Ini Perkiraan Biaya Operasi Ganglion di Rumah Sakit Kota Besar Indonesia

Pernahkah kamu mendengar mengenai penyakit kista ganglion? Mungkin penyakit yang satu ini masih asing bagi sebagian orang. Namun, nyatanya kista ganglion dapat tumbuh secara tiba-tiba dan menyerang siapa saja.

Kista ganglion sendiri merupakan benjolan pada sendi yang berisi cairan dan tidak berbahaya. Meski demikian, kista ganglion dapat mengganggu aktivitas penderita dan mengganggu penampilan.

Apa Itu Kista Ganglion?

loader

Kista ganglion merupakan benjolan yang tumbuh di area sendi atau jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang (tendon). Benjolan ini berisi cairan berbentuk bulat atau oval dengan ukuran sekitar 2,5 cm yang biasanya tumbuh di pergelangan tangan atau kaki.

Walau berbentuk benjolan, kista ganglion bukan termasuk dalam keluarga kanker. Jadi, tidak membahayakan penderita. Meski demikian, kista ganglion bisa membesar seiring dengan peningkatan aktivitas.

Meski belum diketahui penyebabnya, terdapat beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita kista ganglion. Berikut gejalanya.

  1. Adanya benjolan di tangan bertekstur lunak.
  2. Benjolan dapat digerakan ketika ditekan.
  3. Kesemutan, mati rasa, dan otot terasa lemah.
  4. Benjolan dapat membesar.
  5. Jika benjolan menekan saraf, penderita akan merasa nyeri saat beraktivitas.

Nah, jika gejala-gejala dari kista ganglion tersebut sudah mengganggu, sebaiknya penderita segera memeriksakan ke dokter.

Kebanyakan kasus kista ganglion dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika kista ganglion sudah menimbulkan gejala dan mengganggu aktivitas sehari-hari dokter akan mengobatinya.

Terdapat dua cara untuk mengobati kista ganglion, yaitu aspirasi dan operasi. Aspirasi merupakan tindakan mengeluarkan cairan di dalam kista dengan menggunakan jarum. Sedot kista ini terbilang efektif tetapi masih ada kemungkinan kista ganglion muncul kembali di kemudian hari.

Operasi menjadi cara pengobatan yang efektif untuk kista ganglion. Pasalnya, selain menghilangkan kista ganglion, operasi juga efektif mencegah kemunculan kembali kista ganglion.

Prosedur Operasi Kista Ganglion

Layaknya operasi pengangkatan batu empedu, operasi kista ganglion bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu operasi terbuka dan operasi artroskopi.

Pada operasi terbuka, pasien akan mendapatkan sayatan sebesar kurang lebih 5 cm pada bagian yang terdapat benjolan, khususnya di sendi atau tendon. Hal ini dilakukan dokter untuk mengangkat kista ganglion.

Sementara itu, dokter akan membuat sayatan lebih kecil dan memasukan alat artroskopi ke dalam sayatan pada operasi artroskopi. Alat yang dilengkapi kamera ini akan memandu dokter menemukan lokasi ganglion. Kemudian, dokter akan menggunakan instrumen bedah untuk mengangkat kista ganglion.

Setelah operasi, dokter akan memasang bidai pada bagian yang dibedah untuk menjaga pergelangan dari benturan dan mengurangi rasa nyeri.

Perlu diingat, kedua operasi pengangkatan kista ganglion tersebut ditentukan oleh lokasi, jenis anestesi, dan pertimbangan dokter.

Biaya Operasi Kista Ganglion

loader

Seperti diketahui, operasi bedah membutuhkan biaya yang cukup mahal. Begitu juga dengan operasi kista ganglion. Harga operasi ganglion pun bervariasi tergantung dari rumah sakit dan kelas yang dipilih.

Selain itu, biaya operasi kista ganglion juga dipengaruhi oleh tingkat keparahan penyakit, kerumitan operasi, dan fasilitas yang diperoleh. Pada umumnya, biaya operasi kista ganglion berkisar dari Rp3 juta – Rp13 juta.

Berikut biaya operasi kista ganglion di beberapa kota Indonesia yang dapat menjadi rekomendasi untuk kamu.

  1. RSUD Depok : mulai dari Rp5 juta –Rp7 juta.
  2. RS Citra Medika Depok : mulai dari Rp9,3 juta.
  3. RS Permata Bekasi : mulai dari Rp3,24 juta.
  4. RS Harapan Mulia Bekasi : mulai dari Rp3,8 juta.
  5. RS Pantiwilasa Citarum, Semarang : mulai dari Rp4 juta –i Rp6 juta.
  6. RS Bedah Surabaya : sekitar Rp8 juta – Rp10 juta.
  7. RS Premier Surabaya ; mulai dari Rp50 juta.
  8. RSU Karisma Subang : mulai dari Rp14,5 juta.
  9. RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar: mulai dari Rp 5,3 juta.
  10. RS Sitti Khadijah III Makassar: mulai dari Rp12 juta.
Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Operasi Ganglion Menggunakan Asuransi Kesehatan

Meski terbilang cukup mahal, operasi kista ganglion bisa ditanggung oleh asuransi. Maka, pasien dapat mencari tahu mengenai berapa biaya dan kelas yang didapatkan kepada pihak asuransi sebelum tindakan operasi.

Melakukan operasi ganglion menggunakan asuransi kesehatan akan membantu keuangan kamu. Pasalnya, operasi kista ganglion tidaklah murah. Terlebih, jika operasi harus dilakukan secara mendadak. Jika tidak menggunakan asuransi kesehatan, bisa-bisa mengganggu kas bulanan atau kamu harus mencari pinjaman dahulu.

Operasi Ganglion Menggunakan BPJS Kesehatan

Selain menggunakan asuransi kesehatan, operasi kista ganglion juga bisa menggunakan BPJS Kesehatan. Berdasarkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini, pasien tidak perlu membayar biaya operasi kista ganglion.

Adapun alur yang dilakukan untuk menggunakan BPJS Kesehatan pada operasi adalah sebagai berikut.

  1. Dokumen persyaratan, seperti fotokopi KTP, KK, kartu JKN/BPJS Kesehatan.
  2. Mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), lakukan pendaftaran, dan berkonsultasi dengan dokter.
  3. Apabila FKTP tidak memiliki layanan pembedahan, pasien akan dirujuk ke faskes rekomendasi dokter. Pasien akan mendapat surat rujukan dari FKTP.
  4. Pasien datang ke faskes rujukan membawa surat rujukan. Kemudian, lakukan pendaftaran dan berkonsultasi dengan dokter spesialis di poliklinik.
  5. Setelah diperiksa, dokter akan memutuskan dilakukan operasi ganglion atau tidak.
  6. Jika harus dioperasi, dokter akan menjadwalkan waktu operasi beserta waktu rawat inapnya.

Operasi Kista Ganglion Aman dan Nyaman

Setelah mengetahui biaya dan prosedur operasi kista ganglion di atas, kamu bisa menentukan operasi seperti apa yang akan dilakukan. Baik menggunakan asuransi kesehatan maupun BPJS Kesehatan, operasi kista ganglion tidak membuat kamu rugi. Justru, kamu akan merasa aman dan nyaman.