Bank BTN: Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking

BTN pertama kali didirikan pada tahun 1897 dengan nama Postpaarbank di Batavia. Seiring berkembangnya waktu, pada tahun 1942 bank tersebut sempat mengalami pembekuan pada masa penjajahan Jepang kemudian bank tersebut digantikan dengan nama Tyokin Kyoku atau Chokinkyoku (貯金局). 

BTN saat ini berkomitmen melayani masyarakat Indonesia khususnya untuk sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan tiga produk utama, yakni Perbankan Perseorangan, Bisnis dan Syariah. Untuk memaksimalkan layanan tersebut, saat ini BTN telah memiliki layanan yang cukup up to date dengan menghadirkan layanan Mobile Banking.

Mobile Banking BTN sendiri saat ini dapat Anda dapatkan melalui Playstore untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iOS. Mobile Banking BTN mengutamakan sisi kepraktisan nasabahnya dalam bertransaksi melalui gadget tanpa perlu datang ke cabang BTN terdekat.

Ini dia beberapa hal tentang Mobile Banking BTN yang perlu Anda ketahui. Berikut ulasan selengkapnya :

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kelebihan Mobile Banking BTN 

Mobile Banking

  1. Kelebihan pertama yang akan Anda dapatkan saat menggunakan mobile banking BTN adalah dapat mengetahui berbagai informasi tabungan yang Anda miliki.
  2. Selanjutnya, seperti dapat dilihat dari namanya, mobile banking memberikan kemudahan bagi Anda untuk meendapatkan layanan perbankan dengan cepat dan praktis. Anda hanya memerlukan handphone berbasis Android maupun iOS dan tentunya akses internet.
  3. 3. Mobile Banking BTN juga menawarkan kemudahan pada nasabahnya untuk melakukan pembayaran dan pembelian.
  4. Anda butuh informasi saldo yang cepat dan akurat? Cukup menggunakan Mobile Banking BTN, informasi saldo hingga cek mutasi rekening pun dapat Anda lakukan.
  5. Seperti telah Kita singgung di atas, Anda bisa mendownload aplikasi Mobile Banking BTN melalui Play Store maupun App Store.
  6. Untuk Anda yang ingin menggunakan layanan mobile banking, Anda bisa mendaftar melalui mesin ATM BTN maupun langsung mendatangi cabang BTN terdekat.

Baca Juga: Bank Syariah Mandiri (BSM) Mobile Banking, Cara Download, dan Aktivasinya

 

Syarat dan Ketentuan

Setelah Anda mengetahui kelebihan dari Mobile Banking BTN, berikutnya yang perlu Anda ketahui adakah syarat dan ketentuan dari penggunaan Mobile Banking BTN. Berikut ulasan selengkapnya :

  • Syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah Anda diharuskan menjadi nasabah tabungan dengan jenis BTN Batara.
  • Limitasi transaksi
  • Ketentuan selanjutnya, Anda hanya bisa mentransfer ke sesama Bank BTN yakni sebesar Rp 25 juta.
  • Sedangkan limit transfer antar bank yakni Rp 25 juta.

Cara Mendaftar

Untuk Anda yang ingin menikmati layanan Mobile Banking BTN, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

  • Datang lah ke kantor cabang Bank BTN terdekat, dan sampaikan pada customer service BTN bahwa Anda hendak mendaftarkan diri sebagai pengguna mobile banking.
  • Selanjutnya Anda harus mengunduh aplikasi Mobile Banking BTN melalui Play Store atau App Store sesuai dengan sistem operasi handphone yang Anda miliki.
  • Setelah Anda mendownload aplikasi, pastikan Anda melakukan aktivasi mobile banking melalui ponsel yang telah memiliki aplikasi Mobile Banking BTN.

Layanan mobile banking tak hanya aplikasi yang bisa Anda dapatkan di smartphone, Anda pun bisa mendapatkan layanan BTN Internet Banking dan mengakses layanan perbankan dimana pun dan kapan pun. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai BTN Internet Banking yang perlu Anda ketahui :

Internet Banking berfungsi sebagai solusi perbankan dengan cara yang praktis aman dan nyaman dengan internet, hanya daftarkan diri Anda melalui mesin ATM BTN atau menghubungi Customer Service Kantor Cabang Bank BTN bagi nasabah perseorangan.

