Redakan Gejala Flu Hingga Sakit Kepala, Pahami Manfaat, Efek Samping, dan Kandungan Bodrex

Ketika merasa tidak enak badan, tidak selamanya orang pergi ke dokter. Jika sakitnya hanya ringan, misalnya flu atau sakit kepala, orang biasanya memilih untuk sekadar beristirahat dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Jika sakitnya dirasa agak mengganggu, orang akan mencari obat, seperti Bodrex. Obat warung yang satu ini memang cukup populer di masyarakat. Selain karena harganya yang terjangkau, produk ini juga memiliki banyak varian.

Meskipun sudah cukup dikenal luas, tidak ada salahnya jika kamu mengenal produk ini dengan lebih baik sebelum menggunakannya. Berikut penjelasan lengkap soal Bodrex, mulai dari manfaat masing-masing varian, efek samping, hingga cara pemakaian yang benar.

Baca juga: Panadol: Manfaat, Varian, hingga Efek Sampingnya

Apa itu Bodrex?

loader

Obat Sakit Kepala

Jika mendengar kata Bodrex, mayoritas orang akan langsung bisa membayangkan apa fungsi dari obat ini. Pasalnya, obat sakit kepala ini sudah hadir di tengah masyrakat sejak tahun 1970. Orang-orang tua bahkan otomatis menyebut merek ini sebagai obat jika mengalami sakit kepala. 

Obat yang identik dengan bungkus berwarna merah ini masuk ke dalam kategori obat antidemam dan antinyeri. Tergolong sebagai obat bebas terbatas, obat ini hadir dalam tiga bentuk, yakni sediaan sirup, kaplet, dan tablet.

Karena memiliki cukup banyak varian, kandungan obat ini sendiri cukup beragam. Obat ini mengandung paracetamol, caffeine, ibuprofen, phenylephrine HCL, Dextromethorphan HBr, hingga bahan-bahan herbal, seperti jahe, kencur, jeruk nipis, madu, dan daun sembung.

Varian Bodrex Untuk Sakit kepala

  • Bodrex

Varian ini merupakan obat sakit kepala yang telah dipercaya sejak 1970. Kegunaan varian ini adalah untuk meredakan sakit, meredakan demam, dan meringankan sakit gigi. Kandungan varian ini adalah paracetamol dan caffeine

Adapun dosis penggunaan obat ini adalah 1 tablet, 3 sampai 4 kali sehari untuk dewasa. Sementara untuk anak di atas 12 tahun, dosis penggunaannya adalah 1 tablet 3-4 kali sehari. Untuk anak usia 6-12 tahun, dosis penggunaannya adalah 0.5-1 tablet yang diminum 3-4 kali sehari.

  • Bodrex Migra

Jika melihat namanya, kamu mungkin sudah bisa menebak untuk jenis sakit kepala apa produk ini dibuat. Varian ini memang dihadirkan untuk mengatasi migrain alias sakit kepala di satu sisi. Di dalamnya terkandung tiga bahan aktif, yakni paracetamol, propyphenazone, dan caffeine. Untuk dewasa, dosis penggunaannya adalah 1 kaplet yang diminum 3 kali sehari.

  • Bodrex Extra

Varian ini hadir untuk mengobati sakit kepala yang mencengkeram. Obat ini mengandung tiga bahan aktif yakni paracetamol, ibuprofen, dan caffeine. Untuk anak di atas 12 tahun dan dewasa dapat meminum obat ini sebanyak 1-2 tablet dan diminum 3-4 kali sehari.

  • Bodrex Demam

Varian terakhir untuk sakit kepala adalah Bodrex Demam. Sesuai namanya, obat ini memang dihadirkan untuk menurunkan demam atau panas, termasuk untuk yang muncul usai vaksinasi. Selain itu, varian ini juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Bodrex Demam mengandung paracetamol 650 mg. Untuk dewasa, obat ini diminum 1 kaplet 3 kali sehari.

Varian Bodrex Herbal

  • Bodrex Herbal Batuk

Varian ini merupakan obat yang berbentuk cair yang terbuat dari bahan-bahan alami. Obat ini dibuat untuk mengatasi batukKandungan bahan di dalamnya pun cukup banyak, seperti jahe, kencur, jeruk nipis, thymi, akar manis, madu, daun sirih, daun sembung, dan peppermint oil. Minum varian ini dengan dosis 3 kali sehari, 1 sachet (15 ml).

