Bukan Camilan Biasa, Ini Beragam Manfaat Kacang Mete yang Ajaib untuk Kesehatan

Kacang mete, biasa disebut juga kacang mede adalah jenis kacang-kacangan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Memiliki cita rasa yang gurih, renyah, dan lezat di lidah menjadi alasan mengapa kacang ini begitu spesial di hati kebanyakan orang di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. 

Dipadukan dengan manisnya coklat atau langsung disantap sebagai camilan dengan cara digoreng maupun dipanggang, kacang mete selalu berhasil membuat siapa saja yang menikmatinya merasa ketagihan. Terlebih kini Anda dapat dengan mudah menemukannya sebagai topping dari berbagai kuliner kekinian.Seperti, coklat, susu, pie, hingga es krim. 

Jenis kacang dengan nama latin Anacardium Occidentale berasal dari pengolahan biji jambu bernama serupa, yakni jambu mete. Awalnya, jambu mete ini hanya bisa ditemukan di Brasil. Namun, karena semakin populer dan banyak diminati, jambu mete kini juga sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Di balik kelezatan yang diberikannya, kacang mede ternyata juga menyimpan sejuta manfaat menyehatkan yang penting bagi tubuh, loh! Berbagai kandungan kacang mete, seperti, serat pangan, beragam jenis vitamin, lemak tidak jenuh, hingga kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc, mampu merawat kesehatan berbagai organ vital dalam tubuh. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan apa saja manfaat kacang mete untuk kesehatan, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

8 Khasiat Kacang Mete

kacang mete

Khasiat Kacang Mete

  1. Melindungi Jantung agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Risiko Penyakit Mematikan

    Berbagai jenis kacang-kacangan, termasuk kacang mete, dikenal memiliki berbagai kandungan nutrisi yang mampu menjaga jantung agar tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit mematikan. Dalam kacang mete terdapat beragam nutrisi, seperti, serat, protein, asam lemak tidak jenuh, vitamin, antioksidan, dan mineral yang mampu memberikan efek melindungi pada jantung.

    Tak hanya itu, zat gizi yang terkandung juga memiliki sifat anti karsinogenik serta anti inflamasi atau anti peradangan. Dengan begitu, jantung pun akan terlindungi dari berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang. 

    Tak berhenti sampai di situ, mengonsumsi kacang mete dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat, sekaligus menyokong daya dukung dari kolesterol baik atau HDL. Untuk peran dari LDL atau low density lipoprotein adalah mengantarkan kolesterol dalam tubuh. Sedangkan HDL atau high density lipoprotein berguna untuk membersihkan saluran arteri atau pembuluh darah. 

  2. Mampu Mengelakkan Anda dari Penyakit Darah

    Menjadikan kacang mede sebagai makanan yang dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang wajar juga mampu menjauhkan Anda dari risiko penyakit darah. Misalnya, anemia atau kurang darah. Memiliki kandungan tembaga yang kaya, kacang mede mampu menghalau radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. 

    Saat asupan tembaga dalam tubuh tak tercukupi, berbagai risiko penyakit akibat kekurangan zat besi, seperti, anemia, akan lebih rentan menyerang Anda. Oleh karena itu, agar tak sampai menderita penyakit darah, jangan ragu untuk rutin mengonsumsi kacang mede mulai dari sekarang. Tentunya, tetap nikmati jenis kacang-kacangan ini dengan takaran yang wajar agar manfaatnya bisa Anda dapatkan secara optimal. 

  3. Bantu Mengontrol Berat Tubuh agar Senantiasa Ideal

    Siapa yang tidak mendambakan kondisi tubuh dengan berat badan yang ideal? Hampir semua orang pasti ingin memiliki proporsi tubuh yang ideal. Sebab, selain berkaitan erat dengan penampilan, berat tubuh yang terjaga juga dapat menghindarkan Anda dari risiko berbagai masalah kesehatan serius serta lebih sulit untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

    Nah, dengan mengonsumsi kacang mete secara rutin, impian untuk mendapatkan berat tubuh ideal tak lagi menjadi isapan jempol belaka. Pasalnya, jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3. Bagi Anda yang belum tahu, jenis asam lemak tersebut berkontribusi untuk mendukung proses metabolisme dalam tubuh.

    Saat aktivitas metabolisme terjaga, tubuh akan lebih aktif dalam membakar lemak menjadi energi. Oleh karena itu, bagi Anda yang tengah menjalani program diet atau penurunan berat badan, kacang ini dapat menjadi camilan sehat yang paling tepat untuk dipilih karena juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. 