Internet Banking hadir untuk memberikan kemudahan layanan dan kenyamanan dalam memperoleh informasi keuangan dan melakukan swakelola transaksi perbankan melalui media internet. Alamat website: https://internetbanking.btn.co.id dengan mendaftarkan diri melalui mesin ATM BTN atau menghubungi Customer Service Kantor Cabang Bank BTN  bagi nasabah perseorangan

Fitur Internet Banking BTN

Internet Banking

Setelah Anda mengetahui gambaran umum internet banking BTN, berikut ini adalah beberapa fitur dari Internet Banking BTN yang perlu Anda ketahui :

  • Fitur utama dari Internet Banking yang bisa Anda dapatkan adalah kemudahan dalam memantau saldo, mutasi rekening hingga kemudahan dalam mencetak rekening Koran.
  • Selain kemudahan dalam memantau keuangan Anda di rekening BTN, Anda pun bisa melakukan pemindah bujuan sesama rekening bank BTN maupun antar bank dengan metode Real Time Gross Settlement (RTGS) maupun SKN.
  • Sama seperti mobile banking, Anda yang menggunakan internet banking BTN juga akan mendapatkan kemudahan dalam penbelian dan pembayaran tagihan.
  • Sering kali Kita terlupa meletakkan kartu ATM, atau sialnya lagi kartu ATM yang Kita miliki tertelah mesin ATM. Hal yang perlu Anda lakukan jika memiliki internet banking BTN adalah dengan mudah dapat melakukan blokir kartu ATM.
  • Berkat kemudahan dari sisi aksesbilitasnya, Anda pun bisa memperoleh beberapa informasi penting lainnya, yakni informasi suku bunga dan nilai kurs.
  • Laporan rekening gabungan atau konsolidasi

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Internet Banking BTN

Setelah Anda mengetahui beberapa fiture dari Internet Banking BTN, berikut ini adalah beberapa syarat dan jetentuan untuk Anda yang hendak menggunakan internet banking yang disediakan oleh BTN :

  • Nasabah harus memiliki tabungan BTN Batara
  • Limitasi transaksi real-time online
  • Transfer sesama Bank BTN telah di tentukan dengan nilai maksimal Rp100juta
  • Sedangkan untuk transfer antar bank nilai maksimalnya adalah Rp25juta
  • Limitasi transaksi kliring
  • Maks Rp300juta/hari

Cara Mendaftar Sebagai Pengguna Internet Banking BTN

Untuk Anda yang tertarik menggunakan layanan internet banking  berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

  • Anda cukup datang ke ATM BTN terdekat dan mendaftarkan diri secara online atau untuk Anda yang tidak memiliki cukup waktu, Anda pun bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna internet banking BTN dengan cara menghubungi Customer Service Cabang BTN terdekat.
  • Setelah proses pendaftaran sebagai user Internet Banking selesai, Anda akan mendapatkan User ID dan Password yang bisa Anda gunakan untuk mengakses layanan Internet Banking BTN di https://internetbanking.btn.co.id.

Baca Juga: Bank Mandiri: Kenali Internet Banking dan Cara Mendaftar

SMS Banking BTN

sms banking

Salah satu layanan mobile banking BTN adalah layanan SMS Banking. Layanan SMS Banking sendiri berupaya untuk memberikan kemudahan bagi Anda nasabah BTN untuk mengakses transaksi finansial non tunai maupun transaksi non finansial. Untuk dapat mengakses layanan ini, Anda cukup mengirimkan format SMS ke 3555 sedemikian rupa sehingga transaksi Anda pun akan di proses oleh pihak BTN.

SMS tersebut haruslah berisi USSD atau Unstructured Supplementary Service Data.  Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui ATM BTN maupun dengan cara menghubungi Customer Service kantor BTN terdekat.  

Fitur SMS Banking BTN

SMS Banking BTN pun juga memiliki beberapa fitur yang bisa Anda pergunakan. Berikut ulasan selengkapnya :

  1. Sama seperti mobile banking dan internet banking, dengan menggunakan SMS Banking BTN Anda pun bisa mengakses dan memantau informasi saldo rekening tabungan maupun giro perorangan.
  2. Salah satu kelebihan dari SMS Banking BTN, hanya dengan mengirimkan SMS Anda pun bisa melakukan transaksi transfer dana baik antar bank maupun sesama pengguna BTN.
  3. Selain mampu mengecek saldo tabungan dan melakukan transaksi transfer, Anda pun bisa mengecek berbagai macam tagihan pembayaran hingga melakukan pembayaran tagihan tersebut hanya dalam satu click.
  4. Tak hanya mobile banking, internet banking juga memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan pembelian pulsa isi ulang GSM prabayar.
  5. Perubahan PIN SMS Banking
  6. Memantau 5 transaksi terakhir dan dapat merubah sumber pendebetan rekening

Demikian lah beberapa hal tentang mobile banking BTN yang perlu Anda ketahui. Mulai dari mobile banking, SMS banking, hingga internet banking. Saat ini ada banyak sekali bank yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, dimana pun dan kapan pun. Sehingga Anda tak perlu khawatir saat harus melakukan transaksi finansial maupun non finansial saat tengah dalam perjalanan.

Baca Juga: BNI Syariah Mobile Banking, Ketahui Cara Daftar dan Aktivasinya