Dikabarkan Menutup Seluruh Gerainya di Indonesia, Ini Profil dan Sejarah Perjalanan Brand Beard Papa’s

Belum lama lalu tidak sedikit warga net dalam negeri dibuat heboh akibat mencuatnya kabar tentang penutupan gerai Beard Papa’s di sejumlah lokasi di Indonesia. Sedikitnya 4.400 pengguna media sosial Twitter turut menyampaikan kesedihannya akan ditariknya seluruh outlet dari brand kue puff asal Negeri Sakura Jepang tersebut.

Hal ini wajar saja terjadi karena kebanyakan orang yang mengangkat topik terkait Beard Papa’s di media sosial menyatakan kepuasannya terhadap produk dari brand tersebut dan telah menjadi pelanggan setia selama ini.

Lalu, seperti apa sih profil dari brand toko kue asal Jepang ini hingga mampu menjadi salah satu produk yang mendunia? Di samping itu, seperti apa sejarah, jejak perjalanan, serta keunggulan produknya hingga mampu mencuri hati banyak masyarakat, tidak hanya Indonesia, tapi juga dunia? Untuk lebih jelasnya, simak profil dan sejarah perjalanan brand Beard Papa’s berikut ini.

Baca Juga: Dinobatkan Jadi Unicorn, Yuk Intip Kisah Perjalanan Kopi Kenangan Menggapai Kesuksesannya

Sejarah Berdirinya Beard Papa’s

loader

Beard Papa’s

Brand Beard Papa’s pada awalnya hanyalah sebuah kedai kecil biasa yang berada di Jepang, tepatnya di Osaka. Brand tersebut pertama kali berdiri di tahun 1999 dan terus berkembang pesat hingga saat ini, tidak hanya di wilayah Jepang, tapi juga belahan dunia lainnya.

Salah satu faktor yang membuat toko tersebut secara fenomenal mampu berkembang pesat adalah karena mampu menyebarkan semerbak aroma kue yang menggugah selera siapa saja yang menciumnya. Alhasil, tidak sedikit masyarakat yang berada di sekitar kedai tersebut tergiur untuk membeli dan menikmati produk buatan brand Beard Papa’s

Sosok pendiri dari kedai kue kecil tersebut adalah Yuji Hirota, seseorang yang dikenal memiliki jenggot putih yang sekaligus menjadi latar belakang toko kue miliknya diberi nama Beard Papa’s oleh para pelanggan setianya. Semenjak itulah brand Beard Papa’s muncul, dikenal, serta melekat menjadi ciri khas dari produk yang dibuatnya hingga saat ini. 

Perjalanan Bisnis Beard Papa’s hingga Mendunia

Setelah memahami sejarah singkat dari berdirinya brand Beard Papa’s, kamu tentu juga penasaran tentang bagaimana proses perjalanan bisnis kue puff tersebut. Sebelum berhasil membuka hingga ratusan cabang seperti sekarang ini, tidak sedikit masyarakat sekitar tempat Yuji berjualan menanyakan tentang adanya menu kudapan baru yang lezat lainnya. 

Menanggapi hal tersebut, Yuji Hirota merasa tertantang dan tertarik untuk menjawab antusias para pelanggannya. Ia juga ingin membuat seluruh pelanggan setianya merasa seperti tengah duduk bersama di kedai kuenya yang berlokasi di Osaka, Jepang. 

Nah, dengan buah pemikiran itu Yuji memutuskan untuk membuat produk kue dengan kelembutan yang khas menyerupai jenggot putih miliknya. Ternyata, semenjak itu pula ada lebih banyak orang yang menikmati dan gemar dengan kue buatan Yuji Hirota. Alhasil, karena menganggap respons masyarakat positif, ia terdorong untuk membuka cabang toko di lokasi lain. 

Hingga saat ini, terdapat setidaknya 400 gerai Beard Papa’s yang ada di seluruh dunia. Mulai dari Singapura, Indonesia, Hong Kong, Vietnam, Filipina, Tiongkok, Korea, Amerika Serikat, Malaysia, Kanada, Sri Lanka, Thailand, Laos, sampai Taiwan. 

Produk kue puff yang dijajakan oleh Beard Papa’s dikenal mempunyai krim terbaik dan digemari oleh banyak orang. 

Baca Juga: Mimpi Buruk Setiap Pengusaha, Ketahui Apa Itu Pailit, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Sederet Kesuksesan yang Telah Dicapai Beard Papa’s

Sebagai salah satu brand yang telah luas dikenal oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, Beard Papa’s tentu memiliki sederet bukti kesuksesan yang telah dicapainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh kesuksesan dari brand kue puff asal Jepang. 

