Bersinar Sebagai Aktor dan Peragawan, Kontroversi Perceraian Ahn Jae Hyun Berakibat Buruk Terhadap Karirnya

Sebagai aktor dan peragawan tampan, Ahn Jae Hyun semakin dikenal luas publik sejak debutnya berakting dalam berbagai KDrama. Di bawah asuhan agensi HB Entertainment, Ahn Jae Hyun makin bersinar setelah membintangi My Love from The Star (2013).

Penampilannya langsung berbuah manis. Mendapat apresiasi, Ahn Jae Hyun meraih perhargaan dari ajang SBS Drama Awards 2014 untuk kategori New Star Award. Kemudian publik semakin digegerkan dengan KDrama berjudul Blood (2015). Saat itu ia memerankan tokoh utama sebagai vampir yang menyamar jadi dokter. 

Tak hanya aktingnya saja yang mendapat sorotan. Dalam serial drama tersebut, Ahn Jae Hyun mengalami cinta lokasi dengan lawan mainnya, Goo Hye Sun. 

Berkat keterampilannya dalam seni peran, Ahn Jae Hyun juga menyabet dua penghargaan untuk aktingnya di serial drama bertajuk Cinderella and Four Knights. Selain itu, ia juga membintangi Beauty Inside (2018) yang membuat demam second lead couple menjadi booming.

Memulai Karir Sebagai Model

View this post on Instagram

A post shared by @aagbanjh on

Sebelum mendalami seni peran, pria tampan kelahiran 1 Juli 1987 ini memulai karirnya di industri hiburan dengan menjadi model dan peragawan. Di tahun 2009, ia muncul dalam berbagai iklan, editorial majalah dan peragaan busana.

Karirnya lantas semakin moncer saat ia memerankan kurir dalam program TV kabel, Lee Soo-geun and Kim Byung-man's High Society di tahun 2011. Ia lalu membintangi sejumlah video musik. Salah satunya seperti Please Don’t milik K. Will, Sad Song yang dibawakan Baek A-yeon, dan Gone Not Around Any Longer dari Sistar19.

Karir Ahn Jae Hyun kian melambung. Popularitasnya semakin tinggi ketika ia bermain dalam serial drama berjudul My Love from the Star di tahun 2013. 

Tawaran akting semakin berdatangan menghampiri di tahun 2014, salah satunya ialah drama komedi berjudul You’re All Surrounded dan Fashion King versi adaptasi webtoon. Di tahun yang sama, ia didapuk menjadi presenter untuk program musik populer dari Mnet—M Countdown.

Baca Juga: Keren! Dari Anak Petani Sederhana Sampai Bisa Jadi Idola, Begini Perjuangan V BTS Meraih Sukses

Semakin Bersinar Lewat Seni Peran

View this post on Instagram

A post shared by Ahn Jae Hyun 안재현 (@ahnjaehyun00) on

Nama Ahn Jae Hyun jadi makin bersinar berkat seni peran yang ia kuasai. Sejumlah drama yang ikut mengangkat namanya antara lain seperti You’re All Surrounded (2014), Blood (2015), Cinderella with Four Knights (2016), Reunited Worlds (2017) hingga The Beauty Inside (2018).

Selain sukses memerankan tokoh utama dalam drama Blood, Ahn Jae Hyun juga hadir dalam drama fantasi Snow Lotus Flower

Aktingnya semakin diperhitungkan saat ia membintangi drama romantic comedy berjudul Cinderella with Four Knights yang tayang di tvN tahun 2016. Berkat berbagai peran yang ia kuasai dengan baik, Ahn Jae Hyun kembali memboyong Top Excellence Award dari Korea Drama Awards ke-9.

Kemudian ia bergabung dalam salah satu program televisi bertajuk New Journey to the West, hingga bermain dalam romansa Negeri Tirai Bambu, Perfect Imperfection. Dalam film tersebut, ia beradu akting dengan aktris dari Taiwan, Ady An.

Memasuki tahun 2017, Ahn Jae Hyun bermain dalam drama romansa fantasi, SBS Reunited Worlds. Disusul dengan bermain dalam The Beauty Inside (2018) serta Love with Flaws (2019).

Kontroversi dalam Perceraian

View this post on Instagram

A post shared by Ahn Jae Hyun 안재현 (@ahnjaehyun00) on

Sebelum bercerai dengan skandal dan kontroversi yang menghebohkan, Ahn Jae Hyun sempat menikahi cinta lokasinya di drama Blood, Goo Hye Sun. Keduanya terlibat cinta lokasi di tahun 2015 dan terus berlanjut di dunia nyata.

