BRI Mobile dan SMS Banking BRI serta Cara Aktivasi dan Menggunakannya

Sama seperti bank lainnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut mengembangkan layanan transaksi berbasis teknologi. Terlebih sejak BRI membeli satelit yang menjadikan layanannya lebih luas lagi cakupannya. Kini semua nasabah BRI bisa memanfaatkan BRI Mobile dengan berbagai aplikasi terbaru yang dapat membantu transaksi perbankan menjadi lebih singkat dan lebih mudah karena dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. 

Bagi Anda yang sudah familiar dengan internet banking mungkin sudah tidak jadi masalah saat menggunakan aplikasi BRI Mobile. Namun, bagi yang masih awam, khususnya BRI Mobile, Anda mungkin membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam menggunakannya.

Baca Juga: Cara Mudah dan Lengkap Cek Saldo Bank BRI

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sekilas tentang BRI Mobile

  BRI Mobile
Ilustrasi BRI Mobile via appagg.com 

BRI Mobile adalah sebuah aplikasi yang di dalamnya terdapat beberapa layanan e-Banking BRI. Aplikasi ini dapat dijalankan dan diakses melalui ponsel pintar. Layanan yang disediakan di BRI Mobile, meliputi Mobile Banking, Internet Banking, Call BRI, dan Info BRI, serta T-Bank BRI. Layanan tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan hadirnya BRI Mobile, transaksi bank seperti dalam genggaman. Menggunakan BRI Mobile lebih hemat, tidak dikenakan biaya alias gratis. Sementara menggunakan IB, ada biaya m-Token sebesar Rp550 yang dipotong dari pulsa Anda. Menariknya lagi ada fitur atau layanan T-Bank bagi Anda yang tidak memiliki rekening bank. Jadi Anda tetap bisa melakukan transfer dan tarik tunai lewat nomor ponsel sebagai 'rekening bank.'

Kelebihan dan Fitur BRI Mobile

BRI Mobile
BRI Mobile via Website Resmi BRI

Beberapa keunggulan BRI Mobile, antara lain:

1. BRI Mobile, termasuk layanan mobile banking dan internet banking BRI dapat diakses, baik melalui jaringan internet GPRS/EDGE/3G/Wi-Fi ataupun SMS. BRI Mobile lebih mudah digunakan karena telah menggabungkan dua aplikasi di dalam satu aplikasi.

2. Semua transaksi keuangan lewat BRI Mobile dijamin keamanannya karena dilengkapi dengan PIN, baik pada mobile banking maupun internet banking. Dilengkapi dengan mTOKEN sebagai kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna internet banking untuk dapat melakukan transaksi keuangan.

3. Aplikasi ini mendukung fitur Daftar Pembayaran. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang secara rutin melakukan pembayaran tagihan ataupun pembayaran lainnya melalui rekening BRI. Cukup simpan daftar pembayaran di fitur ini dan selanjutnya Anda tidak perlu lagi memasukkan data-data yang diperlukan.

4. BRI Mobile menyediakan fasilitas Daftar Transfer. Fitur ini sangat berguna bagi yang secara rutin harus mengirim sejumlah dana ke nomor rekening BRI maupun non-BRI. Anda juga lebih mudah melakukan transfer karena tidak perlu lagi mengisi nomor rekening tujuan yang sama berulang kali.

4. Fitur ATM Locator di BRI Mobile akan membantu Anda mengetahui posisi ATM terdekat dengan menggunakan GPS.

5. Keamanan transaksi lebih dipermudah dengan adanya fitur Notifikasi Transaksi. Fitur ini merupakan fitur opsional yang dapat digunakan untuk menyimpan notifikasi transaksi bagi nasabah.

6. Fitur T-Bank semakin melengkapi aplikasi BRI Mobile Anda untuk melakukan transaksi keuangan.

Sekilas Mengenai T-Bank BRI

T-Bank BRI
T-Bank BRI via bumn.go.id

T-Bank BRI merupakan layanan hasil kerja sama antara Bank BRI dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Adalah layanan yang menggunakan nomor ponsel sebagai nomor rekening. Dengan mendaftar sebagai member T-Bank, Anda bisa menikmati layanan transfer dan tarik tunai tanpa harus memiliki rekening bank BRI. Syarat utama untuk bisa menikmati T-Bank BRI adalah Anda harus menggunakan kartu SIM Telkomsel.

