Dari Multitalenta Hingga Kabar Perceraian yang Menghebohkan, Begini Perjalanan Karir Si Cantik Goo Hye Sun

Sebagai salah satu selebritis Negeri Ginseng, nama Ku Hye-sun alias Goo Hye Sun tentu sudah tak asing lagi. Wanita kelahiran Incheon, Korea Selatan, 9 November 1984 ini dikenal berprofesi sebagai aktris, model, musisi, penyanyi, sutradara dan bintang iklan. 

Multitalenta, ia kini bahkan menjajal kebolehannya sebagai penulis novel dan skenario. Tak hanya cantik dan punya banyak keahlian, Ku Hye Sun sudah aktif berkiprah di industri hiburan cukup lama, yakni sekitar 14 tahun lalu. Sehingga tak heran jika ia berhasil meraup sejumlah penghargaan bergengsi di sepanjang karirnya.

Awalnya, perempuan yang berusia 35 tahun ini dikenal lewat serial TV populer berjudul Boys Before Flowers (2004). Dalam serial drama yang booming tersebut, ia beradu akting dengan aktor tampan Lee Min Ho dan Kim Joon. 

Aktris dengan kekayaan yang kini mencapai hingga Rp 144 miliar ini juga ikut membintangi film August Rush (2007) dan Daughter (2014) dan menjadi model majalah dan bintangi beragam iklan yang populer.

Baca Juga: Tambah Lucu dan Cerdas, Begini Kabar Terbaru Si Cantik Gempita Marten

Menjajal Seni Peran

View this post on Instagram

A post shared by 쿠 (@kookoo900) on

Kecintaan Ku Hye Sun ke dunia seni sudah tampak sejak remaja. Ia bahkan bercita-cita menjadi penyanyi. Sehingga sejak usia SMP, ia membentuk band bersama teman satu sekolahnya.

Memiliki wajah cantik dan imut juga membuatnya terkenal sebagai Ulzzang (best face) di internet. Hingga ia pun bergabung dalam naungan agensi YG Entertainment, dengan harapan ingin mewujudkan cita-citanya sebagai penyanyi.

Namun saat itu, perusahaan agensi tersebut lebih menganjurkan Ku Hye Sun untuk merintis karir sebagai aktris. Di tahun 2002, Ku Hye Sun untuk pertama kalinya muncul di layar kaca, tepatnya melalui iklan Sambo Computer.

Kemudian tibalah momen untuknya berakting. Diproduksi oleh KBS, ia pun membintangi serial televisi berjudul Drama City di tahun 2004. Belakangan, pemirsa televisi dibuatnya jatuh hati saat ia bermain dalam drama bertajuk Nonstop 5. 

Nama Ku Hye Sun kian diperhitungkan berkat aktingnya sebagai tokoh utama dalam drama Pure 19 (2006). Ia juga berhasil menyanyikan soundtrack lagu untuk serial yang meraup sukses tersebut.

Namun harus diakui, karirnya semakin moncer ketika mantan istri aktor Ahn Jae Hyun ini bermain dalam Boys Before Flowers (2004). Kesuksesan serial ini membuat nama Ku Hye Sun melambung dan dikenal luas hingga Tenggara dan Timur.

Selalu Total dalam Berakting

View this post on Instagram

새 프로필

A post shared by (@kookoo900) on

Totalitas Ku Hye Sun dalam berakting juga sangat maksimal. Dalam KDrama bertajuk Take Care of Us, Captain (2012), ia pernah berperan sebagai seorang pilot. Demikian juga dalam drama Angel Eyes (2014) berikutnya. Ia berperan menjadi seorang gadis buta sekaligus berprofesi sebagai pemadam kebakaran.

Sejumlah serial drama telah ia bintangi dengan maksimal. Di antaranya seperti Ballad of Suh Dong, Drama City, Nonstop (2005), Pure 19 (2006), The King and I (2007), Strongest Chil Woo (2008), Boys Before Flowers (2009), The Musical (2011), Absolute Boyfriend (2012), Angel Eyes (2014) dan Blood (2015).

Menjadi Sutradara dan Merambah Sastra

View this post on Instagram

A post shared by 쿠 (@kookoo900) on

Goo Hye Sun kemudian mengembangkan kemampuannya dengan berkarir menjadi sutradara pada tahun 2009. Sejauh ini ia telah menjadi sutradara untuk empat film dan drama, yaitu The Madonna (2009), Magic (2010), The Peach Tree (2011) serta Daughter (2014).

Tak hanya itu saja. Ia juga menulis naskah skenario dari ketiga filmnya, yakni The Madonna, Daughter dan The Peach Tree. Minatnya yang besar dalam dunia tulis menulis pun ditumpahkannya dengan menerbitkan novel berjudul Tango di tahun 2009.

Serius tekuni profesinya sebagai penulis, ia pun menelurkan novel keduanya, Heart Shaped Tears yang berkisah tentang kehidupan asmaranya dengan mantan kekasihnya. Hingga kemudian di tahun 2012, ia kembali mencetak novel berjudul The Peach Tree.