  • Bodrex Herbal Sakit Kepala

Selain untuk mengatasi batuk, terdapat pula varian herbal untuk sakit kepala. Berbagai bahan alami pun digunakan untuk bisa menghasilkan Bodrex Herbal Sakit Kepala. Obat herbal ini hadir dalam bentuk tablet salut selaput dan cair. Obat ini mengandung feverfew extract, willow bark extract, dan guarana extract. Dosis penggunaan untuk dewasa adalah 1 sampai 2 tablet salut selaput dan diminum 3 kali sehari sesudah makan.

Varian Bodrex Flu & Batuk

  • Bodrex Flu & Batuk PE

Sesuai dengan namanya, varian Bodrex Flu & Batuk PE hadir untuk meredakan sakit kepala, hidung tersumbat serta batuk tidak berdahak. Obat ini diklaim tidak membuat ngantuk sehingga aman dikonsumsi meskipun akan beraktivitas. 

Untuk varian Bodrex Flu & Batuk PE ini,  hadir dalam dua sediaan, yakni cair dan kaplet. Varian ini mengandung paracetamol, phenylephrine HCL dan dextromethorphan HBr. Untuk dewasa, minum obat ini sebanyak 15 ml 3 kali sehari, jika obatnya cair atau minum sebanyak 1 kaplet 3 kali sehari.

  • Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE

Dari namanya kamu pasti sudah bisa menebak untuk apa varian ini dibuat. Dalam klaimnya, Bodrex mengatakan bahwa ini merupakan varian yang bisa diandalkan untuk meredakan batuk berdahak dan flu tanpa ngantuk.

Sama seperti varian sebelumnya, obat ini juga hadir dalam dua sediaan, yakni kaplet dan sirup. Obat ini berisi paracetamol, phenylephrine HCl, guaifenesin, dan Bromhecine HClUntuk dewasa, minum obat ini sebanyak 15 ml 3 kali sehari, jika obatnya cair atau minum sebanyak 1 kaplet 3 kali sehari.

  • Bodrex Flu

Varian ini diklaim mampu meredakan flu tanpa ngantuk. Berbeda dengan dua varian Flu & Batuk lainnya, Bodrex Flu hanya tersedia dalam bentuk kaplet. Untuk setiap kapletnya mengandung paracetamol dan phenylephrine HCl. Untuk dewasa, minum 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari.

Efek Samping Bodrex

loader

Efek Sampign Obat

Sama seperti obat lainnya, Bodrex juga dapat menimbulkan efek samping meskipun jarang terjadi. Efek samping Bodrex juga tergantung dari varian yang dikonsumsi. Misalnya, varian Bodrex Flu dan Batuk yang dapat menyebabkan sulit tidur, mulut kering, mual, gelisah, dan tremor.

Sementara untuk varian Bodrex Extra bisa menyebabkan mual, muntah, nyeri perut, gangguan penglihatan (misal pandangan kabur atau sulit membedakan warna), sampai gangguan hati. Jika efek samping yang dirasakan memburuk atau muncul gejala alergi obat, segera kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Harga Bodrex Merakyat

Jika berbicara soal harga, obat ini merupakan salah satu obat yang bisa dibeli oleh semua kalangan. Harga Bodrex dibanderol mulai dari Rp2.000 sampai dengan Rp12.000, tergantung dari varian yang dipilih.

Kontraindikasi Bodrex

Meskipun tergolong obat bebas, Bodrex bukan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Gunakan obat ini hanya ketika dibutuhkan dan sesuaikan penggunaan dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Jika perlu konsultasikan dengan dokter. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan. Simpan obat di tempat sejuk dan kering.

Selain itu, kamu juga harus mewaspadai interaksi obat yang mungkin terjadi. Misalnya, jika dikonsumsi bersama dengan minuman alkohol, leflunomide, atau lopitamide, obat ini dapat meningkatkan risiko kerusakan hati. Kemudian, Bodrex Extra jika dikonsumsi bersama methotrexate atau lithium dapat meningkatkan risiko keracunan obat. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini Deskripsi, Manfaat, dan Dosis Pakai Imboost

Harga Bodrex Terjangkau dengan Banyak Varian

Bodrex hadir sebagai salah satu obat dengan harga terjangkau. Banyaknya varian yang ditawarkan juga membuat produk ini semakin dikenal luas oleh masyarakat. Apalagi, obat ini juga dijual bebas sehingga sangat mudah untuk didapatkan.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa bebas mengonsumsinya. Tetap ikuti petunjuk penggunaan obat dan sesuaikan varian yang dikonsumsi dengan keluhan yang dialami. Perhatikan juga efek samping apa yang mungkin dirasakan agar kamu bisa mengantisipasi.