Bikin Sehat dan Cantik, Ini Manfaat Minyak Zaitun yang Perlu Diketahui!

Sudah menjadi rahasia umum, jika minyak zaitun kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Jika bertanya ke dokter, minyak apa yang paling sehat untuk digunakan. Mereka akan lebih merekomendasikan minyak zaitun ketimbang minyak kelapa sawit. 

Minyak zaitun tidak hanya mengandung lemak jenuh. Tetapi juga ada omega 6, asam lemak omega 3, dan asam oleat. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Waspadai Ancaman Serangan Jantung Diam-Diam dan Pahami Gejala-Gejalanya

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

loader

Olive Oil atau Minyak Zaitun

  1. Mencegah Kanker Kulit

    Salah satu manfaat minyak zaitun yang paling terkenal adalah mencegah penyakit kanker. Tinggi akan antioksidan, anti inflamasi, phenolic, dan vitamin e, minyak ini mampu mencegah penyakit kanker kulit.

    Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Karena merupakan bahan alami, pemakaian olive oil sebagai tabir surya bisa dilakukan setiap hari di seluruh bagian tubuh.

  2. Menurunkan Kolesterol

    Olive oil juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Kandungan-kandungan baiknya akan bekerja menurunkan kolesterol buruk (LDL) yang ada di dalam tubuh. Sedangkan secara bersamaan juga menjaga kolesterol baik (HDL) agar tetap stabil.

    Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda hanya perlu mengonsumsi 2 sendok makan oilive oil setiap harinya. Bisa diminum secara langsung atau dicampurkan ke dalam makanan. Seperti, salad.

  3. Mencegah Penyakit Jantung

    Polifenol tidak hanya bermanfaat untuk kulit. Zat ini juga berfungsi sebagai pencegah munculnya penyakit jantung. Apalagi jika pengonsumsiannya dilakukan secara rutin/setiap hari.

    Cara mengonsumsinya pun hampir sama seperti untuk mencegah kolesterol. Anda bisa meminumnya secara langsung atau mencampurkannya dengan makanan lain.

  4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Manfaat lainnya adalah, mencegah darah tinggi. Orang-orang banyak yang menerapkan diet mediterania yang memfokuskan diri untuk memakan sayur, kacang-kacangan, dan buah saja untuk menekan tekanan darah.

    Orang yang melakukan mediterania diet, terbukti memiliki tekanan darah yang cenderung normal. Hal ini juga yang dirasakan, jika seseorang rutin mengonsumsi olive oil

  5. Menghindari Serangan Stroke

    Mengganti minyak sehari-hari dengan minyak zaitun juga dapat menurunkan kemungkinan seseorang terkena stroke. Sebab olive oil akan membuat Anda terhindar dari penyumbatan pembuluh darah. Berbeda dengan efek yang diberikan minyak lain.

    Karena tidak menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah itulah, kemungkinan stroke pun akan semakin kecil. Olive oil bisa dimanfaatkan untuk menumis atau menggoreng makanan. Karena terdiri dari berbagai jenis, jangan lupa untuk memerhatikan olive oil jenis apa yang bisa digunakan untuk menumis dan menggoreng.

  6. Mencegah Terjadinya Obesitas

    Setiap diet, semua orang pasti akan diminta untuk mengurangi goreng-gorengan. Sebab minyak yang digunakan akan menambah lemak yang sudah ada. Padahal orang tersebut sedang fokus untuk mengurangi massa lemak yang ada di dalam tubuhnya.

    Berbeda dari minyak-minyak lainnya yang hanya menambah berat badan. Ketika dikonsumsi, olive oil tidak akan menambah berat badan seseorang. Antioksidan yang dikandung bahkan bisa membantu tubuh untuk mengolah lemak yang sudah ada.

    Oleh karena itu, orang-orang yang sedang melakukan program diet selalu memilih minyak zaitun untuk diolah bersamaan dengan makanannya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

    Seperti yang sudah kita semua ketahui, vitamin E merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit dan rambut.

