Bisnis Konsultan: Tugas, Tanggung Jawab, Skill dan Tips Suksesnya

Bisnis konsultan kerap menjadi pilihan profesi sebagian orang, terutama mereka yang tertarik dan sekaligus memiliki pemahaman yang baik terkait dunia bisnis itu sendiri. Konsultan bisnis bisa saja bekerja secara mandiri dan biasanya disebut sebagai konsultan independen.

Namun jika tertarik dengan profesi yang satu ini, tentu perlu memahami dengan baik apa itu bisnis konsultan dan bagaimana pekerjaan yang satu ini dijalankan. Ini bisa saja menjadi profesi yang tepat, terutama bagi yang ingin bekerja independen dan tidak ingin bekerja sebagai karyawan orang lain. 

Bisnis konsultan adalah sebuah bisnis (pekerjaan) yang dilakukan dengan cara memberi bimbingan pada sebuah perusahaan atau seseorang yang menjalankan sebuah bisnis. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka mengartikan apa itu konsultan bisnis tentu akan menjadi lebih mudah. Jika bisnis konsultan adalah pekerjaan yang memberikan bimbingan, maka konsultan bisnis adalah seseorang yang memberikan bimbingan tersebut. 

Bisnis konsultan tidak hanya untuk sekedar memberikan masukan kepada perusahaan, namun juga harus bisa memberi berbagai solusi atas masalah-masalah yang dihadapi perusahaan itu sendiri. 

Untuk memperjelas apa itu bisnis konsultan, maka bisa dikatakan bahwa ini adalah sebuah bisnis yang dibutuhkan oleh bisnis-bisnis (perusahaan) lainnya yang ingin mendapatkan layanan konsultasi atas rencana dan pengembangan bisnis perusahaan tersebut. 

Konsultan bisnis bisa menjalankan pekerjaan secara mandiri, di mana yang bersangkutan menerima proyek dan menyelesaikan setiap proyek tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak pemilik bisnis (perusahaan).

Bisnis konsultan juga bisa dijalankan dengan cara freelancer. Namun dalam sejumlah kasus, seringkali seorang konsultan bisnis harus mendatangi perusahaan klien dan menyelesaikan berbagai pekerjaan di sana secara langsung. Hal ini tentu tergantung pada kebutuhan klien dan kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya. 

Uraian di atas tentu cukup menjelaskan apa itu konsultan bisnis dan apa itu bisnis konsultan dengan sangat jelas, bukan? 

Baca Juga: Konsultan Pajak: Penjelasan, Jenis-Jenis Layanan dan Keuntungannya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tugas Seorang Bisnis Konsultan 

loader

Konsultan Bisnis

Berikut ini adalah beberapa tugas yang harus diselesaikan oleh seorang konsultan bisnis: 

  1. Menyediakan Layanan Konsultasi Bisnis

    Sebagaimana namanya, jelas profesi ini akan menyediakan layanan konsultasi bisnis bagi pebisnis atau perusahaan yang membutuhkannya. Tugas yang satu ini sekaligus mewajibkan bisnis konsultan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan baik terkait dunia bisnis itu sendiri. Hal ini akan memudahkannya untuk memahami berbagai data dan permasalahan klien. 

  2. Melakukan Identifikasi Terhadap Masalah 

    Bisnis konsultan adalah seseorang yang harus mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi klien, termasuk melakukan evaluasi pada keuntungan maupun kerugian dari aktivitas bisnis klien tersebut. Semua ini akan membantu bisnis konsultan lebih mudah untuk mencari solusi bagi permasalahan-permasalahan tersebut. 

  3. Memberi Solusi untuk Semua Permasalahan Klien  

    Jika sudah melakukan identifikasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi klien, maka konsultan bisnis harus melakukan analisis terhadap berbagai masalah tersebut. Selanjutnya, konsultan bisnis harus mampu memberikan solusi untuk berbagai permasalahan tersebut. 

  4. Menyusun Rencana Bisnis dan melihat peluang yang ada

    Setelah semua langkah di atas, seorang konsultan juga harus mampu melihat peluang yang terdapat di dalam bisnis tersebut. Bisnis konsultan juga wajib menyusun sebuah rencana pengembangan bisnis yang baru bagi klien, termasuk menentukan cara terbaik untuk mencapai angka penjualan maksimal.

  5. Aktif Menjalin Komunikasi dengan Klien 

    Dalam menjalankan tugasnya, konsultan bisnis juga harus memiliki kemampuan yang baik untuk menjalin komunikasi dengan klien. Hal ini akan membantu yang bersangkutan untuk bisa konsisten memberi berbagai informasi yang bertujuan untuk memajukan perusahaan tersebut.

