Biar Terlihat Manis, ini 6 Cara Tepat Memilih Furnitur untuk Rumah Minimalis

Furnitur jadi salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Namun, bagi kebanyakan orang, pemilihan furnitur kerap dinilai sulit dan rumit. Hal ini disebabkan furnitur harus disesuaikan dengan gaya rumah. Dengan begitu, furnitur tak hanya menjadi pajangan saja, tapi juga menambah keindahan rumah tersebut.

Mumpung saat ini sedang WFH atau bekerja di rumah saja karena masih berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,  tentunya setelah pekerjaan selesai Anda memiliki waktu luang lebih banyak untuk memilih furnitur yang tepat untuk rumah Anda.

Khusus buat Anda yang memiliki rumah bergaya minimalis, simak ulasan berikut beberapa cara memilih furnitur yang tepat seperti dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sesuaikan Desain dan Ukuran Furnitur

furniture
Sesuaikan desain dengan ukuran furnitur

Furnitur memang bisa ditemukan dalam berbagai desain, mulai dari yang simpel hingga rumit. Selain itu, ukuran furnitur ini juga sangat beragam di pasaran.

Anda bisa menemukan beragam furnitur dalam ukuran mini hingga yang paling besar. Namun bagi Anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis, pemilihan desain dan ukuran furnitur ini akan menjadi hal yang sangat penting.

Konsep minimalis pada umumnya cocok dengan furnitur yang simpel, terlihat unik namun tetap sederhana. Selain itu, ukuran furnitur yang tidak terlalu besar akan menjadi sepadan dengan rumah minimalis yang pada umumnya hanya memiliki ruang terbatas. 

2. Pilihan Bahan Furnitur yang Tepat

Furnitur bisa saja ditemukan dalam berbagai bahan yang berbeda, seperti kulit, kayu jati, kaca, dan lainnya. Masing-masing bahan ini akan membutuhkan perawatan tersendiri dan Anda wajib mencermati dengan baik.

Bukan hanya proses dan waktu perawatannya saja, namun bisa saja Anda juga harus membutuhkan sejumlah dana untuk biaya perawatan furnitur tersebut. Pastikan Anda memilih furnitur dengan bahan yang tepat.

Untuk rumah minimalis, furnitur yang terbuat dari kayu bisa menjadi pertimbangan. Sehingga ruangan menjadi terlihat indah dan nyaman meski berukuran kecil.

Baca Juga: Menyulap Rumah Menjadi Penginapan Sederhana

3. Pertimbangkan Kualitas Bahan Furnitur

bahan furnitur
Pertimbangkan kualitas bahan furnitur

Masih berhubungan dengan bahan furnitur, Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas bahan tersebut. Bahan yang Anda pilih tentu akan menentukan masa pakai atau daya tahan furnitur itu sendiri.

Jika Anda menginginkan furnitur yang awet untuk jangka panjang, maka memilih bahan yang berkualias baik tentu sangat layak untuk dijadikan pertimbangan. Sebab furnitur dengan bahan yang berkualitas biasanya juga lebih awet.

4. Pilih Warna Furnitur yang Tepat

Untuk rumah minimalis Anda, sudah pasti Anda menginginkan paduan warna yang serasi antara ruangan dengan berbagai furnitur di dalamnya. Anda dapat menyesuaikan ini dengan mudah, yakni dengan menyesuaikan warna dasar dinding ruangan yang akan diisi dengan furnitur.

Pada umumnya rumah minimalis akan diisi furnitur dengan warna-warna netral, seperti putih, hitam, coklat muda, abu-abu, dan lainnya. Namun jika Anda ingin bereksperimen dengan berbagai warna yang lebih cerah, maka memilih furnitur dengan warna-warna pastel juga bisa menjadi pertimbangan. 

Baca Juga: 7 Tips Tinggal di Kontrakan Terasa Seperti Rumah Sendiri

5. Lihat Fungsi Furnitur dengan Baik

beli furnitur
Lihat fungsi furnitur dengan baik

Fungsi furnitur yang akan Anda beli menjadi poin tak kalah pentingnya untuk menjadi pertimbangan. Jangan hanya membeli yang cocok, namun tidak memiliki fungsi yang maksimal di rumah Anda.

Pilih furnitur yang nyaman dan dapat memberikan fungsi maksimal sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Sehingga pembelian yang Anda lakukan tepat sasaran.

6. Jangan Berpatokan pada Harga

Harga memang menjadi pertimbangan penting, namun tentu tidak selalu menjadi patokan utama. Furnitur yang mahal belum tentu berkualitas baik, atau bahkan bisa saja tidak cocok untuk rumah minimalis Anda.

Sesuaikan harga yang harus Anda bayarkan dengan kualitas dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari furnitur yang akan Anda beli. Belum tentu furnitur dengan harga mahal punya kualitas yang baik, begitu juga sebaliknya.

Pilih Furnitur yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan Rumah Anda

Memilih furnitur untuk rumah minimalis memang membutuhkan ketelitian. Luangkan waktu Anda untuk urusan yang satu ini, sehingga Anda bisa memilih dengan leluasa. Pilih furnitur terbaik dan sesuai dengan kebutuhan rumah minimalis Anda, agar pembelian yang Anda lakukan memberikan manfaat maksimal.

Berhubung masih PSBB dan hampir semua mall di tutup, Anda bisa memilih dan membeli furnitur secara online, mulai di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, www.acehardware.com, www.informa.co.id, www.dekoruma.com, dan masih banyak toko furnitur online lainnya. Selain bisa belanja furnitur dari rumah, Anda juga akan mendapatkan harga promo yang menarik.

Baca Juga: Biar Tak Salah Pilih, Ini Tips Beli 'Furniture' yang Tepat dengan Hemat 'Budget'