Hingga kemudian, Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun menikah di bulan Mei 2016. Pasangan ini tak ayal menjadi idola. Publik menganggap mereka sebagai dua sejoli muda yang tak hanya romantis, tapi juga ideal.

Setelah pernikahan keduanya digelar dengan upacara sederhana, pasangan yang mendapat julukan vampire couple ini langsung mendapat tawaran untuk membintangi reality show Honeymoon Diary. Mereka pun kian sukses mencuri perhatian para penggemarnya.

Dalam berbagai kesempatan, keduanya tampil mesra dan tampak sangat serasi. Tak terlihat bahwa Ahn Jae Hyun sebenarnya lebih muda tiga tahun dari sang istri. Tak terlihat juga masalah yang sebenarnya menggerogoti jalinan kasih mereka. 

Itulah sebabnya publik terkejut saat mendengar kabar perceraian pasangan ini. Pasalnya, kabar perpisahan tersebut dibarengi skandal dan kontroversi saling menjatuhkan satu sama lain. Tak hanya Goo Hye Sun, Ahn Jae Hyun pun mengungkap sejumlah pernyataan yang bertolak belakang. Alhasil, para penggemar dan publik pun dibuat kebingungan terkait kebenaran yang sesungguhnya. 

Baca Juga: Dari Multitalenta Hingga Kabar Perceraian yang Menghebohkan, Begini Perjalanan Karir Si Cantik Goo Hye Sun

Berpengaruh Buruk ke Karir

View this post on Instagram

A post shared by Ahn Jae Hyun 안재현 (@ahnjaehyun00) on

Gonjang-ganjing dalam perceraiannya di tahun 2019 tak pelak berpengaruh buruk terhadap reputasi Ahn Jae Hyun. Sejumlah merek kemudian memutuskan hubungan kerja sama mereka dengannya. 

Menurut laporan Soompi, Giordano langsung menghapus seluruh foto Ahn Jae Hyun dari koleksi busana musim gugur dan dingin brand tersebut. Ini juga terlihat dari media sosial Giordano yang sudah tak lagi memampangkan foto sang peragawan itu.

Tak hanya itu saja, narasumber dari Giordano bahkan memerintahkan agar seluruh toko cabang mereka mencabut foto Ahn Jae Hyun.

Tak hanya merek asal Hongkong tersebut yang menjauhi Ahn Jae Hyun. Brand kosmetik MERBLISS juga mengambil sikap yang sama. Mereka juga mengumumkan penghapusan seluruh iklan yang menampilkan sang aktor.

MERBLISS lantas mengungkapkan keterkejutan pihak mereka dalam keterangan resminya. Sebagai brand kosmetik yang mengedepankan konsep pernikahan yang mengejar cinta dan kebahagiaan, perceraian Ahn Jae Hyun dianggap sudah tak sesuai dengan image merek tersebut dan dapat merugikan pihak lain.

Belajar dari Karir Ahn Jae Hyun

Di sepanjang karirnya, Ahn Jae Hyun telah berhasil memenangkan Best New Model dari Asian Model Festival Awards ke-4 tahun 2009. Ia juga menyabet Best Fashion Model dari Asian Model Festival Awards ke-8 yang dihelat tahun 2013.

Pada tahun 2014, ia memenangkan Best New Actor dari Korea Drama Awards ke-7. Demikian juga di tahun 2016 ketika ia meraih prestasi dengan memenangkan Best Actor, Top Excellence Award, dan Global Star Award. Di tahun yang sama, ia juga mendapat trofi Best Actor dari Macau International Television Festival ke-7.

Namun rupanya setitik nila dapat merusak susu sebelanga. Reputasi dan nama baik Ahn Jae Hyun sebagai entertainer jadi tak sebagus dulu lantaran drama perceraiannya. 

Sehebat apapun seseorang, tak ada kesuksesan yang dapat diraih tanpa keterlibatan orang lain. Untuk meraih sukses dan berhasil mempertahankannya, penting disadari bahwa kita perlu pandai-pandai bersikap dan membawa diri. 

Alangkah bijaknya jika seorang public figure dapat menahan diri dan menjaga agar kehidupan pribadinya tidak menjadi konsumsi publik. Menutup urusan pribadi rapat-rapat dapat membuat kehidupan profesional tak tercoreng oleh perkara personal yang mengandung drama. 

Dengan demikian, diharapkan nama baik, reputasi, karir dan kredibilitas seseorang secara profesional dapat lebih terhormat dan terjaga. Setuju?

Baca Juga: Awalnya Ditentang Orang Tua, Kini Aktor Hyun Bin Jadi Bintang dengan Bayaran Paling Mahal