Cari Tahu Kisaran Biaya Rumah Duka dan Tips agar Tak Salah Memilih

Ketika ada anggota keluarga yang meninggal dunia, hal tersebut tentu akan memberi luka yang cukup mendalam bagi pihak yang ditinggalkan. Meski begitu, demi memberikan tempat peristirahatan yang terbaik, selain menyiapkan prosesi pemakaman, terkadang mereka juga menyediakan rumah duka bagi orang yang sudah meninggal.

Akan tetapi, selayaknya prosesi pemakaman, biaya rumah duka ini juga perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Tergantung dari lokasi atau kota tempatmu tinggal, biaya rumah duka ini bisa sangat beragam dan perlu dipilih dengan mempertimbangkan berbagai macam hal. Pasalnya, jika sampai salah menentukan pilihan, tidak hanya berisiko membuat biaya rumah duka yang harus dibayar membludak, tapi juga kualitas fasilitasnya bisa jadi tidak maksimal. 

Karenanya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara atau tips memilih rumah duka yang tepat, dan kisaran biayanya. Nah, jika kamu ingin tahu informasinya, simak penjelasan tentang tips memilih rumah duka, persiapannya, hingga kisaran biaya rumah duka yang harus dikumpulkan berikut ini.

Baca Juga: Asuransi Jiwa: Pengertian, Manfaat, Jenis, Syarat Pengajuan, dan Tips Memilihnya 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Apa Itu Rumah Duka?

loader

Rumah Duka

Sebelum membahas tips memilih, persiapan, dan perkiraan biayanya, kamu mungkin masih asing dengan istilah rumah duka. Secara umum, rumah duka berarti lokasi untuk menyemayamkan orang yang telah meninggal sebelum dikubur atau dikremasi oleh pihak keluarga. Rumah duka ini juga berguna menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga, kerabat, maupun relasi dari orang yang meninggal dunia untuk memberi penghormatan terakhir. 

Lokasi dari rumah duka bisa ditentukan dengan menghubungi penyedia layanan rumah duka ini. Tentunya, kisaran biayanya beragam tergantung dari kapasitas ruangan, kualitas ruangan, hingga beragam aspek lainnya. Jadi, ketika memilihnya, kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keuangan. 

Tips Menentukan Rumah Duka yang Tepat

Selain biaya pemakaman, beberapa orang mungkin akan menyiapkan rumah duka. Meski begitu, dengan beragam layanan, kualitas ruang, dan juga kapasitasnya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih rumah duka ini. Agar tak salah menentukan pilihan, berikut 4 tips memilih rumah duka berikut ini.

  1. Cek Kebersihan dan Keamanannya

    Hal pertama yang wajib diperhatikan ketika memilih rumah duka adalah mengecek kebersihan dan juga keamanannya. Hal ini sangat penting untuk dipastikan karena tak pantas rasanya apabila kondisi rumah duka kotor dan tidak nyaman untuk dikunjungi. Kebersihan dan keamanan ini juga berhubungan dengan kelancaran dan kekhidmatan proses memberi doa dan penghormatan pada orang yang telah meninggal. 

  2. Perhatikan Pelayanan yang Diberikan

    Tips lainnya, perhatikan layanan apa saja yang diberikan oleh pihak penyedia rumah duka. Biasanya, ada beragam pilihan paket rumah duka yang menawarkan beragam layanan berbeda sesuai kebutuhan. Contohnya adalah pemulangan jenazah, penyediaan peti jenazah, transportasi keluarga dan jenazah, sampai pemberian konsumsi. 

    Dengan layanan yang lengkap, prosesi di rumah duka bisa berlangsung dengan lebih lancar. Lain halnya jika beragam layanan yang dibutuhkan masih harus disiapkan sendiri oleh pihak keluarga. Hal tersebut bisa membuat proses memberi penghormatan pada orang yang telah meninggal menjadi tidak optimal. 

  3. Adanya Ruang Istirahat Keluarga

    Sering dilewatkan, tapi pastikan jika rumah duka juga menyediakan ruang untuk istirahat bagi anggota keluarga. Melangsungkan sederet kegiatan selama di rumah duka pasti terasa sangat melelahkan, belum lagi dengan tekanan batin yang dirasakan. Tanpa adanya ruang istirahat, keluarga berisiko kelelahan dan memicu masalah lain yang lebih runyam. 

  4. Sesuaikan Biaya dengan Budget 

    Tips yang terakhir, pastikan untuk memilih rumah duka dengan biaya yang terjangkau dan sesuai budget. Ingat jika rumah duka ini bertujuan untuk mengenang orang yang telah meninggal tanpa menambah masalah lain pada keluarga yang ditinggalkan, termasuk terkait finansial. Biaya ini juga mencakup paket layanan yang dipilih.

Persiapan yang Harus Dilakukan Saat Anggota Keluarga Meninggal

Saat dalam situasi duka dan dipenuhi kesedihan, tidak sedikit orang merasa bingung tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan saat ada anggota keluarganya yang meninggal. Sebagai panduan, berikut beberapa hal dan kebutuhan yang harus disiapkan saat ada anggota keluarga yang meninggal. 

  1. Siapkan Rumah Duka

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rumah duka bisa menjadi tempat untuk memberi penghormatan terakhir untuk orang yang meninggal dunia sebelum dimakamkan atau dikremasi. Rumah duka ini juga bisa menjadi tempat untuk menerima tamu serta berkabung sehingga pihak keluarga juga tidak harus menggunakan rumah pribadinya untuk proses ini. 