  1. Pertama Kali Dikenalkan Tahun 1999

    Beard Papa’s adalah sebuah brand makanan yang pertama kali dikenalkan di tahun 1999. Awalnya, brand ini hanyalah sebuah toko kecil milik Yuji Hirota. Meski begitu, tidak butuh waktu lama, bisnis tersebut mampu berkembang dengan begitu pesat hingga mencapai pasar di banyak negara sekaligus, termasuk Indonesia. 

    Terdapat beberapa hal menarik seputar brand Beard Papa’s ini. Yang pertama adalah tampilan wajah dari sang pemilik, yaitu Yuji Hiroshi, yang memiliki janggut lebat berwarna putih. Karena penampilannya itu pula muncul panggilan dari para pelanggannya yaitu Jenggot Papa atau Beard Papa’s. 

    Selain itu, ketika membuka kedainya, brand ini selalu menyebarkan semerbak aroma yang begitu harum. Berkat aroma itu tidak sedikit orang di sekitar toko tergoda untuk melakukan pembelian dan menjadi salah satu metode marketing yang ampuh menarik konsumen. 

  2. Mampu Membuka 400 Gerai Seluruh Dunia

    Kendati baru pertama kali dibuka di tahun 1999, Beard Papa’s bisa dibilang mampu mendulang perkembangan dan kesuksesan yang luar biasa cepat. Sekitar 2 dekade berdiri, brand ini telah berhasil membuka hingga 400 gerai yang tersebar di seluruh dunia. 

    Tentunya, pencapaian tersebut tidak didapatkan oleh Yuji secara instan. Awalnya, ia hanya mengembangkan toko kecilnya agar bisa dijadikan sebagai area makan oleh pelanggannya dengan menyediakan meja dan kursi. Lalu, seiring berjalannya waktu Yuji melakukan pembukaan cabang baru hingga saat ini telah terdapat setidaknya 400 gerai di 15 negara berbeda. 

  3. Dinaungi Sebuah Perusahaan 

    Selain mempunyai fondasi bisnis yang kuat, yaitu produk yang digemari pelanggan, kunci perkembangan bisnis yang pesat salah satunya adalah campur tangan dari sebuah perusahaan yang menaunginya. Perusahaan yang menaungi brand tersebut hingga saat ini adalah Muginoho Co. yang tentu memiliki andil cukup besar dalam perkembangan brand tersebut. 

  4. Konsisten Gunakan Resep yang Sama Sejak Awal

    Walaupun telah tersebar di banyak negara, tapi produk buatan dari brand ini masih memakai resep yang sama hingga saat ini. Resep awal yaitu puff-choux dengan lapis ganda pada bagian dalamnya masih menjadi ciri khas dari produk Beard Papa’s. Pastinya, ada banyak variasi dan inovasi yang dilakukan oleh bisnis ini agar bisa memenuhi keinginan para pelanggannya sehingga tidak cepat bosan dan tetap menjadi pembeli setia.

Beragam Varian Menu Andalan Beard Papa’s

loader

Menu Beard Papa’s

Secara umum, terdapat 3 tipe menu yang ditawarkan oleh Beard Papa’s, yakni lapisan atas, lapisan isian, serta makanan penutup. Berikut adalah sederet varian menu andalan dari Beard Papa’s.

Lapisan AtasLapisan IsianMakanan Penutup

Pada varian ini, kamu bisa memilih 8 jenis rasa pada bagian lapisan atas kue, yaitu: 

  • Original.
  • Green Tea Eclair.
  • Chocolate Eclair.
  • Crispy Almond.
  • Honey Butter.
  • S’mores Eclair.
  • Strawberry Eclair.
  • Oreo Cookies Crumble Eclair.

Sementara untuk varian lapisan isian, pelanggan bisa memilih 3 pilihan rasa, yaitu: 

  • Green Tea.
  • Vanilla.
  • Chocolate.

Terakhir, untuk varian makanan penutup alias dessert, kamu juga disuguhkan dengan 3 pilihan, yaitu: 

  • Fondant.
  • Cheesecake.
  • Creme Brulee.

Tepat Ambil Strategi dan Miliki Produk Unggulan Jadi Kunci Penting Menyukseskan Bisnis

Itulah ulasan tentang sejarah singkat tentang brand Beard Papa’s, termasuk jejak perkembangan dan pencapaian yang telah didapatkannya. Termasuk sebagai bisnis yang berkembang pesat, tentu ada banyak hal menarik yang bisa dipetik dari Beard Papa’s, seperti, memiliki dasar produk yang disukai pelanggan, tak ragu melakukan ekspansi, dan terus berinovasi mengembangkan produk. Dengan begitu, dijamin bisnis mampu berkembang dengan lebih pesat hingga ke pasar dunia. 

Baca Juga: Kue Kekinian Bikin Cuan, Ini Tips Menjalankan Bisnis Korean Cake Box