rekening Anda, seperti berapa jumlah saldo terakhir dan juga transaksi terakhir yang Anda lakukan.

Setelah selesai menanyakan hal-hal tersebut, selanjutnya dia akan segera memberikan kartu ATM baru untuk Anda dengan nomor rekening dan password yang sama.

Untuk memastikan tidak ada transaksi selama kartu ATM Anda hilang, mintalah bukti print out transaksi untuk memastikan tidak ada penarikan uang dari saldo yang tidak Anda lakukan.

Baca Juga: Sering Dapat SMS Penipuan, Ini Caranya Lapor ke OJK

Tetap Berhati-hati  

Mudah bukan cara mengurus kartu ATM yang hilang atau tertelan? Setelah kejadian ini tentu Anda akan lebih berhati-hati dalam menjaga kartu Anda dari pada Anda dipusingkan saat kartu hilang.

Pastikan selalu kartu ATM Anda berada di dompet Anda dan selalu berhati-hatilah ketika meletakkan dompet di saku celana Anda.

Selain itu perhatikan juga untuk menghindari kartu ATM Anda tertelan, jaga selalu kartu ATM Anda jangan diletakkan pada permukaan yang kasar karena hal tersebut bisa menggores sensor yang ada di kartu ATM Anda sehingga mesin ATM bisa salah dalam mendeteksi sehingga kartu Anda bisa tertelan mesin.

Baca Juga: Kenali Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank Digital dan Cara Menghindarinya