Beberapa kemudahan yang diberikan T-Bank BRI, antara lain isi saldo (bagi nasabah BRI) melalui e-Channel BRI, transfer dan tarik tunai, dan lainnya di agen-agen T-Bank. Enaknya lagi pengguna dibebaskan dari biaya administrasi bulanan. Dengan T-Bank, Anda bisa berbelanja, tarik tunai, melakukan pembayaran, dan transfer tanpa harus memiliki rekening di BRI. Informasi lengkapnya di https://promo.bri.co.id/main/product/main/tbank

Syarat dan Ketentuan BRI Mobile

Untuk bisa menikmati kemudahan BRI Mobile, ada syarat dan ketentuan yang berlaku, antara lain:

1. Anda harus memiliki rekening simpanan di BRI. Jenis rekening simpanan bisa Tabungan BRI Britama, Tabungan BRI Junior, Tabungan Giro BRI, ataupun Tabungan BRI Simpedes.

2. Setelah memiliki salah satu rekening di atas, Anda wajib memiliki kartu ATM BRI yang masih aktif.

3. Selain itu, untuk bisa melakukan transaksi keuangan melalui BRI Mobile, Anda juga harus melakukan registrasi mobile banking dan internet banking melalui ATM dan Unit Kerja BRI.

4. Agar proses registrasi lebih mudah, sebaiknya Anda datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat untuk registrasi kedua fitur tersebut. Anda akan diarahkan petugas bank sampai urusan selesai.

Baca Juga: Ingin Menggunakan BRI Syariah Mobile Banking? Kenali Layanannya

Cara Mendapatkan Aplikasi BRI Mobile

Mobile Banking
Ilustrasi Mobile Banking via shutterstock.com

BRI Mobile mendukung ponsel pintar dengan sistem operasi Android, iOS (iPhone), Windows Phone, dan BlackBerry. Untuk ponsel Android, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store. Di BlackBerry Word untuk aplikasi BRI Mobilr di ponsel BlackBerry. Untuk Windows Phone, unduh di Windows Phone Store. Sementara untuk iOS (iPhone), Anda bisa mencari aplikasi tersebut di AppStore. Setelah diunduh, jalankan aplikasi tersebut dan nikmati kemudahannya.

Cara Daftar dan Aktivasi BRI Mobile

Menikmati BRI Mobile sangat mudah. Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur SMS banking dan internet banking dengan registrasi di kantor BRI di mana Anda membuat rekening. Atau Anda bisa mendaftar internet banking melalui ATM terlebih dahulu, kemudian baru datang ke kantor BRI untuk mengaktifkan internet banking.

Sampai di sini Anda sudah memiliki akses ke internet banking (melalui komputer, notebook, dan gadget lainnya). Akan tetapi, Anda belum bisa menggunakannya melalui BRI Mobile. Selanjutnya, agar dapat menikmati fitur BRI Mobile, langkah-langkahnya seperti berikut ini:

1. Login ke internet banking BRI dari komputer, netbook, atau ponsel Anda (ib.bri.co.id).

2. Setelah Anda login, cari menu Daftar BRI Mobile dan klik.

3. Lakukan sesuai dengan instruksi (pengisian data, konfirmasi data, transaksi selesai).

4. Logout (keluar) dari dari akun di internet banking versi desktop.

5. Cek pesan masuk di ponsel Anda dari BRI yang berisi link download aplikasi BRI Mobile.

6. Setelah aplikasi diunduh, buka aplikasi tersebut.

7. Pada menu utama, Anda dapat melihat berbagai macam pilihan menu, yaitu info BRI, internet banking, mobile banking, Call BRI, dan T-Bank.

8. Pilih Internet BRI jika Anda ingin bertransaksi menggunakan jaringan internet.

9. Kemudian pilih aktivasi IB Mobile BRI.

10. Jika sukses, Anda akan menerima SMS notifikasi bahwa BRI Mobile sudah aktif dan siap digunakan untuk transaksi keuangan.