Mewujudkan Cita-Cita di Musik

View this post on Instagram

A post shared by 쿠 (@kookoo900) on

Meski awalnya ia mendapat jalan untuk meniti karir sebagai aktris, namun akhirnya Goo Hye Sun mendapat jalan untuk mewujudkan cita-citanya di musik. Tak hanya menjadi pemeran, ia juga dipercaya untuk menyanyikan soundtrack dari serial Nonstop 5 yang berjudul Happy Birthday To You. 

Goo Hye Sun juga menyanyikan lagu Sarang Ga/ Love Story untuk serial Pure in Heart. Kemudian di tahun 2010, ia merilis single berjudul Brown Hair setelah sebelumnya sempat meluncurkan album instrumental berjudul Breathe (2009).

Ia juga merilis Fly Again yang merupakan original soundtrack dari Take Care of Us, Captain. Di tahun 2012, ia meluncurkan Marry Me yang disusul dengan Flying Galaxy (2013), serta Floral Rain dan Must.

Baca Juga: 6 Tips Memotret yang Bagus Ala Priyanka Chopra

Meraih Berbagai Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by 쿠 (@kookoo900) on

Dengan segudang bakat dan keahlian yang dimilikinya, tak heran jika Goo Hye Sun meraih sejumlah prestasi dan penghargaan prestisius.

Di tahun 2006, ia meraih New Actress Award dari KBS Drama Awards berkat aktingnya di Pure 19. Tahun 2007, aktingnya dalam The King and I membuatnya berhasil memboyong New Star Award dari SBS Drama Awards

Sementara itu, di tahun 2009 ia mendapat penghargaan atas aktingnya dalam Cheerful Caretaker dari Pusan Asian Short Film Festival: Audience Award. Goo Hye Sun sekaligus meraih Best Asian Female Star dari 6th Yahoo! Asia Buzz Awards (Taiwan).

Ia juga berhasil meraih Best Couple Award bersama Lee Min Ho (dalam Boys Before Flowers) dan Netizen Popularity Award – Actress dari KBS Drama Awards 2009. Di tahun 2010, ia lagi-lagi memenangkan Spotlight Award dari Short Shorts Film Festival 2010. 

Kemudian di tahun 2012, Goo Hye Sun mendapat trofi Awards Grand Prize dari Korea Fulfillment 2012. Menyusul di tahun 2014, ia meraih Ministry of Gender Equality and Family: Grand Prize in Gender Equality.

Sempat Dilanda Kontroversi Perceraian

Meski meraih sukses besar dalam dunia karir dan kehidupannya, namun Goo Hye Sun menemui kendala untuk urusan percintaan. Sebelumnya, Goo Hye Sun terlibat cinta lokasi dengan lawan mainnya dalam drama seri Blood (2015), Ahn Jae Hyun. Tak disangka, cinta lokasi tersebut berlanjut ke pernikahan di tahun 2016.

Sayangnya, pernikahan yang hanya bertahan sampai tahun 2019 itu harus kandas dengan diwarnai gonjang-ganjing dan kontroversi. Meski ingin mempertahankan rumah tangganya, namun tampaknya aktor Ahn Jae Hyun lebih memilih untuk berpisah.

Sebagai imbasnya, ibu dari Goo Hye Sun sampai jatuh sakit akibat kabar perceraian tersebut. Tak pelak, proyek tulisan yang sedang dikerjakan oleh Goo Hye Sun pun mengalami penundaan. Apalagi ditambah dengan perseteruan Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun yang saling menuduh dan menghujat satu sama lain di media sosial. 

Tak pelak, hal ini lantas menimbulkan kisruh yang menghebohkan bagi para penggemar dan banyak pihak lainnya.

Besar Hati Meminta Maaf

Pasca bercerai, Goo Hye Sun sempat menghilang untuk sementara waktu. Namun dalam acara SBS bertajuk Night of Real Entertainment, ia dengan besar hati meminta maaf terkait drama rumah tangganya yang sempat menggegerkan publik.

Ia meminta maaf lantaran konflik rumah tangganya membuat masyarakat merasa jengah dan lelah. Ia mengakui, dirinya tak punya tempat untuk bergantung lagi selain publik. Meski menurutnya saat itu jalan terbaik adalah mengumbar urusan pribadinya, namun dengan mawas diri ia menyadari sikap kekanakannya dan merasa malu.

Menyesal, ia mengatakan bahwa saat seseorang marah, biasanya ia tak bisa melihat apapun dengan sebegitu jernih. Saat itu tentu ia merasa marah dan kecewa atas permintaan cerai Ahn Jae Hyun. 

Pasalnya, perceraian tak pernah terpikirkan oleh Goo Hye Sun. Sebaliknya, ia justru ingin agar pernikahannya bertahan hingga selamanya. Namun kenyataan berkata lain, ia pun harus mampu menerimanya dengan ikhlas.

Dengan besar hati, ia bahkan meminta maaf kepada masyarakat dan para penggemarnya. Dengan begitu, karir dan reputasi baik seorang Goo Hye Sun masih dapat terjaga. 

Sebagai manusia, tak ada yang luput dari kesalahan, baik secara personal maupun profesional. Namun integritas dan reputasi baik dapat tetap terjaga jika seseorang bersedia meminta maaf dan mengakui ketidaksempurnaannya.

Baca Juga: Begini Perjalanan Karir Twice yang Fenomenal