Banyak Bisnisnya, Begini Perjalanan Karier Jessica Iskandar yang Tambah Tajir Melintir

Jessica Iskandar dikenal sebagai salah satu selebritas Tanah Air yang multitalenta. Wanita kelahiran Jakarta, 29 Januari 1988 ini telah lama berkiprah sebagai model, aktris, komedian, penulis, presenter, dan penyanyi di panggung hiburan Indonesia.

Memulai kariernya sejak 2005 di ranah model, kini ibu dari El Barack Alexander ini juga tengah sibuk berkarier di dunia bisnis. Ketika itu, menjadi pemeran utama dalam film Dealova (2005) telah berhasil melambungkan nama Jedar.

Sosok Jedar makin populer setelah dirinya hadir di berbagai sinetron dan FTV. Ia juga menjadi semakin naik daun seiring dengan kemunculannya sebagai presenter acara Dahsyat di RCTI pada tahun 2011-2013.

Baca Juga: Punya Kekayaan Hingga Rp10 Miliar, Jessica Iskandar Putuskan Hengkang dari Dunia Hiburan

Biodata Jessica Iskandar

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

Jessica Iskandar ialah putri bungsu dari pasangan Wulandari dan Hardi Iskandar. Ia mempunyai empat orang kakak, yakni Erick Iskandar, Yudi Iskandar, Dennis Iskandar, dan Henry Iskandar. Meskipun sang ibu seorang Nasrani dan ayahnya Muslim, namun keluarganya tetap hidup rukun berdampingan dengan selaras dan harmonis. 

Memulai kariernya di ranah modeling, wanita yang sempat sekolah model di John Casablanca ini sempat mengikuti sejumlah casting berbagai agensi. Hingga akhirnya ia pun berhasil mendapat peran utama sebagai Kara di film Dealova (2005) yang disusul dengan film Malaysia berjudul Diva tahun 2007.

Jessica sempat menempuh pendidikan Desain Interior di Universitas Trisakti Jakarta. Namun setelah tiga semester, ia pun memutuskan untuk hengkang dari bangku perkuliahan untuk lebih berfokus pada kariernya. 

Eksis di Layar Lebar dan Layar Kaca

Selain bermain dalam Dealova dan Diva, Jedar juga tercatat telah membintangi film keren lainnya. Di antaranya yaitu Coblos Cinta (2008), Nazar (2009) dan Istri Bo’ongan (2010). Pada tahun 2012, ia juga ikut muncul dalam film Kung Fu Pocong Perawan sebagai Memey. 

Ia juga aktif bermain di sejumlah sinetron dan FTV. Di antaranya seperti Gadis Pengantar Telur bersama aktor Vino Bastian. Jedar pun pernah beradu akting dengan Rio Dewanto serta Vicky Nitinegoro dalam Cinta Pura-Pura Nyasar

Sejak itu ia sering wara-wiri di berbagai judul sinetron dan film televisi lainnya. Di antaranya seperti Cewek-Cewek Badung (2005), Kasmaran: Sejauh Mana Kau Kejar Cinta (2007-2008), Cinta Anak Majikan (2008), dan Kanaya (2008-2009).

Sementara untuk ranah film televisi, Jedar sempat bermain di segudang judul di antaranya Ketika Wila Patah Hati (2008), Cinta di Kandang Sapi (2009), serta Something About Bali (2010).

Ia juga pernah melakoni Miss Clean Lebay, Terjaring Cinta Nelayan Cantik, Jangan Deportasi Cintaku, Pangeran Kodok Mencari Cinta dan Romantika Cinta di Pasar Kambing. Kepiawaiannya dalam berakting membuat Jedar laris manis sebagai bintang FTV. Ia pun didapuk untuk bermain dalam Juliet Sang Penakluk Arjuna, I Love You Juminten, Jaka Tarub Mencari Cinta, dan Jesi Bawa Lari Hatiku.

Jedar pun sempat muncul dalam Not My Sassy Girl, Geng Vespa Terjerat Cinta, Ketemu Cinta di Metro Mini, dan Never Ending Bakmi. Jessica juga pernah membintangi FTV bertajuk Di Binatu Ada Cinta, Nona Sabrina, Bad Boy’s Diary, Romansa di Pantai Panjang, The Bad Luck Stiletto, dan Nanno Si Nanny.

Berbagai judul FTV lainnya seperti Cewek Cantikku, Be My Valentine Siti Markonah, Tertusuk Keris Cinta Ngatiman, Cinta Karung Beras, Kepentok Cinta Shahrukh Khan dan lainnya juga terhitung pernah ia bintangi. 

Makin Naik Daun Sebagai Presenter

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

Sepak terjang Jessica Iskandar sebagai host kian menjadi sorotan. Sejak kemunculan pertamanya di Dahsyat (2011-2013) yang ditayangkan RCTI, kariernya pun kian meroket. 

Jessica kemudian muncul dalam acara Pesbukers pada tahun 2011-2018 yang ditayangkan oleh stasiun TV swasta, antv. Ia pun hadir sebagai presenter untuk acara Target Operasi (2011-2012) yang tayang di RCTI. 