    Baca Juga: Penasihat Investasi: Pengertian, Jenis, Hingga 21 Penasihat Terdaftar APII

Tanggung Jawab Seorang Konsultan Bisnis

Untuk memahami apa itu bisnis konsultan dengan baik, maka mengetahui berbagai hal yang menjadi tanggung jawabnya tentu jadi sesuatu yang penting. Hal ini sekaligus akan membantu untuk memahami dengan baik peran profesi ini di dalam perusahaan klien yang sedang ditangani. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi tanggung jawab seorang konsultan bisnis: 

  • Menyusun serta melaksanakan berbagai proyek bisnis di dalam layanan perusahaan klien, seperti: pelaksanaan rekrutmen, penggajian, kegiatan kampanye promosi, dan yang lainnya. Berbagai hal tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Melakukan pertemuan dengan klien yang ditangani, untuk membicarakan penilaian awal terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh klien tersebut.
  • Mengumpulkan berbagai informasi terkait bisnis yang dijalankan klien. Hal ini biasanya dilakukan dengan berbagai cara, seperti: observasi, sesi wawancara, melakukan survei, membaca laporan, dan yang lainnya. 
  • Membuat analisis serta menginterpretasikan berbagai data untuk menyelesaikan masalah-masalah, mengeksplorasi berbagai kelemahan dan mencari berbagai penyebab di baliknya. 
  • Memberi rekomendasi serta solusi bagi klien, di mana hal ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti: keinginan klien, kemampuan dan juga limit yang dimiliki klien. 
  • Memberikan hasil serta saran bisnis yang memadai dan praktis. 
  • Melakukan pengembangan rencana bisnis dengan rinci untuk mendorong terjadinya perubahan di dalam bisnis tersebut. 
  • Membantu klien untuk menjalankan rencana serta melakukan penyesuaian atas rencana tersebut. 
  • Memberi saran terkait berbagai isu dan menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di perusahaan klien. 

Skill yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Bisnis Konsultan 

Memahami tentang apa itu konsultan bisnis tentu akan lebih mudah jika mengerti dengan baik apa saja skill yang dimiliki oleh mereka. Berbagai skill inilah yang akan membantu seorang konsultan bisnis untuk menjalankan profesinya dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang bisnis konsultan: 

  1. Kemampuan dalam menjalin komunikasi merupakan salah satu skill penting bagi profesi ini. Hal ini akan membantu konsultan bisnis untuk lebih mudah memberikan berbagai informasi terkait dengan bisnis klien tersebut.
  2. Seorang konsultan bisnis juga wajib memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan perangkat lunak dalam manajemen bisnis, seperti: CRM, Basis Data, ERP Software, dan yang lainnya. 
  3. Menguasai pengetahuan bisnis yang cukup luas, sebab konsultan bisnis harus mampu menyusun strategi dan menentukan target bisnis yang dapat digunakan oleh klien untuk jangka panjang. 
  4. Mampu melakukan analisa data dengan baik, sehingga bisa memberikan konsultasi terkait bisnis klien secara relevan berdasarkan data-data yang valid.
  5. Menguasai strategi pemasaran serta penjualan dalam bisnis, termasuk mengupayakan bagaimana cara tepat untuk mendapatkan laba dari bisnis tersebut. 
  6. Memiliki kemampuan untuk meyakinkan klien, sehingga bisa memberikan pengertian dan mendapatkan persetujuan atas strategi yang ditawarkan kepada klien. 
  7. Memiliki pengetahuan yang memadai terkait bisnis, seperti: bidang pemasaran, SDM, IT, dan yang lainnya. 
  8. Harus memiliki manajemen waktu yang sangat baik.

Tips Sukses Menjadi Seorang Bisnis Konsultan 

loader

Suksen Menjadi Konsultan Bisnis

Pengertian tentang apa itu bisnis konsultan tentu sudah cukup jelas berdasarkan semua penjelasan di atas. Namun jika ingin sukses, maka belajar tentang apa itu konsultan bisnis saja tentu tidak cukup.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses dalam menjalankan profesi sebagai Bisnis Konsultan

  • Kenali setiap klien dengan baik, termasuk bisnis yang dijalankannya. Hal ini akan mempermudah untuk menangani masalah klien itu sendiri. 
  • Juallah hasil kerja kepada klien, bukan jasa/ layanan yang diberikan. Tawarkan rate untuk hasil akhir yang bisa diberikan kepada klien, bukan rate untuk layanan per jam atau per minggu atas jasa konsultan tersebut.
  • Dapatkan penilaian yang baik dari setiap klien yang ditangani.
  • Lihat dan pahami dengan baik apa saja langkah yang dilakukan oleh kompetitor di dalam layanan bisnis konsultan tersebut, hal ini akan membantu untuk melakukan evaluasi dalam layanan bisnis. 
  • Cari dan temukan partner bisnis yang terbaik dan tepat.
  • Buat konten dan promosikan bisnis konsultan yang dijalankan dengan cara yang tepat.
  • Buat seminar atau event terkait layanan bisnis konsultan yang dijalankan, agar lebih banyak orang/ calon klien yang mengetahuinya. 

Pahami apa itu Konsultan Bisnis dengan Tepat 

Bisnis konsultan adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan cara memberi konsultasi kepada pebisnis/ perusahaan lain. Bisnis ini cukup banyak dicari, sehingga peluang karir di bidang ini memang cukup menjanjikan. Jika ingin sukses sebagai seorang konsultan bisnis, pastikan untuk mempelajari dan memahami dengan baik seluk beluk profesi yang satu ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Konsinyasi: Pengertian, Kelebihan serta Kekurangan, Contoh dan Tips Kerja Samanya