Berbagai Hal Terkait Keuangan yang Wajib Disiapkan sebelum Traveling

Traveling menjadi kebutuhan tersendiri dan bahkan kerap dianggap sebagai bentuk gaya hidup oleh sebagian orang. Pada dasarnya, ada banyak manfaat positif yang bisa didapatkan dari aktivitas yang satu ini. Jadi wajar saja jika banyak orang yang secara khusus menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk traveling. 

Jika kamu termasuk orang yang senang traveling, maka kamu tentu sudah terbiasa mengatur budget untuk kebutuhan yang satu ini. Dana yang dibutuhkan untuk traveling bisa saja cukup besar, sehingga kamu harus cermat untuk mengaturnya di dalam keuangan.

Baca Juga: Cara Hemat Budget Traveling untuk Pelajar Agar Lebih Mudah Atur Keuangan

Hal Terkait Keuangan yang Perlu Dipersiapkan sebelum Traveling

loader

Jangan sampai kondisi keuangan menjadi terganggu, hanya karena kamu salah dalam mengatur budget traveling sejak awal. Berikut ini adalah beberapa hal terkait keuangan, yang wajib kamu siapkan sebelum traveling:

1. Tabung Dana Traveling sejak Jauh-jauh Hari

Jumlah dana yang kamu butuhkan untuk traveling tentu akan dipengaruhi banyak hal, mulai dari pilihan destinasi hingga berbagai akomodasi yang digunakan. Namun berapapun jumlahnya, pastikan kamu mulai menyicilnya dalam bentuk tabungan dari sekarang. Alokasikan sejumlah dana ke dalam tabungan traveling ini secara rutin, agar kamu bisa mengumpulkannya dalam jumlah memadai.

Saat menabung dana traveling, kamu juga akan sekaligus menekan keinginan untuk berbelanja. Kamu bisa menjadikan ini sebagai salah satu tujuan keuangan jangka pendek atau jangka panjang (jika butuh dana besar). Jika kamu traveling dengan menggunakan dana tabungan dan bukan pinjaman, maka kondisi keuangan tentu akan jauh lebih aman.

2. Sesuaikan Destinasi Traveling dengan Kondisi Keuangan

Traveling ke tempat yang jauh atau bahkan di luar negeri memang menyenangkan. Namun semua ini juga akan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Jangan memaksakan diri untuk traveling ke destinasi yang membutuhkan biaya besar, apalagi jika tabungan yang kamu miliki tidak memadai untuk kondisi tersebut.

Hal ini bisa memicu masalah keuangan dan membuat kamu menanggung sejumlah hutang di kemudian hari. Pastikan kamu memilih destinasi traveling yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu.

3. Pilih Konsep Traveling sesuai Budget

Ingin traveling dengan akomodasi yang mewah dan aktivitas kuliner yang juga mewah, kamu tentu harus menyiapkan dana besar. Namun jika budget terbatas, kamu bisa traveling dengan fasilitas nyaman dan menikmati beragam street food yang tak kalah lezatnya. Semua ini tentu tergantung pilihan dan cara kamu menikmati traveling itu sendiri.

Jika kamu ingin kondisi keuangan tetap aman setelah traveling, maka pastikan kamu menyesuaikan konsep traveling kamu dengan budget yang kamu miliki. 

Baca Juga: 4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

4. Susun Itinerary Perjalanan dengan Tepat

Jangan lupa untuk menyusun itinerary perjalanan selama traveling nanti. Ini bisa kamu mulai dengan menentukan beberapa poin berikut: apa saja destinasi yang akan kamu kunjungi, tempat makan yang ingin kamu datangi, moda transportasi yang akan kamu gunakan, dan yang lainnya. Itinerary akan sangat membantu kamu lebih mudah untuk menikmati perjalanan yang berkualitas, jadi upayakan untuk membuatnya sedetail mungkin. 

5. Kumpulkan Informasi dan Siapkan Budget dalam Jumlah Tepat

Masih terkait dengan poin di atas, itinerary juga akan membantu kamu melakukan budgeting traveling dengan lebih mudah. Kamu bisa membuat perkiraan pengeluaran untuk masing-masing destinasi yang akan kamu kunjungi selama traveling, termasuk untuk berbagai tempat wisata yang ingin kamu masuki.

Selain itu, kamu juga bisa menghitung biaya makan/ kuliner yang akan kamu butuhkan, termasuk kebutuhan belanja dan aktivitas lainnya selama traveling. Kumpulkan berbagai informasi terkait budget ini dengan baik, sehingga kamu bisa menyiapkan budget traveling dalam jumlah yang tepat.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

6. Membeli Produk Asuransi Perjalanan

Dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan merasa lebih aman ketika travelling keberbagai daerah sampai negara. Ini karena asuransi perjalanan bisa melindungimu dari berbagai risiko perjalanan seperti pertanggungan biaya kecelakaan perjalanan, perawatan medis, ketidaknyamanan perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi, serta jaminan tambahan lainnya.

7. Menabung dalam Mata Uang Asing

Jika kamu ingin traveling ke luar negeri, maka sudah tentu kamu akan membutuhkan mata uang asing selama dalam perjalanan nanti. Kamu bisa mulai mengumpulkan mata uang asing ini dari sekarang sedikit demi sedikit. Kamu bisa mengumpulkannya ke dalam rekening khusus atau bahkan menyimpannya sendiri di rumah.

Saat ini, kamu juga bisa membeli mata uang asing melalui berbagai aplikasi online yang mudah ditemukan. Pilih aplikasi yang tepat dan sudah terpercaya, agar danamu bisa tetap aman.

8. Jangan Lupakan Dana Darurat

Dana darurat menjadi salah satu poin penting yang tak bisa kau abaikan di dalam keuangan, begitu juga saat akan traveling. Dana darurat akan membantu kamu mengatasi berbagai kondisi darurat di dalam perjalanan. Siapkan dana darurat untuk traveling dalam jumlah yang tepat, agar kelak kamu bisa menikmati perjalanan yang lancar tanpa masalah keuangan setelahnya.

Nikmati Traveling tanpa Masalah Keuangan

Traveling bisa menjadi aktifitas positif dan memberikanmu banyak pengalaman baru. Untuk menikmati traveling yang nyaman dan menyenangkan, pastikan kamu membuat perencanaan dan menyiapkan dananya sejak jauh-jauh hari. Siapkan dana traveling dalam jumlah yang tepat, agar kamu bisa menikmati traveling berkualitas tanpa masalah keuangan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Biar Gak Ribet, Begini Cara Packing Saat Solo Travelling