Bikin Melongo, Ini 8 Jenis Ras Kucing yang Harga Jualnya Capai Miliaran Rupiah

Sekarang ini hampir semua orang memiliki hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan di rumahnya, bisa menjadi teman bermain sekaligus obat dikala stres melanda. Salah satu hewan peliharaan yang paling banyak disukai, yaitu kucing.

Kucing memang menggemaskan, tapi perlu Anda tahu bahwa biaya yang dikeluarkan untuk memelihara kucing tidaklah sedikit. Apalagi kucing yang Anda adopsi adalah kucing-kucing dengan jenis ras tertentu yang harga jualnya sangat mahal.

Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui kucing jenis ras Persia saja yang mahal, nyatanya ada beberapa jenis ras kucing lainnya yang harganya selangit.

Penarasan kucing ras seperti apa saja? Simak ulasannya berikut ini mengenai urutan harga ras kucing dari yang jutaan hingga paling mahal sampai miliaran yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. American Shorthair

British Shorthair
American Shorthair

American shorthair adalah salah satu ras kucing berasal dari benua Eropa dan mulai dikembangkan di Amerika kemudian dikenal dengan nama American Shorthair seperti saat ini.

Adapun karakter kucing ras American Shorthair yang perlu diketahui, yaitu ceria, ramah, pintar berburu, memiliki keseimbangan yang baik, kaki pendek, berbadan besar dan warna corak yang sangat unik. Warna inilah yang membuat kucing American Shorthair sangat mahal, yaitu bisa mencapai Rp 10 juta.

2. British Shorthair

British Shorthair
British Shorthair

British Shorthair merupakan ras kucing Inggris tertua keturunan kucing Roma Kuno. Kucing ini dikenal dengan tubuh yang kuat, mata besar, bulu lembut, dan kepala yang bulat. Uniknya lagi, warna bulu kucing ini sama rata mulai dari kepala hingga buntut, yaitu abu-abu.

Sekarang ini, sudah banyak orang yang memelihara kucing jenis British Shorthair. Apalagi jenis kucing ini sudah banyak muncul di iklan TV dan juga di film-film luar negeri. Tak heran, bila kucing jenis ras British Shorthair ini dibandrol dengan harga Rp15 juta lebih

3. Sphynx

Sphynx
Sphynx

Kucing terlihat menggemaskan karena dari tingkah lakunya dan bulunya. Namun, bagaimana dengan kucing yang tidak memiliki bulu, alias hanya terlihat kulitnya saja? Mungkin sebagian orang melihatnya lucu, namun ada juga yang bilang menyeramkan. Kucing dengan ciri tersebut disebut dengan kucing ras Sphynx dengan harga jual mencapai Rp50 juta.

Meski tidak memiliki bulu, kulit kucing ras Sphynx ini memiliki corak yang beragam, misalnya ada yang berkulit pink polos seluruh badannya, ada yang bercorak abu-abu dan pink dan masih banyak lainnya.

4. Caracal

caracal
Caracal

Belakangan ini sudah mulai banyak orang yang memelihara kucing besar, salah satunya kucing berjenis ras Caracal yang harganya mencapai Rp150 juta hingga Rp200 jutaan.

Kucing ini berukuran sedang yang terbesar di Asia Barat, Asia Selatan dan Afrika. Ciri-ciri dari kucing Caracal ini antara lain, memiliki kuping yang lancip dan berwarna hitam, bulu pendek, padat dan warna bulu berwarna merah anggur, abu-abu dan seperti warna pasir. Sementara berat kucing Caracal ini bisa mencapai 20 kilogram untuk jantan dan berat betina bisa mencapai 11 kilogram.

Selain itu, makanan kucing Caracal ini tak seperti kucing pada umumnya yang memakan dryfood dengan berbagai merek. Kucing Caracal adalah hewan karnivora, yang berarti pemakan daging. Biasanya pemilik Caracal akan memberikan potongan daging ayam atau sapi.