  4. Kaya Akan Serat, Kacang Mete Berkhasiat Menyehatkan Pencernaan

    Kandungan serat dalam kacang mete terbilang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi makanan sumber serat, aktivitas pencernaan dapat berlangsung dengan lebih lancar. Hal ini sekaligus membantu pula menyehatkan organ pencernaan karena membuat beban kerjanya menjadi lebih ringan. 

    Secara umum, tubuh membutuhkan dua jenis serat makanan agar tetap sehat. Serat tersebut adalah asam oleat dan juga asam palmitat. Namun, meskipun memiliki peran krusial bagi kesehatan, kedua jenis serat tersebut tak mampu diproduksi secara langsung oleh tubuh. 

    Alhasil, Anda perlu mencukupinya melalui makanan, salah satunya adalah kacang mete. Meski begitu, agar manfaat kesehatan bagi organ pencernaan ini didapatkan secara maksimal, tetap perhatikan jumlah kacang yang dikonsumsi. Sebab, berlebihan mengonsumsi jenis kacang ini mampu menyebabkan kembung. 

  5. Mengandung Pigmen yang Dapat Mencegah Sinar UV Merusak Mata

    Kacang mete memiliki kandungan pigmen antioksidan yang kuat. Pigmen antioksidan tersebut dikenal dengan sebutan Zea Xanthin. Fungsi dari pigmen tersebut adalah untuk membentuk lapisan yang mampu melindungi mata dari terpaan sinar UV yang membahayakan saat terserap oleh retina mata. 

  6. Mewujudkan Impian Memiliki Rambut Tampak Sehat 

    Manfaat kacang mete selanjutnya yang cukup menarik bagi sebagian orang adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah rambut rontok, mengonsumsi kacang mede ini bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. 

    Alasannya karena kandungan zat tembaga yang terkandung dalam jenis kacang tersebut dipercaya mampu meningkatkan pembentukan melanin atau pigmen pada rambut serta kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengaplikasikan minyak kacang mede pada kulit kepala dan juga rambut.

    Asam oleat dan asam linoleat yang juga terkandung bahkan mampu menghasilkan tekstur yang lembut dan halus dan meningkatkan ketajaman warna rambut.

  7. Melawan Radikal Bebas Penyebab Tumor dan Kanker

    Persentase kandungan selenium dalam kacang mete terbilang cukup tinggi. Hal ini menjadikan kacang mete memiliki khasiat kesehatan untuk mencegah risiko munculnya sel kanker dalam tubuh. 

    Selain itu, memiliki kandungan flavanol, mengonsumsi kacang mete secara teratur juga dapat menghalang produksi tumor atau sel kanker, serta mematikannya. Flavanol juga baik untuk menjaga saluran pencernaan dan memberikan efek anti kanker, anti virus, dan juga anti alergi. 

    Dilengkapi dengan tingginya kandungan tembaga dan antioksidan jenis flavonoid, radikal bebas dalam tubuh lebih mampu ditangkal. Dengan begitu, sel dalam tubuh tak akan mengalami mutasi dan menjadi akar penyebab munculnya tumor atau sel kanker. 

  8. Meningkatkan Daya Kerja Otak

    Manfaat kacang mete untuk kesehatan yang terakhir dan sayang jika dilewatkan adalah meningkatkan daya kerja dan kecerdasan otak. Agar sel otak dapat diproduksi secara optimal, Anda perlu mencukupi kebutuhan tubuh akan lemak tidak jenuh ganda serta lemak tidak jenuh tunggal. 

    Nah, kedua jenis lemak tak jenuh tersebut dapat ditemukan dalam kacang mete dan mampu memberi nutrisi yang dibutuhkan otak. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi kacang mete juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengedarkan oksigen hingga ke otak. Dengan begitu, kinerja otak akan menjadi lebih maksimal. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lezat Sekaligus Menyehatkan, Siap Sedia Kacang Mete Sebagai Camilan Wajib di Rumah

Kacang mete ini membuktikan jika mengonsumsi camilan yang lezat dan memanjakan lidah tak selalu berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan tersebut, Anda malah akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang penting dibutuhkan oleh tubuh.

Tak tanggung-tanggung, khasiat kacang mete untuk kesehatan ini sangat krusial bagi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan organ jantung, sistem pencernaan, mencegah kanker, hingga membantu menjalani program diet, semua khasiat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Jadi, daripada bingung mencari camilan apa yang lezat sekaligus menyehatkan untuk dikonsumsi di rumah kala santai, kacang ini tentu bisa menjadi pilihan sempurna bagi Anda.

Baca Juga: Ada Banyak Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Meningkatkan Imunitas!