5 Barang yang Wajib Dipersiapkan untuk Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan ini, jangan lupa untuk memperbanyak ibadah dan juga amalan baik. Pahala akan dihitung berlipat ganda di bulan suci ini, itulah mengapa bulan Ramadan selalu menjadi bulan yang istimewa.

5 Barang yang Harus Ada selama Bulan Ramadan

loader

Barang yang Harus Ada selama Bulan Ramadan

Mempersiapkan fisik dan mental untuk menyambut bulan puasa tentu menjadi hal yang tak mungkin diabaikan. Kondisi fisik yang fit akan memungkinkan untuk menjalankan puasa dengan baik dan lancar selama sebulan penuh. Selain itu, persiapkan juga berbagai hal penting lainnya, baik yang berkaitan dengan puasa maupun ibadah.

1. Makanan Olahan yang Awet

Menyiapkan makanan sendiri untuk kebutuhan sahur dan berbuka merupakan langkah yang bijak selama bulan Ramadan.

Selain lebih sehat, hal ini juga memungkinkan kamu menyiapkan makanan yang benar-benar sesuai dengan selera. Belilah beberapa makanan olahan yang awet dan bisa disimpan cukup lama, seperti, abon, nugget, kentang goreng, sarden, dan yang lainnya. Sebagian makanan ini tentu harus disimpan di lemari es, agar awet dan tidak rusak.

Makanan olahan pada umumnya mudah untuk disiapkan dan tidak membutuhkan proses memasak yang panjang. Ini akan menjadi pilihan yang tepat, jika sewaktu-waktu kesiangan dan tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makan sahur. Selain itu, penyajiannya yang mudah juga akan membuat kamu lebih rajin untuk memasak, sehingga tidak perlu membeli makanan dari luar. 

2. Makanan Khas Bulan Ramadan

Momen berbuka puasa tentu akan lengkap jika ditemani dengan berbagai makanan khas bulan Ramadan. Selain makanan berat, berbagai takjil yang manis juga selalu menjadi menu wajib untuk disajikan saat berbuka. Tidak harus membeli, menyiapkan takjil sendiri tentu akan lebih menyenangkan, apalagi jika ternyata kamu memiliki cukup banyak waktu luang di sore hari.

Belilah beberapa makanan khas Ramadan untuk berbuka puasa, seperti, sirup, nata de coco, buah segar, susu, dan yang lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan buah kurma juga. Buah yang satu ini sangat baik dimakan ketika berbuka puasa. Selain kaya akan serat, kurma juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Vitamin 

Saat menjalankan ibadah puasa, kita masih ada dalam kondisi pandemi COVID-19. Meski kondisi saat ini sudah cukup membaik, namun tetap jaga kesehatan dengan mematuhi semua prokes yang ditetapkan oleh pemerintah. Jangan lupa menyiapkan vitamin untuk kebutuhan selama bulan puasa nanti. 

Selain makanan dengan nutrisi lengkap, vitamin juga akan membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan bugar sepanjang waktu. Pilih vitamin yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan tubuh. Misalnya, jika memiliki gangguan lambung, maka hindari vitamin yang terlalu asam dan terlalu keras untuk lambung serta saluran cerna.

4. Perlengkapan Salat

Perlengkapan salat merupakan barang lainnya yang harus dipersiapkan. Ini wajib hukumnya, terutama untuk wanita yang harus salat menggunakan mukena. Sedangkan bagi para pria, menyiapkan baju koko juga tak kalah pentingnya. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan sajadah yang akan digunakan sebagai alat untuk salat.

Jika perlengkapan salat yang selama ini digunakan masih cukup baik, maka tidak perlu membeli yang baru. Cukup cuci semua perlengkapan salat tersebut agar bersih dan benar-benar siap digunakan di bulan Ramadan. Bila memiliki beberapa mukena atau baju koko, maka tidak ada salahnya untuk mencuci dan mempersiapkan semuanya, agar nantinya bisa dipakai bergantian. 

5. Baju Seragam Muslim untuk Sekeluarga

Barang yang satu ini biasanya digunakan saat Lebaran nanti, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkannya di bulan Ramadan. Belilah baju seragam muslim untuk kamu, pasangan, dan juga anak-anak. Baju seragam muslim seperti ini biasanya hadir dalam beberapa desain yang berbeda. Kamu akan sangat leluasa untuk memilih desain yang tepat.

Jika senang mengenakan baju kurung atau blouse, maka tidak ada salahnya memilih rok untuk pakaian wanitanya. Namun jika senang mengenakan gamis, baju seragam muslim juga biasanya hadir dalam bentuk gamis. Pilih warna yang sesuai untuk semua orang, agar baju seragam ini bisa membuat penampilan seluruh keluarga menjadi lebih menarik di hari Lebaran nanti.

Sambut Ramadan dengan Persiapan yang Matang

Persiapkan berbagai barang yang dibutuhkan untuk bulan Ramadan, agar puasa bisa berjalan lancar dari awal hingga Lebaran tiba. Sambut Ramadan dengan persiapan yang matang dan dapatkan lebih banyak berkah di bulan suci ini.