5. Bengal

bengal
Bengal

Ras Kucing Bengal berasal dari campuran keturunan berbagai jenis seperti Abyssinian, American Shorthair, Burmese, Egyptian Mau dan Asian Leopard. Kucing Bengal ini termasuk tipe kucing yang gaduh, aktif dan senang bermain.

Selain itu, Bengal selalu ingin menjadi bos. Jadi, Anda harus benar-benar memahami tingkah lakunya tersebut agar bisa memberikan perawatan yang terbaik.

Menyoal harga, kucing Bengal ini bisa mencapai Rp300 juta lebih. Bagaimana tidak, kucing ini termasuk kucing hutan yang sangat langka. Kucing Bengal juga memiliki warna dan corak bulu yang sangat khas. Belum lagi, sekarang ini sudah banyak kontes kucing Bengal yang membuat harga Bengal bisa melambung tinggi.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Asuransi untuk Hewan Peliharaan, Benefit dan Cara Klaimnya

6. Savannah

savannah
Savannah

Savannah adalah salah satu ras kucing hibrida yang merupakan hasil persilangan dari kucing liar Serval dari Afrika dengan kucing domestik ras Siamese, Bengal, dan Egyptian Mau. Menyoal harga, kucing Savannah dibandrol harga Rp300 juta hingga Rp500 juta.

Harga yang selangit sesuai dengan keunikan yang dimiliki Savannah, di antaranya meski savannah adalah kucing yang memiliki tampilan liar dan buas, tapi Savannah memiliki kecerdasan yang tinggi. Selain itu, Savannah juga senang diperhatikan alias manja, mudah dilatih, penurut dan tidak agresif.

Savannah memiliki bulu yang tebal dengan warna kecoklatan tabby tutul, perak tabby tutul, hitam tutul dan hitam asap tutul. Tubuhnya besar, tinggi, ramping dan lentur.

7. Serval

serval
Serval

Kucing besar lain yang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai peliharaan adalah kucing jenis ras Serval. Harga kucing Serval ini bisa mencapai Rp300 juta hingga Rp1 miliar.

Tentu saja harganya selangit, sebab kucing Serval sangat langka dan harus didatangkan langsung dari habitat asalnya, yaitu di Afrika. Uniknya lagi, kucing Serval ini memiliki corak pada bulunya yang berupa totol hitam seperti macan tutul atau Cheetah.

Seperti kucing besar pada umumnya, kucing Serval ini aktif di malam hari. Namun, memiliki tingkah laku yang lebih aktif daripada kucing lainnya yang lebih suka tidur.

Baca Juga: Karakter Seseorang Bisa Dilihat dari Hewan Peliharaannya. Yuk, Cek Disini!

8. Ashera

ashera
Ashera via learnaboutcat.blogspot.com

Jenis ras kucing termahal lainnya adalah Ashera. Kucing Asher ini sudah menjadi kucing pertama termahal di dunia dengan harga jual yang mencapai Rp1,6 miliar. Wajar bila Ashera dibandrol miliaran, sebab banyak keunikan yang dimiliki.

Bukan hanya dilihat dari corak bulunya yang mirip dengan macan tutul, akan tetapi kucing Ashera ini merupakan kucing hibrida atau hasil genetic yang senagaja dibuat oleh manusia dan hanya satu perusahaan yang bertanggung jawab pencipta kucing ashera, yaitu Lifestyle Pets Co.

Kucing Ras Mahal Memiliki Perawatan Khusus

Setiap jenis ras kucing memiliki perawatan yang berbeda-beda, mulai dari membersihkan tubuhnya atau mandi, ruangan atau kendang, vaksinasi hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Termasuk ras kucing mahal yang memiliki perawatan khusus dan tidak bisa sembarangan. Untuk itu, bagi Anda yang benar-benar ingin memiliki peliharaan kucing dengan ras tertentu, pastikan dana yang Anda miliki cukup untuk membeli hingga perawatannya selama hewan peliharaan hidup.

Baca Juga: Kucing Anggora, Ketahui Ciri Fisik dan Tips Memelihara Binatang Imut yang Disukai Cat Lovers Ini