Selanjutnya, ia juga turut hadir dalam acara The Hits (2011-2012) serta Wayang Bandel (2012). Kedua acara tersebut ditayangkan oleh Trans TV, termasuk Waktunya Kita Sahur di tahun 2012. Adapun di tahun 2012 lalu, ia sempat didapuk untuk menjadi Duta Jam Bumi (Earth Hour).

Belakangan, Jedar hadir dalam acara Ceplas Ceplos yang tayang pada tahun 2014 di Trans7. Memasuki tahun 2015-2016, ia kemudian menjadi presenter untuk acara Everybody Superstar di Trans TV.

Masih untuk stasiun TV yang sama, ia juga membawakan acara bertajuk Netijen (2018-2019) dan Ngopi Dara pada tahun 2018-2020. Sebelumnya pada tahun 2018, Jessica Iskandar dipercaya untuk menjadi Juri Tamu dalam ajang Asia’s Next Top Model musim keenam episode 7 di Thailand. 

Kemudian di tahun 2019, Jedar terhitung telah membawakan acara Gado Gado Sahur yang tayang di Trans TV. Di tahun itu, ia juga hadir dalam Ini Talkshow serta Ini Weekend yang ditayangkan oleh NET. Hingga pada tahun 2020, Jessica Iskandar menjadi host untuk acara berjudul Bucyin Banget yang tayang di Trans TV.

Baca Juga: Siap Nikahi Jessica Iskandar, Begini Perjalanan Karir Sukses Richard Kyle

Terjun ke Dunia Musik dan Menulis

Tak berpuas diri, Jedar sempat menorehkan karya di belantika musik pada tahun 2010. Ia merilis mini album yang diberi judul Cerita Cinta. Selain itu, wajah cantiknya juga hadir sebagai model dalam video musik Cinta Tanpa Alasan yang dibawakan Putih di tahun 2012 serta Killing Me Inside, Tanpa Dirimu (2013). 

Di samping menjadi model untuk video musik, ia juga berlangganan membintangi berbagai pariwara. Sejauh ini ia pernah membintangi iklan Campina, Viva, Ramayana, Kopiko, Telkomsel, Revlon, dan Komix Tube TVC dengan Marcel Chandrawinata di tahun 2013.

Pada tahun 2017, Jedar menjadi bintang iklan untuk Bintang Toedjoeh bersama Gilang Dirga. Ia juga membintangi iklan D’Luxe Kintakun Collection serta Mobile Legends: Bang Bang di tahun yang sama. 

Selain berkiprah di dunia musik, Jedar kemudian berhasil mewujudkan salah satu cita-citanya untuk menulis buku. Pada tahun 2013, ia mengeluarkan buku pertamanya yang diberi judul JEDAR (Jessica is Jessica). Kemudian di tahun 2014, ia kembali merilis buku dengan judul JEDAR POWER (Love, Live, Lord).

Pernah Menikah dengan Bangsawan Jerman

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

Jessica Iskandar dulu menikah dengan Ludwig Franz Willibald Maria Joseph Leonhard Erbgraf von Wolfegg und Waldsee. Dari pernikahan tersebut, lahirlah putra semata wayang mereka, El Barack Alexander. Sayangnya, mereka harus mengakhiri hubungan tersebut pada tahun 2015 terkait status Ludwig yang merupakan putra mahkota Kerajaan Jerman.

Kemudian Jedar kembali membuka hati di tahun 2018 dan sempat bertunangan. Namun sayangnya, hubungan Jedar dan Richard kandas. Rencana pernikahan mereka yang semula hendak digelar pada tahun 2020 ternyata malah tak berhasil terlaksana.

Jedar yang kala itu tengah menderita takikardia kemudian memutuskan pindah ke Pulau Dewata. Di sana ia bertemu dengan sosok bule blasteran Indonesia-Belanda, Vincent Andrianto Verhaag yang ternyata adalah mantan kekasih Cinta Laura. 

Dikabarkan tengah menjalin kedekatan, Vincent yang akrab dengan El Barack ini bahkan telah membuat tattoo dengan nama putra Jessica Iskandar pada tubuhnya. 

Kekayaan Jessica Iskandar

Bisnisnya kian moncer, Jedar telah merintis salah satu usahanya di bidang properti di Bali. Kompleks villa mewahnya yang meraih keuntungan besar itu diberi nama Villa Jedar. Tak hanya itu saja, Jedar pun dikabarkan memiliki bisnis kost sekitar 20 kamar.

Untuk menambah pundi-pundi keuangannya, mantan kekasih Richard Kyle ini ikut merambah bisnis kosmetik dengan merilis Jedar Cosmetic. Menawarkan beragam produk termasuk make up dan skincare, produk kosmetik Jedar bisa didapatkan melalui toko online dan juga offline.

Baginya, berbisnis dapat menjadi alternatif jangka panjang untuk investasi finansial. Itulah sebabnya wanita bertinggi tubuh 167 cm ini semakin getol menggalakkan usahanya di berbagai bidang. Dengan kerajaan bisnis yang telah susah payah dibangunnya selama ini, tak heran jika harta kekayaan Jessica Iskandar terus bertambah.

Baca Juga: 8 Tokoh yang Bisa Kamu Jadikan sebagai Sumber Inspirasi Kesuksesanmu