    Sebelum mandi dan keramas, oleskan minyak pada kulit kepala secara merata. Lalu pijat secara perlahan.

    Setelah beberapa menit, silakan bilas dan cuci dengan sampo hingga bersih. Jika dilakukan dengan rutin, vitamin E akan membuat rambut semakin berkilau dan tebal. Tidak hanya itu, vitamin E juga akan membuat Anda terhindar dari uban dan rambut bercabang.

  2. Mengencangkan Kulit Wajah

    Di dalam minyak zaitun juga terdapat linoleic acid, zat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit. Semakin seimbangnya kadar air (lembap) kulit, maka Anda juga akan terhindar dari penuaan dini.

    Selain itu, kandungan polifenolnya juga berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel yang ada di kulit wajah. 

    Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda cukup mencampurkan minyak ini dengan madu dan mengoleskannya sebagai masker. Pemakaian secara rutin akan memberikan efek yang maksimal.

    Namun, ada beberapa kulit yang tidak cocok dengan olive oil. Jadi, jika setelah beberapa kali pemakaian ada iritasi yang terjadi. Silakan hentikan pemakaian.

  3. Mengecilkan Pori-Pori di Kulit Wajah

    Zat linoleic juga bekerja untuk mengecilkan pori-pori di wajah Anda. Terutama jika Anda memiliki pori-pori wajah yang cukup besar dan terbuka.

    Cara pemakaiannya juga tidak jauh berbeda yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan olive oil dengan satu sendok teh madu. Lalu bilas permukaan wajah dengan air hangat. Setelah itu, oleskan campuran tadi secara merata. 

  4. Mengobati Jerawat

    Ketika diaplikasikan secara langsung ke kulit, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Zat antioksidan, anti bakteri, dan polifenol yang ada di dalamnya bekerja bersamaan untuk menghilangkan jerawat. Sehingga jerawat di kulit pun akan mulai menghilang secara perlahan.

    Cara menggunakannya pun sangat mudah:

    • Ambil satu sendok makan minyak zaitun. 
    • Usapkan minyak tersebut ke area yang berjerawat. 
    • Pijat secara perlahan selama beberapa menit. 
    • Kemudian usap bilas dengan kain hangat. 
  5. Menjaga Kelembapan Kulit

    Minyak zaitun tidak hanya melindungi kulit wajah seseorang dari sinar ultraviolet secara langsung. Tapi juga bisa menjaga kelembapan kulit di seluruh bagian tubuh agar kulit tidak menjadi kering.

    Caranya, dengan menjadikan minyak ini sebagai body lotion

Baca Juga: Di Rumah Aja Wajah Tetap Glowing, Ini 7 Toner Wajah Pilihan yang Patut Dicoba

Berapa Lama Minyak Zaitun Bisa Digunakan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh minyak zaitun. Tidak hanya dalam menjaga kesehatan, minyak ini juga sangat ampuh untuk menjaga penampilan seseorang agar tetap menawan.

Namun, alangkah baiknya jika minyak zaitun yang baru dibeli segera digunakan. Sebab manfaat minyak zaitun akan berkurang seiring berjalannya waktu. Apalagi jika dipanaskan dan berubah warna menjadi hitam.

Selalu simpan botol olive oil Anda di tempat bersuhu ruangan. Jangan sampai terkena sinar langsung dari matahari. Minyak zaitun sendiri akan berkurang manfaatnya ketika sudah disimpan setidaknya selama 1 tahun. 

Tips Membeli Olive Oil yang Bagus

Selalu beli minyak zaitun yang sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dan/atau yang dijual di toko-toko terpercaya. Semua itu dilakukan agar Anda lebih yakin akan kandungan yang ada di dalam produk yang dibeli. Sehingga tidak tertipu atau bahkan merusak kulit dan bagian dalam tubuh.

Baca Juga: Minyak Kutus Kutus, Produk Healing Oil yang Manjur Menyembuhkan Beragam Penyakit Kronis