Layanan SMS Banking dari BRI

SMS Banking BRI

Ilustrasi SMS Banking via shutterstock.com 

Selain BRI Mobile, bank pelat merah ini juga memberikan fitur layanan SMS banking. Nasabah BRI bisa melakukan pendaftaran dan aktivasi layanan SMS banking, dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat atau aktivasi melalui ATM BRI. Jika datang ke kantor cabang BRI, Anda tinggal menyampaikan ke customer service agar dibantu untuk proses pendaftaran dengan melengkapi persyaratan yang diminta. Bagi nasabah yang sibuk atau malas antre di bank, mendaftar melalui ATM adalah pilihan yang tepat.  

Proses Pendaftaran SMS Banking BRI

Proses pendaftaran SMS Banking BRI dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mendaftar di Unit Kerja BRI atau melalui ATM BRI. Berikut ini prosesnya:

Pendaftaran melalui unit kerja BRI

Registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (kantor cabang, KCP, KK, dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang bersifat finansial, seperti transfer antar rekening, pembelian pulsa, dan lain-lain. Cukup isi formulir aplikasi permohonan registrasi SMS Banking dan melampiri fotokopi KTP yang masih berlaku, serta fotokopi kartu ATM BRI.

Pendaftaran melalui ATM

Mendaftar SMS Banking BRI melalui mesin ATM sangat mudah dan praktis:

  • Masukan ATM ke mesin ATM diikuti PIN ATM Anda.
  • Selanjutnya akan muncul menu utama pilih menu Transaksi Lain.
  • Kemudian pilih menu Registrasi.
  • Akan muncul menu SMS Banking, pilih menu tersebut.
  • Anda akan diarahkan untuk membuat PIN sebanyak 6 digit. PIN tersebut boleh berbeda dengan PIN ATM.
  • Pilih PIN yang mudah dihafal (sebaiknya hindari penggunaan tanggal lahir dan sejenisnya karena mudah ditebak).
  • Setelah selesai, akan keluar struk berisi informasi bahwa Anda berhasil mendaftar.

Jika ada kendala, Anda bisa menghubungi call center BRI.

Layanan dan Keunggulan SMS Banking BRI

Keuntungan SMS Banking
Ilustrasi Menggunakan SMS Banking via shutterstock.com 

Dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya, BRI memberikan dua jenis layanan, yaitu:

  • Layanan BRI berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
  • Layanan plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.

Jenis layanan yang bisa dilakukan melalui SMS Banking BRI

Sebagai nasabah, Anda bisa mendapatkan fasilitas berikut ini setelah mengaktifkan SMS Banking BRI.

  • Layanan informasi saldo dan SMS info.
  • Layanan pembayaran tagihan PLN, Telkom, Kartu Halo, Matrix, Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, Pembayaran DPLK, Pembayaran Zakat YBM BRI, Pembayaran Infaq YBM BRI, dan Pembayaran Tagihan Citibank.
  • Layanan transfer sesama BRI maupun rekening tujuan transfer bank lain, transfer antar rekening BRI, dan transfer antar bank.
  • SMS prepaid dan pembelian pulsa isi ulang (Simpati/AS, Mentari, XL, IM3, SMART, Axis).

Cara Menggunakan Layanan SMS Banking BRI

SMS Banking dari BRI memberikan banyak kemudahan dalam melakukan transaksi. Berikut ini cara mengirimkan SMS dengan format dan mekanismenya yang dikirim ke nomor 3300.

Jenis Transaksi Format Contoh
Transfer ke Sesama Rekening BRI TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN TRANSFER BRI123451234567890 500000 123456
Transfer ke Bank Lain TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN TRANSFER 008987654321 5000000 123456
Cara Cek Saldo SMS Banking BRI SALDO <spasi> PIN SALDO 123456
Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN BELI PLNPRE 0140087654321 200000 123456
Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN PULSA 08123456789 100 123456 (untuk Rp100.000)

Nikmati Keuntungan dan Rasakan Manfaatnya

Adanya mobile banking, internet banking, dan layanan perbankan lainnya memberikan kemudahan bagi para nasabah. Nasabah BRI tak perlu lagi membuang waktu untuk datang ke kantor bank. Dengan mengunduh BRI Mobile di ponsel, transaksi beres, dan urusan keuangan jadi lebih efisien. Belum lagi adanya SMS  banking, cukup kirim pesan, transaksi sudah bisa dilakukan.

Baca Juga: Bank BRI dan Nomor Call Centernya