Berbagai Contoh Sikap Teliti yang Membuat Keuangan Aman

Dalam kehidupan sehari–hari ada hal yang kurang disadari oleh semua orang terkait keuangan mereka, termasuk kondisi keuangan yang tidak aman. Contoh sederhana dan sering terjadi adalah seringnya kehilangan uang karena kurang memperhatikan hal sepele saat transaksi keuangan seperti jual beli.

Ada banyak contoh yang biasa terjadi mengenai kecerobohan dalam keselamatan keuangan kamu. Meskipun terkadang hal tersebut bersifat kecil dan tidak terlalu berpengaruh, nyatanya bila terjadi terlalu sering bila diakumulasikan akan menjadi sesuatu yang merugikan.

Oleh sebab itu, perlu untuk mencoba teliti dalam mengawasi keuangan kamu. Hal ini bisa dilakukan agar keuangan selamat dan tidak menjadi kerugian. Bila belum memahami apa saja yang bisa dilakukan, simak berbagai contoh berikut ini agar bisa bermanfaat bagi keamanan keuangan.

Baca juga: 6 Tips Mengelola Keuangan Pasca Putus Cinta

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Contoh Sikap Teliti Yang Bermanfaat Untuk Keamanan Keuangan

loader

Sikap Teliti

Ada banyak hal sehari–hari yang bisa dilakukan agar keuangan kamu aman atau selamat. Hal ini bisa dilakukan saat ini juga karena tidak memerlukan metode yang rumit.

  • Teliti Membeli Barang dengan Melihat Harga Terlebih Dahulu

    Ini mungkin sepele dilakukan, tetapi nyatanya besar pengaruhnya bagi setiap orang. Selalu perhatikan harga sebelum membeli barang agar tidak rugi setelah membeli. Luangkan waktu sejenak dengan memperhatikan harga baik pada label kemasan atau membandingkannya dengan harga secara online.

    Dengan teliti membeli barang tentu akan memudahkan kamu untuk mendapatkan barang sesuai kebutuhan. Hal ini juga bermanfaaat apakah kamu membayar barang sesuai keinginan atau terlalu berlebihan.

    Selain manfaat pada keuangan, teliti membeli barang juga bsia membuat kamu menyadari penjual yang terbaik dengan harga yang sesuai dan pelayanan yang maksimal. Dengan begitu, kamu bisa memilih toko yang baik dan yang tidak seharusnya dikunjungi untuk berbelanja.

  • Teliti Memerhatikan Kasir Saat Menghitung Uang

    Sedikit sekali yang mau melakukan hal ini, padahal ini merupakan kegiatan yang penting untuk keamanan keuangan. Tidak jarang banyak kasir yang melakukan kesalahan kesalahan perhitungan uang saat berbelanja dan merugikan pelanggan.

    Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu mencoba memperhatikan kasir saat berbelanja. Ketika membayar pakai uang tunai, pastikan kasir mengihtung dan memberi kembalian yang sesuai dengan jumlah transaksi yang seharusnya.

  • Teliti Dalam Memilih Jenis Asuransi

    Asuransi memiliki jenis yang beragam, jadi pastikan teliti untuk memilih asuransi sesuai kebutuhan. Ketika memilih asuransi, pastikan kamu memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kondisi saat ini, apakah itu asuransi pendidikan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lainnya.

    Dengan teliti memilih asuransi, tentu bermanfaat untuk mendapatkan ketentuan dan kebijakan yang ada. Kamu harus teliti pula melihat kondisi dan aturan asuransi agar bisa mendapatkan dana/klaim asuransi saat dibutuhkan. Bukan tidak mungkin ketidaktelitian kamu yang sederhana ini bisa membuat rugi.

  • Teliti Melihat Kesalahan Laporan Kredit

    Bagi pengguna kartu kredit, pastinya mendapatkan laporan kartu kredit setiap bulan atau periode tertentu. Laporan kredit ini berisi apa saja transaksi yang sudah terjadi. Disinilah ketelitian kamu diperlukan agar keuangan aman. Sebab, laporan kredit bisa saja salah dilaporkan.

    Kamu bisa mencoba untuk membaca dan melihat laporan kredit yang diberikan agar tidak ada salah informasi yang diberikan dengan transaksi yang dilakukan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mencegah banyak hal yang dapat merugikan keuangan, entah itu salah data transaksi atau bahkan mencegah aksi pencurian identitas.

  • Teliti Dalam Membayar Pajak

    Dalam urusan pajak, kamu juga harus teliti meskipun sambil menjalankan kewajiban sebagai warga negara. Pastikan kamu teliti dalam membayar pajak dengan melihat jumlahnya apakah sesuai atau tidak dengan kondisi seharusnya.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Mengelola Keuangan dalam Mempersiapkan Dana Pensiun

Selamatkan Keuangan dengan Sikap Teliti

Ternyata, teliti merupakan sikap yang penting agar keuangan kamu tetap aman dan selamat. Dengan sikap teliti, tentu pengeluaran dan pembayaran yang merugikan bisa dicegah dan kamu terhindar dari kerugian. Melalui beberapa contoh di atas sepertinya sudah cukup untuk membuat kamu teliti dalam melakukan hal yang dapat menyelamatkan keuangan.

Baca juga: 6 Tata Cara Mengelola Keuangan yang Tak Boleh Diabaikan Entrepreneur