    Memilih rumah duka atau funeral home juga tak boleh dilakukan secara sembarangan dan wajib menyesuaikan fasilitas yang disediakan dengan kebutuhan. Biasanya, penyedia rumah duka ini juga bisa membantu pihak keluarga yang ditinggalkan dalam menyiapkan segala kebutuhan pemakaman sesuai agama dan adat yang diinginkan, seperti peti serta prosesi upacaranya.

  2. Sewa Mobil Jenazah

    Selain rumah duka, hal lain yang perlu disiapkan ketika ada anggota keluarga yang meninggal adalah mobil jenazah saat diperlukan. Hal ini perlu dilakukan jika jarak antara rumah dengan tempat pemakaman relatif jauh dan perlu ditempuh dengan kendaraan. 

    Bedakan mobil jenazah dengan ambulans karena keduanya memiliki fungsi yang berlainan. Dengan mobil jenazah, anggota keluarga memiliki tempat duduk di sebelah jenazah agar bisa mendampingi selama di perjalanan. 

  3. Siapkan Jasa Pemakaman

    Tak kalah pentingnya, pastikan untuk menyiapkan pula jasa pemakaman, khususnya apabila rumah duka tak menyediakan layanan tersebut sekaligus. Umumnya, jasa pemakaman akan mempersiapkan segala kebutuhan, mulai dari upacara, ruangan, sampai pihak yang akan menguburkan atau mengremasi jenazah nanti. Dengan menggunakan jasa tersebut, keluarga yang ditinggal tak harus lagi mempersiapkan segala kebutuhan pemakaman dan dapat lebih fokus memberi penghormatan serta mengenang orang yang meninggal. 

    Yang perlu menjadi catatan, usahakan untuk memilih jasa pemakaman atau rumah duka yang tak terlalu jauh dengan rumah. Tujuannya agar prosesi pemakaman bisa berlangsung dengan lebih lancar dan mudah. 

    Baca Juga: Biaya Rumah Sakit Kian Mahal, Ketahui Cara Mengatur Strategi Keuangan untuk Siasati Naiknya Biaya Kesehatan

Perkiraan Biaya Rumah Duka di Jakarta

loader

Biaya Rumah Duka

Pada dasarnya, biaya rumah duka tidak bisa secara khusus dipatok di kisaran tertentu. Semuanya bergantung dari kebijakan penyedia layanan rumah duka serta beragam layanan yang disediakan. Biasanya, biaya rumah duka ini ditawarkan dengan model paket layanan yang diberikan oleh penyedianya. 

Sebagai contoh, untuk di kawasan Jakarta, biaya rumah duka ini bisa berada di kisaran jutaan rupiah. Perbedaan biaya tersebut bergantung dari lokasi dan kualitas rumah duka, serta layanan yang diberikan. Semakin mewah dan luas lokasi rumah duka, biayanya sudah pasti akan jauh lebih mahal dibanding yang menawarkan fasilitas yang standar. 

Misalnya, di salah satu penyedia rumah duka di Jakarta, kualitas layanan yang diberikan bisa dibilang cukup mewah dan lengkap. Dengan layanannya tersebut, biaya rumah duka yang dibanderol berkisar dari angka 6,5 juta rupiah sebagai paket lengkap bagi jenazah muslim. Sementara untuk jenazah non muslim, kisaran biaya rumah duka sekitar 15 juta rupiah.

Meski begitu, ada pula pilihan paket yang lebih mahal, seperti 20 juta atau bahkan 30 juta. Yang pasti, semakin mahal biaya pemakaman dan rumah duka yang dibebankan, fasilitas dan layanan yang diberikan juga jauh lebih lengkap dan mewah. 

Pada layanan rumah duka dengan harga 6,5 juta untuk jenazah muslim, atau 15 juta untuk jenazah non muslim, layanan yang diberikan terbilang cukup lengkap. Layanan dan fasilitas yang diberikan sudah mencakup peti mati, pemandian jenazah, ruang duka, sampai layanan rumah duka lengkap dengan proses pemakaman maupun kremasi. Sehingga, anggota keluarga yang ditinggalkan bisa lebih mudah dan praktis melangsungkan prosesi pemakaman dengan memilih jasa pemakaman dan membayar biaya rumah duka tersebut.

Yang terpenting, setelah mengetahui kisaran biaya rumah duka tersebut, usahakan untuk bisa mempersiapkan dananya ketika dibutuhkan. Bila perlu, siapkan biaya ini di tabungan khusus, ataupun asuransi, deposito, maupun investasi likuid agar bisa langsung digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan tanpa merepotkan pihak keluarga yang ditinggalkan.

Gunakan Layanan Rumah Duka agar Lebih Fokus Menyiapkan Upacara Pemakaman

Itulah penjelasan mengenai rumah duka, termasuk tips memilih dan kisaran biayanya. Walaupun mungkin membebankan biaya yang terbilang tinggi, tapi hal ini bisa memudahkan keluarga untuk mempersiapkan kebutuhan lain yang tak kalah penting. Misalnya adalah upacara pemakaman dan memberikan penghormatan terakhir.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis, Cara Beli hingga Cara Klaimnya